5 Tempat Wisata di Bogor

Kalau Australia memiliki kota dengan julukan “city of four seasons in one day”, yaitu Melbourne dimana Anda harus selalu siap dengan cuacanya yang tidak dapat diprediksi, terutama terjadi di bulan September sampai November. Dalam satu hari bisa panas tiba-tiba dingin, kemudian cerah eh.. sorenya turun hujan. Baju hangat dan payung adalah perlengkapan yang wajib Anda bawa kemana pun Anda pergi. Nah Indonesia juga nggak mau kalah, ada satu kota yang punya julukan “Kota Hujan” dimana hampir setiap hari hujan turun di kota ini (dalam satu tahun kurang lebih 70% hari-harinya turun hujan), ada yang tahu kota apa? Bogor. Kota ini terletak di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede, inilah yang menyebabkan Bogor memiliki keunikan iklim tersendiri yang tentunya sama seperti Melbourne, Anda harus selalu siap dengan jas hujan atau payung di tas Anda saat berkunjung ke kota yang satu ini.

Banyak tempat menarik baik tempat wisata maupun kuliner di kota Bogor. Di kesempatan kali ini saya mau bahas dulu tempat wisata yang menarik di sekitar kota ini yang wajib Anda kunjungi di saat berlibur atau sekedar singgah di kota ini.

1. Kebun Raya Bogor

Sumber Foto : www.kotabogor.go.id
Sumber Foto : www.kotabogor.go.id

Kebun yang yang memiliki luas 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan ini terletak di pusat Kota Bogor. Mulanya kebun ini merupakan bagian dari hutan buatan yang paling tidak sudah ada sejak tahun antara 1474 – 1513, ditujukan untuk tempat memelihata benih-benih kayu langka pada pemerintahan Prabu Siliwangi.

Saat ini Kebun Raya Bogor menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang ramai dikunjungi, terutama hari Sabtu dan Minggu. Tidak sulit menuju ke kebun ini. Setelah Anda keluar dari gerbang tol Bogor dari jalan tol Jagorawi, Anda akan menemukan pertigaan dimana di seberang dari pertigaan ini adalah Terminal Bus Baranang Siang. Pada pertigaan ini Anda ambil jalan belok ke kanan Jalan Raya Pajajaran. Tidak lebih dari 1 km Anda akan mulai melihat di sisi kiri Anda ada kebun luas yang dipagari. Untuk menemukan pintu masuk ke Kebun Raya Bogor ini Anda hanya tinggal menyusuri saja jalan diluar kebun ini sampai menemukan pintu masuk.

Harga tiket masuk pun sangat ekonomis, hanya dengan membayar 14 ribu rupiah per orang saja Anda sudah dapat menikmati keindahan dan keteduhan hutan di tengah kota ini. Salah satu daya tarik Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai yang saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Bunga yang dapat mencapai ketinggian 3 meter ini merupakan bunga terbesar di dunia perbungaan. Selain itu masih ada Griya Anggrek yang memiliki 10.000 spesimen anggrek, berbagai macam tanaman obat, kantung semar, teratai raksasa, pohon raja, dan banyak lagi.

Selain tumbuhan dan pepohonan, di Kebun Raya Bogor terdapat pula Istana Bogor yang dibangun oleh Jenderal van Imhoff dan menjadi tempat kediaman dari Sir Stamford Raffles. Pada Desember 1954, istana ini menjadi tempat bersejarah dimana Konferensi Bogor diadakan yang dihadiri oleh Perdana Menteri India (Jawaharlal Nehru), Sri Lanka (Sir John Kotewala), Pakistan (Mohammed Ali), Birma (U Nu) dan Indonesia (Ali Sastroamodjojo). Pertemuan ini merupakan cikal bakal dari Konferensi Asia Afrika yang diadakan di Bandung pada April 1955 dan dihadiri oleh perwakilan dari 29 negara. Pekarangan dari Istana Bogor ini dipenuhi oleh ratusan rusa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

2. The Jungle Water Adventure

Sumber foto : www.kotabogor.go.id
Sumber foto : www.kotabogor.go.id

The Jungle Water Adventure atau yang biasa dikenal dengan sebutan The Jungle merupakan tempat rekreasi khusus bagi keluarga. Dibangun di dalam area perumahan Bogor Nirwana Residence yang memiliki pemandangan asyik ke Gunung Salak. Dengan total luas 3 hektar, The Jungle terletak di daerah Bogor bagian selatan yang memiliki pemadangan alam yang luar biasa indah dan berudara sejuk.

Lokasi dari Bogor Nirwana Residence dimana The Jungle berada adalah di Jalan Pahlawan Dreded. Kurang lebih berkendara dari gerbang tol Bogor akan menghabiskan waktu 10 menit. Posisinya bersebelahan dengan Aston Bogor Hotel dan Resort.

The Jungle merupakan sarana wisata air tematik pertama dan terlengkap di Indonesia. Beberapa wahana yang bisa Anda nikmati antara lain :

Kiddy Pool

Kolam untuk anak-anak yang dilengkapi dengan berbagai macam permainan untuk anak-anak seperti water cannon, water bucket, dll

Slide Pool

Kolam untuk dewasa dan juga anak-anak yang memiliki tiga macam seluncuran : Racer Slide, Spiral Slide dan Tube Slide

Leisure Pool

Kolam yang di tengahnya terdapat tempat makan dimana Anda dapat menikmati makanan sambil bermain air

Wave Pool

Ini merupakan wahana terbaru dari The Jungle dimana di kolam ini Anda akan diombang-ambing oleh ombak/gelombang yang memiliki variasi macam-macam.

Fountain Futsal

Apabila Anda ingin mencoba bermain futsal ditengah-tengah semprotan air dari bawah, inilah tempat yang mesti Anda coba.

Lazy River

Di sini Anda dapat menikmati kolam arus sepanjang 400 meter sambil bersantai dengan ban.

dan beberapa area lain seperti : Bird Park, Food Court, Aquarium Air Tawar Raksasa, dan 4D Cinema.

Untuk dapat menikmati semua itu Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari 40rb saja untuk weekday dan 60rb untuk weekend terkecuali periode high season, ada sedikit ekstra charge yang akan dikenakan. Untuk ban dan locker tempat penyimpanan barang ada biaya terpisah yang harus Anda keluarkan, tidak lebih dari 30rb rupiah. Dengan segala kesenangan yang ditawarkan, dan tarif yang cukup bersahabat dengan dompet Anda, tentu saja The Jungle merupakan tempat wisata di Bogor yang wajib Anda kunjungi pada saat Anda sedang ada di Bogor.

3. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Bogor

Tempat wisata di Bogor berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah ini nih, Taman Safari Indonesia. Sebetulnya ada 3 Taman Safari yang ada di Indonesia, yaitu Taman Safari I yang ada di Cisarua – Bogor, Taman Safari II di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur dan Bali Safari and Marine Park di Marina Beach Bali. Tapi yang paling favorit adalah Taman Safari I yang memiliki area dengan luas 170 hektar dan menjadi rumah bagi 2.500 satwa. Keunikan yang menjadi daya tarik dari Taman Safari adalah Anda dapat berkendara ke area dimana satwa berkeliaran bebas. Pernah terbayangkan oleh Anda melihat singa dan macan berkeliaran di sekitar mobil Anda atau memberi makan langsung zebra dan jerapah melalui kaca mobil atau bahkan melihat kerbau melintas menyeberang di depan mobil Anda. Semua itu hanya dapat Anda temukan di Afrika tentunya dan yang pasti di Taman Safari Anda akan merasakan pengalaman itu apabila belum memiliki kesempatan pergi ke Afrika. Hehehe.

