6 Pantai Cantik di Ujung Genteng Sukabumi

Ada sejumlah destinasi wisata di Sukabumi yang belum begitu terekspos. Salah satunya kawasan pantai Ujung Genteng. Jaraknya yang cukup jauh dari perkotaan berbatasan dengan Samudera Hindia di semenanjung barat daya pulau Jawa membuat Ujung Genteng belum seramai kawasan pantai terkenal di Jawa Barat, seperti Santolo dan Pangandaran. Jika berangkat dari Bandung ataupun Jakarta, Anda harus menempuh jarak 200 km lebih. Perjalanan akan memakan waktu berjam-jam lamanya, tapi liburan ke Ujung Genteng tak akan mengecewakan. Ada banyak pantai cantik di Ujung Genteng yang bisa Anda eksplorasi. Diantaranya 6 pantai berikut ini:

1. Pantai Cibuaya

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Ujung Genteng akan singgah di pantai Cibuaya. Lokasi pantai ini mudah dijangkau dari pintu masuk kawasan wisata Ujung Genteng. Di sekitarnya tak sulit mencari penginapan. Pantai Cibuaya memang tidak berpasir putih. Tapi, perairannya masih jernih dengan ombak yang relatif tenang akan membuat wisatawan betah lama-lama main air di sana. Pantai ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Ujung Genteng.

pantai cantik di ujung genteng
Pantai Cibuaya Ujung Genteng. Foto: IG @raynaldo_carsella

2. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan menyuguhkan pemandangan garis pantai yang luas dengan pasir bertekstur halus. Sayangnya, kawasan pantai ini termasuk rawan sehingga dilarang berenang. Meski demikian, pantai ini memiliki kelebihan lain di mana menjadi tempat bertelurnya penyu hijau. Di sana pun terdapat pusat konservasi penyu. Jika beruntung, Anda pun dapat turut serta melepaskan tukik (anak penyu) ke laut. Butuh usaha ekstra untuk bisa menginjakkan kaki di pantai cantik di Ujung Genteng ini. Jaraknya sekitar 3 km pantai Cibuaya. Nantinya, Anda harus melewati hutan lindung dengan kondisi jalan bergelombang yang hanya cukup satu mobil.

pantai cantik di ujung genteng
Pantai Pangumbahan Ujung Genteng. Foto: IG @rfaisana

3. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih terletak di sebelah barat pantai Pangumbahan. Untuk sampai ke sana, Anda bisa menggunakan jasa ojek atau jalan kaki sekitar 30 menit. Hamparan pasir putih halus membentang begitu luas. Suasananya juga masih alami dan sepi. Di pantai ini juga terdapat muara yang dinamakan Muara Cipanarikan yang akan membuat latar foto Anda makin ciamik. Anda harus ekstra hati-hati karena pantai cantik di Ujung Genteng ini berombak ganas. 

pantai cantik di ujung genteng
Pasir Putih Ujung Genteng. Foto: IG @ricohartanto01

4. Pantai Ombak Tujuh

Dari Pasir Putih, perjalanan bisa dilanjutkan ke pantai Ombak Tujuh. Disebut Ombak Tujuh karena pantai ini memiliki ombak yang tinggi dan besar hingga tujuh gulungan. Karenanya, pantai ini sering menjadi lokasi selancar oleh wisatawan lokal maupun asing. Lebih baik memakai jasa ojek atau bantuan warga setempat karena perjalanan ke Ombak Tujuh akan melewati hutan dan sungai. Meski aksesnya masih sulit, air laut yang jernih dan kondisi sekitar pantai yang masih asri akan membuat tubuh dan pikiran Anda segar kembali.

pantai cantik di ujung genteng
Pantai Ombak Tujuh Ujung Genteng. Foto: IG @ainmuhammad121

5. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya terletak sekitar 8 km dari Kantor Kecamatan Surade, sebelum pantai utama Ujung Genteng. Pemandangan di sana cukup unik, di mana terdapat hamparan rumput laut yang tumbuh subur di kawasan bibir pantainya. Banyaknya pepohonan rindang di pinggir pantai membuat pemandangannya makin indah. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pantai ini banyak dikunjungi rombongan yang rekreasi keluarga. Memiliki hasil laut yang melimpah, warga sekitar menjual ikan bakar dengan harga murah.

pantai cantik di ujung genteng
Pantai Minajaya Ujung Genteng. Foto: IG @mey_moto

6. Pantai Amanda Ratu

Nama Amanda Ratu sebenarnya merupakan nama resort yang terletak di salah satu kawasan Ujung Genteng, tepatnya di Jl. Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Meski resort tersebut kini terbengkalai, tapi kita bisa menikmati suasana pantai sekitarnya. Kawasan pantai Amanda Ratu menawarkan pemandangan ala Tanah Lot versi mini. Anda harus masuk ke dalam area resort untuk bisa menikmati pemandangan tersebut. Jangan takut harus bayar mahal karena Anda hanya perlu bayar parkir.

pantai cantik di ujung genteng
Pantai Amanda Ratu, Ujung Genteng. Foto: IG @edashop_ka

Jadi, kapan Klikers ada rencana ke Ujung Genteng?