Yuk Belanja di 6 Tempat Belanja Batik di Jogja!

Ketika teman saya tahu bahwa saya akan berlibur ke Jogja, maka ia pun langsung berkata begini, “Gue nitip baju batik, dong!” Jogja memang identik dengan batik. Walaupun sebenarnya di Pasar Baru Bandung juga ada banyak penjual batik (yang mungkin harganya bisa lebih murah), entah mengapa batik dari Jogja terasa lebih mengesankan. Mungkin karena terasa lebih original. Terus terang, saya tak terlalu paham soal batik. Saya hanya bisa memperkirakan kualitasnya dari bahan kainnya. Maka, rekomendasi tempat belanja batik di Jogja yang saya berikan ini, menurut saya semuanya baik, tapi silakan Anda memutuskan sendiri mau belanja di mana 😀

1.    Mirota Batik

Mirota Batik
Mirota Batik

Inilah salah satu tempat belanja batik di Jogja yang cukup tersohor. Mirota Batik adalah sebuah toko yang terletak di selatan Malioboro. Bukan hanya batik, toko ini pun menjual berbagai aneka oleh-oleh Jogja, seperti barang kerajinan, aneka wedang, teh, dan lainnya. Batik yang dijual di Mirota Batik ini kualitasnya cukup bagus dengan harga yang masih masuk akal, tapi tidak murah-murah amat. Sebagai gambaran, harga dress batik yang dijual di sana rata-rata di kisaran Rp 200.000-an. Selain pakaian, ada juga tas batik dan pernak-pernik batik lainnya. Mirota Batik berlokasi di Jl Ahmad Yani No 9. Buka setiap hari pukul 08.00 – 21.00.

2.    Batik Rumah

Batik Rumah
Batik Rumah

Tidak terlalu banyak wisatawan  yang sudah tahu tentang tempat belanja batik di Jogja yang satu ini. Batik Rumah adalah sebuah toko batik yang berlokasi di Jl. Nogosari Lor No.8, Kadipaten, Kraton, Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Walaupun hanya satu lantai, tokonya cukup luas. Batik yang dijual di sini kualitasnya oke dan harganya lebih tinggi dari Mirota Batik. Namun, kualitas kainnya terasa lebih lembut dibanding di Mirota Batik. Batik Rumah ini juga menjual berbagai jenis kain batik, dari yang harganya seratus ribuan hingga lima ratus ribuan ada.  Jadi, tidak semua batik yang dijual di Batik Rumah ini mahal. Ada juga kaos-kaos yang harganya sangat terjangkau. Batik Rumah ini buka setiap hari pukul 07.30 – 21.30. 

3.    Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional tertua dan juga terlengkap di Jogja. Di pasar yang sudah berdiri sejak tahun 1758 Anda dapat menemukan koleksi batik yang cukup lengkap, mulai dari yang harganya murah hingga harga sejutaan. Mulai dari kain batik hingga pakaian batik dari berbagai bahan kain, semuanya dapat Anda temukan di Pasar Beringharjo. Kain batik dijual di los pasar bagian barat sebelah utara, sementara baju batik di seluruh pasar bagian barat. Karena di sini masih berlaku sistem tawar-menawar, maka Anda pun harus pandai-pandai agar bisa mendapatkan batik yang kualitasnya sebanding dengan harganya. Pasar Beringharjo ini buka sejak pukul 09.00 dan tutup jam empat sore. Waktu terbaik untuk berbelanja di sini adalah pagi hari saat kios-kios baru buka (biasanya untuk penglaris pedagang bersedia melepas barang dengan harga lebih murah), atau saat sore menjelang pukul setengah tiga. Pasar Beringharjo terletak di kawasan Malioboro.

4.    Kampung Batik Ngasem

Kampung Batik Ngasem
Kampung Batik Ngasem

Sama seperti Pasar Beringharjo, Kampung Batik Ngasem merupakan salah satu tempat belanja batik di Jogja yang sudah cukup melegenda. Kampung Batik Ngasem merupakan salah satu sentra industri batik di Jogja yang sudah terkenal sejak tahun 1970-an. Anda bisa menyusuri Kampung Batik Ngasem dengan naik becak, melewati sederetan kios penjual batik yang hampir selalu ramai pembeli. Katanya, harga batik di Kampung Batik Ngasem ini lebih murah dibandingkan di pusat perbelanjaan lain. Anda juga bisa berkunjung ke pabrik batik untuk melihat proses pembuatan batik. Kampung Batik Ngasem berada di sebelah barat Keraton Yogyakarta. 

5.    Kampung Batik Giriloyo

belajar membuat batik di Kampung Batik Giriloyo
belajar membuat batik di Kampung Batik Giriloyo

Tempat belanja batik di Jogja ini belakangan sedang naik daun. Kampung Batik Giriloyo namanya. Kampung Batik Giriloyo merupakan sentra batik tulis terbesar di tenggara Yogyakarta. Di sini, Anda dapat membeli batik tulis dalam berbagai motif – langsung dari pengrajinnya. Anda juga dapat mengikuti kursus singkat membatik (durasi 2 jam). Anda bisa merasakan pengalaman, bagaimana sih melukis batik dengan canting itu? Karena ini adalah batik tulis, maka range harga batik di Kampung Batik Giriloyo ini pastinya nggak murah-murah amat. Siapkan kocek mulai dari Rp 350.000,00 hingga 1,5 juta untuk mendapatkan batik tulis Giriloyo. Jika memang tidak ingin membeli batik juga tidak apa-apa. Anda dapat menikmati eduwisata melihat proses pembuatan batik. Kampung Batik Giriloyo berlokasi di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari RT. 02 / RW. 20, Imogiri, Kec. Bantul. 

6.    Desa Batik Kayu Krebet

Kayu Batik Desa Wisata Krebet
Kayu Batik Desa Wisata Krebet

Batik tak melulu dalam bentuk kain. Di Desa Batik Kayu Krebet, Anda dapat membeli aneka kerajinan kayu batik. Beberapa produk kerajinan kayu batik yang dapat kita pilih adalah topeng, wayang, almari, aksesoris rumah tangga, patung kayu, kotak perhiasan, dan hiasan batik kayu. Industri kayu batik Krebet ini mulai dirintis sejak tahun 1970-an. Produk kayu batik dari Krebet ini sudah terkenal hingga mancanegara, lho! Desa Batik Kayu Krebet terletak di Dusun Krebet, Senadangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul. 

Klikers, itulah 6 tempat belanja batik di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Tak ketinggalan satu tempat lagi, yaitu tentu saja adalah Malioboro. Pilih batik yang Anda sukai dan yang sesuai dengan budget Anda. Berdasarkan pengalaman saya, harga memang sangat erat kaitannya dengan kualitas. Namun, batik yang bagus tak berarti harus selalu mahal. Selamat berbelanja batik!  

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *