7 Rekomendasi Wisata Kuliner Susu di Bandung

Siapa yang bisa menampik pesona Bandung? Ibu kota Jawa Barat ini memang memiliki begitu banyak daya tarik, salah satunya adalah kulinernya. Kreativitas penduduknya dalam menghadirkan sajian biasa menjadi sesuatu yang unik dan berbeda itulah yang kerap menjadi modalnya. Termasuk pula sajian atau olahan susu.

Menu-menu yang unik juga biasanya dipadu dengan tempat yang juga dibuat sedemikian menarik. Pelaku bisnis akan memberikan tema tertentu yang membedakan karakternya dari pesaing. Tidak selalu mewah, tetapi yang penting dapat menimbulkan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya.

Nah, bagi Anda penggemar susu yang tengah berkunjung ke kota kembang, di bawah ini adalah tujuh rekomendasi wisata kuliner susu di Bandung.

1. Bandoengsche Melk Centrale (BMC)

Bangunan BMC yang khas
Bangunan BMC yang khas. Sumber foto: https://qubicle.id

Interior BMC
Interior BMC. Sumber foto: https://qubicle.id

Susu dan Yoghurt BMC
Susu dan Yoghurt BMC. Sumber foto: https://qubicle.id

Dari namanya, mungkin Anda sudah bisa menebak tempat seperti apa wisata kuliner susu di Bandung yang satu ini. Namanya yang sangat Belanda toh rupanya memang bukan sekadar nama. Berada di Jalan Aceh no. 30 Bandung, BMC memiliki arsitektur bangunan tua zaman Belanda yang sangat kental. Bahkan interiornya pun masih menimbulkan klasik yang begitu kental, ditambah dengan kehadiran foto-foto Kota Bandung tempo dulu yang ditempel di dinding.

Beragam olahan susu disajikan di sini: susu murni, susu murni yang diberi varian rasa, koktail yogurt, milkshake, yogurtshake, dan es krim. Namun jika Anda tertarik mengunjungi tempat ini meski bukan pencinta susu, Anda bisa mencoba menu andalan lainnya, yakni sop buntut goreng. Di samping itu, ada pula makanan lainnya mulai dari khas Indonesia seperti nasi uduk, gulai, nasi bakar, dan lain-lain hingga masakan barat seperti lasagna dan zupa-zupa.

2. Serba Susu Lembang

Toko SERBA SUSU
Toko SERBA SUSU. Sumber foto: http://serbasusu.blogspot.co.id/

Pengunjung dapat langsung melihat proses pengolahan susu menjadi berbagai macam olahan makanan oleh oleh
Pengunjung dapat langsung melihat proses pengolahan susu menjadi berbagai macam olahan makanan oleh oleh. Sumber foto: http://serbasusu.blogspot.co.id/

Olahan oleh-oleh produksi SERBA SUSU
Olahan oleh-oleh produksi SERBA SUSU. Sumber foto: http://serbasusu.blogspot.co.id/

Lembang adalah bagian dari Bandung yang juga merupakan salah satu sentra peternakan sapi di Jawa Barat. Dengan fakta tersebut, sangat wajar bila ada cukup banyak tempat-tempat yang menyajikan berbagai olahan susu. Seperti di Serba Susu Lambang yang berlokasi di Jalan Seskoau Lembang, Anda bisa menemukan kuliner unik berbahan susu sapi segar.

Anda bisa membawakan oleh-oleh khas Serba Susu Lembang kepada orang-orang di rumah seperti permen susu, dodol susu, pie susu, kerupuk susu, noughat susu, peyek susu, dan kudapan unik lainnya. Namun tempat kuliner susu ini tidak hanya menyediakan makanan saja. Bagi pengunjung yang ingin mencari ilmu, Serba Susu Lembang juga menyediakan paket kunjungan edukasi yang akan menunjukkan secara langsung bagaimana proses pengolahan susu sapi segar menjadi berbagai macam makanan dan minuman.

3. Kok Masih Ngedot

Kedai Kok masih ngedot
Kedai Kok masih ngedot. Sumber foto: http://fokusjabar.com

Maskot Kok Masih Ngedot
Maskot Kok Masih Ngedot. Sumber foto: www.indomascot.com

Kemasan Kok Masih Ngedot
Kemasan Kok Masih Ngedot. Sumber foto:https://foodnotestories.com

Tidak perlu heran dengan judul-judul yang mungkin bahkan terdengar nyeleneh. Kenyataannya, justru nama-nama seperti ini pula yang menjadi daya tarik tersendiri. Kok Masih Ngedot merupakan nama sebuah acara keliling Bandung dengan menjajakan susu di dalam dot. Pangsa pasarnya pun justru bukan anak kecil yang masih menyusu menggunakan dot, melainkan seluruh kategori usia.

Untuk menu yang ditawarkan pun sejauh ini masih hanya berupa susu yang diberi varian rasa, seperti creamy banana, hazelnut, green tea, swiss chocolate, dan lain-lain. Keunikannya memang ada pad acara penyajiannya. Selain seporsi susu yang diwadahi dalam dot, Anda juga diberik sebuah celemek bayi yang digunakan di leher.

4. KPBSU Lembang

Toko KPSBU Lembang
Toko KPSBU Lembang. Sumber foto: http://cukil-ingatan.blogspot.co.id

Salah satu kemasan KPSBU Lembang
Salah satu kemasan KPSBU Lembang. Sumber foto: IG @zikrieruford

Kembali ke Lembang, tidak jauh dari lokasi Serba Susu Lembang, Anda bisa menemui KPSBU. Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara alias KPSBU menyediakan stok susu sapi murni dan yogurt yang segar setiap harinya. Tidak hanya menjual dalam bentuk gelas atau ukuran kecil lainnya, KPSBU justru lebih banyak melayani pembelian susu sapi dalam bentuk partai.

Anda bisa langsung membeli susu dalam volume literan. Tentu saja, sebelum mengonsumsinya, Anda harus lebih dulu melakukan proses pasteurisasi. Selain itu, di bagian depan juga ada sebuah outlet yang menyajikan beragam oleh-oleh produk berbahan susu seperti kerupuk susu.

5. Bengkel Susu (Bensu)

Desain manis kemasan susu Bensu
Bentuk kemasan lain dari susu Bensu. Sumber foto: IG @monsmenu

Seperti namanya yang mencatut kata bengkel, Bensu yang beralamat di Jalan Emong no. 3 Bandung ini memang tidak menyajikan suasana ala kafe. Berada di pelataran rumah berpaving, Bensu menyediakan meja dan kursi sederhana yang mampu menampung cukup banyak orang. Bisa jadi, kesederhanaannya ini pula yang membuat Bensu begitu ramai didatangi khususnya kawula muda.

Selain menyediakan susu yang bisa Anda bawa pulang dalam kemasan lucu, Bensu juga menyediakan menu lainnya. Sebut saja mi yang dcampur kuah susu, samyang telur keju, canape, dan masih banyak lainnya.

6. Susu Ijan, Susu Murni Kebon Kelapa

Kedai Susu Ijan
Kedai Susu Ijan. Sumber foto: http://www.bandungdiary.id

Bisa minum susu di dalam sambil ngongkrong
Bisa minum susu di dalam sambil ngongkrong. Sumber foto: http://www.bandungdiary.id

Sederhana namun legendaris
Sederhana namun legendaris. Sumber foto: http://www.bandungdiary.id

Kawasan Pungkur boleh dibilang masih cukup menyisakan kesan klasik. Di kawasan ini, tepatnya di sebelah Terminal Kebon Kelapa, ada sebuah tempat legendaris untuk menikmati susu murni. Lantaran lokasinya yang sangat dekat dengan Gang Ijan, masyarakat lantas menyebutnya sebagai Susu Ijan—meski nama aslinya adalah Susu Murni Kebon Kalapa.

Secara tempat, Susu Ijan sangat sederhana. Namun memang kelegendarisannya inilah yang membuatnya menjadikan wisata susu Anda di Bandung kurang sah jika belum mengunjunginya. Di sini, Anda bisa menikmati segelas susu sapi segar dengan beraneka macam kue seperti bolen dan sejenisnya.

7. Eightfully Cafe

Interior Cafe
Interior Cafe

Salah satu menu susu
Salah satu menu susu

Kafe yang baru beroperasi sejak Februari 2016 ini beralamat di Jalan Pagarsih no. 120 Bandung. Tempatnya tidak jauh berbeda dengan kafe-kafe kekinian yang modern dan minimalis, lengkap dengan kitchen bar dan padanan batu bata ekspos. Anda bisa memilih untuk menikmati produk olahan susu di lantai satu atau di balkon lantai dua yang lebih banyak mendapatkan sepoi angin.

Tidak hanya kudapan yang hanya akan mengenyangkan Anda dalam waktu singkat yang tersaji di Eightfully Cafe. Selain camilan, kafe ini juga menyediakan beragam makanan berat, minuman, dan choux pastry. Tenang saja, bagi Anda yang tidak terbiasa dengan masakan selain Indonesia, Anda tetap bisa memesan menu lokal yang sesuai lidah di Eightfully Cafe.

Jadikan pengalaman ke Bandung kali ini berbeda dari yang biasanya. Nikmati serunya berkuliner serba susu dengan suasana yang seru. Selamat berkuliner!