GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

10 Tempat Wisata Alam di Jawa Barat Nan Indah Memukau

Kita yang bermukim di Jawa Barat boleh berbangga hati karena bumi Jawa Barat ini memiliki alam yang indah. Belakangan ini, para penjelajah berhasil mengeksplorasi keindahan alam Jawa Barat dan bermunculanlah tempat-tempat wisata baru di Jawa Barat. Buat Anda yang memiliki jiwa petualang atau mereka yang bosan liburan ke tempat yang itu-itu melulu, deretan tempat wisata alam di Jawa Barat yang berikut ini dapat menjadi opsi liburan yang menarik bagi Anda: 

1.    Pantai Ujung  Genteng

Pantai Ujung Genteng

Wisata alam di Jawa Barat lebih dikenal dengan wisata pegunungan. Padahal, Jawa Barat juga memiliki pantai-pantai yang indah memukau. Salah satunya adalah Pantai Ujung Genteng. Pantai Ujung Genteng ini berlokasi di Sukabumi Selatan, Jawa Barat. Dari Kota Sukabumi, kita hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 3-4 jam untuk mencapai Pantai Ujung Genteng ini.  Pantai Ujung Genteng ini memiliki pemandangan yang indah dengan pantai berpasir putih dan berbatu karang.  Ombaknya tidak terlalu besar dan bibir pantainya berkarakteristik landai sehingga cukup aman untuk berenang di pantai ini. Pantai Ujung Genteng ini juga menjadi tempat penyu bertelur. Fasilitas di Pantai Ujung Genteng ini juga sudah cukup lengkap. Sudah ada toilet, kamar mandi, tempat parkir, dan warung-warung makan. 

2.    Telaga Remis

Telaga Remis

Sudah pernah mendengar tentang Telaga Remis? Wisata alam di Jawa Barat yang satu ini terletak di kaki Gunung Ciremai, di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan. Lokasinya kira-kira 37km dari pusat kota Kuningan.  Remis ini adalah sejenis kerang berwarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga tersebut. Di Telaga Remis ini, Anda dapat menikmati hawa yang sejuk dan juga menikmati pemandangan telaga yang airnya sangat jernih dengan latar pegunungan. Di Telaga Remis, Anda dapat berkeliling danau dengan menggunakan perahu motor atau bermain sepeda air. Anda juga dapat duduk-duduk santai di saung-saung yang tersedia. 

3.    Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

Tempat wisata alam di Jawa Barat ini cukup ngehits sejak tahun 2015 lalu. Sanghyang Heuleut ini adalah sebuah danau cantik yang tersembunyi di antara bebatuan di balik sebuah bukit. Sanghyang artinya adalah “tempat suci” dan Heuleut artinya “selang antara dua waktu”. Masyarakat setempat percaya bahwa Sanghyang Heuleut ini adalah tempat bidadari mandi. Konon, Sanghyang Heuleut ini juga menjadi tempat Dayang Sumbi mandi dan mencuci pakaiannya. Karena itulah, masyarakat setempat mengkeramatkan danau ini. Akses untuk menuju Sanghyang Heuleut ini juga cukup sukar. Anda harus trekking sejauh kira-kira 5 km ke arah hutan dari pintu gerbang PLTA. Namun, perjuangan Anda akan sebanding dengan keindahan yang bakal Anda nikmati di Danau Sanghyang Heuleut ini. 

Baca Juga:  7 Pilihan Toko Kue Legendaris di Jakarta

Baca juga: 9 Tempat Wisata Murah Meriah di Bandung

4.    Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh ini adalah salah satu wisata alam di Jawa Barat yang sangat keren! Geopark Ciletuh ini adalah taman batuan alam tua yang berada di Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat. Di sini, kita dapat menikmati pemandangan memukau hamparan batu karang laut dan beberapa air terjun pegunungan yang cantik. Idealnya, Anda akan membutuhkan waktu 3-4 hari untuk mengunjungi sebagian besar wisata alam yang ada di Geopark Ciletuh ini. Jika tak memiliki banyak waktu, Anda bisa mengambil paket wisata Geopark Ciletuh. Salah satu paket wisata yang ditawarkan adalah berkeliling Geopark Ciletuh dengan menggunakan four wheel drive. Anda juga bisa menginap di rumah penduduk dan berkeliling daerah pedesaan. Adapun Geopark Ciletuh ini sudah resmi dikukuhkan sebagai Geopark nasional pada pertengahan Juli 2015. 

5.    Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha (piknikasik.com)

Pantai Puncak Guha terletak di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Pantai Puncak Guha ini belakangan sedang nge-trend di Garut. Pantai Puncak Puha ini adalah perpaduan keindahan dari lautan luas dengan ombak yang tak terlalu kencang, angin laut yang berhembus kencang, dengan pesisir pantai nan eksotis dan tebing yang curam. Keunikan dari Pantai Puncak Guha ini adalah keberadaan sebuah gua di tebing. Gua ini cukup dalam dan dihuni ratusan kelelawar. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Puncak Guha ini, siapkanlah perbekalan makan dan minum karena di sini belum banyak ditemukan pedagang. Penginapan terdekat pun baru dapat dijumpai di Pantai Rancabuaya yang berjarak sekitar 2 km dari Pantai Puncak Guha. 

6.    Mata Air Cimincul

Mata Air Cimincul (pic: Ambo Reynaldi)

Jika Jawa Tengah memiliki umbul yang keren, maka Jawa Barat pun tak kalah. Kita yang tinggal di Jawa Barat tak perlu jauh-jauh ke Jawa Tengah. Kita tinggal berkendara menuju Subang untuk menyambangi Mata Air Cimincul. Mata Air Cimincul ini tepatnya berada di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang. Cimincul ini berasal dari bahasa sunda “cai mincul” yang artinya “air yang timbul”. Mata Air Cimincul ini memiliki air yang jernih. Jangan lupa membawa kamera underwater untuk berfoto di bawah sini.  

Baca Juga:  7 Tempat untuk Menikmati Jakarta Bersama Anak-anak

Baca juga: Mari Main Air di 7 Umbul Cantik di Jawa Tengah

7.    Air Panas Cisolok

Air Panas Cisolok

Wisata alam di Jawa Barat yang ini pun berada di Sukabumi.Wisata Air Panas Cisolok ini sebenarnya sudah ada cukup lama, namun masih menarik hingga hari ini. Pemandian Air Panas Cisolok ini bersumber dari air panas yang menyembur dari bebatuan. Ada tiga titik semburan air panas dengan suhu rata-rata 80 derajat celcius. Air panas di Cisolok ini tidak mengandu belerang karena bersumber dari geyser. Wisatawan dilarang untuk mendekati semburan air panas ini karena dapat berbahaya. Adapun fasilitas di pemandian Air Panas Cisolok ini sudah cukup lengkap. Sudah terdapat toilet, tempat ganti pakaian, kamar mandi, warung makan, dan juga area parkir yang luas.

8.    Curug Bidadari

Curug Bidadari

Tempat wisata alam di Jawa Barat yang satu ini dinamakan sebagai Curug Bidadari karena konon katanya air terjun ini adalah tempat turunnya bidadari dari khayangan. Hal ini dikarenakan sehabis hujan lebat sering muncul pelangi yang dipercayai masyarakat setempat sebagai tempat turunnya bidadari. Curug Bidadari ini memiliki tinggi 75 meter. Untuk mencapai Curug Bidadari ini, pengunjung dapat memotong jalan melewati sebuah batu raksasa yang sudah dipotong bagian tengahnya. Ada juga sebuah kolam besar di mana kita dapat bermain air atau berenang sembari menikmati pemandangan Curug Bidadari. Saat ini, Curug Bidadari berada di bawah pengelolaan Sentul Paradise Park. Tak heran bila fasilitas di Curug Bidadari ini sudah cukup lengkap. 

9.    Situ Cilembang 

Situ Cilembang

Satu lagi mata air cantik di Jawa Barat. Selain Mata Air Cimincul, Jawa Barat juga memiliki Situ Cilembang. Situ Cilembang, atau terkadang disebut juga Danau Biru Hariang Cilembang, atau Sirah Cilembang, berlokasi di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang. Situ Cilembang ini memiliki air yang terlihat sangat biru. Warna biru ini berasal dari pantulan langit karena airnya yang sangat jernih. Karena airnya yang sangat jernih itulah, pengunjung dilarang untuk menceburkan diri ke situ agar airnya tidak tercemar. Situ Cilembang ini juga tidak boleh dikungjuni pada hari Selasa dan Jumat. 

Baca Juga:  4 Waterpark di Jakarta dengan Wahana Terbaik

10.    Tebing Cadas Gantung

Tebing Cadas Gantung (pic: anakkos.net)

Wisata alam di Jawa Barat yang juga tak boleh dilewatkan adalah Tebing Cadas Gantung. Tebing Cadas Gantung ini berada di Desa Mirat, Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat. Butuh perjuangan untuk mencapai Tebing Cadas Gantung ini karena jalurnya yang cukup menantang. Tebing Cadas Gantung ini berada pada ketinggian 500 – 750 mdpl. Dari atas Tebing Cadas Gantung ini, Anda dapat menikmati pemandangan tegalan, sawah, dan perbukitan. Tebing Cadas Gantung ini juga memiliki kekayaan flora. Anda dapat menjumpai kemiri, jati, dan pinus. Pemandangan sunset dari Tebing Cadas Gantung ini sangatlah memukau. Anda bisa sekalian bermalam di Tebing Cadas Gantung karena di sini terdapat bumi perkemahan. Siapkan ketahanan fisik, sepatu yang nyaman, dan perbekalan yang cukup bila Anda ingin travelling ke Tebing Cadas Gantung ini.


Klikers, itulah 10 tempa wisata alam di Jawa Barat yang memiliki keindahan memukau. Mana yang ingin Klikers kunjungi di liburan kali ini? Jangan lupa, ingatlah selalu untuk menjaga kelestarian alam yang Anda singgahi. Jangan mengambil apapun kecuali foto. Dan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki 🙂 

Facebook Comment

Related Post

More in air panas cisolok, curug bidadari, Geopark Ciletuh, mata air cimincul, pantai puncak guha, pantai ujung genteng, sanghyang heuleut, situ cilembang, tebing cadas gantung, telaga remis
geopark di indonesia
6 Geopark di Indonesia yang Harus Anda Kunjungi

Indonesia memiliki kekayaan alam dengan keanekaragaman yang luar biasa. Tak berlebihan rasanya bila bumi pertiwi ini dibilang surganya ekosistem dunia. Karena...

Close