Setelah melewati area satwa yang berkeliaran bebas, Anda dapat memarkir mobil Anda di area hiburan. Banyak pertunjukan dan atraksi yang dapat Anda nikmati di sini. Ada 9 pertunjukan yang wajib Anda tonton : Elephant Show, Various Animal Show, Tigers and Lions Show, Sea Lion Show, Birds of Prey Show, Dolphin Show, Safari Theatre, Cowboy Show, dan Globe of Death. Selain itu ada juga area Baby Zoo dimana Anda dapat menikmati berjalan-jalan di satu jalur yang sekelilingnya banyak satwa yang berkeliaran seperti berbagai jenis burung dari kakatua sampai flamingo, burung hantu, kelawar, dan banyak lagi. Di area ini pula Anda dapat berfoto dengan menggendong berbagai jenis satwa termasuk yang buas-buas, tapi tidak perlu kuatir karena ada petugas yang selalu menjaga Anda. Berbagai macam wahana juga dapat Anda coba seperti : jet coaster, cable car, mini train, mini kora-kora, dan banyak lagi. Banyak juga cafe dan tempat makan bagi Anda yang mau berwisata kuliner di tempat ini.

Lokasi dari Taman Safari Indonesia adalah di antara Jakarta dan Bandung. Dari Jakarta kurang lebih 1,5 – 2 jam perjalanan sedangkan apabila dari Bandung kurang lebih 3 jam perjalanan. Dibutuhkan waktu 1 hari penuh untuk dapat menikmati seluruh atraksi di Taman Safari Indonesia. Jadi persiapkan waktu Anda untuk dapat menikmati kebun binatang modern yang satu ini dengan berbagai keunikan yang ditawarkan.

4. Puncak

Sumber Foto : www.indonesia.travel
Sumber Foto : www.indonesia.travel

Puncak – Bogor sudah menjadi tempat wisata yang umum dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun manca negara. Udaranya yang sejuk dan segar karena merupakan dataran tinggi yang seluruh areanya merupakan daerah perkebunan teh, membuat puncak memiliki daya tarik tersendiri bagi warga Jakarta yang hendak refreshing melepas kepenatan ibu kota di akhir minggu.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan di puncak selain hanya sekedar “cuci mata” karena pemandangannya yang sangat indah. Anda dapat beragrowisata ke perkebunan teh Gunung Mas, menikmati nyamannya menginap di villa yang banyak dibangun di daerah ini, menikmati bersantap di puncak gunung sambil menikmati keindahan alam, atau bahkan bagi Anda yang senang memacu adrenalin dapat mencoba gantole atau paralayang yang akan membawa Anda di ketinggian 1.300 m di atas permukaan laut.

Sebegitu menariknya kawasan Puncak membuat orang rela untuk berbondong-bondong dalam kemacetan yang selalu terjadi setiap akhir minggu. Bayangkan saja sampai ada pemberlakuan buka tutup jalan setiap Sabtu dan Minggu. Bagi Anda yang hendak berkunjung ke kawasan ini, ini jadwal buka tutup jalan untuk membantu Anda melakukan perencanaan liburan Anda :

Sabtu

Satu arah naik Jakarta >> Puncak pukul 09.00 – 11.30

Satu arah turun Puncak >> Jakarta pukul 15.00 – 17.00

Minggu

Satu arah naik Jakarta >> Puncak pukul 09.00 – 11.30

Satu arah turun Puncak >> Jakarta pukul 15.00 – 18.00

Sedikit fakta mengenai Puncak, ternyata perkebunan teh di kawasan ini sudah ada sejak jaman pemerintahan kolonial Belanda dan sekarang berada di bawah pengawasan PT. Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas.

5. Kampung Bamboe

Sumber Foto : www.kampoengbamboe.com
Sumber Foto : www.kampoengbamboe.com

Tempat wisata di Bogor yang terakhir yang akan dibahas adalah Kampung Bamboe. Lokasi dari tempat wisata ini berjarak 18 Km dari gerbang tol Bogor, berada di kawasan yang diapit antara gunung Pangrango dan gunung Salak membuat Kampung Bamboe dikelilingi oleh pemandangan asri nan indah. Untuk menuju ke tempat ini ada 2 jalur yang dapat ditempuh :

  • Jalur 1 : keluar gerbang tol Bogor belok kanan menuju ke arah Tajur. Bertemu dengan lampu merah pertama belok ke kanan menuju Istana Batu Tulis. Jalan tersebut akan membawa Anda menuju rel kereta api dan jembatan sungai besar ke arah Cihideung dan kantor kecamatan Cijeruk. Dari sana ikuti jalan menuju desa Ciburayut.
  • Jalur 2 : keluar gerbang tol Ciawi ke arah Jalan Raya Sukabumi. Setelah melewati jembatan besar dan pom bensin ambil jalan belok ke kanan di pasar Caringin kemudian ikuti jalan menuju desa Ciburayut.

Disarankan untuk ambil jalur 2 karena jalur 1 rawan kemacetan, terutama di saat liburan atau weekend.

Anda akan menemukan nuansa pedesaan di Kampung Bamboe ini, hamparan sawah dan kebun yang hijau asri dilengkapi dengan ternak, burung dan hewan lain yang umumnya hidup di pedesaan. Suara gemericik air dari kolam ikan dan kolam pancing dipadukan dengan semriwing hembusan udara segar pegunungan akan membuat pengalaman tak terlupakan yang menciptakan kenyamanan, kedamaian, dan ketenangan bagi Anda pengunjung Kampung Bamboe ini.

Aktivitas yang dapat Anda nikmati selama di tempat ini antara lain : paintball, camping ground, arung jeram di sungai Citarum, capacity building games (outbound), ATV track, bicycle track, dan kolam renang yang dilengkapi dengan water slider terpanjang di Indonesia yaitu 208 m. Selain itu bagi Anda yang hendak mencoba bagaimana rasanya hidup sebagai masyarakat pedesaan, Anda dapat mecoba kegiatan bertani, membajak sawah, berkebun, beternak, memancing, lapangan bola lumpur, lapangan futsal alam, dan banyak lagi.

Untuk membuat liburan Anda di tempat ini semakin lengkap, Kampung Bamboe juga memiliki tempat menginap dengan berbagai macam tipe selain tentu saja camping ground yang akan membuat Anda semakin dekat  dengan alam, yaitu :

  • Hotel Kampung Bamboe : bangunan dengan 3 lantai yang kamarnya memiliki teras yang dapat digunakan untuk tempat bersantai sambil menikmati pemandangan gunung Pangrango, gunung Salak, dan hamparan sawah. Hotel ini memiliki 21 kamar dengan  2 jenis kamar yaitu kamar dengan kapasitas 2 orang dan kamar dengan kapasitas 4 orang.
  • Rumah Sawah dan Rumah Kebun : bangunan 2 lantai dengan 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi serta ruang tamu.
  • Rumah Cemani, Rumah Serama, dan Rumah Koi : bangunan 2 lantai dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan ruang tamu.
  • Rumah utama : bangunan 2 lantai yang banyak ruang terbukanya, dapat dijadikan untuk tempat berkumpul keluaga besar karena memiliki 6 kamar tidur, 4 kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

Buat Anda yang mau “kabur” dari suasana kota yang sarat dengan kesibukan, kemacetan, kejenuhan kerja, tempat ini boleh dijadikan alternatif untuk menyegarkan kembali baik tubuh maupun jiwa Anda. Dijamin sekembali dari tempat ini Anda akan kembali sibuk, lelah, jenuh dengan pekerjaan Anda tentunya, hehehehe. Itu tandanya Anda akan ingat dan harus kembali ke tempat ini lagi, Kampung Bamboe di Bogor.

Untuk Anda yang membutuhkan akomodasi di Bogor dan sekitarnya ada banyak pilihan yang dapat Anda pertimbangkan, silakan klik di link ini.

Itulah kelima tempat wisata di Bogor yang wajib Anda kunjungi. Ingat, kerjaan itu tidak akan ada habisnya, Anda harus menyisihkan waktu untuk me-refresh baik tubuh maupun pikiran Anda kalau Anda tidak mau “mati” di dalam kesibukan kerjaan Anda. Uang bisa dicari dan diusahakan selama Anda memiliki tubuh dan pikiran yang sehat, bayangkan kalau Anda sakit secara tubuh maupun pikiran alias stress, kerjaan kacau balau dan gaji pun melayang. Hehehehe.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *