7 Jajanan Kaki Lima Alias Street Food Favorit di Kota Jakarta

Wisata kuliner selalu menjadi aktivitas yang menarik saat berkunjung ke sebuah kota. Apalagi saat pelesir ke kota besar seperti Jakarta. Di sini, Anda bisa menikmati beragam jajanan kali lima yang sudah terkenal kelezatannya. Menariknya lagi, wisata kuliner pinggir jalan tersebut pun bisa dilakukan dengan biaya yang murah meriah.

Nah, penasaran dengan 7 kuliner pinggir jalan favorit di Jakarta, kan? Baca ulasannya berikut.

1. Nasi Goreng Kebuli Apjay

Kedai Nasi Goreng Kebuli Apjay
Kedai Nasi Goreng Kebuli Apjay. Sumber foto: https://www.goodindonesianfood.com

Nasi Goreng Kambing Bumbu Kebuli (Lamb Kebuli Fried Rice) - IDR 22.000
Nasi Goreng Kambing Bumbu Kebuli (Lamb Kebuli Fried Rice) – IDR 22.000. Sumber foto: http://umisyam.com

Nasi Goreng Kebuli Apjay - Panglima Polim
Nasi Goreng Kebuli Apjay – Panglima Polim. Sumber foto: https://www.foody.id/photo/detail/12686

Pedagang kaki lima yang satu ini memang memiliki tempat berjualan yang biasa-biasa saja, dengan gerobak yang berukuran tidak terlalu besar. Tidak jauh berbeda dengan pedagang kaki lima lain. Namun, siapa sangka kalau nasi goreng kebuli yang ditawarkan mampu menyedot perhatian para pencinta kuliner  Jakarta.

Sejatinya, nama yang dipajang oleh tempat ini bukanlah Nasi Goreng Kebuli Apjay, tapi Bakmi Jogja Apjay. Namun, masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Nasi Goreng Kebuli Apjay. Lokasinya berada di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Anda juga bisa menjumpai cabangnya yang terletak di Jalan Cipete Raya.

Menu yang bisa diperoleh di tempat ini pun beragam. Anda bisa menikmati sajian beragam pilihan nasi goreng dan bakmi. Harganya pun tidak terlalu mahal. Cukup dengan membawa uang sekitar Rp30 ribu, Anda sudah bisa memperoleh satu porsi nasi goreng kambing bumbu kebuli beserta segelas minuman.

2. Sate Padang Ajo Ramon

Kedai Sate Padang Ajo Ramon yang terkenal
Kedai Sate Padang Ajo Ramon yang terkenal. Sumber foto: https://migrationology.com

Daging, jeroan, dan varian lainnya yang semuanya nikmat di lidah
Daging, jeroan, dan varian lainnya yang semuanya nikmat di lidah. Sumber foto: https://migrationology.com

Kombinasi daging dan saus kentalnya luar biasa
Kombinasi daging dan saus kentalnya luar biasa. Sumber foto: https://migrationology.com

Lokasi pinggir jalan juga tidak membuat kuliner enak Sate Padang Ajo Ramon kalah kelas dengan restoran mahal. Apalagi, kelezatan sate padang di tempat ini sanggup membuat para selebritas ternama tanah air menjadi pelanggannya. Sebut saja Agus Ringgo, Bunga Citra Lestari, hingga sosok politikus seperti Yusril Ihza Mahendra dan Agung Laksono.

Warung pinggir jalan ini terletak di Jalan Cipaku 1, Kebayoran Lama. Karena terkenal kelezatannya, mereka pun sudah memiliki cabang di beberapa lokasi. Di antaranya adalah, pusat kuliner Blok S, Jalan Cikajang nomor 72, Pasar Raya Blok M, Mall Kelapa Gading, Mall Artha Gading, serta Summarecon di Bekasi.

3. Ketoprak Ciragil (Kebayoran Baru)

Tempatnya sederhana namun nyaman
Tempatnya sederhana namun nyaman. Sumber foto: https://myeatandtravelstory.wordpress.com

Topping tambahannya berupa macam-macam telor
Topping tambahannya berupa macam-macam telor. Sumber foto: https://myeatandtravelstory.wordpress.com

Bumbu kacangnya pas, rasanya jgua enak, gurih manis
Bumbu kacangnya pas, rasanya jgua enak, gurih manis. Sumber foto: https://myeatandtravelstory.wordpress.com

Jajanan kaki lima favorit dan murah berikutnya di Jakarta adalah Ketoprak Ciragil yang beralamat di Jalan Ciragil II nomor 24 Blok Q, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ketoprak di sini pun sudah sangat terkenal, bahkan kerap disebut sebagai ketoprak legendaris.

Ketoprak Ciragil ini memang memiliki bangunan yang sangat sederhana, tidak ubahnya seperti jajanan kaki lima lain. Namun, hal itu tidak mengurangi kelezatan ketoprak yang mereka hidangkan. Bahkan, para pengunjung tempat ini adalah mereka yang menggunakan kendaraan roda empat.

Untungnya, kondisi warung yang ramai juga didukung oleh ukuran ruangan yang cukup luas. Dalam kondisi penuh, tempat ini bisa menampung sekitar 20 orang. Harga ketoprak di sini pun ramah di kantong. Dengan uang Rp25 ribu, Anda sudah bisa menikmati satu porsi ketoprak plus segelas minuman segar.

4. Seafood 68 Santa

Seafood 68 Santa - Senopati
Seafood 68 Santa – Senopati. Sumber foto: https://www.foody.id/photo/detail/76935

Seafood enak dan murah meriah seafood 68
Seafood enak dan murah meriah seafood 68. Sumber foto: https://id.openrice.com

Lobster
Lobster. Sumber foto: https://id.openrice.com

Untuk para pencinta kuliner makanan hasil laut, Seafood 68 Santa layak untuk dicoba. Lokasinya berada Jalan Wolter Mongonsidi nomor 58, Jakarta Selatan. Jajanan kaki lima ini menyediakan olahan kepiting, kerang, ikan, cumi-cumi, dan lain-lain. Sebagai pelengkap, bisa pula memesan otak-otak dengan bumbu kacang.

Karena kelezatannya, jangan heran kalau tempat ini pun selalu ramai oleh pengunjung. Bahkan, harus rela antre untuk memperoleh giliran. Kalau mau, Anda bisa datang lebih awal. Seafood 68 Santa ini buka mulai pukul 18.00 hingga 23.00 WIB.

5. Indah Seafood 94 Kalimati

Indah Seafood 94 yang selalu ramai
Indah Seafood 94 yang selalu ramai. Sumber foto: http://jajanjalanan.com/

Beberapa menu yang ditawarkan
Beberapa menu yang ditawarkan. Sumber foto: https://id.openrice.com

Ikan Kwe Bakar IDR65K
Ikan Kwe Bakar IDR65K. Sumber foto: https://makankenyangsite.wordpress.com

Lokasi makanan olahan hasil laut yang enak berikutnya di Jakarta adalah Indah Seafood 94 Kalimati. Jajanan kaki lima yang satu ini pun tidak kalah ramai dibandingkan Seafood 68 Santa. Tidak heran para pengunjung pun harus rela menunggu untuk memperoleh tempat duduk di sini.

Menu yang bisa dijumpai di Indah Seafood 94 ini pun cukup standar, tidak jauh berbeda dengan tempat makan lain. Mulai dari ikan bakar, cumi, kerang, cah kangkung, udang, dan berbagai jenis hasil laut lain. Hanya saja, yang membedakan tempat ini dengan yagn lain adalah cita rasanya.

Apalagi, Anda bisa menikmati sajian kuliner pinggir jalan di sini dengan harga yang murah meriah. Bahkan, dengan uang kurang dari Rp200 ribu, Anda bisa mengajak anggota sekeluarga menyantap sajian kuliner di sini.

6. Nasi Goreng Kebon Sirih

Tenda Nasi Goreng Kebon Sirih yang selalu ramai
Tenda Nasi Goreng Kebon Sirih yang selalu ramai. Sumber foto: http://www.manual.co.id

Menggoreng dalam porsi jumbo
Menggoreng dalam porsi jumbo. Sumber foto: http://www.manual.co.id

Nasi goreng siap disajikan
Nasi goreng siap disajikan. Sumber foto: http://www.manual.co.id

Bagi para pencinta kuliner nasi goreng, harus mencicipi jajanan kaki lima yang satu ini. Nasi Goreng Kebon Sirih kerap disebut sebagai kuliner legendaris di Jakarta. Apalagi, jajanan kaki lima ini telah ada sejak tahun 1958. Saat pertama kali didirikan, kuliner ini dijalankan oleh Almarhum Haji Nein. Saat ini, usaha tersebut pun telah dilanjutkan oleh para cucunya.

Meski telah berjalan selama tiga generasi, cita rasa nasi goreng di tempat ini tidak berubah. Tidak heran kalau para pelanggan tempat ini pun terus bertambah. Bahkan, saat melintasi Nasi Goreng Kebon Sirih yang berlamat di Jalan Kebon Sirih, Anda akan menengok karyawan yang tengah mengolah nasi goreng dalam wajan berukuran raksasa.

Saat ini, Nasi Goreng Kebon Sirih pun sudah memiliki beberapa cabang di Jakarta dan luar kota. Di Jakarta, Anda bisa pula menjumpai kuliner ini di Bulungan, Karang Tengah, serta Bintaro 9 Walk. Selain itu, dapat pula menemukan nasi goreng ini di cabang yang terletak di Kota Bandung dan Pamulang.

7. Sop Kaki Kambing Dudung Roxy

Sop Kaki Kambing Dudung di Jl. Biak di daerah Roxy
Sop Kaki Kambing Dudung di Jl. Biak di daerah Roxy. Sumber foto: http://bm-attack.blogspot.co.id

Dagind dan jeroan diambil sendiri
Daging dan jeroan diambil sendiri. Sumber foto: https://myeatandtravelstory.wordpress.com

Sop Kambing - 60K
Sop Kambing – 60K. Sumber foto: https://www.foody.id/photo/detail/10284

Untuk pencinta olahan daging kambing, bisa memilih untuk menyantap Sop Kaki Kambing Dudung Roxy. Di sini, Anda bisa memperoleh hidangan sop betawi yang disertai dengan jeroan, kaki, serta daging kambing. Kabar baiknya, sop kambing di sini diolah secara sempurna sehingga tidak menimbulkan bau. Dan yang pasti, rasanya juga lezat.

Sop Kaki Kambing Dudung Roxy sudah ada sejak sekitar tahun 1976. Saat ini, sudah berkembang hingga 13 cabang, yang tersebar di Jakarta. Seperti namanya, cabang utama ada di Jalan Biak, Roxy, Jakarta Barat. 

So, kalau berkunjung ke Jakarta, pastikan untuk mencicipi kuliner pinggir jalan tersebut, ya!