6 Rekomendasi Hotel Bernuansa Alam di Indonesia

Bermalam di hotel bernuansa alam merupakan langkah tepat untuk menjauhkan diri dari kebisingan. Tempat menginap yang menyatu dengan alam, mampu menenangkan jiwa dan pikiran. Apalagi lokasinya diselimuti udara segar.

Sangat mudah menemukan hotel bernuansa alam di Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki bentang alam yang indah, hijau, dan subur. Hampir di seluruh Indonesia terdapat penginapan berkonsep natural, mulai dari kawasan pegunungan hingga pantainya. Sebelumnya Klikhotel sudah menyajikan Rekomendasi 7 Hotel Bernuansa Alam di Bandung, maka kali ini Klikhotel rekomendasikan 6 daftar hotel lain di Indonesia.

1. Greenhost Boutique Yogya star-on star-on star-on star-on

Alamat :Jl. Prawirotaman II No.629, Brontokusuman (Lihat Peta Dan Arah Jalan)

Greenhost Boutique Hotel

Bertempat di Jalan Prawirotaman II, Greenhost Yogya menyuguhkan 96 kamar dengan desain interior kontemporer kekinian. Sebagian besar arsitektur ruangan berbahan kayu sehingga suasananya natural. Bahkan, perabotannya pun terbuat dari kayu.

Tersedia tipe kamar Artist Design Room dengan dua pilihan tempat tidur, yaitu king dan twin bed. Setiap kamar dilengkapi furnitur modern, seperti TV, AC, telepon, lemari, dan meja kerja tradisional. Kamar mandinya didesain eksklusif dengan shower, perlengkapan mandi, dan hot water bath.

Tanaman hidroponik merupakan hiasan utama di hotel ini. Sebagian dari tanaman tersebut mengelilingi kolam renang sederhana yang berada di depan sitting area dan kafe berkonsep etnik. Uniknya, di balkon kamar terdapat aneka tumbuhan hijau yang merambat di pagarnya.

Sekilas review dari customer yang pernah menginap :
Hijau dan Hijau Bikin Segar di Mata – 
Penginapan ini sesuai namanya benar-benar hijau. Dari lokasi parkir, lobby hotel, hingga ruang utama dan kamar dihiasi oleh tanaman. Yang paling menakjubkan adalah dinding di sekeliling kolam renang. Dari bawah hingga atas full oleh tanaman hijau. Benar-benar menyejukkan mata. Furnitur di kamar juga unik. Ada berbagai bentuk yang sederhana dengan bahan utama kayu dan besi. Kesannya unfinished dan artistik. Di sini juga ada kebun sayuran dan tanaman hias. Tepatnya di lantai teratas. Mereka menggunakan sistem bertanam dengan pipa yang cocok untuk lokasi terbatas. Anda bisa belajar teknik bertanam hidroponik dengan pipa ini dari petugas.

2. Rumah Turi Solo

Alamat : Jl. Srigading II No. 12, Turisari (Lihat Peta Dan Arah Jalan)

Rumah Turi Solo menyajikan penginapan nyaman yang memadukan konsep kamar kontemporer dan klasik. Jendela besar di setiap kamar mengantarkan pandangan pada bebatuan dan tanaman hidroponik. Terdapat 18 kamar dengan pilihan tipe sereh, wuni, dan kemuning. Semua kamar dilengkapi perabotan modern yang berbahan natural, seperti kayu dan batu alam. Fasilitas WiFi memungkinkan Anda untuk mengakses internet dengan cepat.

Kedai antik disediakan untuk keperluan bersantap. Kursi kedai menghadap ke taman dan rerumputan sehingga menyegarkan mata. Aneka makanan berkelas dan tradisional disajikan secara apik di dalam restoran. Desain meja dengan beberapa kursi memberikan kenyamanan pada Anda saat bercengkerama bersama teman atau keluarga.

Sekilas review dari customer yang pernah menginap :

Hotel yang sangat asri – Menginap di sini karena tertarik dengan konsep hotel yang ramah lingkungan. Benar saja, Rumah Turi memang sangat asri, cocok untuk beristirahat, relaksasi dan bersantai. Ada taman gantung dengan berbagai bunga, ada tempat untuk meditasi atau membaca buku, restoran juga menyediakan jus buah-buahan yang sehat dan segar. Menu sarapan pagi juga enak dan lengkap. Para pegawai juga sangat ramah. Fasilitas hotel baik hanya saja handuk yang disediakan jadi terkesan kurang bersih karena warna handuk yang kurang putih. Dari pengalaman saya, saya merekomendasikan Rumah Turi untuk tempat beristirahat di kota Solo.

