7 Obyek Wisata di Lombok Nan Memikat

Pulau Lombok adalah sebuah pulau kecil di Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari sebelah barat Bali. Lombok sangat dikenal karena keindahannya alamnya. Anda dapat menjumpai pantai-pantai indah yang eksotis dan relatif masih sepi. Namun, wisata di Lombok tak melulu hanya pantai. Lombok juga memiliki Gunung Rinjani yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Keindahan alam Lombok sungguh akan membuat Anda menghela nafas kagum. Berikut 7 obyek wisata di Lombok yang memikat hati:

1. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak
Danau Segara Anak

Danau Segara Anak berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anak merupakan danau kawah dari Gunung Rinjani. Danau ini memiliki air yang terlihat sangat biru sehingga beberapa orang meyakini bahwa Danau Segara Anak ini sesungguhnya merupakan bagian dari laut yang terpecah ke atas pulau. Uniknya lagi, di tengah Danau ini terdapat sebuah gunung yang bernama Gunung Baru Jari. Namun, Gunung Baru Jari ini merupakan gunung berapi yang masih aktif sehingga para pendaki harus berhati-hati untuk memiliki waktu pendakian. Bagi pencinta alam sejati, Anda dapat berkemah di tepi Danau Segara Anak. Di dalam Danau Segara Anak ini juga hidup ikan-ikan air tawar seperti nila, mas, dan mujair yang boleh dipancing oleh para pendaki ataupun penduduk setempat. Untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda, Anda dapat mencoba menangkap ikan ala Suku Sasak, yaitu dengan menggunakan kayu atau bambu runcing untuk menombak ikan. Ikan yang sudah ditangkap lalu dapat dibakar dan disantap.

2. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong

Wisata di Lombok yang berikutnya adalah Pura Batu Bolong. Berlokasi di Jl Raya Senggigi Km 4, Senggigi, Anda hanya memerlukan kira-kira setengah jam dari pantai Senggigi untuk menuju Pura Batu Bolong ini. Pura ini berdiri di atas bebatuan hitam yang memiliki lubang di tengahnya. Posisinya yang menjorok ke laut sekilas akan mengingatkan kita akan Pura Tanah Lot. Dari Pura Batu Bolong ini, Anda dapat memandang Gunung Agung di Bali. Karena Pura Batu Bolong ini adalah tempat beribadah, maka para wisatawan wajib untuk menjaga kesopanan. Cobalah untuk mengunjungi Pura Batu Bolong di sore hari. Pemandangan sunset di Pura Batu Bolong ini sangatlah indah.

3. Taman Narmada

Taman Narmada
Taman Narmada

Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, sekitar 10 KM di sebelah timur kota Mataram. Taman ini memiliki luas sekitar 2 ha dan memiliki beberapa bagian, yaitu: Pura Narmada, Bale Terang, Bale Loji, Telaga Kembar, Telaga Padmawangi, Bale Bancingah, Bale Pamerajan dan beberapa bagian lainnya. Taman Narmada dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727 sebagai tempat peristirahatan dan tempat upacara. Uniknya, desain Taman Narmada ini merupakan replika mini dari Gunung Rinjani. Di Taman Narmada, tepatnya di Bale Petirtan, terdapat sumber mata air yang dipercaya sebagai air awet muda. Wisatawan boleh membasuh muka dan minum air yang disakralkan tersebut.

4. Dusun Sade

Dusun Sade
Dusun Sade

Dusun Sade terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, kurang lebih 30 km dari kota Mataram. Dusun Sade ini merupakan perkampungan asli Suku Sasak. Di Dusun Sade, Anda dapat melihat rumah-rumah tradisional Suku Sasak yang terbuat dari kayu dan bilik bambu serta beratap jerami. Uniknya, lantai rumah tradisional ini dilumuri dengan kotoran kerbau, yang secara tradisi dipercaya dapat membuat lantai kuat dan mencegah serangga masuk. Masyarakat Dusun Sade memang masih memegang kuat tradisi dan adat istiadat. Mata pencaharian utama penduduknya adalah bertani dan menenun. Saat berkunjung ke Desa Sade, Anda dapat melihat langsung proses pembuatan kain tenun tradisional . Anda juga dapat membeli kain tenun dan gelang-gelang.

5. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Air terjun Sendang Gile ini merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia. Air terjun ini berada di ketinggian 600 mdpl dan memiliki tinggi sekitar 31 meter. Air Terjun Sendang Gile memiliki dua tingkatan. Tingkat yang pertama muncul di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya, sedangkan pada tingkatan kedua, air meluncur jatuh membentuk kolam di bawahnya. Para pengunjung bisa mandi ataupun sekedar bermain air di kolam-kolam tersebut. Konon air terjun ini ditemukan oleh penduduk setempat saat sedang mengejar singa gila yang meresahkan warga. Penduduk menyebut singa gila itu sebagai Senggang Gila. Pelafalan “senggang” itu lama-lama lalu berubah menjadi “sendang” dan akhirnya air terjun ini pun dikenal sebagai air terjun Sendang Gile. Berjarak 15 menit berjalan kaki dari air terjun Sendang Gile, Anda dapat menjumpai air terjun Tiu Kelep yang tak kalah indahnya.

6. Air Terjun Asin Tanjung Jagog

Air Terjun Asin Tanjung Jagog
Air Terjun Asin Tanjung Jagog

Tanjung Jagog merupakan nama lain dari Pantai Nambung. Tanjung Jagog ini berlokasi di bagian selatan Pulau Lombok, langsung berbatasan dengan Samudra Hindia. Tanjung Jagog ini dipenuhi batu-batu karang berukuran besar yang terus dihantam ombak-ombak besar. Karena karakter ombaknya yang kuat, Tanjung Jagog ini tidak cocok untuk menjadi lokasi snorkeling ataupun berenang. Di Tanjung Jagog ini, Anda dapat menjumpai fenomena alam yang unik. Di sini terdapat air terjun air asin. Hempasan ombak ke tebing karang yang diikuti dengan turunnya air laut dari dinding batu karang setinggi 10 meter ini membentuk pemandangan serupa air terjun. Namun, berhati-hatilah jika ingin mengabadikan pemandangan air terjun ini dalam rana. Tak perlu mengambil risiko terhempas ombak kuat ke dinding karang hanya demi foto selfie yang keren. Hati-hati, ya, Klikers! Air terjun asin Tanjung Jagog ini adalah salah satu wisata di Lombok yang masih tergolong baru.

7. Pantai Pink

Pantai Tangsi
Pantai Tangsi

Obyek wisata di Lombok lainnya yang tak kalah mengagumkan adalah Pantai Pink. Pantai Pink ini sebenarnya merupakan julukan untuk Pantai Tangsi. Dijuluki Pantai Pink karena pasir pantainya yang berwarna pink. Warna pink ini sebenarnya berasal dari perpaduan pasir putih dan serpihan karang merah muda. Pantai Tangsi berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, sekitar dua jam perjalanan dari Kota Mataram. Pantainya cukup landai dan arus airnya cukup tenang sehingga aman untuk berenang dan snorkeling. Pantai Pink ini dikelilingi tebing-tebing yang menambah indahnya panorama pantai. Selain Pantai Pink, masih banyak pantai indah lainnya di Pantai Pink. Anda dapat membacanya di sini.

Klikers, itulah 7 obyek wisata Lombok yang sangat mempesona! Anda akan dibuat takjub melihat keindahan alam yang masih terjaga. Maka, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga agar tempat-tempat wisata Lombok ini tetap indah. Selamat berlibur ke Lombok, Klikers!

One Comment

  • It’s appropriate time to make a few plans for the long run and it’s time to be happy.
    I have learn this publish and if I may just I wish to recommend you
    some interesting things or tips. Perhaps you can write next articles
    relating to this article. I desire to read more issues approximately it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *