12 Jajanan Unik khas Bandung yang Bikin Ketagihan

Sampurasun…”

Buat Klikers yang bukan berasal dari Bandung, mungkin tidak terbiasa dengan salam “sampurasun”. Sampurasun adalah semacam salam khas di Bandung yang artinya kurang lebih adalah “excuse me” alias “permisi”. Selain salam khas sampurasun, Bandung juga punya jajanan-jajanan unik yang bakalan sulit ditemukan di kota-kota lain. Yuk kenalan sama 12 jajanan unik khas Bandung ini!

1. Cireng

Cireng
Cireng

Cireng adalah jajanan unik khas Bandung singkatan dari “aci digoreng”. Bahan utamanya dari tepung kanji (aci) atau tapioka yang dicampur dengan terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang, dan minyak goreng. Cireng sangat mudah untuk ditemukan di tukang gorengan. Tapi sekarang, cireng telah terinovasi. Saat ini banyak cireng yang menggunakan isian seperti sosis, keju, ayam, hingga smoked beef. Ada juga rujak cireng di mana cireng dinikmati dengan bumbu kecap cengek dan juga cireng bumbu kacang. Enak pisan!

2. Cimol

Cimol
Cimol

Next is cimol! Cimol adalah jajanan unik khas Bandung singkatan dari “aci digemol”. Adonan tepung kanji dibentuk bulat-bulat lalu digoreng. Biasanya cimol ini dinikmati dengan bumbu, seperti bubuk keju atau bubuk cabai (variannya tergantung yang jual, nih!) atau bersama saus kacang. Cimol ini paling enak disantap ketika masih hangat, saat teksturnya masih kenyal. Karena setelah dingin, biasanya tekstur cimol ini akan menjadi sedikit alot.

3. Cilok

cilok
cilok

Ada cimol, ada juga cilok. Urang Bandung ini ternyata memang demen banget makan aci, yah! Cilok ini singkatan dari aci dicolok. Bentuknya bulat seperti bakso, dan biasanya menggunakan isian daging cincang atau telur. Cilok yang bertekstur kenyal ini biasanya disajikan dengan tusukan seperti sate dan disantap bersama saus kacang atau saus sambal.

4. Seblak Basah

seblak basah
seblak basah

Klikers sudah tahu apa itu seblak? Seblak adalah jajanan unik khas Bandung yang berbahan dasar kerupuk. Kerupuk mentah digodok dan diberi bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, garam, dan penyedap rasa. Biasanya juga ditambahkan pelengkap seperti telur, macaroni, siomay, dan lain-lain. Hasilnya adalah kerupuk matang yang kenyal dan rasa yang sedap gurih dengan sedikit kuah. Nyemek gitu deh. 😀 Selain seblak dari kerupuk, ada juga seblak ceker, seblak tulang, seblak kwetiaw, dan lain-lain.

5. Gehu Pedas

Gehu Pedas
Gehu Pedas

Gehu adalah singkatan dari “toge-tahu”. Namun, untuk gehu pedas ini, isiannya tidak melulu hanya toge, melainkan divariasikan menggunakan kol, bihun, dan wortel, bahkan ada juga yang menambahkan daging cincang dan udang. Bahan isian ini ditumis dengan bumbu rempah dan cabai. Tahunya sendiri dibalut dengan adonan terigu. Gehu pedas ini rasanya benar-benar sedap dengan tekstur yang garing renyah.

6. Batagor

batagor
batagor

Kalau jajanan unik khas Bandung yang satu ini Klikers pasti sudah hafal. Batagor alias baso tahu goreng! Bahan dasar batagor ini adalah tahu yang diisi adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka yang digoreng. Bahan lainnya yaitu siomay goreng. Batagor ini lalu dihidangkan bersama saus kacang, kecap manis, dan perasan jeruk nipis. Ih, saya mah doyan banget sama batagor!

7. Basreng

Basreng
Basreng

Basreng adalah singkatan dari “baso goreng”. Baso goreng yang berbahan dasar ikan tenggiri dikeringkan lalu digoreng dan dibumbui. Varian umum basreng ini adalah basreng asin dan basreng pedas. Teksturnya biasanya sih agak keras. Tapi enak beud!

8. Colenak

Colenak
Colenak

Jajanan unik khas Bandung yang satu ini sudah tergolong agak legendaris alias sudah ada jaman nenek-kakek kita. Colenak adalah singkatan dari “dicocol-enak”. Colenak ini sebenarnya adalah tape atau peuyeum yang dibakar lalu disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur serutan kelapa. Colenak ini pertama kali diperkenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930. Saat ini colenak sudah divariasikan. Ada colenak rasa nangka dan juga rasa duren.

9. Misro

Misro
Misro

Misro adalah singkatan dari “amis dijero”, dalam bahasa indonesia artinya “manis di bagian dalam”. Misro terbuat dari adonan singkong yang bagian dalamnya diisi gula merah lalu digoreng. Misro yang berbentuk bulat dan bercitarasa manis ini enak banget untuk disantap dalam keadaan hangat.

10. Comro

comro
comro

Comro, atau kadang disebut juga combro atau gemet adalah jajanan unik khas Bandung yang juga terbuat dari singkong. Adonan parutan singkong diberi sambal oncom, lalu dibentuk bulat dan digoreng. Mirip-mirip dengan misro, namun comro rasanya gurih pedas.

11. Comring

Comring
Comring

Comring adalah singkatan dari “comro kering” atau “comro garing” (walaupun ada juga yang berpendapat bahwa comring adalah singkatan dari “oncom kering”). Comring ini terbuat dari tepung tapioka , bawang daun, bawang merah, dan berbagai bumbu lainnya. Adonan tepung tapioka ini lalu dicetak bulat dan dipipihkan lalu dijemur hingga kering dan digoreng. Comring ini rasanya gurih dengan tekstur renyah. Ada juga comring dengan rasa pedas.

12. Moring

Moring
Moring

Jajanan unik khas Bandung yang terakhir dari kami adalah Moring. Moring ini singkatan dari “cimol kering”. Terbuat dari tepung tapioka yang diberi berbagai bumbu. Ada rasa asin dan juga rasa pedas. Moring ini asyik banget untuk disantap bersama mie instan kuah, teman makan nasi, ataupun dicemil langsung. Tapi, jangan kebanyakan yah! Hehehe…. Kalau kebanyakan makan moring bisa sakit tenggorokan. Hihihihi.

Klikers, itulah 12 jajajan unik khas Bandung yang pastinya bikin kamu ketagihan. Harganya juga murah meriah, lho! Jangan lupa cobain yah kalau lagi di Bandung!

#BandungJuara

(marchaela)

Facebook Comment

Related Post

3 Comments

  • 5 Jajanan Unik Berbahan Dasar Tahu

    It’s fantastic that you are getting ideas from this article as well as from our dialogue made here.

  • jajanan sekolah unik

    Howdy! I simply wish to give you a huge thumbs up for the great information you've got right here on this post. I will be returning to your website for more soon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Saya ada di Pantai Kuwaru.
Pantai Kuwaru, Kisah Nelayan dengan Pentungan

Saya senang berpetualang ke tempat-tempat baru. Kalau bisa tempat itu jarang sekali didatangi orang, dan lebih baik jika tak seorangpun...

Close