Mari Berkenalan dengan 10 Jenis Makanan Korea Ini

Klikers, beberapa waktu yang lalu, kita sempat membahas tentang restoran Korea yang ada di Bandung. Bagi mereka yang rajin menonton K-drama, tentu tidak asing lagi dengan menu-menu makanan Korea. Namun, bagi mereka yang jarang menonton K-Drama (seperti saya), biasanya agak bingung jika pertama datang ke restoran Korea. Cara membaca menunya bingung, plus bingung juga: ini makanan apa, ya? Masih untung kalau ada fotonya di buku menu. Kalau nggak? Makin bingung. Haha. Nah, supaya tidak bingung lagi dan pengetahuan kita pun bertambah, yuk kita simak 10 jenis makanan korea ini: 

Baca: 7 Restoran Korea di Bandung yang Enak dan Populer

1.    Kimbap

Kimbap
Kimbap

Salah satu jenis makanan korea yang sudah cukup umum kita kenal adalah Kimbab. Kimbap atau gimbap ini memiliki bentuk yang mirip dengan sushi. Bap artinya adalah nasi putih, sedangkan kim (atau gim) adalah rumput laut. Jadi, kimbab ini adalah nasi putih yang digulung dengan rumput laut lalu dipotong-potong. Mirip dengan sushi! Namun, cukup berbeda dengan sushi yang umumnya menggunakan isian ikan mentah, kimbap ini menggunakan isian sayuran dan sumber protein (biasanya fish cake, daging sapi, atau telur). Kimbap ini juga memiliki rasa agak asam karena mengandung acar. 

2.    Bibimbap

Dolsot Bibimbap
Dolsot Bibimbap

Berikutnya adalah: bibimbap. Bibimbap ini adalah nasi campurnya korea. Bibimbap ini konon adalah sesaji persembahan kepada arwah leluhur. Bibimbap ini aslinya dihidangkan dalam mangkuk batu (dolsot) yang dipanaskan. Mangkuk panas ini berisi nasi putih, sayur-sayuran, daging sapi, dan telur mentah. Cara menyantap bibimbap ini adalah dengan menuangkan saus gochujang yang rasanya pedas, lalu isi mangkuk diaduk merata. Panasnya mangkuk akan mematangkan telur mentah. Bibimbap ini harus diaduk cepat-cepat, jika terlalu lama dibiarkan maka nasi putih di bagian dasar mangkuk akan mengering bahkan bisa gosong. 

3.    Tteokbokki

Tteokbokki
Tteokbokki

Nah, ini dia jenis makanan korea kesukaan saya! Tteokbokki adalah jajanan khas korea yang terbuat dari tepung beras. Kue tepung beras (tteok) yang dibentuk silinder ini lalu disajikan bersama saus gochujang yang terasa pedas manis. 

4.    Ramyun

Ramyun
Ramyun

Kata “ramyun” ini pasti otomatis akan membuat kita teringat akan ramen. Ramyun ini juga sangat mirip dengan ramen. Ramyun adalah mie kuah khas Korea. Mie ramyun ini bisa dibuat dari mie basah ataupun dari mie instan. Mie yang digunakan biasanya berukuran besar dengan kuah yang terasa pedas. Ramyun ini juga biasanya dihidangkan bersama sayuran atau telur. Salah satu merk ramyun instan yang paling terkenal di Korea adalah Shin Ramyun.

5.    Japchae

japchae
japchae

Kalau dari namanya, jenis makanan korea yang satu ini pasti mengingatkan kita akan “capcay”. Namun, japchae berbeda dengan capcay. Japchae adalah makanan khas Korea yang terbuat dari mie tepung ubi yang ditumis bersama aneka sayur seperti wortel, bayam, atau jamur. Uniknya, setiap bahan ditumis terpisah supaya rasa dan aromanya tetap terjaga. Selain sayuran, japchae ini juga dihidangkan bersama daging sapi yang ditumis bersama minyak wijen. Lalu, semua bahan dimasukan ke dalam wajan dan ditumis bersama bawang putih, gula pasir, dan kecap asin. Terakhir, sebagai garnish biasanya ditambahkan irisan cabai dan wijen. 


6.    Miyeok Guk

Miyeok Guk
Miyeok Guk

Miyeok artinya adalah “rumput laut” dan guk artinya adalah sup. Jadi, Miyeok Guk adalah sup rumput laut. Miyeok Guk ini biasanya dibuat dengan cara merendam rumput laut kering dalam air sampai lunak. Rumput laut ini lalu dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi atau kaldu ikan. Miyeok Guk ini lalu dibumbui dengan kecap atau garam, minyak wijen, dan bawang putih. Di Korea, Miyeok Guk biasanya dikonsumsi oleh ibu hamil dan wanita yang baru melahirkan. Karena itulah, di Korea ada tradisi makan sup rumput laut pada hari ulang tahun untuk mengingatkan akan makanan pertama yang ibu mereka santap, yang artinya juga mereka makan melalui ASI yang mereka minum. Orang Korea percaya bahwa menyantap Miyeok Guk saat ulang tahun akan membawa keberuntungan selama setahun ke depan. 

7.    Jajangmyeon

jjajangmyeon
jjajangmyeon

Jenis makanan korea berikutnya yang sudah tidak terlalu asing adalah jajangmyeon. Jajangmyeon atau jjajangmyeon, atau chajangmyeon adalah hidangan mie korea dengan saus pasta kacang kedelai hitam. Jajang artinya saus goreng dan myeon artinya mie. Jajangmyeon ini menggunakan mie tebal yang terbuat dari gandum. Sedangkan sausnya dibuat dari pasta kacang kedelai hitam yang ditambah dengan bawang merah cincang, zucchini, dan daging merah atau makanan laut. Pasta kacangnya ini diolah dari kedelai yang dipanggang. Itulah sebabnya mengapa dinamakan jajang (saus goreng) walaupun dalam pengolahannya saus dimasak dengan cara direbus. Jajangmyeon ini selalu disajikan dengan danmuji atau acar lobak dengan saus kedelai diletakkan panas-panas di atas mie. Sebelum disantap, mie diatur rata bersama saus kedelainya. 


8.    Jjampong

Jjampong
Jjampong

Bagi Anda yang tidak tahan dengan makanan pedas, sebaiknya Anda lewatkan jenis makanan korea yang satu ini. Jjampong (atau champing) adalah mie kuah dengan campuran seafood, sayuran, daging, dan dimasak dengan rempah-rempah. Seafood yang digunakan biasanya adalah udang, cumi-cumi, dan kerang. Jjampong ini memiliki citarasa yang sangat pedas. Namun, saat ini ada juga jjampong yang rasanya tidak pedas.

9.    Bungeoppang

Bungeoppang
Bungeoppang

Satu lagi jajanan yang populer di Korea, terlebih pada saat musim dingin. Bungeoppang ini adalah kue manis berbentuk ikan dengan isian kacang merah. Namun, selain kacang merah, ada juga isian lainnya seperti ubi manis, chocolate, chesnut, bahkan krim aneka rasa. Walaupun bentuknya seperti ikan, namun sama sekali tidak ada rasa ikan lho dalam Bungeoppang ini!

10.    Bingsoo

Bingsoo
Bingsoo

Kalau jenis makanan korea yang satu ini, rasanya kita semua pasti sudah tahu. Bingsoo atau bingsu adalah dessert khas korea berupa es serut. Pada awalnya, bingsoo ini adalah jajanan kaki lima berupa es serut kacang merah. Namun, saat ini penyajian bingsoo sudah semakin variatif dengan topping es krim, aneka buah-buahan, jelly, tteok, dan lainnya. 

Nah Klikers, itulah 10 jenis makanan korea yang cukup umum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, khususnya bagi Anda yang masih asing dengan makanan Korea. Ah, saya jadi pengen makan ke Restoran Korea, nih! 🙂