10 Benda Yang Wajib Dibawa Saat Liburan di Musim Salju

Setiap kali melihat film-film bersettingkan Natal, biasanya kita akan melihat adegan butiran salju yang lembut mulai berjatuhan dengan indahnya. Atau kita melihat bagaimana serunya membuat boneka salju sembari timpuk-timpukan bola salju. Bagi kita yang tinggal di Indonesia yang merupakan negara tropis, musim salju atau winter adalah sesuatu hal yang asing. Tubuh kita terbiasa dengan suhu udara di kisaran 20-34 derajat celcius. Padahal ketika musim salju, suhu udara bisa mencapai minus beberapa derajat Celcius. Wow! Nah, bagi Anda yang di penghujung tahun ini akan berlibur ke negara yang sedang bermusim salju, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Niat hati liburan, jangan sampai ujung-ujungnya kita malahan sakit karena serangan hawa dingin. Berikut 10 benda yang wajib dibawa saat liburan di musim salju:

1.    Baju Thermal (Long John)

Long John

Benda yang wajib dibawa saat liburan di musim salju adalah baju thermal atau long john. Long John atau baju thermal ini akan menjadi lapisan pertama pakaian Anda setelah pakaian dalam. Bahannya terbuat dari bahan campuran katun dan wol atau polyester sehingga dapat menahan panas tubuh. Baju long john ini memiliki ukuran pas badan. Ada baju long-john yang terdiri dari dua potong, dan ada juga yang hanya satu piece di mana bagian atas menyambung hingga bagian bawah seperti pakaian bayi. Sebaiknya Anda membawa beberapa potong long john saat berlibur. Jika kita tidak berganti long john selama liburan, kita bisa saja terserang biang keringat atau ruam merah karena long john ini tidak menyerap keringat. 


 
2.    Kupluk dan penutup telinga

Kupluk

Tak boleh ketinggalan, Anda pun wajib untuk membawa kupluk dan penutup telinga. Perlu diingat bahwa kupluk berbahan rajutan biasa tidak akan cukup hangat. Gunakan kupluk yang berbahan polyester fleece yang bisa menyimpan panas di dalamnya. Anda juga harus mengenakan penutup telinga (misalnya earmuff yang bentuknya seperti headphone) karena telinga adalah salah satu bagian tubuh yagn sensitif terhadap udara dingin. 

Baca Juga:  Traveling Rame-rame, Asyiknya Open Trip atau Sharing Cost?

3.    Syal

Selain telinga, bagian tubuh lain yang juga sensitif terhadap hawa dingin adalah leher. Jadi, lindungilah leher Anda dengan menggunakan syal. Anda bisa memilih syal berbahan wol, polyester fleece, atau Kashmir. Pilih juga syal yang berukuran panjang sehingga dapat dililitkan di leher. Syal, selain dapat menghangatkan juga akan membuat penampilan kita lebih stylish, lho!

4.    Sarung Tangan

Berikutnya, benda yang wajib dibawa saat liburan di musim salju adalah sarung tangan. Jangan membawa sembarang sarung tangan, terlebih jika Anda berada di tempat di mana suhu udara mencapai minus beberapa derajat. Sarung tangan yang cukup hangat untuk digunakan adalah sarung tangan berbahan wol, polyester fleece, atau berbahan kulit. 

5.    Sweater dan Jaket

Sama seperti syal, pilihlah sweater yang terbuat dari bahan wol atau polyester fleece. Selain sweater, jangan lupa juga untuk membawa jaket. Jaket yang cocok untuk dibawa saat liburan musim dingin adalah jaket dengan dua lapisan penahan suhu di mana di antara dua lapisan itu terdapat tenunan bulu angsa. Tenunan bulu angsa ini sangat oke untuk menahan suhu. Jaket dengan bahan lapisan dakron tidak akan cukup untuk membuat Anda tetap merasa hangat di suhu udara minus beberapa derajat. 

6.    Heat Packs

Heat Packs

Heat Packs (atau Hot Packs) adalah semacam kantung yang berisi butiran-butiran. Heat Packs ini berguna untuk menghangatkan badan, namun heat packs ini hanya akan bertahan sekitar 3-4 jam. 

7.    Kaos Kaki dan Sepatu Boot

Anda juga tidak bisa mengenakan sembarang sepatu saat berlibur di musim dingin. Sepatu yang cocok untuk suhu dingin adalah sepatu dengan label insulator. Sebaiknya, Anda juga memilih sepatu yang tingginya di atas mata kaki. Jangan menggunakan sepatu boot biasa yang bukan khusus untuk di salju. Sepatu boot biasa hanya akan menyerap lelehan salju dan membuat kaki Anda terasa dingin. Pilih juga sepatu yang bagian bawahnya bergerigi agar tidak licin saat berjalan di salju. Untuk kaos kakinya, gunakan kaos kaki yang berbahan tebal dan tahan air. 

Baca Juga:  Kenali Low, High, dan Peak Season untuk Menghindari Liburan Tak Sesuai Harapan

8.    Pelembab dan Lip Balm

Hawa dingin akan membuat kulit dan bibir Anda menjadi kering dan pecah-pecah. Karena itulah, Anda wajib untuk membawa pelembab dan juga lip balm. Para pria, jangan merasa gengsi untuk mengenakan lip balm atau facial cream jika tidak ingin bibir Anda menjadi pecah-pecah dan kulit mongering.

9.    Obat-obatan

Selanjutnya, benda yang wajib dibawa saat liburan di musim salju adalah obat-obatan pribadi. Obat-obatan yang perlu dibawa terutama adalah minyak angin, balsam, koyo, dan counterpain. Ada baiknya juga untuk menyiapkan obat demam dan obat semprot hidung untuk mengatasi hidung tersumbat. Anda juga bisa membawa suplemen vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama liburan.  

10.    Vacuum Bag

Namanya baju-baju tebal pastinya akan cukup menyita tempat di dalam koper Anda. Males kan kalau sampai Anda harus membawa dua koper besar yang isinya pakaian semua? Anda dapat menyiasati hal ini dengan menggunakan vacuum bag. Vacuum bag ini sangat berguna untuk menghemat space hingga 75%. Anda dapat menvakum kantung ini secara manual dengan menggunakan tangan (hand pressure), namun akan lebih maksimal lagi jika Anda menggunakan pompa tangan.

Nah, Klikers, itulah 10 benda yang wajib dibawa saat liburan di musim salju. Selama liburan di musim dingin, jangan lupa untuk banyak makan dan minum air putih. Satu hal yang perlu untuk diperhatikan, jangan asalan (alias jangan pelit) saat akan membeli pakaian musim dingin. Lebih baik Anda membelinya di toko khusus perlengkapan musim dingin. Jangan sampai Anda malah harus repot membeli pakaian hangat di negara tujuan – kecuali jika Anda memang sedari awal berniat belanja. Selamat berlibur, Klikers! Jangan lupa share foto-foto berlatar salju kalian, ya!
 

Baca Juga:  Traveling Rame-rame, Asyiknya Open Trip atau Sharing Cost?

Baca juga: Tips untuk Mereka yang Pertama Kali ke Luar Negeri

Facebook Comment

Related Post

1 Response

  1. 20 Dec 2016

    […] Baca juga: 10 Benda yang Wajib Dibawa Saat Liburan di Musim Salju  […]

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Read previous post:
Menikmati Suasana Natal Romantis Di Cafe Vermont

Beberapa hari yang lalu, saya mendengar dari beberapa teman bahwa ada sebuah cafe di Bandung yang memiliki dekorasi natal yang...

Close