7 Pulau Cantik di Sumenep Madura, Nomor 3 Punya Kadar Oksigen Terbaik di Dunia

Pulau Madura tak hanya punya kuliner sate yang khas, tapi juga punya banyak destinasi wisata yang indah. Tak banyak yang tahu kalau pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur ini juga punya banyak destinasi wisata pulau yang cantik. Tepatnya di Kabupaten Sumenep, Anda bisa menemukan pulau-pulau kecil yang tak kalah indah dengan pulau wisata lain yang sudah populer di Indonesia. Pecinta keindahan bahari pasti betah lama-lama di 7 pulau cantik di Sumenep Madura berikut ini:

1. Pulau Gili Labak, Tak Kalah Indah dari Lombok

Gili Labak tak kalah indah dari gili-gili di Lombok. Daya tarik utama pulau cantik di Sumenep ini adalah keindahan alam bawah lautnya yang dihuni terumbu karang dan biota laut lainnya yang beragam. Penyuka snorkeling dan diving pastinya akan betah. Belum lagi, pantainya yang berpasir putih dan berair jernih dengan ombak yang relatif tenang menambah pesona keindahan pulau yang luasnya hanya 5 hektar ini. Untuk sampai di Gili Labak, Anda bisa menggunakan perahu motor dari pelabuhan Kalianget dengan waktu tempuh 2-3 jam.

pulau cantik di sumenep
Gili Labak. Foto IG @id_adventures

2. Pulau Gili Genting, Punya Pantai Sembilan yang Unik dan Menawan

Pulau cantik di Sumenep berikutnya adalah Gili Genting. Pulau ini memiliki pantai-pantai yang indah. Salah satu pantainya bahkan memiliki keunikan di mana bibir pantainya memiliki cekungan yang digenangi air. Jika dilihat dari atas, bibir pantai tersebut tampak seperti angka sembilan sehingga pantai ini pun disebut pantai Sembilan. Air lautnya yang jernih dengan terumbu karang yang masih alami akan membuat siapa saja ingin berlama-lama melakukan aktivitas rekreasi bahari di pantai ini. Selain pantai sembilan, Gili Genting juga memiliki pantai Kahuripan dengan ciri khas batu-batu karang, namun tetap indah dipandang. Dari pelabuhan Tanjung Saronggi, perjalanan ke Gili Genting memakan waktu sekitar 45 menit menggunakan perahu motor.

pulau cantik di sumenep
Foto IG @rulierosalina

3. Pulau Gili Iyang, Pulau Oksigen di Madura

Gili Iyang telah diteliti memiliki kadar oksigen hingga 27%. Inilah yang membuat pulau cantik di Sumenep ini dinobatkan sebagai pulau dengan kadar oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Yordania. Karenanya, penduduk di pulau ini memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi ketimbang penduduk di daerah lainnya. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di pulau ini. Selain menyusuri pantai pasir putihnya yang indah sambil menghirup udara segar, keindahan bawah lautnya juga wajib Anda eksplorasi. Di Gili Iyang juga terdapat banyak goa yang bisa dijelajahi. Dari pelabuhan Dungkek, Gili Iyang dapat ditempuh dengan lama penyeberangan sekitar 45 menit menggunakan perahu motor.

pulau cantik di sumenep
Gili Iyang. Foto IG @kamerapetualang

4. Pulau Sapudi, Tempat Asal Kerapan Sapi

Pulau Sapudi yang oleh masyarakat Madura disebut pulau Podhay ini memang masih asing di telinga banyak orang. Tapi, jangan salah, pulau ini punya suguhan alam yang menarik. Terdapat hutan mangrove, pantai yang bersih, dan padang lamun yang luas di tepi perairan laut dangkalnya. Mata Anda juga akan dimanja pemandangan terumbu karang yang indah lengkap dengan ikan-ikan kecil yang berenang gesit di sekitarnya. Pulau Sapudi sendiri merupakan tempat asal kebudayaan Kerapan Sapi Madura dan warganya yang terkenal ramah tentunya akan membuat Anda semakin betah lama-lama di sana. Penyeberangan ke pulau Sapudi dapat dimulai dari pelabuhan Dungkek atau pelabuhan Kalianget menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh 2 hingga 4 jam.   

pulau cantik di sumenep
Pulau Sapudi. Foto IG @fitriyaharun

5. Pulau Kangean, Spot Menyelam Terbaik di Madura

Terletak di ujung paling timur Madura, Kepulauan Kangean terdiri dari puluhan pulau-pulau kecil. Pulau padat penduduk ini memiliki pantai dengan hamparan pasir putih yang cantik dengan alam bawah laut yang tak kalah indahnya. Terdapat berbagai jenis karang cantik yang bisa Anda lihat di sana. Karenanya, wajar bila banyak turis mancanegara datang ke pulau cantik di Sumenep ini untuk menyelam. Untuk sampai di Pulau Kangean, Anda bisa menggunakan kapal cepat atau feri dari Pelabuhan Kalianget, dengan waktu tempuh 4 jam untuk kapal cepat dan 8 jam jika menggunakan feri.

pulau cantik di sumenep
Pulau Kangean. Foto IG @firmaulana46

6. Pulau Mamburit, Pulau Kecil yang Dihuni Ragam Suku Bangsa

Menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Kangean, ukuran pulau Mamburit tidaklah besar hanya memiliki lebar sekitar 500 meter dengan panjang sekitar 1 kilometer. Namun, pulau cantik di Sumenep ini meskipun kecil sudah populer karena keindahannya. Siapapun yang datang ke sini pasti akan tergoda untuk segera menginjakkan kaki di pantainya yang berpasir putih dan berair jernih. Selain itu, perairan di pulau Mamburit juga memiliki spot untuk snorkeling yang menyuguhkan pemandangan bawah laut yang terdiri dari berbagai jenis terumbu karang. Pulau Mamburit hanya dihuni oleh beberapa puluh kepala keluarga, namun mereka terdiri dari berbagai macam suku, yakni Madura, Jawa, Bugis dan Kalimantan. Lokasi pulau Mamburit tak terlalu jauh dari pulau Kangean. Dari pelabuhan Kangean Besar, hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di pulau Mamburit.

pulau cantik di sumenep
Pulau Mamburit. Foto: pulaukangean12.blogspot.co.id

7. Pulau Sapeken, Terkenal Sebagai Lumbung Ikan 

Pulau Sapeken berbatasan dengan pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Karenanya, pulau padat penduduk ini dihuni berbagai suku, yaitu Madura, Bajo, Mandar, Bugis, dan Bali. Selain menunjukkan kehidupan penduduk yang rukun, pulau ini terkenal sebagai lumbung ikan dan terdapat beberapa titik snorkeling yang dihuni flora dan fauna laut yang beragam. Di sana juga terdapat tempat budidaya mutiara. Dari pulau Kangean, perjalanan ke pulau Sapeken memakan waktu 1,5 jam menggunakan perahu motor.

pulau cantik di sumenep
Perairan pulau Sapeken. Foto IG @ahmadhudzaifahh