4 Pantai Pilihan di Kulonprogo

Keliling Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba menjelajahi tempat-tempat wisata alam yang ada di sekitarnya, salah satunya di Kabupaten Kulonprogo. Terletak di pesisir selatan dan barat Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo menyimpan tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, beberapa di antaranya adalah pantai.


Yang istimewa dari keberadaan pantai di Kulonprogo ini adalah, Klikers lebih mudah menjangkaunya lantaran tidak harus direpotkan dengan jalan penuh tanjakan, tikungan. Inilah yang membedakan pantai-pantai di Kulonprogo dengan Gunungkidul yang memaksa wisatawan untuk berpetualang melewati pegunungan-pegunungan karang dan lembah-lembah yang berkelok. Makanya, selain di Bantul, pantai di Kulonprogo boleh jadi tempat pilihan bagi para backpacker.

Nah, berikut ini empat pantai pilihan di Kulonprogo yang layak Anda coba :

Pantai Glagah

Berjarak sekitar 40 kilometer, Klikers hanya perlu menempuh satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta ke arah barat dengan menggunakan kendaraan bermotor. Paling dekat memang jika ditempuh dari Wates yang disebut-sebut sebagai ibukota kecamatannya Kulonprogo, yakni hanya 15 Kiilometer. Anda yang dari Purworejo bisa juga menempuh perjalanan kurang lebihnya 1 jam. Kalau enggak ingin capek perjalanan saya sarankan menginap saja di hotel terdekat dengan Pantai Glagah, yakni Pandan Sari Hotel.

pantai glagah

Pantai ini merupakan pantai terfavorit di Kulonprogo lantaran tak hanya menyajikan pemandangan deburan ombak, hamparan pasir dan semilir angin laut, tetapi juga ada beberapa fasilitas yang membuat Anda betah di sini. Klikers bisa memancing di sekitar laguna atau pemecah ombak, ada juga penyewaan perahu motor, sampan atau kano yang bisa dipakai untuk berkeliling ria. Di Pantai Glagah ada pula Pelabuhan Tanjung Adikarto yang mampu dirapati perahu atau kapal berbobot ratusan ton dan menjadi pelabuhan terbesar di Asia Tenggara. Ada objek lain lagi, yakni kebun buah naga dan pertanian melon dan semangka yang menjadi produk pertanian andalan di kawasan berpasir ini.

Adapun rute menuju pantai ini ada tiga, yakni dari Bantul, Jalan Wates (Kota Yogyakarta), serta dari Magelang Jawa Tengah.
Rute dari Bantul : Kota Bantul -lampu lalulintas Palbapang belok kanan – Jalan Srandakan – Jembatan Srandakan -Lampumerah belok kiri arah Pantai Glagah.
Rute dari Jalan Wates: Jalan Wates – Sentolo – Kota Wates – Jalan Raya Wates-Purworejo -belok kiri nanti ada plang arah Pantai Glagah sebelum perbatasan.
Rute Magelang : Magelang-Muntilan-Kalibawang-Perempatan Nanggulan lurus sampai tembus Jalan Wates-ambil ke arah Kota Wates lewat Sentolo-Wates Kota-Jalan Wates-Purworejo lurus aja sampai plang arah Pantai Glagah.

Pantai Trisik

Untuk menuju Pantai Trisik alangkah lebih baik pada pagi atau sore hari. Karena apa? Ya, karena panorama di Pantai Trisik memang sungguh paling aduhai di Kulonprogo. Jika Anda bosan dengan kebisingan kota dan penat dengan pekerjaan, pantai ini menjadi salah satu pilihannya. Di dekat pantai Trisik ada sebuah persawahan dan juga kebun kelapa milik para penduduk sekitar yang terhampar hijau. Pantai, rumah warga, gubug yang menjual makanan dan juga jalan penghubung antara desa dengan kota yang dekat. Tempat pelelangan ikan merupakan salah satu tempat yang akan Anda jumpai saat masuk di wilayah pantai ini. Tempat ini adalah jantung warga Trisik yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Tak hanya itu, Klikers juga bisa menyaksikan kegiatan konservasi penyu.

pantai trisik

Klikers juga dapat menyasikkan bermacam jenis burung terbang di atas angkasa pantai ini. Pasalnya, pantai ini merupakan salah satu tempat singgah burung yang migran dari berbagai macam wilayah, sebut saja jenis burung Trinil Pantai, Trinil Rawa, Trinil Semak, Kedidi Leher Merah, Cerek Kalung Kecil, Cerek Kernyut dan Layang-Layang Asia. Ada juga burung non migran seperti Walet Sapi, Kuntul Kerbau, dan Udang Biru.

Pemandangan geliat ekonomi masyarakat sekitar juga dapat Klikers saksikan warga desa yang memanfaatkan panas matahari di kawasan pantai untuk mengeringkan eceng gondok yang didapatkan warga dari daerah Ambarawa. Eceng gondok yang sudah kering akan disetor pada para perajin untuk bahan pembuatan tas, sandal dan juga beragam boks.

Adapun rutenya dari Yogyakarta membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 jam perjalanan darat. Bisa juga menggunakan jalur Bantul – Purworejo, melalui Palbapang dan Srandakan. Sesampainya di Srandakan, dapat Anda lanjutkan menuju daerah Brosot dengan melewati jembatan yang melintang di atas sungai Progo dengan panjang kurang lebih 600 meter. Dari kawasan Brosot, perjalanan sepanjang 5 km ke arah pantai Trisik dapat ditempuh menggunakan jasa transport lokal seperti dokar atau andong (kereta kuda).

Pantai Bugel

pantai bugel
Meskipun nampak belum digarap oleh pemerintahan setempat, Pantai Bugel menjadi tempat wisata favorit di Kabupaten Kulonprogo, khususnya bagi yang sedang pendekatan atau pacaram. Karena apa? Ya, karena tempatnya masih sepi pengunjung. Justru karena tempatnya yang masih sepi inilah yang menjadi keunggulan tersendiri dari Pantai ini. Klikers bakal mendengar dengan sejelas-jelasnya deburan ombaknya yang ganas. Pantai ini letaknya di antara Pantai Trisik dan Pantai Glagah. Jadi, untuk rutenya bisa mengikuti rute menuju kedua pantai tersebut.

pantai bugelTak hanya itu, Anda juga bakal menemukan cemara udang atau barisan pohon cemara yang bentuknya mirip udang yang bisa dipakai tempat untuk berteduh.

Mengunjungi pantai ini, Klikers tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Karena belum diatur oleh pemerintah, maka tidak ada pungutan retribusi saat berkunjung ke pantai yang asri ini. Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 2.500 untuk parkir kendaraan. Jika Anda ingin mandi, Anda hanya diwajibkan membayar sebesar Rp 2.000. Di Pantai ini juga Anda bisa menemukan berbagai warung makan yang menyediakan berbagai olahan ikan laut yang gurih, mantap dan aduhai rasanya.

Pantai Congot

Tidak terlalu jauh dari Pantai Glagah, Pantai Congot ini terletak di Desa Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulonprogo, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sangat mudah untuk dijangkau. Selain kondisi jalan yang cukup baik, pantai ini tidak jauh dari jalan raya antar kota dan antar propinsi, berjarak sekitar 2 kilometer, dari Jalan Raya Wates. Jalan raya ini merupakan jalur penghubung Kota Yogyakarta dengan Kab. Purworejo, Jawa Tengah, dan juga salah satu jalan utama untuk menuju kota Jakarta atau jalur selatan pulau Jawa. Dengan kata lain letak pantai ini mudah diingat karena berada di ujung barat Kabupaten Kulonprogo.

pantai congot

Akses menuju kedua pantai ini bisa dikatakan mudah karena jalan yang halus dan beraspal dengan kondisi yang relatif baik sehingga akan memudahkan para pengunjung. Pemandangan alam serta kehidupan warga yang dapat Anda lihat di sepanjang jalan pun cukup memikat. Mata akan terasa teduh ketika menyaksikan pemandangan sawah yang hijau dan aktivitas warga yang menjadi petani. Tidak hanya itu, perjalanan menuju Pantai Congot sangat mempesona karena banyak deretan pohon kelapa yang tertanam rapi di pinggir jalan.

Jika Pantai Trisik bagusnya dikunjungi pada pagi dan sore, Pantai Congot justru cocok untuk dikunjungi waktu sore hari ketika senja menjelang malam lantaran pemandangan sunsetnya yang menggoda.

Nah, itulah empat pantai favorit di Kulonprogo. Boleh jadi referensi untuk mengisi liburan yang akan datang atau sekadar mampir melepas penat perjalanan mudik melalui jalur selatan Pulau Jawa.

(joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *