7 Sajian Kuliner Khas Indonesia

Man is what he eats –  Ludwig Andreas Feuerbach

Anda adalah apa yang Anda makan. Itu  kutipan dari artikel dengan judul Concerning Spiritualism and Materialism yang ditulis oleh Ludwig Andreas Feuerbach tahun 1863-1864. Kalau coba diartikan mungkin sepeti ini maknanya : makanan yang dimakan oleh seseorang berpengaruh pada kondisi jiwa dan kesehatan seseorang. Apa yang ditulis oleh penulis dari abad 18 tersebut semakin diyakini di jaman sekarang. Masyarakat semakin sadar dengan makanan sehat. Contohnya salah satu teman saya saat menyantap daging, selalu dibuang kulit dan lemaknya, padahal menurut saya itu adalah bagian yang ternikmat, hehehe.

Kepuasan dalam hal makanan merupakan salah satu kepuasan utama yang harus dipenuhi selain kepuasan-kepuasan lainnya, betul nggak? Siapa sih yang nggak butuh makan. Oleh karena itu yuuu kita bahas kuliner lagi. Paling seneng kalau bahas hal yang satu ini, nggak ada habisnya. Kali ini yang mau saya bahas adalah 7 sajian kuliner atau masakan khas Indonesia yang wajib dicicipi khusus bagi Anda yang senang travelling ke daerah-daerah di Indonesia. Let’s start……

1. Es Palubutung Makassar

Photo courtesy of travel.detik.com
Photo courtesy of Detik Travel

Es Palubutung merupakan makanan pencuci mulut khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pisang kepok kukus yang dipotong-potong kemudian disantap bersama dengan bubur tepung beras, santan kental dan topping kacang merah, es serut serta sirup berwarna merah akan menjadi hidangan penutup yang pas banget setelah berkuliner di Makassar. Salah satu tempat terbaik untuk bersantap es palubutung ini adalah di Warung Bravo, Jalan Andalas No. 154, Makassar, Sulawesi Selatan.

2. Ketoprak Jakarta

Ketoprak Jakarta
Photo courtesy of keasberry.com

Siapa bilang Indonesia bukan tempat untuk para vegetarian. Ada satu sajian di Ibukota tercinta kita yang dikenal dengan nama Ketoprak yang bersahabat untuk para vegetarian karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya tidak ada yang berbahan dasar daging. Paduan lontong, tahu, bihun, tauge, kol yang disantap dengan saus yang terbuat dari kacang tanah yang kental, pasti akan membuat Anda ketagihan. Mau tahu tempat paling enak Ketopraknya? Ketoprak Purwa Bharata yang terletak di samping gedung Purwa Bharata, Jalan Kalilio No. 15, Senen, Jakarta Pusat.

3. Babi Guling Bali

Babi Guling Ibu Oka
Photo courtesy of Wiki Travel

Buat Anda yang mau liburan ke Bali, menu ini tidak boleh terlewatkan. Babi guling Bali sudah menjadi makanan wajib baik bagi wisatawan domestik maupun manca negara yang berkunjung ke Bali. Anak babi atau yang lebih dikenal dengan babi susu dibaluri dengan berbagai macam rempah dan kemudian dipanggang selama beberapa jam sampai dagingnya menjadi empuk dan kulitnya garing. Kegaringan dari kulitnya ini yang katanya buat yang sudah mencobanya rasanya “enak gila”. Hehehe. Buat yang mau mencoba makanan ini boleh coba datang ke Warung Ibu Oka di Jalan Tegal Sari No. 2, Ubud, Bali.

4. Sayur Asem Bandung

Sayur Asem Bandung
Photo courtesy of simpletouchdelicious.blogspot.com

Sajian lain yang bersahabat bagi para vegetarian ini merupakan masakan berkuah yang sehat buat Anda santap. Kuah yang berbahan dasar asam jawa dengan bahan-bahan lain yang seluruhnya adalah sayuran seperti : jagung manis, kacang merah, kacang tanah, kacang panjang, daun melinjo beserta buah melinjonya, paling nikmat kalau dimakan bersama dengan sambal terasi. Cukup banyak tempat yang terkenal dengan sayur asemnya di Bandung. Cukup cari restoran Sunda pasti ada sayur asemnya. Beberapa rekomendasi restoran Sunda yang enak : Warung Cepot di Jalan Pasirkaliki No. 96 atau di Jalan Pasteur No. 155D dan Raja Rasa di Jalan Setrasari.

5. Cakalang Manado

Photo courtesy of haphap.com
Photo courtesy of haphap.com

Terkenal dengan olahraga menyelamnya, Sulawesi Utara memiliki makanan khas seafood yang terbaik di daerahnya. Cakalang adalah sebutan bagi ikan tuna bagi masyarakat Manado. Ikan cakalang yang sudah dibersihkan dibaluri garam dan bubuk soda, kemudian diasap. Panas yang merata dari api dan asap membuat daging cakalang matang dan kering. Prosesnya memakan waktu 6 jam (4 jam untuk pengasapan dan 2 jam untuk pendinginan). Apabila proses dijalankan dengan benar, cakalang dapat taham disimpan selama 1 bulan pada suhu kamar. Cara penyajiannya biasanya daging cakalang digoreng dalam minyak panas dan disantap dengan sambal khas Minahasa yang dikenal dengan nama dabu-dabu. Untuk mencicipi Cakalang Manado yang asli, saat Anda berkunjung ke Manado jangan lupa untuk mampir ke Dego-Dego Manado Cafe di Jalan Wakeke No. 11. Berbagai macam masakan dari cakalang dapat Anda cicipi di sini.

 6. Ayam Taliwang Lombok

Photo courtesy of asliresepindonesia.blogspot.com
Photo courtesy of asliresepindonesia.blogspot.com

Ayam Taliwang dibuat dari ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan kemudian dibakar setengah matang. Lalu dibaluri merica dan rempat-rempah lain seperti pasta udang, bawang putih, cabe, dan lain-lain. Kemudian dibakar kembali sampai matang. Untuk Anda yang doyan makanan pedas, ini pilihan yang wajib dicoba. Biasanya ayam taliwang disantap bersama dengan kangkung plecing (kangkung rebus yang dimakan bersama saus dengan bahan dasar tomat dan cabe yang biasanya diberi sedikit terasi). Bingung cari menu Ayam Taliwang yang asli? Coba kunjungi Rumah Makan & Lesehan Taliwang Raya di Jalan Ade Irma Suryani No. 53 (Monjok), Mataram.

7. Bika Ambon Medan

Photo courtesy of turisku.com
Photo courtesy of turisku.com

Meskipun Ambon terletak di Indonesia bagian timur, tapi kue yang satu ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Tekstur kue yang lengket, kenyal, dan seperti busa ini kaya akan rasa yang berasal dari tepung tapioka dan santan. Penjual bika ambon yang terkenal di Medan adalah Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jalan Mojopahit, Medan. Banyak jenis bika ambon yang dijual di sini seperti : original, pandan, mocca, keju, dan pandan keju. Jadi jangan lewatkan kenikmatan kue yang satu ini di saat Anda berkungjung ke kota Medan.

Sumber : Disadur dan dikutip dari Majalah Tiger Tales Asia, edisi Mar-Apr 2014 “the magnificent seven eats around Indonesia”

2 Comments

  • sayur asem paling "HOT" menurut saya justru malah sayur asam jakarta. dengan hancuran kacang tanah ditambah oncom (anehnya orang bandung justru tidak memasukan oncom dalam sayur asemnya yang aseli he..he..), rasanya Maknyusssss

  • Hilman

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di <a href="www.pariwisata.gunadarma.ac.id
    ">www.pariwisata.gunadarma.ac.id</a>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *