5 Wisata Penang Nan Menawan

Penang dan saya pun jatuh cinta pada pandangan pertama!
Penang merupakan salah satu kota di Malaysia yang terletak di Pulau Pinang tepatnya di Selat Malaka. Belakangan ini Penang jadi tujuan favorite orang Indonesia terutama untuk urusan kesehatan, seperti medical check up, berobat bahkan operasi sekalipun. Soalnya di Penang ada Rumah Sakit bagus, seperti Penang Adventist Hospital dan Gleneagles Penang Medical Center dengan Dokter berkualitas, namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan berobat ke Singapura. Apalagi di saat nilai tukar Rupiah yang melemah seperti sekarang ini, Penang jadi alternatif terbaik untuk berobat.
Eits, tentu saja di sini saya tidak akan membahas mengenai Rumah Sakit di Penang, melainkan wisata Penang!
Yap, Penang adalah kota yang sangat indah, dan merupakan salah satu situs warisan dari UNESCO lho… Jadi kalau Klikers pergi medical check up ke Penang, wajib sekalian muter-muter lihat keindahan Penang ya!
Berikut ini 5 wisata Penang yang wajib dikunjungi, enjoy!
  1. Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si

Kek Lok Si Temple adalah kuil yang dibangun pada tahun 1891, dan merupakan salah satu kuil agama Buddha yang terbesar di Asia Tenggara. Kek Lok Si terletak di daerah Air Itam, untuk menuju ke sana bisa naik Bis no 203 Jurusan Air Itam atau Bis no 204 Jurusan Bukit Bendera dari Bus Terminal Komtar.
Kek Lok Si berupa komplek kuil yang terdiri dari beberapa bangunan menarik, selain bangunan kuil utama, masih ada Pagoda putih berlantai 7 yang mengadaptasi 3 budaya China, Burma dan Thailand. Jangan lupa untuk naik Inclined Lift menuju Patung Dewi Kwan Yin raksasa setinggi 30.2m dan menikmati keindahan Kuil dari ketinggian.

2. Bukit Bendera (Penang Hill)

Funicular
View from Funicular Train

Bukit Bendera terletak tidak jauh dari Kek Lok Si Temple, merupakan tempat yang tinggi semacam Puncak, dan untuk menuju ke sana kita harus naik Funicular Train, semacam kereta yang berjalan miring ke atas, dengan harga tiket RM 30. Sesampainya di puncak, kita dapat melihat kota Penang dari ketinggian, selain itu ada Owl Museum yang berisi segala rupa yang berhubungan dengan Owl, juga masih ada kuil Hindu Sri Aruloli Thirumurugan. Kuil Hindu di sini bukan seperti Pura di Bali lho, tapi semacam kuil India, di mana baik luar maupun dalam kuil penuh dengan patung-patung berwarna warni, cantik dan antik!

3. Khoo Kong Si

Khoo Kong Si
Khoo Kong Si

Khoo Kong Si dulunya adalah sebuah clanhouse alias rumah keluarga Marga Khoo yang tinggal di Penang, dibangun kurang lebih 650 tahun yang lalu, dan hingga kini masih terpelihara dengan baik. Keindahan Khoo Kong Si terletak pada detail ukiran dan ornamen yang rumit yang memenuhi keseluruhan kuil. Di dalam Khoo Kong Si juga terdapat Museum yang menceritakan sejarah perjalanan marga Khoo, sangat menarik untuk dikunjungi!

4. Pinang Peranakan Museum

Pinang Peranakan Museum
Pinang Peranakan Mansion

Pinang Peranakan Mansion, bangunan yang dicat berwarna hijau ini merupakan rumah mewah lama yang dialihfungsikan menjadi Museum. Dengan tiket masuk RM 20, kita bisa menikmati suasana rumah ala Baba dan Nyonya. Di dalam Mansion ini lengkap terdapat semua ruangan selayaknya yang ada di rumah, mulai dari ruang tidur utama, sampai ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Semua ruangan yang ada di sini ditata dengan sangat menarik, komplit dengan perabotan jadoel bahkan foto keluarga. Keren banget! Penang Peranakan Mansion jadi lokasi favorite untuk pemotretan, baik itu foto Pre Wedding maupun Cover Majalah.

5. Dharmikarama Burmese dan Wat Chayamangkalaram Buddhist Temple

Penang Buddhist Temple
Dharmikarama Buddhist Temple

Kedua Buddhist Temple ini letaknya berdekatan, tepatnya bersebrangan di Lorong Burma daerah Balai Polis Pulau Tikus. Meskipun sama-sama kuil agama Buddha, tapi kedua kuil ini punya aliran yang berbeda, yang pertama adalah Kuil ala Burma, dan yang satunya Kuil ada Thailand. Keduanya punya ornamen keemasan yang cantik dan punya ciri khas tersendiri.

Penang Buddhist Temple
Wat Chayamangkalaram Thai Buddhist Temple

 

Kita jalan-jalan ke Penang yuk!
Dapatkan penawaran harga hotel terbaik di sini.

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *