Menjelajah 5 Pulau di Pulau Seribu Jakarta Yuk!

Seperti namanya, Pulau Seribu Jakarta punya gugusan pulau-pulau cantik yang jadi surga bagi para pecinta snorkeling, diver dan aktivitas bawah laut lainnya. Tak heran kemudian banyak wisatawan yang tak perlu pergi jauh dari Jakarta, tapi cukup ke Pulau Seribu saja untuk berwisata pantai. Berikut ini 5 pulau menawan di Pulau Seribu yang patut dikunjungi:

1. Pulau Perak

Pasir halus di Pulau Perak
Pasir halus di Pulau Perak. Sumber foto: Pulauperak.com

Menikmati sunset di Pulau Perak
Menikmati sunset di Pulau Perak. Sumber foto: Pulauperak.com

Pulau Perak merupakan sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni. Tergolong masih sepi, pengunjung bisa menikmati pulau ini dengan tenang dan nyaman. Di sana kita bisa berkemah atau mendirikan tenda dengan mengurus izin terlebih dahulu. Berkemah di pulau tak berpenghuni tentu memiliki sensasi tersendiri selain bisa menikmati aktivitas di pantai dan lautnya.

Aktivitas yang bisa dilakukan salah satunya adalah snorkeling di sekitar Pulau Perak. Keindahan bawah laut di Kepulauan Seribu tak kalah dari tempat lainnya. Jadi aktivitas snorkeling sangat dianjurkan jika berwisata ke tempat ini.

Karena merupakan pulau kosong, maka kita perlu membawa perlengkapan yang cukup seperti makanan atau alat masak jika ingin menginap. Membawa obat-obatan juga sangat disarankan untuk mengatasi hal-hal yang tak terduga.

2. Pulau Payung

Pulau Payung di Kepulauan Seribu
Pulau Payung di Kepulauan Seribu. Sumber foto: travel.tribunnews.com

Panorama dermaga di Pulau Payung
Panorama dermaga di Pulau Payung. Sumber foto: Kompas.com

Pulau Payung merupakan salah satu pulau yang sering dilewatkan oleh para wisatawan saat berkunjung ke Pulau Seribu Jakarta. Pulau ini memiliki penduduk sekitar 150 orang, paling sedikit jumlahnya di antara pulau berpenghuni lainnya di Kepulauan Seribu. Selain itu Pulau Payung juga memiliki ketergantungan dengan Pulau Tidung sehingga biaya kebutuhan hidup cukup besar. Pulau Payung terdiri dari 2 pulau yaitu Pulau Payung Besar dan Pulau Payung Kecil.

Wisatawan yang ingin berwisata dengan tenang bisa mencoba pergi ke pulau ini karena memang tidak begitu ramai. Salah satu spot menarik adalah Danau Asmara. Danau yang memiliki air laut tersebut memiliki banyak pohon pinus di sekitarnya. Pengunjung yang datang ke pulau bisa berkemah ataupun menginap di homestay yang ada. Berkemah sendiri akan menghemat biasaya selain bisa menikmati alam sekitar. Para pengunjung juga akan sering melihat kapal raksasa yang melalui Pulau Payung. Beragam jenis kapal yang lewat seperti kapal tongkang, batubara, petikemas, dan lain-lain memberikan pemandangan yang berbeda.

3. Pulau Sepa

Pulau Sepa
Pulau Sepa. Sumber foto: Tripsantai.com

Pasir Putih Pulau Sepa
Pasir Putih Pulau Sepa. Sumber foto: Joshuasahelangi.blogspot.co.id

Pulau Sepa merupakan pulau yang dikenal sebagai tujuan untuk aktivitas diving dan snorkeling. Namun bagi yang tidak ingin melakukan kedua kegiatan tersebut masih bisa menikmati hal lain di Pulau Sepa. Misalnya saja memancing atau sekedar menikmati keindahan pantai. Di antara pulau lainnya, Pulau Sepa merupakan pulau yang memiliki pasir pantai terbaik. Pantai di pulau ini tergolong bersih tidak ditutupi oleh bebatuan seperti halnya pulau lain di Kepulauan Seribu.

Keindahan Pulau Sepa diakui oleh banyak orang. Mereka kemudian memberi julukan “Little Paradise for Diver” atau “Little Bali” untuk Pulau Sepa. Memiliki potensi wisatawan yang bagus maka tak heran terdapat fasilitas penginapan atau cottage bagi para wisatawan. Penginapan yang tersedia menghadap ke laut sehingga semakin memberikan kepuasan pemandangan bagi para pengunjung. Nikmati keindahan sunset dan sunrise saat berada di Pulau Sepa. Jangan lewatkan pemandangan indah tersebut jadi bawa serta kamera untuk mengabadikannya.

Fasilitas yang terdapat di Pulau Sepa sudah cukup lengkap untuk melakukan berbagai aktivitas wisata air. Kita bisa menyewa jet ski, boat, kano, peralatan memancing, atau melakukan permainan air seperti water ski dan banana boat.

4. Pulau Macan

Pulau Macan
Pulau Macan. Sumber foto:Wiyata-island.com

Pantai di Pulau Macan
Pantai di Pulau Macan. Sumber foto: Mediamasha.com

Pulau Macan merupakan salah satu pulau di Pulau Seribu Jakarta yang memiliki konsep Eco Resort Village. Perlu waktu 1,5 jam untuk sampai ke pulau ini menggunakan speedboat dari Marina Ancol. Pualu ini terdiri dari dua pulau berdekatan yaitu Pulau Macan Besar dan Pulau Macan Gundul (kecil). Hebatnya saat air surut, kita bisa berjalan kaki saja untuk menuju Pulau Macan Gundul dari Pulau Macan Besar. Pulau Macan sendiri sudah memiliki pengelolaan wisata yang cukup lengkap jadi para wisatawan hanya tinggal memilih fasilitas yang ada.

Apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Macan? Ada berbagai aktivitas yang bisa wisatawan lakukan antara lain snorkeling, bermain kano, trekking, menikmati indahnya pantai, membakar ikan, coral planting, dan lain-lain. Aktivitas tersebut memang beberapa berbiaya namun kita bisa juga memilih aktivitas yang gratis jika ingin menghemat isi kantong.

5. Pulau Harapan

Pulau Harapan
Pulau Harapan. Sumber foto: Ganteng.co.id/

Snorkeling Pulau Harapan
Snorkeling Pulau Harapan. Sumber foto: Ganteng.co.id/

Pulau Harapan termasuk salah satu daerah di Pulau Seribu Jakarta. Letaknya tergolong jauh dari Jakarta dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya. Meskipun tergolong jauh namun Pulau Harapan memiliki daya tarik tersendiri sehingga wisatawan tertarik untuk datang ke sana, salah satunya adalah keindahan pasir putih pantai yang lebih bersih dengan warna yang eksotis.

Aktivitas snorkeling di sekitar Pulau Harapan sangat sayang jika dilewatkan. Di sini kita bisa melihat pemandangan bawah laut yang cantik dengan gelombang air yang tenang dan air yang jernih. Terumbu karang serta keindahan ikan berwarna-warni akan membuat pengunjung betah untuk snorkeling di tempat ini. Di dekat Pulau Harapan terdapat beberapa pulau lainnya yang cantik dan bersih. Kita bisa berkunjung ke pulau-pulau lain seperti Pulau Kayu Angin Bira, Pulau Kayu Angin Genteng, serta Pulau Bulat.

Pulau Harapan memiliki wisata penangkaran penyu di Pulau Kelapa Dua dan penangkaran elang di Pulau Kotok. Jadi ada banyak pilihan wisata yang bisa dikunjungi di daerah ini. Pengelolaannya juga semakin berkembang sehingga dapat dikunjungi dengan mudah melalui jasa biro travel. Jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan saat berkunjung ke Pulau Harapan ataupun pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu.

Facebook Comment

Related Post

Read previous post:
5 Pulau Eksotis yang Cocok untuk Lokasi Honeymoon

Mencari paradise seperti zaman Adam dan Hawa untuk merayakan hari istimewa seperti wedding anniversary atau honeymoon? Ini nih 5 rekomendasi...

Close