10 Patung Keagamaan Termegah di Indonesia

Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu. Indonesia, selain terdiri dari berbagai suku bangsa, juga terdiri dari berbagai agama. Kita harus bersyukur tinggal di Indonesia yang tidak melarang penduduknya untuk beribadah dan memeluk agama sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Salah satu cara untuk menunjukkan penghormatan kita atas Tuhan adalah melalui ikon-ikon rohani seperti patung. Di Indonesia, ada cukup banyak monumen keagamaan nan megah sebagai wujud penghormatan terhadap Sang Ilahi. Klikers, berikut 10 patung keagamaan termegah di Indonesia:

1. Patung Bunda Maria Assumpta

Bunda Maria Ambarawa
Bunda Maria Assuumpta, Ambarawa

Klikers, pada saat saya menulis artikel ini, Ambarawa lagi nge-hits banget. Ribuan wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk melihat salah satu patung keagamaan termegah di Indonesia, bahkan di dunia. Yup! Wisatawan dari berbagai daerah datang ke Semarang, Jawa Tengah, tepatnya ke Kabupaten Ambarawa, di kompleks wisata religi Gua Maria Kerep. Di sinilah dibangun patung Bunda Maria Assumpta setinggi 42 meter dan menjadi patung Bunda Maria tertinggi di dunia. Patung ini dibuat oleh seniman asli Ambarawa dan dibangun dengan sistem bongkar pasang. Di kepala patung Bunda Maria Assumpta ini terdapat tujuh pancaran sinar yang melambangkan Sapta Duka Bunda Maria. Patung ini menghadap ke arah timur, ke arah matahari terbit, sebagai simbol Bunda Maria menyinari semua orang, baik orang jahat maupun orang baik. Patung Bunda Maria Assumpta ini diresmikan oleh Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Pujasumarta pada 15 Agustus 2015 lalu.

2. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana

Patung keagamaan termegah di Indonesia yang satu ini berwujud Dewa Wisnu yang mengendarai burung garuda. Dalam kepercayaan agama Hindu, Dewa Wisnu adalah dewa pemelihara. Patung yang mulai dibangun tahun 1997 dan belum selesai hingga kini nantinya akan memiliki tinggi 126 meter. Perancangnya adalah Bapak I Nyoman Nuarta. Patung ini terbuat dari bahan tembaga, baja, dan kuningan. Bagian tertentunya juga akan dilapisi mozaik emas. Patung Garuda Wisnu Kencana terletak di Taman Garuda Wisnu Kencana, Unggasan, Jimbaran, Bali.

3. Patung Yesus Memberkati

Patung Yesus Memberkati
Patung Yesus Memberkati

Patung ini kerap disamakan dengan patung Cristo Redentor di Rio de Janeiro, Brazil. Padahal, patung Yesus Memberkati di Manado ini cukup berbeda dibandingkan dengan patung Yesus di Brazil. Patung Yesus Memberkati di Manado memiliki kemiringan 20 derajat. Yesus menghadap ke utara dengan mengangkat tangan memberkati dengan jubah yang berkibar seakan ditiup angin. Patung ini dibuat dengan menggunakan bahan 25 ton besi fiber dan 35 ton besi baja diprakarsai oleh Ir Ciputra pada tahun 2007. Patung Yesus memberkati ini memiliki tinggi 30 meter dengan penopang patung setinggi 20 meter sehingga totalnya adalah 50 meter. Patung ini bisa dilihat dari Perumahan Citraland.

4. Patung Dewi Kwan Im Siantar

Patung Dewi Kwan Im Siantar
Patung Dewi Kwan Im Siantar

Saat Anda sedang mengunjungi Pematang Siantar, sempatkanlah untuk berkunjung ke Vihara Avalokitesvara. Di dalam vihara ini terdapat Patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter dengan material yang diimpor langsung dari Tiongkok. Patung yang dibangun selama tiga tahun dan selesai pada tahun 2005 silam ini tercatat di MURI sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi dan terbesar di Indonesia. Sebelum mencapai patung Dewi Kwan Im, Anda akan menjumpai 12 patung Shio yang berjejer rapi. Di pelatarannya, ada sebuah taman yang dihiasi patung dewa-dewi dalam agama Buddha dan juga terdapat kolam ikan. Untuk menaiki pelataran patung Dewi Kwan Im, Anda harus melewati jembatan khas Tiongkok nan unik.

5. Patung Buddha Gilimanuk

Patung Buddha Gilimanuk
Patung Buddha Gilimanuk

Walaupun mayoritas penduduk di Bali beragama Hindu, namun patung Buddha tertinggi di Indonesia justru ada di sini. Patung Buddha setinggi 25 meter ini terletak di area Vihara Empu Astapaka, Gilimanuk, Jembrana. Patung ini akan terlihat oleh para wisatawan yang memasuki Bali lewat Gilimanuk. Patung Buddha ini diresmikan pada 6 Juni 2013. Proses pembuatannya memakan biaya sekitar satu milyar. Telapak tangan patung Buddha di Gilimanuk ini menghadap ke depan. Ini menjadi simbol rekonsiliasi dan perdamaian.

6. Patung Maria Bunda Ratu Segala Bangsa

Patung Bunda Maria Ratu Segala Bangsa
Patung Bunda Maria Ratu Segala Bangsa

Patung Maria Bunda Ratu Segala Bangsa terletak di Kabupaten Sikka, Maumere, NTT, Pulau Flores. Untuk mencapai Maumere, Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam dari Kupang. Di Bukit Nilo, Maumere berdirilah patung Maria Bunda Ratu Segala Bangsa setinggi 28 meter di atas fondasi setinggi 18 meter. Patung ini berdiri kokoh di atas bukit menghadap Maumere dan Laut Flores. Untuk mencapai Bukit Nilo, Anda harus menempuh 16 km perjalanan dengan medan yang berbukit dan jalan yang tak mulus. Pemandangan di sekitar patung sangatlah indah. Anda dapat melihat kota Maumere dari puncak Bukit Nilo ini.

7. Patung Yesus Pulau Mansinam

Patung Yesus di Pulau Mansinam
Patung Yesus di Pulau Mansinam

Mungkin, Patung Yesus di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat inilah yang lebih mirip dengan Cristo Redentor di Brazil. Patung hampir setinggi 30 meter ini merupakan simbol tempat pertama kalinya penyebaran Injil dilakukan di tanah Papua. Patung Yesus yang dicat putih ini berdiri di atas bangunan yang terdiri dari empat pilar dengan corak etnis khas Papua. Pilar penyangganya setinggi 15 meter, sementara tinggi patung itu sendiri adalah 14,5 meter. Patung Yesus ini berdiri tegak menghadap barat dengan kedua tangan terbentang. Dari Kota Manokwari, patung Yesus ini terlihat jelas berdiri di antara pepohonan.

8. Patung Dewa Murugan, Kabupaten Langkat

Patung Dewa Murugan, Langkat
Patung Dewa Murugan, Langkat

Jika Anda berjalan-jalan ke Batu Caves di Malaysia, maka Anda akan melihat patung Dewa Murugan tertinggi di dunia. Namun, Indonesia juga punya, lho! Di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, tepatnya di pelataran Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil di Jl Ibadah, berdirilah patung Dewa Murugan setinggi 17 meter. Patung ini adalah Patung Dewa Murugan tertinggi kedua di dunia setelah yang ada di Batu Caves. Patung berwarna emas ini dibangun dengan dana pribadi milik ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Medan. Dewa Murugan (atau Kartikeya) adalah Dewa Perang dan pelindung kaum Tamil. Dewa Murugan adalah putra Dewa Agni (Dewa Api).

9. Patung Buddha Tidur Mojokerto

Buddha Tidur Mojokerto
Patung Buddha Tidur Mojokerto

Patung keagamaan termegah di Indonesia yang berikutnya adalah patung Buddha Tidur di Mojokerto. Patung dengan panjang 22 meter dan tinggi 6 meter ini menjadi patung Buddha Tidur terbesar ketiga di dunia setelah di Thailand dan di Nepal. Patung Buddha Tidur ini terletak di komplek Maha Vihara Trowulan. Awalnya, patung ini tertutup untuk umum. Namun dalam perkembangannya, patung Buddha Tidur ini menjadi obyek wisata umum.

10. Patung Yesus Tana Toraja

(soon!)

Patung Yesus di Makale
Patung Yesus di Makale segera rampung

Patung keagamaan termegah di Indonesia yang ini belum jadi sih saat saya menulis artikel ini – tapi akan segera jadi. Patung yang rencananya akan diresmikan pada akhir Agustus 2015 akan memiliki tinggi 40 meter. Patung ini akan diletakkan di puncak Bukit Buntu Burake, Makale, pada ketinggian 1.100 mdpl. Patung Yesus ini akan menjadi Patung Yesus tertinggi di dunia, mengalahkan patung Cristo Redentor di Brazil. Patung berbahan dasar perunggu ini dikerjakan di Yogyakarta. Patung dikirim ke Tana Toraja dalam bentuk kepingan-kepingan untuk dirakit menjadi Patung Yesus Kristus Memberkati. Adapun landasan patung ini berupa bangunan dua lantai.

Klikers, itulah 10 patung keagamaan termegah di Indonesia. Kemegahannya membuat kita menghela nafas kagum. Namun, tentu saja tak ada yang mampu menandingi kemegahan Sang Ilahi sendiri. Nah, mana sajakah patung keagamaan yang sudah Klikers kunjungi?

(Marchaela)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *