Moleknya 10 Wisata Alam yang Tersembunyi di Bali Ini!

Sampai kapan pun, Bali selalu menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia. Namun, buat mereka yang berjiwa petualang, mungkin akan merasa bosan bila setiap kali berlibur di Bali hanya mengunjungi pantai-pantai saja. Tenang saja, Bali tak melulu pantai, kok! Belakangan ini, di instagram dan media sosial lainnya mulai marak tempat-tempat wisata alam di Bali yang indah namun lokasinya cukup tersembunyi. Berikut 10 tempat wisata alam yang tersembunyi di Bali:

1. Air Terjun Sekumpul, Singaraja

Air Terjun Sekumpul
Air Terjun Sekumpul

Para pemburu air terjun biasanya sudah tahu mengenai keberadaan wisata alam yang tersembunyi di Bali yang ini. Air Terjun Sekumpul berada di daerah Singaraja, tersembunyi di balik hutan Buleleng. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Kira-kira 2,5 jam dari Denpasar. Untuk sampai ke sini, Anda harus terlebih dulu trekking dan menyusuri ratusan anak tangga dari area parkir sampai ke lokasi air terjun. Serunya, di lokasi Air Terjun Sekumpul, Anda bisa sekaligus menikmati tujuh buah air terjun yang posisinya terpisah-pisah. Sedikitnya wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Sekumpul membuat tempat ini terasa begitu damai dan tentram.

2. Gugusan Bukit Karang Pantai Atuh

Gugusan Karang Pantai Atuh
Gugusan Karang Pantai Atuh

Merasa biaya liburan ke Raja Ampat terlalu mahal? Di Pantai Atuh, Anda bisa menemukan gugusan bukit karang yang mirip dengan yang ada di Raja Ampat Papua atau Phi Phi Island di Thailand. Pantai Atuh berada di ujung barat daya Pulau Nusa Penida di Desa Pejukutan. Untuk mencapai Pantai Atuh ini, Anda harus melewati jalan setapak yang dikeliling tebing dan jurang. Wow, cukup menantang, ya! Saat air laut sedang surut, Anda dapat menikmati keindahan gugusan batu karang yang eksotik di antara birunya air laut dan hamparan pasir putih.

3. Broken Beach, Nusa Penida

Broken Beach
Broken Beach

Broken Beach atau Pantai Pasih Uug berlokasi di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida Barat. Pasih Uug dalam bahasa bali artinya pantai yang rusak. Tapi, jangan buru-buru membatalkan niat Anda mengunjunginya. Broken Beach ini justru memiliki keindahan yang sangat unik yang sulit ditemukan di tempat wisata lain. Di Broken Beach, Anda dapat menjumpai panorama tebing-tebing tinggi, di mana ada tebing yang berlubang menyerupai terowongan laut. Tebing-tebing ini juga membentuk kolam alami air laut. Ada juga sebuah jembatan dari bebatuan karang. Berani melintasinya? Jika beruntung, Anda juga bisa penyu dan ikan pari.

4. Angel’s Billabong

Angel's Billabong
Angel’s Billabong

Wisata alam yang tersembunyi lainnya di Bali adalah Angel’s Billabong. Kita mungkin tahunya “Billabong” adalah merk T-shirt, namun sebenarnya Billabong memiliki arti “cabang dari sebuah sungai yang airnya tidak mengalir lagi / buntu”. Sesuai dengan namanya, Angel’s Billabong ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai di Nusa Penida. Muara sungai ini memiliki air yang sangat tenang dan jernih – sangat jernih hingga Anda dapat melihat dasarnya. Terdapat pula cerukan-cerukan yang membentuk kolam alami. Saat air laut sedang surut, Anda bisa berenang di kolam alami Angel’s Billabong ini. Angel’s Billabong ini lokasinya di Nusa Penida, tak jauh dari Broken Beach.

5. Devil’s Tear, Nusa Lembongan

Devil's tear
Devil’s tear

Nusa Lembongan merupakan sebuah pulau kecil di sebelah tenggara Pulau Bali, 11 km dari Kabupaten Klungklung. Di Nusa Lembongan ini, Anda dapat menjumpai fenomena waterblow seperti yang ada di Nusa Dua. Siap-siap pakaian Anda basah saat ombak kuat menghempas tebing karang. Hempasan ombak ini bisa mencapai tinggi 15 meter, lho! Untuk melihat fenomena waterblow ini, Anda tinggal berjalan kaki selama beberapa menit ke arah utara dari Dream Beach atau dari selatan Sunset Beach.

6. Taman Rahasia Sambangan

Taman Rahasia Sambangan
Taman Rahasia Sambangan

Salah satu wisata alam yang tersembunyi di Bali dan penuh rahasia adalah Taman Rahasia Sambangan. Taman rahasia ini berlokasi di Desa Sambangan, sekitar 5 km sebelah selatan pusat kota Singaraja. Di sana, Anda dapat menikmati indahnya pepohonan yang masih alami. Ada juga sebuah air terjun alami yang letaknya tersembunyi di dalam hutan belantara. Untuk mencapai Taman Rahasia Sambangan ini, Anda bakalan melewati hamparan persawahan. Obyek wisata yang indah ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang tersembunyi.

7. Tebing Hijau Undisan, Bangli

Tebing Hijau Undisan
Tebing Hijau Undisan

Wisata alam yang tersembunyi di Bali yang berikut ini disebut-sebut mirip dengan Green Canyon. Tebing Hijau berada di Desa Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, di Sungai Tangkup. Di sini, Anda dapat menikmati pesona tebing tinggi yang berwarna hijau karena tertutup lumut. Di bawah tebing, terdapat aliran air yang mengalir menuju sebuah gua kecil yang tersembunyi. Jika kadar adrenalin Anda cukup tinggi, Anda dapat berenang mengikuti aliran air dan melihat goa kecil tersebut. Tapi, sekedar duduk-duduk menikmati suasana indah yang magis dari tebing hijau pun sudah memuaskan rasanya :-). Untuk sampai ke Tebing Hijau ini, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup sulit sekaligus memanjakan mata karena Anda akan melewati sawah, hutan, dan jurang.

8. Tebing Banah, Nusa Penida

Tebing Banah
Tebing Banah

Di Nusa Penida, Anda dapat melihat panorama alam Tebing Banah yang sungguh memukau. Di tengah lautan, terdapat sebuah tebing kapur yang berlubang dan pepohonan hijau di bagian atasnya. Tebing Banah ini memiliki ketinggian ratusan meter.

9. Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang
Hidden Canyon Beji Guwang

Dari namanya saja, kita langsung tahu bahwa obyek wisata ini merupakan salah satu wisata alam yang tersembunyi di Bali. Hidden Canyon ini merupakan sebuah tebing setinggi 30 meter yang memiliki lekukan-lekukan tajam. Konon, Anda bisa melihat berbagai ekspresi manusia di tebing-tebing tersebut. Tebing-tebing tersebut mengapit sebuah aliran sungai. Beji dalam bahasa bali adalah sungai yang dianggap suci. Tempat ini memang masih dikeramatkan oleh masyarakat. Hidden Canyon ini terletak di area Beji Guwang, dekat dengan Pura Dalem Guwang, Sukawati, Gianyar, Bali. Untuk mencapainya tidak terlalu sulit karena lokasinya tidak jauh dari Pasar Seni Sukawati.

10. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan
Bukit Campuhan

Doyan trekking? Jangan lupa untuk mencoba trekking di Bukit Campuhan. Memang, Bukit Campuhan ini lokasinya agak tersembunyi. Untuk menemukan jalan masuknya, Anda harus menyusuri jalan setapak menuju Pura Gunung Lebah. Jalan menuju jalur trekking terdapat di sisi pura dan melintasi sungai di sebelahnya. Di Bukit Campuhan ini, Anda dapat menikmati kedamaian saat berjalan kaki di antara hamparan ilalang hijau. Anda juga bisa menyusurinya dengan naik sepeda. Satu hal yang perlu diingat, Bukit Campuhan ini merupakan tempat suci. Anda dilarang untuk membuang sampah sembarangan dan melakukan perbuatan asusila.

(marchaela)

Facebook Comment

Related Post

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
DISKON 20% di Everyday Balinese Spa & Reflexology

Halo Klikers, Demi meningkatkan kualitas liburan pelanggan setia Klikhotel, kami mengadakan kerjasama dengan Everyday Balinese Spa & Reflexology. Yes, DISKON...

Close