7 Alasan untuk Liburan ke Taman Wisata Mangrove PIK

Untuk penduduk Ibukota, kini Anda bisa liburan dekat dan bermakna. Tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati liburan yang berkualitas bersama teman, saudara, atau orang-orang spesial di sekitar Anda. Wisata ini bisa menjadi salah satu destinasi yang pas untuk Anda yang tidak punya waktu keluar dari Jakarta dan ingin berlibur.

Berikut tujuh hal yang membuat kenapa Anda harus liburan ke Taman Wisata Mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk) ini:

1. Transportasi Murah

Untuk sampai ke lokasi Taman Wisata Mangrove PIK ini, Anda tak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran untuk transportasi. Kalau kebetulan naik mobil sendiri, Anda bisa ikuti rute : Dari tol Soekarno-Hatta – keluar tol menuju Pantai Indah Kapuk – jalan terus hingga perempatan Grand Cengkareng – lokasi ekowisata Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan di kanan jalan (20 meter).

Ada banyak pilihan alternatif transportasi umum yang bisa Anda gunakan jika tidak menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa ambil rute : Busway koridor 9 – shelter Pluit – naik ojek/bajaj – Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo PIK. Anda juga bisa memilih alternatif lain : Busway koridor 9 – shelter Grogol – angkot merah B01 – perempatan Muara Karang – naik angkot berwarna merah U11 – Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo.

Angkutan umum lain yang bisa dicoba bisa mengikuti rute : halte busway Tranjakarta Grogol Petamburan – turun di halte Semanggi – ganti bus transjakarta Blok M-kota – turun di halte Monas – tunggu BKTB ke PIK – turun di depan Yayasan Budha Tzu Chi – jalan ke arah belakang – lokasi Hutan Mangrove PIK.

Untuk naik busway, Anda Cuma mengeluarkan kocek sebesar tiga ribu lima ratus rupiah, sedangkan yang pakai bus lanjutan setidaknya nggak sampai dua puluh ribu Anda sudah sampai ke lokasi ini. Gimana? Murah bukan?

2. Biaya Masuk Terjangkau

Untuk masuk ke dalam kawasan Taman Wisata Mangrove PIK, Anda cukup mengeluarkan uang retribusi sebesar dua puluh lima ribu rupiah. Dengan uang ini, Anda sudah bisa menikmati wisata edukatif keluarga atau menikmati angin sepoi-sepoi dari laut Jakarta yang aduhai menenangkan hati klikers!

Tapi sayangnya, bagi Anda pecinta fotografi, Anda tidak diperkenakan membawa kamera profesional. So, tak ada kamera, handphone pun jadi. Benar?

3. Hotel dan penginapan unik

Anda yang ingin menginap juga disediakan pondok-pondok sederhana, villa dan camp ground dengan tarif yang cukup beragam. Anda juga bisa kemping di sini, kok. Fasilitas dan akomodasi yang disediakan pengelola sudah cukup memadai. Di malam hari Anda bisa menghabiskan waktu di tengah-tengah Hutan Mangrove PIK. Jadi kalau Anda lagi pengin leyeh-leyeh sambil dengerin keluh kesah sobih-sohib Anda, bisa banget klikers!

penginapan

penginapan2

4. Masih di sekitar Jakarta

Tidak hanya dijadikan sebagai tempat menahan abrasi dari ganasnya ombak laut, Taman Wisata Mangrove PIK juga memiliki fungsi rekreasi bagi warga Jakarta untuk mendapat udara segar dan mengurai penat setelah bekerja. Dan karena suasananya begitu asri, nggak heran kalau waktu berkunjung ke Taman Wisata Mangrove PIK Anda bakalan bertemu pasangan yang sedang melakukan sesi foto prewedding. Nah yang asiknya lagi, lokasi epic ini masih berada di sekitaran Jakarta, klikers! Jadi bagi Anda yang males ribet wisata keluar kota, disinilah tempat yang perlu Anda kunjungi.

5. Wisata edukasi

Kalau ingin dapat pengalaman seru lain, Anda bisa ikut ‘short course’  tentang bagaimana cara menanam mangrove. Kalau tertarik, Anda perlu membayar Rp150.000 per orang dan Rp500.000 bila ingin diberi papan nama. Nah, nanti Anda akan dipandu bagaimana cara menanam bakau yang baik dan teknik-teknik pelestariannya. Dari wisata edukasi ini Anda akan sadar betapa pentingnya bakau-bakau yang ada di tepi pantai untuk menyelamatkan umat manusia di perkotaan. Edukasi ini juga sangat penting jika disampaikan kepada generasi-generasi yang masih muda agar sadar lingkungan.

jalan

6. Bisa naik sampan

Selain fotografi, apalagi yang masih bisa dilakukan di Taman Wisata Mangrove PIK, klikers? Namanya juga hutan mangrove. Dengan beberapa spot berupa perairan, di tempat ini Anda bisa naik perahu untuk mengarungi perairan di sekitar Taman Wisata Mangrove PIK. Tapi untuk menikmati itu semua Anda merogoh kocek Rp 250.000 untuk 6 orang dan untuk 8 orang harus lebih mahal, yaitu Rp 350.000. Angin sepoi-sepoi yang berasal dari laut pun akan menemanimu. Ditambah lagi adanya hutan mangrove dengan gradasi warna hijau di sana-sini. Anda bisa menikmati perairan yang dikelilingi bakau di kanan kiri.

sampan

7. Pemandangan indah

Taman Wisata Mangrove PIK atau dikenal juga dengan Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk memang jadi pilihan tepat buat Anda yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi di tengah hutan mangrove dengan suasana begitu rapi dan modern. Kawasan ini punya luas sekitar 99 hektar dimana 40 persen lahan yang ada dimanfaatkan untuk hutan mangrove. Tempatnya memang agak mojok, yaitu pada bagian ujung perumahan Pantai Indah Kapuk.

pemandangan

Acara mengamati burung di Taman Wisata Mangrove PIK juga cukup populer. Anda bisa naik sebuah menara untuk menyaksikan burung-burung berwarna putih yang beterbangan dan terkadang singgah di sekitar hutan mangrove. Anda akan melewati jalan-jalan cantik yang disusun dari kayu. Selamat berkunjung di wisata mangrove ibukota.

-Yassir Siregar-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *