10 Pantai Terindah di Ambon

Tak dapat dipungkiri bahwa Ambon memiliki potensi wisata bahari yang tinggi. Ambon memiliki pantai-pantai yang cantik dan juga memiliki surga bawah laut. Buat Klikers yang senang traveling dan juga pecinta wisata pantai, Ambon bisa menjadi destinasi perjalanan Anda berikutnya. Berikut referensi 10 pantai terindah di Ambon dari kami:

1. Pantai Natsepa

Pantai Natsepa
Pantai Natsepa

Salah satu pantai terindah di Ambon adalah Pantai Natsepa. Pantai Natsepa ini berlokasi di Desa Suli, Maluku Tengah. Jaraknya kurang lebih 18 km dari pusat kota Ambon. Pantai Natsepa ini memiliki pasir yang putih bersih. Air lautnya juga sangat jernih sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan berenang berseliweran. Di Pantai Natsepa, Anda dapat berenang dan bermain air, menyewa perahu dan memancing ikan di laut lepas. Beberapa ratus meter dari Pantai Natsepa, terdapat pasar ikan di mana Anda dapat membeli ikan segar. Jangan lupa juga untuk mencicipi rujak natsepa yang menjadi kuliner khas di Pantai Natsepa ini.

2. Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota (pic: jaclyn litaay)
Pantai Pintu Kota (pic: jaclyn litaay)

Pantai Pintu Kota terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Maluku. Dari pusat kota, Anda perlu menempuh waktu selama 45 menit perjalanan untuk mencapai Pantai Pintu Kota. Pantai yang termasuk pantai terindah di Ambon ini memiliki ciri khas adanya sebuah tebing yang menjorok ke laut di mana tebing tersebut memiliki lubang di tengahnya. Bentuknya mirip dengan pintu gerbang. Pantainya sendiri tidak terlalu luas dengan pasir berwarna putih kecoklatan dipenuhi batu karang dan bebatuan. Di kawasan perairannya juga terdapat beberapa spot snorkeling dan diving. Di sini juga terdapat beberapa pondokan untuk beristirahat dan juga penginapan.

3. Pantai Nanseri

Pantai Nanseri
Pantai Nanseri

Pantai terindah di Ambon yang juga wajib Anda datangi adalah Pantai Nanseri. Pantai Nanseri berada di Desa Kilang. Pasirnya putih dengan air laut yang jernih. Pinggir pantainya dikelilingi dengan batu karang. Di Pantai Nanseri, Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang berwarna-warni di perairannya, memancing, berenang, ataupun sekedar duduk-duduk di pantai menikmati pesona keindahannya.

4. Pantai Santai

Pantai Santai
Pantai Santai

Seusai namanya, pantai terindah di Ambon yang satu ini memang asyik banget untuk bersantai. Pantai Santai berada di Desa Latuhalat, Nusa Niwe, Ambon, sekitar 17 km dari pusat kota Ambon. Pantai ini dapat dicapai dengan menggunakan mobil dengan berkendara selama sekitar 30 menit. Pantai Santai memiliki karakteristik pasir putih dengan pantai yang cenderung landai. Sampai sekitar 100 meter dari bibir pantai, airnya masih jernih dan dangkal. Karena karakteristiknya tersebut, Pantai Santai lebih aman untuk berenang. Di Pantai Santai, Anda juga bisa menyelam dan snorkeling.

5. Pantai Pulau Pombo

Pantai Pulau Pombo
Pantai Pulau Pombo

Pulau Pombo terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah atau secara geografis berada di antara Pulau Haruku dan Pulau Ambon. Dari Pulau Ambon, Anda memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai Pulau Pombo dengan menggunakan speedboat. Pulau yang memiliki luas sekitar 4km2 ini adalah pulau tak berpenghuni. Di sana, Anda dapat dapat menjumpai burung-burung Pombo yang hanya ada di Maluku. Air lautnya sangat bening dengan gradasi biru-kehijauan. Pulau Pombo ini dipenuhi dengan batu karang berukuran kecil hingga besar dan juga atol. Perairan Pulau Pombo juga menjadi salah satu incaran turis untuk snorkeling dan diving karena keindahan terumbu karang dan biota lautnya yang masih terjaga. Tak hanya itu, Anda juga dapat trekking mengelilingi pulau.

6. Pantai Desa Hukurila

Pantai Desa Hukurila
Pantai Desa Hukurila

Desa Hukurila terletak di 15 km arah selatan pusat kota Ambon. Untuk mencapai Desa Hukurila, Anda dapat menggunakan kendaraan umum. Selain karena keindahan panoramanya, Desa Hukurila juga menjadi terkenal berkat keberadaan gua-gua bawah lautnya yang menjadi tempat tinggal kelinci laut. Laut Hukurila juga menjadi salah satu tempat favorit para diver untuk menyelam ataupun snorkeling. Terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan-ikan di Laut Hukurila ini masih asri. Sementara Pantai Desa Hukurila sendiri memiliki pasir yang berwarna hitam dan berbatu karang. Karena berhadapan langsung dengan Laut Banda di timur, Pantai Hukurila menjadi spot yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit. Pantainya sendiri aman untuk berenang.

7. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang dikenal juga dengan nama Pantai Ngurbloat. Pantai ini terletak di Desa Ngilngof, bagian barat Pulau Kei kecil, kurang lebih 20 km dari Tual, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara. Dinamakan Pantai Pasir Panjang karena pantai berpasir putih ini memiliki garis pantai sepanjang 5km. Pasir putihnya sangat lembut seperti butiran tepung dan air lautnya biru jernih dengan gelombang yang relatif tenang. Barisan pohon kelapa pun membuat panorama Pantai Pasir Panjang ini kian eksotis. Untuk mencapai Pantai Pasir Panjang, dari Bandara Pattimura Ambon, Anda dapat naik pesawat selama sekitar 1,5 jam menuju Bandara Dumatubun di Langgur. Dari Langgur, Anda tinggal menyewa mobil atau naik angkutan umum untuk mencapai Pantai Pasir Panjang.

8. Pantai Hunimoa

Pantai Liang
Pantai Liang

Pantai Hunimoa terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Karena berlokasi di Desa Liang, Pantai Hunimoa juga dikenal dengan nama Pantai Liang. Pantainya yang berpasir putih tampak berkilau karena sepanjang hari tertimpa cahaya matahari. Air lautnya jernih dengan gradasi warna putih, biru, dan hijau. Karena keindahannya, Pantai Hunimoa pernah dinobatkan sebagai Pantai Terindah di Indonesia oleh PBB di tahun 1991. Di pantai ini, ombaknya tidak terlalu besar sehingga aman bagi Anda untuk bermain air dan berenang. Terdapat sebuah jembatan kayu semacam dermaga yang menjorok ke laut. Dari atas jembatan tersebut, Anda bisa melompat untuk terjun ke air. Keindahan Pantai Hunimoa menjadikannya sebagai salah satu obyek fotografi favorit.

9. Pantai Namalatu

Pantai Namalatu
Pantai Namalatu

Tak seperti umumnya pantai – pantai terindah di Ambon yang memiliki pasir putih, pasir di Pantai Namalatu dipenuhi dengan pecahan batu karang berukuran kecil berwarna putih bersih. Gelombang lautnya cenderung tenang dengan air yang jernih bergradasi warna biru muda. Di Pantai Namalatu, Anda dapat memancing, berenang, snorkeling, dan juga diving. Perairan bawah laut Pantai Namalatu menjadi tempat tinggal bagi aneka terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang cantik. Adapun Pantai Namalatu ini berada di Negeri Latulahat, sekitar 15 km dari pusat kota Ambon. Dari pusat kota, Anda tinggal naik angkutan umum.

10. Pantai Sopapei

Pantai Sopapei
Pantai Sopapei

Terakhir, pantai terindah di Ambon yang jangan sampai terlewatkan adalah Pantai Sopapei. Pantai Sopapei terletak di Desa Suli Bawah dan jaraknya berdekatan dengan Pantai Natsepa. Pantai Sopapei sering juga disebut dengan nama Pantai Suli. Pasirnya pun putih lembut dengan air laut yang jernih dan garis pantai yang panjang.

Cantik-cantik kan pantainya? Pasti ngiler deh pengen liburan ke Ambon. Buat yang lagi cari tiket pesawat murah ke Ambon, coba deh klik di sini.

(marchaela)

baca juga: Rujak Natsepa, Habis Makan Byurr!!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *