7 Kuliner Mie Legendaris Paling Enak di Jakarta, 5 di Antaranya Halal Lho!

Mie menjadi salah satu makanan favorit hampir sebagian besar masyarakat tanah air. Bahkan, kuliner mie yang sudah melegenda pun bisa dijumpai di berbagai kota di Indonesia. Termasuk di antaranya adalah di Jakarta. Menariknya, sajian mie legendaris yang ada di Jakarta ternyata juga didominasi oleh makanan halal. Dengan begitu, pencinta mie yang beragama Islam pun bisa menyantap sajian ini dengan bebas.

Penasaran dengan 7 kuliner mie legendaris di Jakarta tersebut? Berikut ini adalah ulasannya:

1. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia Cikini
Mie Ayam Gondangdia Cikini. Sumber foto: https://malesmandi.com

Cita rasa Mie Ayam Gondangdia yang otentik
Cita rasa Mie Ayam Gondangdia yang otentik. Sumber foto: http://keluarmakan.blogspot.co.id

Bakmi ayam spesial gondangdia
Bakmi ayam spesial gondangdia. Sumber foto: http://keluarmakan.blogspot.co.id

Kuliner mie legendaris yang pertama adalah Mie Ayam Gondangdia. Tempat makan yang satu ini telah menemani warga Jakarta sejak tahun 1968. Sayangnya, lokasi warung yang ada di alamat Jalan RP. Soeroso nomor 36 Cikini mengalami kebakaran pada tahun 2014. Sejak saat itu, mereka pun berpindah ke lokasi baru yang ada di Jalan Cikini IV nomor 12A, Menteng, Jakarta Pusat.

Menu mie yang menjadi andalan dan favorit para pencinta kuliner di Mie Ayam Gondangdia adalah mie ayam jamur. Anda akan memperoleh sajian berupa mie keriting yang disajikan dengan potongan ayam serta jamur di bagian atasnya. Mie pun akan terasa semakin lezat dengan tambahan minyak rahasia yang memberikan rasa gurih. Maknyus, deh!

Mie Ayam Gondangdia
Alamat : Jalan Cikini IV No.12A, Menteng, RT.15/RW.5, Cikini, DKI Jakarta 10330

2. Mie Ayam Bakso Yunus

Warung Mie Ayam Bakso Yunus
Warung Mie Ayam Bakso Yunus. Sumber foto: http://nenekkugaul.blogspot.co.id

Mie bakso buatan sendiri dengan rasa asli dan murni
Mie bakso buatan sendiri dengan rasa asli dan murni. Sumber foto: http://inspirasikukeni.blogspot.co.id

Manis, gurih, tambah sambal makin enak
Manis, gurih, tambah sambal makin enak. Sumber foto: https://pergikuliner.com

Kuliner mie legendaris berikutnya di Jakarta adalah Mie Ayam Bakso Yunus. Tempat ini telah berdiri sejak tahun 1984. Bertahan selama puluhan tahun, cita rasa mie ayam di sini pun terbukti kelezatannya. Beberapa artis ternama ibu kota pun menjadi langganan setia. Salah satunya adalah penyanyi terkenal Krisdayanti. Bahkan, Krisdayanti menjadi langganan tempat ini sebelum terkenal.

Berbagai menu mie pun bisa Anda jumpai di tempat ini. Mulai dari mie ayam, mie yamin, hingga mie ayam bakso spesial. Harganya pun sangat ramah di kantong, berkisar mulai dari Rp13 ribu hingga Rp25 ribu per porsi. Untuk bisa mencicipi kuliner mie ayam halal ini, Anda bisa berkunjung langsung ke lokasinya di alamat Jalan Tebet Barat Dalam 8D, Jakarta Selatan.

Mia Ayam Bakso Yunus
Alamat : Jalan Tebet Barat Dalam VIII D, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12810

3. Bakmi Boy

Bakmi Boy Santa, Cikajang
Bakmi Boy Santa, Cikajang. Sumber foto: http://www.maukuliner.com

Bakmi Boy Santa
Bakmi Boy Santa. Sumber foto: Twitter @Jakarta_Kuliner

Yamien manis ayam baso sapi
Yamien manis ayam baso sapi. Sumber foto: https://pergikuliner.com

Mie legendaris berikutnya bisa Anda jumpai di Bakmi Boy. Tempat ini telah berdiri sejak tahun 1963. Saat ini, mereka pun memiliki beberapa lokasi. Termasuk di antaranya adalah di Pasar Mayestik, Jalan Cikajang nomor 42, Mangga Besar, Jelambar, serta di Bintaro. Meski berlabel makanan Tionghoa, Bakmi Boy menyediakan menu halal yang aman disantap oleh muslim.

Kuliner yang satu ini pun selalu ramai oleh para pengunjung. Apalagi kalau Anda memilih datang saat jam-jam sibuk, seperti jam makan siang atau malam hari. Menu yang mereka tawarkan pun beragam. Anda bisa memesan bakmi polos, bakmi ayam pangsit, bakmi ayam bakso, bakmi ayam jamur pangsit, dan lain-lain. Sebagai tambahan, tersedia pula mie dalam porsi besar.

Bakmi Boy
Alamat : Pasar Mayestik, Jl. Tebah III No.5, Kebayoran Baru, RT.14/RW.3, Gunung, Kby. Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12120

4. Bakmi Gang Kelinci

Bakmi Gang Kelinci Blok M
Bakmi Gang Kelinci Blok M. Sumber foto: https://id.openrice.com/en/jakarta/p-bakmi-gang-kelinci-p495873

Bakmi Gang Kelinci
Bakmi Gang Kelinci. Sumber foto: https://jajanankuliner.wordpress.com

Pilihan mie legendaris halal berikutnya adalah Bakmi Gang Kelinci. Kuliner yang satu ini telah ada sejak tahun 1957. Pada awalnya, Bakmi Gang Kelinci dijalankan dengan cara tradisional menggunakan gerobak oleh pendirinya, Hadi Sukiman. Saat itu, lokasi berjualannya terletak di Gang Kelinci, Jalan Pintu Besi, Pasar Baru.

Namun, berkat kegigihan serta cita rasa lezat yang dimilikinya, saat ini telah ada sebanyak 11 cabang Bakmi Gang Kelinci. Lokasi cabang-cabang tersebut pun tidak hanya berada di Jakarta, tapi juga di Kota Tangerang. Hal ini pun cukup menjadi bukti kelezatan kuliner mie dari Bakmi Gang Kelinci.

Bakmi Gang Kelinci 
Alamat : Jl. Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Sawah Besar, RT.1/RW.3, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710

5. Mie ayam Restoran Tropik

Tampak area makan Restoran Tropik yang luas dan bersih
Tampak area makan Restoran Tropik yang luas dan bersih. Sumber foto: http://food.detik.com

Mie ayam legendaris a la Tropik
Mie ayam legendaris a la Tropik. Sumber foto: http://food.detik.com

Sedapnya Mengudap Mi Ayam Legendaris Di Jakarta
Sedapnya Mengudap Mi Ayam Legendaris Di Jakarta. Sumber foto: http://food.detik.com

Kalau ingin mencicipi kuliner mie legendaris berikutnya di Jakarta, bisa mencoba datang ke Restoran Tropik yang terletak di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Di sini, Anda akan menemukan sajian mie legendaris Restoran Tropik. Restoran yang satu ini memang sudah dikenal luas sebagai penyedia makanan legendaris, telah ada di Jakarta sejak tahun 1950-an.

Salah satu menu andalan dari Restoran Tropik adalah mie. Mie yang disajikan restoran ini dibuat secara spesial, bukan buatan pabrik. Anda pun bisa memilih berbagai toping, mulai dari jamur, potongan ayam, dan lain-lain. Sebagai pelengkap hidangan, Anda juga bisa memilih untuk memesan berbagai pilihan minuman, baik es krim, es cendol, ataupun cincau.

Mie Ayam Restoran Tropik
Alamat : Jl. Ps. Baru No.28A, RT.15/RW.4, Ps. Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710

6. Baji Pamai

Bakmi Baji Pamai, Boulevard Raya, Kelapa Gading
Bakmi Baji Pamai. Sumber foto: http://helenysm.com

Mie Pangsit Spesial Besar
Mie Pangsit Spesial Besar. Sumber foto: http://kooliner.com

Kalau mie legendaris sebelumnya adalah mie yang halal, lain halnya dengan mie di Baji Pamai. Di tempat ini, Anda akan menemukan sajian mie yang disertai dengan olahan daging babi. So, untuk para pencinta mie yang beragama Islam, sebaiknya menghindari kuliner yang satu ini.

Mie Baji Pamai yang terletak di Kelapa Gading ini merupakan cabang dari Baji Pamai yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pilihan menu mie yang bisa dinikmati di restoran ini pun tidak kalah variatif. Mulai dari mie pangsit spesial, bihun kuah spesial, mie goreng Kanton, mie goreng Hokkian, dan lain-lain.

Mie Baji Pamai
Alamat : Boulevard Raya, Blok FV 1 No. 29 – 31, Kelapa Gading, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14240

7. Bakmi Gang Mangga

Bakmi Gg. Mangga Hayam Wuruk
Bakmi dengan toping pilihan anda. Sumber foto: http://www.bakmiggmangga.com

Bakmi goreng
Bakmi goreng. Sumber foto: http://www.bakmiggmangga.com

Berbeda dengan Bakmi Gang Kelinci, Bakmi Gang Mangga merupakan bakmi non halal. Bakmi ini pun telah setia menyajikan menu mie yang enak ke hadapan warga Jakarta sejak tahun 1979. Apalagi, bakmi yang disajikan di sini memiliki cita rasa yang tidak berbeda sejak awal pendiriannya.

Menu mie yang ditawarkan di sini pun terbagi menjadi berbagai varian. Anda bisa mencoba kuliner bakmi yamin, bakmi polos, siomay, dan lain-lain. Pilihan toping mie yang bisa Anda jumpai di sini juga beragam. Bisa memilih toping berupa daging ayam, daging babi, ataupun jamur.

Bakmi Gang Mangga
Alamat : Jl. Kemurnian IV No. 38B, Gang Mangga, Glodok, Taman Sari, RT.15/RW.1, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 14410

Nah, apakah Anda sudah siap untuk berburu kuliner mie legendaris Jakarta?