3. Lembang Asri Resort star-on star-on star-on

Alamat  : Jl. Kolonel Masturi KM 4 (View Map And Directions)

Berada di area Lembang, penginapan yang mengusung tema alam ini terlihat asri dan menyejukkan. Agaknya nuansa itu senada dengan namanya, Lembang Asri Resort. Hotel di Jalan Masturi itu menyediakan 79 kamar bergaya kontemporer yang mendapat sentuhan klasik. Tersedia 6 tipe kamar, yaitu Junior, Superior, Family, Garden, Executive, dan Deluxe.

Kamar-kamar tersebut dilengkapi furnitur modern yang ringan dan ramping. Itulah sebabnya, ruangan terlihat luas dan lega meskipun berukuran standar. Di samping itu, terdapat fasilitas canggih yang menyempurnakan kenyamanan di kamar, seperti AC, TV, WiFi, dan minibar.

Di sela waktu luang, cobalah sejenak menikmati kesegaran air kolam renang. Anda bisa berenang sambil melihat padang rumput yang membentang. Tidak jauh dari kolam, ada taman tropis yang dilengkapi gazebo. Lantai gazebo dilapisi semen dengan tutup dari kain berwarna putih.

Untuk mendukung kegiatan bisnis, Lembang Asri Resort menyiapkan ballroom luas dengan fasilitas kekinian. Selain itu, tersedia tempat khusus untuk melaksanakan pesta pernikahan yang didesain secara apik dan menarik.

Sekilas review dari customer yang pernah menginap:
Private house yang nyaman dan acara New Year Eve
– Lokasi hotel dekat dengan lokasi wisata di Lermbang, dan sesuai dengan acara setelah kami dari Dusun Bambu, kami langsung menuju ke Lembang Asri Resort yang berjarak cukup dekat. Jadi kami tidak tercebak macetnya jalan karena sudah menjelang malam tahun baru.

Resepsionis dan petugas hotel sangat baik dan ternyata kami mendapat private house jadi mobil kami parkir persis di sebelah kamar. Cuaca dingin di daerah Lembang memang sangat cocok untuk tempat beristirahat.

Didekat kamar juga ada playground yang membuat anak-anak selalu mengajak bermain di taman tersebut dengan dikelilingi pohon pinus yang rindang.

Acara tahun baru juga sangat meriah….ada panggung dan fireworks tentunya.

Sarapan pagi cukup bervariasi dan rasanya enak-enak, anak – anak juga suka makanan disini.

4. Komea Bali Villa star-on star-on star-on star-on

Alamat : Jl. Subak Sari NO.7, North Kuta – Batubelig (Lihat Peta Dan Arah Jalan)


Komea Bali Villa berada di kawasan Seminyak Bali. Hotel bintang 4 ini memiliki tampilan eksterior etnik yang dipadukan dengan gaya modern. Arsitekturnya menyerupai bangunan tradisional khas Bali. Semua itu semakin menawan dengan hiasan rumput hijau dan aneka tanaman.

Komea Bali Villa menawarkan 7 ruangan eksklusif dengan dinding kayu antik. Lantainya terbuat dari keramik merah sehingga ruangan tampak serasi dan seimbang. Interior kamar memiliki konsep kombinasi klasik, etnik, dan modern. Setiap ruangan dilengkapi ruang tengah dan teras yang menghadap ke taman maupun kolam renang pribadi.

Adapun kolam renang umum disediakan untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan alam sembari merasakan kesegaran air. Warna kehijauan membuat kolam terlihat cantik dari kejauhan. Untuk keperluan bersantap, Komea Bali Villa menyiapkan restoran tradisional yang menghidangkan aneka makanan lezat.

Sekilas review dari customer yang pernah menginap : 
Amazing private villa in beautiful surroundings : 
We stayed at Villa Komea for 6 nights and it did not disappoint. The grounds are beautiful – natural plants and trees and feels very secluded.

Villa is beautiful – modern but sympathetically designed. Private pool, outdoor seating area / kitchenette. Outdoor bathroom is amazing – the bath and shower lovely. Bedroom spacious – and bed huge and sooo comfy.

Breakfast Is served to your villa every morning and is a fantastic area of fruit, juice, the best Bali coffee and a freshly prepared main.

Location is a little bit out of both Seminyak and Canggu (a 15 min car ride each way) but it was fine as free transfer is provided which we found super useful. We Also walked to the beach (15 mins) and ate at La Laguna to watch the sunset which was amazing.

Only teeny criticism is that it is a small team and therefore sometimes when we wanted to order food or massage or transfer – these were not available and we had to wait and / or find alternatives.

5. Alila Ubud Bali star-on star-on star-on star-on

Alamat : Desa Melinggih Kelod Payangan (Lihat Peta Dan Arah Jalan)

Alila Ubud Bali terletak di perbukitan, tepatnya di Desa Melinggih Kelod Payangan. Desain eksterior penginapan berbentuk kotak dengan dinding terbuat dari kayu. Atapnya dipenuhi tanaman rambat yang warnanya hijau. Beberapa bangunan menyerupai rumah panggung sehingga Anda bisa melihat pemandangan bukit dari kejauhan.

Alila Ubud Bali menawarkan 64 kamar bertipe Superior dan Deluxe dengan gaya etnik dan klasik. Meskipun sebagian besar terbuat dari kayu, tetapi kesannya mewah. Pasalnya, kamar-kamar ini memiliki berbagai furnitur modern dan fasilitas canggih, seperti AC dan WiFi. Kamar mandinya dilengkapi dengan shower, air panas, pengering rambut, dan peralatan mandi modern.

Kolam renang merupakan bagian paling menarik di hotel ini karena terletak di tepi tebing. Ujung kolam didesain tanpa dinding sehingga tidak membatasi pandangan Anda. Selain itu, di dalam hotel tersedia kolam renang sederhana yang dilengkapi fasilitas bersantai.

Sekilas review dari customer yang pernah menginap :
Back to nature – 
Following our earlier visit to Alila Manggis this was completely different. Situated on the hills, near the 'jungle' & rice fields (although very few mosquitoes, only one bite in over nine days whilst in Bali!). 
The pictures do not do this resort justice. Truly one with its surroundings. Staff (in both resorts) could not be more helpful, attentive & friendly. They seek to ensure you are truly catered for and enjoying your stay. Food was excellent, well seasoned & flavoursome. Be aware….Drinks expensive. But overall would definitely recommend a visit to experience this hotel.

6. Plataran Puncak Villa

Alamat : Jl. Raya Puncak KM 84, Tugu Utara, Cisarua, Puncak, Indonesia, 16750

Bangunan vila ini mengingatkan pada rumah-rumah di daratan Eropa. Eksteriornya bergaya vintage yang dikombinasikan dengan tradisional Bali. Di depan vila terdapat aneka tanaman dan rumput yang dibiarkan tumbuh subur.

Plataran Puncak Villa menyajikan 4 ruangan dengan fasilitas dan layanan berkelas. Desain interiornya didominasi kayu dan warna-warna natural. Kolam renang pribadi dan taman merupakan dua fasilitas tambahan yang tersedia di setiap vila. Selain itu, Anda bisa melihat panorama alam dari balkon kamar.

Sekilas review dari customer yang pernah menginap :
Serene escape in the cool hills – We wanted to escape the smoggy heat of Jakarta and knowing how much we like Plataran group, thought we would take a chance on a weekend trip to notoriously crowded and jammed Puncak. We had heard horror stories about hours stuck in traffic, but figured if we timed it right we could avoid horrible traffic. The two-bedroom Plataran Puncak villa called Grand Narendra exceeded our expectations, with its three levels along a cliff-side overlooking the river … You really feel like you are in the trees. The property is large and it definitely feels bigger than a standard two bedroom villa. It's a little rough around the edges but overall clean and well maintained. Due to its cool location no AC needed. So peaceful. We recommend bringing your own cooler of food and not leaving the villa during your visit as the traffic is just horrible but the villa itself was so so nice and peaceful we will definitely be back.

Demikian ulasan tentang hotel bernuansa alam yang bisa dijadikan rujukan untuk liburan. Jika membutuhkan informasi hotel dan tempat-tempat wisata menarik di sekitar penginapan, Anda bisa mengunjungi situs Klikhotel.