5 Kuliner Lebaran Nusantara Teman Asyik Makan Ketupat

Apa yang paling khas di saat gema takbir berkumandang setelah sebulan penuh kita menjalankan puasa ramadhan? Ya, ketupat. Hampir sebagian besar rumah di Indonesia akan menyajikan kuliner lebaran yang satu ini. Tentu saja lengkap dengan opor ayam dan sambal goreng hati. Tak jarang rasa bosan menghinggapi karena setiap lebaran harus makan dengan menu yang sama.

Eits, jangan salah… Sebenarnya ada banyak lo kuliner lebaran yang bisa dijadikan teman asyik makan ketupat, nggak melulu opor ayam dan sambal goreng hati. Beberapa menu masakan di bawah ini bisa kita coba di rumah untuk memberikan suasana lebaran yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Asal Usul Ketupat, Kuliner Lebaran

Sebelum kita geber nama-nama menu masakan yang asyik dijadikan teman makan ketupat, kita cari tahu dulu yuk mengenai asal-usul ketupat. Kenapa sih ketupat wajib ada di meja makan tiap kali lebaran tiba?

Awalnya ketupat sendiri ditemukan di daerah Jawa. Diperkenalkan pertama kali oleh Sunan Kalijaga, salah seorang dari Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Seperti yang kita tahu, para Sunan saat itu sering menggunakan simbol-simbol dalam menarik hati masyarakat Indonesia yang lebih dulu  memeluk Hindu dan aliran kepercayaan.

Saat itu masyarakat percaya bahwasanya ada seorang dewi bernama Dewi Sri yang mengatur pertanian dan kesuburan. Sunan Kalijaga lalu mempresentasikannya lewat ketupat, di mana beras dimasukkan ke dalam janur yang didesain anyaman berbentuk segi empat sebagai perlambangan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Adapun nama asli ketupat adalah kupat, yang merupakan singkatan dari ngaku lepat – artinya mengaku bersalah. Secara simbolik diartikan bahwa setelah satu bulan berpuasa, maka saatnya saling memberikan maaf di hari raya Idul Fitri. Dipilihnya janur sebagai alat pembungkus beras pun ada maknanya tersendiri. Janur merupakan singkatan dari jatining nur, maksudnya kita diharapkan untuk selalu menggunakan hati nurani di setiap tindakan yang kita lakukan.

Ketupat didesain dalam bentuk  persegi alias segi empat atau bujur sangkar dikarenakan sebagai pengingat bahwa kemanapun kita pergi, kita tidak boleh melupakan arah kiblat sholat. Sedangkan bentuk anyaman dari ketupat merupakan simbolisasi bahwasanya silaturahmi dan kekerabatan harus selalu terjalin dan dijaga dengan baik.

Wah, nggak nyangka ya dari sebuah ketupat kita bisa menggali makna yang sedemikian apik. Jadi semangat makan ketupat deh kalau begini.

5 Menu Masakan Tradisional Kuliner Lebaran Teman Asyik Makan Ketupat

Nah, setelah kita sudah memahami asal usul ketupat yang memiliki filosofi sedemikian tinggi, saatnya kita cari tahu kuliner lebaran dari seluruh nusantara yang bisa jadi teman asyik dimakan bersama ketupat, tentunya selain opor ayam dan sambal goreng hati.

1. Gulai Nangka Khas Medan.

Gulai Nangka pedas khas Medan

Gulai Nangka pedas khas Medan. Sumber foto: http://indonesian-medan-food.blogspot.co.id

Siap disajikan dengan nasi panas dan ikan asin

Siap disajikan dengan nasi panas dan ikan asin. Sumber foto: http://indonesian-medan-food.blogspot.co.id

Di Jawa biasanya nangka muda diolah sebagai gudheg, di Medan nangka diolah sebagai gulai yang rasanya bakal bikin kita ketagihan. Gulai nangka ini dibuat dari nangka muda dan daging iga yang dibumbu gulai, lengkap dengan kuah santan yang pekat. Bedanya dengan gulai yang ada di Jawa, gulai dari medan ini rasanya pedas. Itulah yang membedakan lidah Jawa dan lidah Medan. Masakan-masakan Jawa cenderung manis, sedang masakan Medan selalu ada sentuhan pedasnya. Jadi, kalau kamu pengen merasakan gulai tapi pedas, segera pesan tiket ke Medan ya!

2. Celimpungan Khas Palembang

Celimpungan khas Palembang

Celimpungan khas Palembang. Sumber foto: http://kuliner.ilmci.com

Celimpungan ini salah satu makanan favorit saat datang hari raya

Celimpungan ini salah satu makanan favorit saat datang hari raya. Sumber foto: http://log.viva.co.id

Kalau kita dengar kata Palembang biasanya kita akan teringat dengan Pempek. Ketika lebaran tiba, di Palembang ada sebuah kuliner khas yang wajib ada di meja makan, yang juga mirip dengan pempek, namanya Celimpungan. Mau tahu cara buatnya?

Sekilas Celimpungan ini mirip dengan Pempek, namun kuah dan bentuknya sebenarnya berbeda. Celimpungan dibuat dari ikan tengiri yang diiris tipis dan pipih. Cara membuatnya seperti membuat bakso, bedanya kuahnya tidak cair dan bening, namun kuah kuning yang bersantan kental. Jangan lupa kalau mampir ke Palembang, jangan cuma nyari Pempek, tapi juga celimpungan. Oya, celimpungan ini paling pas kalau disantap  bersama ketupat dan sambal goreng, nikmatnya sungguh tak terkira.

3. Ketupat Babanci Khas Betawi

Ketupat Babanci Gurih

Ketupat Babanci Gurih. Sumber foto: m.kidnesia.com

Betawi memiliki banyak kuliner khas yang rasanya nampol di lidah, namun ketupat babanci merupakan salah satu makanan lebaran yang wajib kita coba. Sayangnya sekarang makanan khas ini mulai kehilangan pamornya. Sepertinya sudah saatnya kita naikkan lagi namanya. Babanci sendiri mirip seperti  opor, namun menggunakan daging sapi dan tetelan sapi. Yang paling khas dari masakan pelengkap ketupat dari Betawi ini adalah daging kelapa muda dan petai yang dimasukkan ke dalam sayurnya. Benar-benar unik dan pantas dicoba!

4. Ayam Gagape Khas Makasar

Ayam Gagape Khas Makassar

Ayam Gagape Khas Makassar. Sumber foto: http://sajiansedap.grid.id

Ayam Gagape olahan ayam kampung jantan

Ayam Gagape olahan ayam kampung jantan. Sumber foto: www.maskiki.com

Kalau kamu termasuk yang nggak bisa jauh-jauh dari ayam selama lebaran, maka kamu wajib mencoba menu khas lebaran dari Makassar ini. Sama halnya dengan opor ayam, dua hal utama dalam menu ini adalah ayam dan santan, bedanya bumbu rempah di Ayam Gagape ini jauh lebih terasa. Selain itu Ayam Gagape ini punya ciri khas dengan adanya parutan kelapa parut yang telah disangrai dimasukkan ke dalam sayurnya ketika proses masak hampir selesai. Parutan kelapa ini merupakan kunci rasa Ayam Gagape agar lebih gurih dan nikmat.

5. Bebek Gulai Kurma Khas Aceh

Bebek Gulai Kurma Aceh

Bebek Gulai Kurma Aceh. Sumber foto: http://indonesian-medan-food.blogspot.com

Bebek Kurma, Dapoe Aceh Melayu

Bebek Kurma, Dapoe Aceh Melayu. Sumber foto: https://rasamasa.com

Jika selama ini kita hanya mengenal mie Aceh, sudah saatnya kita mengeksplorasi makanan khas Aceh lebih jauh lagi. Salah satu kuliner Aceh khas lebaran yang asyik disantap sebagai teman makan ketupat adalah bebek gulai kurma. Mendengar  namanya saja sudah terbayang enaknya makanan ini. Cocok sekali bagi yang ingin menghindari daging ayam atau sapi di saat lebaran tiba. Seperti yang kita tahu, daging bebek dibandingkan ayam dan sapi memang lebih tipis, namun rasanya jauh lebih gurih.

Dipadukan dengan bumbu gulai yang penuh rempah, daun beraroma seperti daun pandan, temurui serta serai, juga kuah santan yang pekat, masakan ini dijamin membuat lebaran kita terasa istimewa. Meskipun ada ‘kurma’ di judul masakan, ternyata itu hanyalah sebutan saja, tidak ada sedikitpun sentuhan kurma dalam bebek gulai kurma ini. Nama kurma disematkan sebagai pengingat kalau menu ini adalah makanan khas saat lebaran.

Wah, ternyata negara kita ini memang kaya akan kuliner lebaran teman asyik makan ketupat yang rasanya mantap jiwa. Kalau opor ayam dan sambal goreng hati sudah tidak bisa mewakili perasaan suka cita menyambut lebaran, coba deh hunting atau buat sendiri di rumah lima menu masakan di atas. Selamat mencoba dan selamat berhari raya!