Yuk Liburan di 6 Tempat Wisata Baru di Ciwidey Ini!

Ingin berlibur ke luar kota namun tak punya banyak waktu? Bagi Anda warga Bandung, Ciwidey bisa menjadi opsi terbaik untuk Anda yang ingin liburan namun mungkin hanya punya satu hari. Sekitar 1-2 tahun belakangan ini, wisata Ciwidey telah banyak dibenahi dan dikembangkan. Jika dulu wisata Ciwidey mulai terasa mainstream (kalau nggak ke Kawah Putih ya ke Situ Patenggang), kini Ciwidey memiliki beberapa tempat wisata baru, lho! Bahkan, tempat-tempat wisata baru di Ciwidey ini sukses menarik wisatawan. Berikut 7 tempat wisata baru di Ciwidey yang lagi nge-trend:   

1.    Rancabali Glamping Lakeside

Glamping Lakeside Rancabali

Belakangan ini, sedang ramai aktivitas glamping alias “glamorous camping”. Glamping ini cocok banget untuk kamu yang pengen camping, tapi tak mau repot-repot mendirikan tenda di tengah hutan atau buang air di balik pepohonan. Rancabali Glamping Lakeside yang buka pada Juli 2016 ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menikmati pengalaan glamping. Rancabali Glamping Lakeside ini berlokasi di tepi Situ Patenggang, dekat dengan area batu cinta. Di sini, Anda bisa tidur di tent resort yang memiliki pemandangan langsung ke Situ Patenggang. Tent resort ini adalah tenda permanen dengan fasilitas lengkap, mulai dari tempat tidur hingga kamar mandi dengan air panas. Satu tent resort ini berkapasitas hingga empat orang. Tarif per malamnya lumayan, kira-kira Rp 2.000.000,00 untuk satu tent resort. Harga ini sudah termasuk fasilitas bersantap di Pinisi Resto.

(Baca juga: Glamping Lakeside Rancabali – Menikmati Situ Patenggang dari Kapal Pinisi)

2.    Pinisi Resto

Pinisi Resto

Pinisi Resto ini sebenarnya adalah bagian dari fasilitas yang ada di Rancabali Glamping Lakeside. Namun tentunya restoran ini terbuka untuk umum, bukan hanya untuk mereka yang menginap di Rancabali Glamping Lakeside. Pinisi Resto ini adalah restoran dengan konsep yang sangat keren sekaligus unik. Restorannya berbentuk seperti bahtera. Bahkan ada yang bilang, Pinisi Resto ini terinspirasi dari kisah bahtera Nabi Nuh yang terdampar di pegunungan setelah air bah surut. Di Pinisi Resto ini, kita dapat bersantap sembari menikmati pemandangan hijau alam Ciwidey dan juga pemandangan Situ Patenggang. Menu makanan yang disajikan Pinisi Resto ini cukup beragam, mulai dari western, Asian, hingga Indonesian food. Bersiaplah untuk ngantri foto jika datang ke Pinisi Resto ini saat weekend. Di malam hari, lampu-lampu yang menghiasi Pinisi Resto ini juga memberikan suasana romantis dan hangat. 

3.    Bukit Jamur

Bukit Jamur (source: ridwanderful.com)

Tempat wisata baru di Ciwidey yang berikutnya adalah Bukit Jamur. Bukit Jamur ini bukanlah tempat wisata di mana kita dapat memetik aneka jamur. Jadi, jangan salah ekspektasi duluan, ya! Hehe. Bukit Jamur ini adalah sebuah taman yang banyak ditumbuhi pohon-pohon cemara pendek yang bentuknya menyerupai jamur payung. Bukit Jamur ini persisnya terletak di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey. Bukit Jamur ini dekat dengan pabrik teh PT Perkebunan Nusantara VIII. Anda juga dapat menjumpai beberapa rumah tua jaman peninggalan belanda. Aslinya, Bukit Jamur yang terletak di sisi jalan desa ini bukanlah tempat wisata. Hanya karena kecantikannyalah para pengunjung mulai berdatangan. Bahkan Bukit Jamur ini kerap menjadi lokasi foto pre-wedding. Karena belum ada yang mengelola Bukit Jamur ini secara khusus, maka tiket masuknya masih gratis.

4.    Barusen Hills

Barusen Hills (ig: @andrigin)

Tempat wisata baru di Ciwidey yang juga lagi nge-hits adalah Barusen Hills. Barusen Hills ini adalah tempat wisata terpadu yang memiliki banyak fasilitas. Daya tarik utama dari Barusen Hills ini adalah sebuah kolam renangnya yang terletak di atas bukit. Ada juga kolam renang untuk anak-anak yang dilengkapi dengan fasilitas permainan seperti ember tumpah dan seluncuran. Ada juga Barusen Garden, yaitu sebuah taman dengan berbagai bunga-bungaan cantik. Di taman ini, ada sebuah jembatan bambu yang bentuknya menyerupai hati. Jembatan berbentuk hati ini menjadi salah satu spot foto favorit di Barusen Hills. Jika Anda ingin menginap, Anda bisa untuk menginap di Villa Barusen Hills. Barusen Hills ini terletak di Kampung Barusen, Kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

(Baca: Barusen Hills, Tempat Asyik Menikmati Alam Ciwidey)

5.    Taman Kelinci  Ciwidey

Taman Kelinci Ciwidey

Nah, tempat wisata baru di Ciwidey yang satu ini cocok banget untuk Anda yang pergi berwisata bersama si kecil. Taman Kelinci Ciwidey ini menjadi tempat wisata edukasi di anak-anak bisa belajar untuk berinteraksi langsung dengan kelinci. Anak-anak juga akan belajar untuk menyayangi hewan. Taman Kelinci Ciwidey ini memiliki koleksi kelinci yang cukup lengkap. Dari 100 ekor kelinci yang mereka miliki, 50 di antaranya adalah kelinci lokal dan sisanya adalah kelinci luar. Anak-anak bisa mencoba memberi makan kelinci. Jika mau, Anda juga bisa membeli kelinci di sini. Taman Kelinci Ciwidey ini bertempat di sebuah lahan seluas 1,7 hektar pada ketinggian 1400 mdpl. Dari sini, Anda bisa menikmati pemandangan perkebunan sayur dan hawa perbukitan nan sejuk. Fasilitas di Taman kelinci Ciwidey ini juga cukup lengkap. Ada lapangan hijau terbuka sehingga anak-anak bebas berlarian, toilet, restoran, toko oleh-oleh, mushola, dan juga tempat parkir yang luas. Taman Kelinci Ciwidey ini berlokasi di Jl Raya Ciwidey km 33,7. Mereka buka hari Selasa-Minggu pukul 10.00 – 20.00 dan tutup setiap hari Senin. 

6.    Green Hill Park Ciwidey

Green Hills Park Ciwidey

Bagi Anda para pencinta wisata outbond, Green Hill Park ini bisa menjadi pilihan Anda. Green Hill Park ini adalah tempat wisata baru di Ciwidey yang menyediakan berbagai sarana. Green Hill Park yang berdiri di lahan seluas 21 ha ini merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Cimanggu. Taman Wisata Alam Cimanggu ini adalah kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam (ekoturisme). Di Green Hill Park, kita dapat mengamati aneka flora dan fauna dari hutan hujan pegunungan. Maka di sini Anda bisa mencoba wisata bird watching (mengamati burung). Di sini juga terdapat kolam rendam air panas yang bersumber dari Gunung Patuha. Ada juga sauna belerang, lho! Buat Anda yang ingin memacu adrenaline, Green Hill Park ini menyediakan fasilitas outbond, permainan paintball, jungle track, dan juga trek sepeda gunung. Green Hills Park ini juga menyediakan fasilitas kolam terapi ikan, waterpark, restoran, dan juga penginapan. Green Hill Park terletak di pinggir jalan (di KM 41) kawasan wisata Ciwidey – Situ Patenggang.


Nah Klikers, itulah 6 tempat wisata baru di Ciwidey. Jadi, siapa yang mau berlibur ke Ciwidey akhir pekan ini? 

Notes: 
Untuk mencapai Ciwidey, Anda harus menempuh jarak sejauh 42 km dari kota Bandung. Dari Bandung, Anda sebaiknya keluar dari pintu tol Kopo. Dari sana, pilihlah arah kanan (selatan) hingga mencapai dari Soreang. Sesampainya di Soreang, Anda akan mulai melewati jalanan yang mulai menanjak di mana kanan-kiri Anda adalah persawahan dan gunung-gunung. Lurus saja terus ke selatan dan Anda akan tiba di Ciwidey.