5 Restoran Dim Sum Favorit dan Legendaris di Bandung. Wajib Dicoba Nih!

Wisata kuliner di Bandung menjadi satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh para wisatawan. Ragam kuliner di kota yang berjuluk Paris van Java ini memang tidak ada habisnya. Berbagai jenis masakan, baik tradisional ataupun mancanegara yang menggugah selera bisa Anda temukan di tempat ini.

Secara khusus, Bandung juga menjadi tempat yang pas untuk berburu kuliner dim sum legendaris. Di sini, Anda akan menemukan beberapa restoran masakan Tionghoa yang sudah terkenal kelezatannya selama bertahun-tahun. Setiap pencinta kuliner masakan Tionghoa yang datang ke Bandung pun kerap berkunjung ke sana, terutama untuk mencicipi sajian dim sum legendarisnya.

Penasaran dengan restoran-restoran tersebut? Berikut ini adalah rekomendasi lima restoran makanan Tionghoa yang terkenal dengan sajian dim sum legendarisnya:

1. Jing Paradise

Jing Paradise
Suasana di Jing Paradise. Sumber foto: http://fourtummy.com

Makanan yang disediakan di Jing Paradise
Makanan yang disediakan di Jing Paradise. Sumber foto: http://fourtummy.com

Restoran Tionghoa dengan sajian dim sum yang terkenal di Kota Bandung adalah Jing Paradise. Dulu, restoran ini bernama Telaga Sari. Hanya saja, restoran tersebut kemudian tutup. Sempat membuat sedih dan kehilangan para pencintanya, namun Jing Paradise kini sudah bisa lagi dikunjungi di lokasi berbeda, tepatnya di Mercure Bandung Setiabudi (by Accor Hotel Group), Jl. Setiabudhi No.269-275, Bandung. Khusus untuk customer yang memiliki keanggotaan Accor Advantage akan mendapatkan diskon khusus disini 🙂

Di tempat ini, Anda bisa menjumpai berbagai jenis sajian dim sum. Menu dim sum yang wajib Anda coba di sini adalah dim sum ha kau serta ceker. Dim sum ha kau dengan kulitnya yang tipis di tempat ini terkenal gurih, dengan isian udang yang banyak. Sementara itu, dim sum cekernya memiliki tekstur yang lembut dan bumbunya juga terasa di lidah.

Restoran oriental ini buka dua kali dalam satu hari. Pertama buka dari jam 11.00 hingga 15.00 WIB dan selanjutnya pada pukul 18.00 sampai 22.00 WIB.

Jing Paradise
Jl. Dr. Setiabudi No. 269-275
Bandung
P. +62 22 2012610

2. Eastern Restaurant Istana Plaza

Suasana Eastern Restaurant Istana Plaza
Suasana Eastern Restaurant Istana Plaza. Sumber foto: http://helenysm.com

Makanan yang disediakan di Eastern Restaurant Istana Plaza
Makanan yang disediakan di Eastern Restaurant Istana Plaza. Sumber foto: http://helenysm.com

Restoran dim sum legendaris berikutnya di Kota Bandung adalah Eastern Restaurant yang berlokasi di Istana Plaza, Jl. Pasir Kaliki No. 221-223 Bandung. Selain di Kota Bandung, Anda juga bisa menemukan restoran makanan Tionghoa ini di Ruko Karawaci Office Park yang ada di Tangerang. Jadi, kalaupun Anda tidak bisa mencicipi kuliner dim sum ini di Bandung, bisa pula mencobanya saat pelesir ke Tangerang.

Pagi hari menjadi waktu yang paling enak untuk mencicipi kuliner dim sum di Eastern Restaurant. Berbagai jenis dim sum bisa Anda temukan di tempat ini. Mulai dari dim sum ha kau, dim sum ceker ayam, pangsit wansui, chengfan, dan berbagai menu dim sum lainnya. Kalau ingin menikmati berbagai pilihan dim sum tersebut, Anda bisa memilih paket all you can eat.

Restaurant ini bisa dikunjungi dari pagi hari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Eastern Restaurant Istana Plaza
Istana Plaza, Istana Plaza GF, 
Jl. Pasirkaliki Blok B No.121-123, Cicendo,
P: +62 22 6046778

3. Hong Sin Restaurant

Menu bubur yang terkenal di Hong Sin Restaurant
Menu bubur yang terkenal di Hong Sin Restaurant. Sumber foto: http://letsgoeatall.blogspot.co.id

Tempat berikutnya yang bisa Anda jadikan persinggahan untuk mencicipi kuliner dim sum legendaris Bandung adalah Hong Sin Restaurant. Berdiri sejak tahun 1958, tetap bertahan hingga kini dan memiliki banyak pelanggan setia. Restoran ini lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau, berada di alamat Jl. Banceuy No.110, Braga, Bandung.

Tempat ini kerap menjadi pilihan untuk menyantap makan malam sajian khas Tionghoa. Selain dim sum, menu makanan yang terkenal di tempat ini adalah bubur, baik bubur ayam, bubur ikan, ataupun bubur babi. 

Sebagai catatan, restoran ini merupakan restoran non muslim. Jadi, jangan harap menemukan menu bersertifikat halal di tempat ini, ya. Selain itu, kalau ingin memperoleh tempat duduk di sini, Anda bisa memilih datang di hari-hari biasa. Pada musim liburan atau akhir pekan, restoran ini biasanya ramai oleh pengunjung.

Hong Sin Restaurant
Jl. Banceuy No.110, Braga, Sumur Bandung
Bandung
P: +62 22 4232626

4. Imperial Chinese Restaurant

Suasana Imperial Chinese Restaurant
Suasana Imperial Chinese Restaurant. Sumber foto: http://www.selerakita.id

Menu yang disediakan Imperial Chinese Restaurant
Menu yang disediakan Imperial Chinese Restaurant. Sumber foto: http://www.selerakita.id

Imperial Chinese Restaurant merupakan salah satu pelopor restoran dimsum di Bandung, yang menyediakan berbagai menu dim sum lezat dan masakan ala Canton. Berlokasi di lantai 1 Landmark Building Jalan Braga, Bandung, Imperial Chinese Restaurant memiliki ruangan yang sangat luas dengan jumlah meja yang banyak. Menu dim sum yang bisa dijumpai di sini antara lain adalah char shiu bao, rice noodle roll dengan berbagai jenis isian, ataupun dim sum ceker ayam. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa memesan bubur di tempat ini.

Anda bisa berkunjung ke tempat ini mulai pagi pada pukul 08.00 hingga 14.30 WIB. Selanjutnya, Imperial Chinsese Restaurant ini buka kembali pada pukul 18.00 sampai 22.00 WIB. Harga menu dim sum di tempat ini bervariasi, mulai dari Rp17.800,00 sampai Rp21.800,00 per porsi.

Imperial Chinese Restaurant
Jln Braga No.129, Sumur, Braga, Sumur Bandung
Bandung
P: +62 22 4241452

5. May Star Restaurant

May Star Restaurant di Grand Royal Panghegar Lobby
May Star Restaurant di Grand Royal Panghegar Lobby. Sumber foto: http://maystargroup.com

Makanan yang disediakan di May Star Restaurant
Makanan yang disediakan di May Star Restaurant. Sumber foto: http://maystargroup.com/

Rekomendasi restoran dim sum legendaris yang terakhir di Kota Bandung adalah May Star Restaurant. Lokasi hotel ini mudah dijumpai, karena berada di area bagian depan Hotel Panghegar di Jalan Merdeka no.2, Bandung. Kabar baiknya lagi, tempat makan ini menyajikan menu makanan dim sum halal, tanpa menggunakan bahan baku daging ataupun lemak babi.

Menu makanan Tionghoa yang disajikan di tempat ini juga beragam. Anda bisa mencicipi berbagai jenis dim sum ataupun menu makanan lainnya seperti nasi hainam, udang gulung kulit tahu, siomay ayam, dan lain-lain.

May Star Restaurant 
Grand Royal Panghegar Lobby
Jl. Merdeka No. 2, Braga, Sumur Bandung
Bandung, Jawa Barat 40111
P: +62 22 4244555

Bagaimana? Kuliner dim sum di Kota Bandung cukup lengkap kan? Anda bisa memilih berbagai jenis dim sum, bahkan bisa pula mencicipi dim sum yang telah terbukti kehalalannya. Tertarik dengan kuliner dim sum ini?