Mari Kuliner di 10 Instagrammable Cafe di Bali Ini!

Beberapa hari yang lalu, saya sempat mengobrol dengan seorang sahabat lama. Lalu obrolan kami ujung-ujungnya nyambung ke liburan bareng ke Bali. Ah, Bali memang selalu asyik untuk dikunjungi, baik bersama keluarga ataupun bersama teman se-genk. Buat Anda yang berlibur ke Bali bersama teman-teman (khususnya Anda para wanita, nih!) pasti seneng banget untuk mengunjungi cafe-cafe cantik nan unik. Saya katakan "para wanita", karena saya jarang bertemu cowok-cowok yang mengunjungi sebuah cafe karena alasan cafenya instgrammable sehingga oke buat foto-foto. Lol. Nah, buat Anda yang akan berlibur di Bali dan pengen mengunjungi cafe-cafe cantik yang bisa memuaskan hobi foto-foto Anda, berikut 10 Instragrammable Cafe di Bali yang tak boleh Anda lewatkan: 

1. Motel Mexicola

Motel Mexicola
Motel Mexicola

motel-mexicola-1

Mexicola Motel  Bali
Mexicola Motel Bali

Instagrammable Cafe di Bali yang wajib banget Anda kunjungi adalah Motel Mexicola. Memasuki cafe ini akan membuat Anda merasa masuk ke dalam film telenovela alias berada di Meksiko. Suasana Meksiko sangat terasa dalam setiap detil desain Motel Mexicola ini. Lilin-lilin yang meleleh, salib, dan meja warna-warni. Ada juga pernak-pernik khas Meksiko dan ornamen bernuansa Dia de Muertos atau ‘hari raya untuk memperingati orang mati’. Siapkan kamera dan mari bergaya! Adapun Motel Mexicola adalah sebuah resort penginapan yang memiliki fasilitas restoran yang menyajikan makanan meksiko. Beberapa makanan meksiko yang bisa Anda temui di Motel Mexicola ini adalah seperti tacos, nachos, burritos, guacamole, cabai jalapeno, dan juga minuman khas Meksiko seperti tequila. Di siang hari, suasana Motel Mexicola ini akan terasa cerah dan ceria. Di malam hari, suasananya berubah menjadi keren dengan sentuhan mistis. Motel Mexicola ini berlokasi di Jl. Kayu Jati no 9X, Petitenget Beach, Seminyak, Bali. Buka setiap hari pukul 11.00 – 01.00.

2. Betelnut Cafe

Betelnut Cafe
Betelnut Cafe
Betelnut Cafe menghadirkan pemandangan sawah nan indah
Betelnut Cafe menghadirkan pemandangan sawah nan indah

betelnut-3

Dari segi desain interiornya, dekorasi di Betelnut Cafe sebenarnya tak terlalu 'heboh'. Anda pasti bisa menemukan cafe-cafe lain berdesain etnik mirip-mirip dengan Betelnut Cafe ini. Interiornya didominasi oleh kayu. Namun, Betelnut Cafe ini menjadi salah satu instagrammable cafe di Bali karena pemandangannya yang sangat keren, yaitu bungalow dan sawah yang menghijau. Anda juga bisa berpose di sebuah becak cantik yang terpajang di dekat tangga cafe. Betelnut Cafe ini juga dikenal karena makanannya yang lezat sekaligus sehat. Mereka menyediakan menu organik, seperti salad, aneka jus dan frappe. Banyak wisatawan yang datang ke Betelnut Cafe ini untuk breakfast ataupun brunch. Betelnut Cafe berlokasi di Jln. Pantai Batu Bolong No. 60, Canggu, Kuta Utara, Bali. Buka setiap hari pukul 07.00 – 22.00.

3. Single Fin

Single Fin
Single Fin saat senja

Pantai selatan Bali sudah terkenal karena kecantikan pemandangannya. Ombak yang bergulung hingga mencapai tinggi 7 hingga 12 kaki, suara deburannya yang membuat kita merasa takjub, dan hempasannya di pantai berpasir putih. Siapa yang bakalan bosan disuguhi pemandangan indah semacam itu? Pantai Selatan Bali pun menjadi tempat favorit para peselancar. Di Single Fin, Anda bisa menikmati pemandangan tersebut sembari menikmati pizza dan beer dingin. Cafe Single Fin ini terletak di tebing dengan posisi yang memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan indah lautan dan para peselancar menunggangi ombak. Single Fin ini berlokasi di  Jl. Labuan Sait Pantai Suluban, Uluwatu, Pecatu, Bali. Buka pukul 11.00 – 23.00. Sedikit tips: siapkan kamera go pro agar Anda dapat mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas. 

4. The Junction Seminyak

The Junction
The Junction
the-junction-2

Toples kaca berisi aneka rempah
Toples kaca berisi aneka rempah

Warna monokrom mungkin terkadang terasa monoton. Tapi Anda pasti akan dibuat terpukau oleh desain cafe The Junction Seminyak. Desainnya yang menganut gaya monochromatic minimalis ini didominasi oleh kayu berbentuk bilah-bilah papan berwarna offwhite. Sangat unik. Perancanglah adalah seorang Jepang bernama  Nobuyuki Narabayashi. Anda juga akan dibuat betah untuk duduk berlama-lama di The Junction Seminyak ini karena konsep bangunannya terasa adem di teriknya cuaca Bali. Di dalamnya, mata Anda akan disuguhi pemandangan ratusan toples kaca yang dipajang. Toples ini berisi berbagai benda dari seluruh area di Bali, mulai dari rempah-rempah, pasir, hingga bebatuan. Rasa makanannya juga dikenal enak, walaupun memang harganya tidak murah-murah amat. The Junction Seminyak berlokasi di sudut Oberoi Jl. Kayu Aya Oberoi, Seminyak, Bali. Buka pukul 11.00 – 00.00.

5. La Plancha

La Plancha
La Plancha

la-plancha-2

la-plancha-3

Suasana pantai memang identik dengan warna-warni yang cerah ceria. Suasana warna-warni cerah itu dapat Anda rasakan di La Plancha. Instagrammable cafe di Bali yang satu ini lokasinya berada persis di tepi pantai. Konsep desainnya terasa sangat ceria berkat kehadiran payung, furniture dan bean bag yang sermuanya berwarna-warni ceria. Dalam bahasa spanyol, La Plancha artinya "panggangan". Jika Anda kesulitan untuk menemukan plang La Plancha, maka biarkan hidung Anda yang menuntun lewat aroma barbeque yang menguar di udara. Area tempat duduk favorit di La Plancha adalah dengan bean bag warna-warni di pantai. La Plancha ini sudah buka sejak pukul 07.00 pagi. Anda bisa sarapan di La Plancha sembari menikmati pemandangan para surfer yang menunggangi ombak. Atau, Anda juga bisa datang di sore hari dan menikmati indahnya sunset diiringi dengan musik yang akan membuat Anda ingin berjoget. La Plancha berada di Jl. Pantai Mesari, Double Six, Seminyak, Bali. Buka pukul 07.00 – 23.00.

6. La Favela

La Favela
La Favela

la-favela-2

Tiruan Patung Christ The Reedemer di La Favela
Tiruan Patung Christ The Reedemer di La Favela

Instagrammable cafe di Bali yang ini pun memiliki nama yang bernuansa hispanik. La Favela yang buka sejak tahun 2013 ini adalah sebuah cafe yang menggabungkan gaya desain vintage dan minimalis. Tempatnya terlihat mungil dari pintu depan. Namun, setelah Anda masuk ke dalam, Anda akan melihat bahwa cafe berdesain semi outdoor ini sebenarnya luas. La Favela di Brazil adalah sebuah kawasan kumuh. Maka tak heran bila cafe La Favela ini pun dihiasi dengan nuansa Brazil. Ada sebuah patung tiruan Patung Christ The Reedemer di Brazil. Ada juga beberapa ruangan private yang didesain seperti ghetto di Brazil. Untuk makanannya, La Favela menyuguhkan menu khas Mediteranian dan Amerika Selatan. Beberapa menu andalan di La Favela ini adalah Pirate of The Carribean dan Salad Quinoa. Uniknya, selepas jam makan malam, La Favela akan berubah menjadi nite club di mana para tamu bisa berdansa. La Favela berlokasi di Jl. Laksamana Oberoi 177X, Seminyak. Buka pukul 12.00 – 02.00.

7. Sea Circus

Sea Circus
Sea Circus
sea-circus-2

sea-circus-3

Detik pertama mendengar nama ini, saya langsung membayangkan pertunjukan sirkus. Tapi bukan, kok! Sea Circus adalah adalah salah satu instragrammable cafe di Bali dengan konsep restoran / cocktail bar dan juga tempat kopi. Namun, sesuai dengan namanya, cafe ini didesain dengan dekorasi khas sirkus. Mulai dari kaca bundar di toilet dengan lampu-lampu bundar yang mengingatkan kita akan ring of fire, hingga berbagai mural karakter dalam sirkus. Ornamennya yang berwarna-warni pastinya akan menggoda Anda untuk ber-selfie ria. Sea Circus ini dikenal sebagai salah satu tempat ngopi terbaik di Bali karena rasa kopinya yang enak. Selain kopi, Anda juga dapat menikmati aneka menu lainnya, termasuk wine. Buat Anda yang doyan mengoleksi pernak-pernik, di Sea Circus ini ada sebuah market corner yang menjual aneka pernak-pernik untuk menghias rumah. Sea Circus berlokasi di  Jl. Kayu Aya no 22 A Petitenget, Seminyak, Kabupaten Badung, Bali. Buka pukul 08.00 – 22.30. 

8. Revolver Espresso

Revolver Espresso, Mural berbentuk sayap menjadi spot foto favorit di sini
Revolver Espresso, Mural berbentuk sayap menjadi spot foto favorit di sini

revolver-espresso-2

revolver-espresso-3

Instagrammable cafe di Bali yang berikutnya juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk minum kopi di Bali. Nama cafenya adalah Revolver Espresso. Ups! Namanya membuat saya teringat akan film-film koboi atau wild west. Desain cafe ini memang unik dan eksentrik. Di satu sisi, Anda akan merasa berada di bar para koboi, tapi di sisi lain, desainnya juga sangat artistik. Ada sebuah mural berbentuk sayap dari aneka senjata. Mural ini pastinya menjadi salah satu spot berfoto para tamu. Ada juga sebuah meja dengan mata uang dari seluruh dunia. Cafe Revolver Espresso ini terletak di dalam sebuah gang di daerah Seminyak. Tak akan sulit menemukannya. Anda tinggal mengikuti wangi kopi yang sangat nikmat. Yuk, buktikan sendiri nikmatnya kopi di Revolver Espresso ini! Revolver Espresso berlokasi di  Jl. Kayu Aya No 3 (Gang 51), Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Buka setiap hari pukul 01.00 – 18.00/

9. La Laguna

La Laguna
La Laguna
Karavan gipsi di La Laguna
Jembatan Kayu Ikonik di La Laguna

La Laguna adalah sebuah cafe yang terletak di sebuah laguna. Instagrammable cafe di Bali ini akan membuat Anda merasa sedang berada di sebuah perkampungan Gipsi yang mempesona. Cafe ini memiliki desain dengan gaya bohemian gypsy. Interior dan eksterior cafe banyak menggunakan material kayu daur ulang. Kursi-kursi taman yang cantik dan jajaran taman hias juga akan membuat Anda merasa betah di cafe La Laguna ini. Bukan hanya itu saja. Anda juga akan melihat karavan-karavan gipsi yang menawan dengan aura misteriusnya. Namun, daya tarik utama dari La Laguna ini (menurut saya) bukanlah dari desain ala perkampungan gipsinya, tapi dari sebuah jembatan kayu nan iconik di pantai. Bayangkan berfoto di jembatan kayu ini dengan latar belakang bola matahari yang nyaris menyentuh bibir laut. Ahey! Wajib banget deh foto di sini! Sementara untuk santapannya, La Laguna ini lebih cocok untuk ngemil-ngemil dan minum cantik. La Laguna berada di Jalan Pantai Kayu Putih, Banjar Tegal Gundul, Canggu, Brawa, Kabupaten Badung. Buka pukul 11.00 – 23.00.

10. Nook Bali

Nook Bali
Nook Bali
nook-umalasnook-3

Instagrammable cafe di Bali yang juga tak boleh Anda lewatkan adalah Nook Bali. Cafe ini terletak di daerah utara Seminyak. Desain bangunannya tampak chic dengan tirai-tirainya yang berwarna putih dan furniture kayu yang cantik. Desainnya sendiri banyak didominasi warna putih dan hijau. Namun, daya tarik utama dari Nook Bali ini adalah pemandangannya. Anda dapat bersantap sembari menikmati pemandangan sawah yang menghijau. Benar-benar menyegarkan mata! Untuk menu makanannya, Nook Bali ini menyajikan menu western dan fushion food. Ada juga menu lokal seperti Nasi Bali ala Nook. Ada pula berbagai menu dessert untuk menutup santapan Anda menjadi lebih manis. Asyik! Cafe ini memang cocok banget untuk breakfast ataupun brunch. Nook Bali berlokasi di Jalan Umalas 1, Gangg Nook No 1, Kuta Utara, Bali. Buka pukul 08.00 – 23.00.