10 Taman Kota di Malang, Solusi Wisata Murah Meriah di Switzerland van Java

Sebagai kota yang berjuluk Switzerland van Java, Malang memang menjadi destinasi wisata terpopuler di Jawa Timur. Saat akhir pekan atau musim liburan, kota ini akan dipadati oleh para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Baik wisatawan dari kota-kota di Jawa Timur atau dari berbagai penjuru tanah air.

Kota Malang memang memiliki banyak tempat wisata menarik. Tidak hanya tempat wisata, Anda pun bahkan bisa mendapati keberadaan deretan taman-taman kota yang cantik di sini. Nah, berikut ini adalah 10 taman kota di Malang yang bisa Anda kunjungi saat pelesir ke sana:

1. Alun-alun Merdeka Malang

Alun-Alun Malang
Air mancur menari di Alun-alun Malang. Sumber foto: http://halomalang.com

Air Mancur Menari dengan latar Masjid Jami Kota Malang
Air Mancur Menari dengan latar Masjid Jami Kota Malang. Sumber foto: http://halomalang.com

Taman Alun-Alun Merdeka kini menjadi salah satu taman kota yang cantik dan banyak dikunjungi wisatawan. Penampilan kumuh yang dulu sempat melekat pada taman ini, telah berubah total. Terutama sejak adanya perombakan besar-besaran yang terjadi pada tahun 2015. Sejak itu, Alun-Alun Merdeka pun menjadi lokasi berkumpulnya para warga dan wisatawan dari luar kota.

Anda akan bisa mendapati suasana yang hijau saat menjejakkan kaki di taman kota ini. Fasilitas yang tersedia di tempat ini juga lengkap. Mulai dari keberadaan jogging track, arena skateboard, bangku taman, arena bermain anak, tempat menyusui bayi, serta toilet yang terjaga kebersihannya. Suasana pun kian indah saat berkunjung ke sini pada malam hari, dengan pemandangan air mancur berwarna-warni yang berlatar belakang Masjid Agung Malang.

Masjid Agung Malang
Masjid Agung Malang di Alun-Alun Malang. Sumber foto: https://malangstrudel.com

2. Taman Rekreasi Kota Malang

Taman Rekreasi Kota Malang
Taman Rekreasi Kota Malang. Sumber foto: http://jelajahmalangku.blogspot.co.id

Taman Rekreasi Kota Malang atau disingkat Tarekot juga menjadi lokasi yang menarik untuk disinggahi. Terutama kalau Anda datang ke Malang bersama keluarga. Taman kota yang satu ini memiliki fasilitas hiburan yang lengkap. Mulai dari kolam renang khusus anak, arena permainan anak, berbagai jenis satwa, serta bisa pula berkeliling taman dengan naik dokar.

Arena permainan anak di Tarekot
Arena permainan anak di Tarekot. Sumber foto: http://jelajahmalangku.blogspot.co.id

3. Alun-alun Bundar (Tugu)

Tampak atas Alun-alun Bundar (Tugu)
Tampak atas Alun-alun Bundar (Tugu). Sumber foto: http://www.proiptek.com

Alun-alun bundar yang asri
Alun-alun bundar yang asri. Sumber foto: http://hariesdesign.com

Kolam teratai di tengah-tengah Alun-alun Bundar
Kolam teratai di tengah-tengah Alun-alun Bundar. Sumber foto: http://hariesdesign.com

Taman kota dengan pemandangan indah lainnya bisa dijumpai di Alun-alun Bundar (Tugu). Alun-alun ini memiliki ciri khas pada bentuknya yang bundar dan terdapat sebuah tugu di bagian tengahnya. Pemandangannya pun kian cantik karena di sekeliling tugu tersebut terdapat kolam teratai. Tidak heran kalau banyak pengunjung memilih alun-alun yang dibangun seorang Belanda bernama Thomas Karsten di tahun 1920 ini sebagai lokasi foto selfie

4. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang di waktu malam
Taman Kunang-Kunang di waktu malam. Sumber foto: http://wikimapia.org

Selasar yang dilengkapi dengan tempat duduk di Taman Kunang-Kunang
Selasar yang dilengkapi dengan tempat duduk di Taman Kunang-Kunang. Sumber foto: http://www.winphotoblog.com

Plaza 1 Taman Kunang-kunang di ujung Jl. Jakarta & Simpang Ijen.
Plaza 1 Taman Kunang-kunang di ujung Jl. Jakarta & Simpang Ijen. Sumber foto: http://halomalang.com

Taman kota yang satu ini akan terlihat semakin cantik pada malam hari. Saat itu, Anda akan mendapati 96 lampu LED yang menyala secara bergantian, mirip seperti kunang-kunang. Para pengunjung pun bisa merasakan suasana yang santai, bisa memilih untuk duduk di tiga selasar yang telah disediakan. Suasananya pun kian nyaman karena taman ini juga penuh dengan pohon yang rindang. Tidak heran kalau kawula muda Malang betah berlama-lama di taman kota ini.

5.Taman Merbabu 

Taman merbabu dilengkapi dengan fasilitas permainan
Fasilitas bermain di Taman Merbabu. Sumber foto: http://fauziirawan068.blogspot.co.id/

Taman Merbabu cocok untuk keluarga
Taman Merbabu cocok untuk keluarga. Sumber foto: http://fauziirawan068.blogspot.co.id/

Taman kota yang satu ini merupakan tempat yang pas untuk menghabiskan waktu santai bersama keluarga. Taman seluas 3.924 meter persegi ini memiliki fasilitas hiburan keluarga yang lengkap. Anda bisa menggunakan fasilitas berupa lapangan futsal, arena permainan anak, jogging track, arena bermain yang dilengkapi dengan pasir pantai, serta tempat duduk yang nyaman. Tidak ketinggalan, taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan para difabel.

6.Taman Cerdas Trunojoyo

Singa, ikon dari klub sepakbola Arema Malang
Singa, ikon dari klub sepakbola Arema Malang. Sumber foto: http://amazingmalang.com

Suasana yang rindang
Suasana yang rindang. Sumber foto: http://halomalang.com/

Berlokasi tidak jauh dari Alun-Alun Tugu, Anda juga bisa berkunjung ke Taman Cerdas Trunojoyo. Taman kota yang satu ini memiliki ciri khas dengan keberadaan patung singa yang menjadi ikon dari klub sepakbola Arema Malang. Taman ini memiliki suasana yang rindang dan kerap menjadi lokasi bersantai kawula muda Malang. Sebagai catatan, para pengunjung tidak boleh berkunjung ke taman ini saat melewati pukul 22.00 WIB.

7. Taman Idjen Boulevard

Suasana malam di Taman Idjen Boulevard
Suasana malam di Taman Idjen Boulevard. Sumber foto: http://kelsumbersari.malangkota.go.id

Taman Idjen Boulevard di waktu siang
Taman Idjen Boulevard di waktu siang. Sumber foto: http://www.malangtimes.com

Hijau dan segar di Taman Idjen Boulevard
Hijau dan segar di Taman Idjen Boulevard. Sumber foto:http://www.skyscrapercity.com

Taman kota yang satu ini memang ukurannya tidak terlalu luas. Fasilitas yang ada pun terbatas. Anda tidak akan mendapati keberadaan arena hiburan anak atau sejenisnya di sini. Sebagai gantinya, hanya ada deretan bangku yang bisa menjadi tempat duduk sembari bersantai menikmati suasana dingin Kota Malang. Suasananya yang rindang dan lokasi strategis di depan Museum Malang Tempo Doeloe menjadikan taman ini ramai didatangi pengunjung.

8. Taman Slamet

Taman Slamet, surga tersembunyi di tengah kota
Lorong 6 gunung. Sumber foto: http://www.nnoart.com

Taman yang satu ini menjadi tempat yang sangat menarik bagi para kawula muda. Terutama bagi para pemburu foto instagramable. Taman ini memiliki beberapa lokasi yang menarik untuk dijadikan tempat foto. Lokasi-lokasi foto favorit tersebut antara lain adalah Lorong Enam Gunung, area pergola, photobooth bertuliskan Welcome to Taman Slamet, ataupun papan nama Taman Slamet.

9. Taman Singha Merjosari

Taman Merjosari, taman kota pertama di Malang
Taman Merjosari, taman kota pertama di Malang. Sumber foto: http://halomalang.com

Taman Singha Merjosari, dengan konsep Delapan Elemen Kota Hijau
Taman Singha Merjosari, dengan konsep Delapan Elemen Kota Hijau Sumber foto: http://jelajahmalang.blogspot.co.id

Fasilitas permainan anak di Taman Singha Merjosari
Fasilitas permainan anak di Taman Singha Merjosari. Sumber foto: http://humas.malangkota.go.id

Taman kota yang satu ini memiliki suasana yang cukup sepi. Meski begitu, taman ini sejatinya memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik dibandingkan taman lainnya di Malang. Fasilitas di taman juga lengkap. Terdapat gazebo yang bisa menjadi lokasi bersantai bersama keluarga. Ada pula fasilitas berupa jogging track serta berbagai alat kebugaran yang bisa digunakan secara gratis.

10. Alun-Alun Kota Batu

View dari atas Alun-Alun Kota Batu
View dari atas Alun-Alun Kota Batu. Sumber foto: http://infobatumalang.blogspot.co.id

Fasilitas hiburan di Alun-Alun Kota Batu
Fasilitas hiburan di Alun-Alun Kota Batu. Sumber foto: http://nginepmana.com/

Taman kota yang terakhir ini memang tidak berada di Kota Malang, melainkan di Kota Batu. Hanya saja, letaknya bisa dijangkau dengan mudah dari Malang. Ditambah lagi, taman ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh taman-taman kota lain. Terutama dengan keberadaan fasilitas hiburannya yang lengkap, termasuk komidi putar di bagian tengah taman. Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner enak yang tersedia di sekitar alun-alun.

Keberadaan taman-taman kota ini pun semakin membuat Malang sebagai kota yang ramah terhadap para wisatawan. Apalagi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa bersantai di taman-taman ini. Menarik, kan?