GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

7 Taman Bunga di Indonesia yang Tidak Kalah Indah Dibanding Taman Bunga Keukenhof di Belanda

Siapa yang tidak mengenal keindahan Taman Bunga Keukenhof di Belanda? Taman bunga yang satu ini menjadi lokasi yang paling menarik untuk bisa menyaksikan keindahan bunga tulip yang berwarna-warni. Namun, Anda juga bisa menemukan taman dengan keindahan serupa  di Indonesia. Ingin tahu di mana bisa menemukan taman-taman bunga cantik tersebut? Nah, berikut ini adalah 7 di antaranya:

1. Taman Rekreasi Selecta

Pesona Taman Rekreasi Selecta
Pesona Taman Rekreasi Selecta. Sumber foto: https://hello-pet.com

Bunga warna warni di Taman Rekreasi Selekta
Bunga warna warni di Taman Rekreasi Selekta. Sumber foto: http://www.malang-guidance.com

Water Boom di Taman Rekreasi Selecta
Water Boom di Taman Rekreasi Selecta. Sumber foto: https://jejakbocahilang.files.wordpress.com

Tempat wisata yang satu ini memang sudah lama dikenal oleh para wisatawan, terutama di telinga para pelancong yang berasal dari Jawa Timur. Bahkan, tempat ini telah ada sejak tahun 1930-an, dibangun oleh warga kenegaraan Belanda bernama Ruyter de Wildt. Meski begitu, pesona keindahan Taman Rekreasi Selecta yang terletak di Kota Malang ternyata masih belum pudar.

Satu hal yang paling menarik di sini adalah kebun bunga warna-warninya. Kebun bunga ini pun menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang gemar berburu foto instagramable. Area seluas 18 hektare ini pun bahkan memiliki keindahan yang tidak kalah dibandingkan Keukenhof.

Selain menjadi lokasi kunjungan para wisatawan, Taman Rekreasi Selecta juga kerap menjadi tempat untuk melangsungkan foto preweddding. Hamparan bunga-bunga warna-warni memang membuat tempat ini terlihat sejuk di mata. Ditambah lagi, terdapat pintu gerbang yang terbuat dari tanaman berbentuk hati yang membuatnya kian romantis.

2. Kebun Bunga Begonia Lembang

Kebun Bunga Begonia Selayang Pandang
Kebun Bunga Begonia Selayang Pandang. Sumber foto: https://club.iyaa.com

Berpindah ke Kota Bandung, Anda juga bisa berkunjung ke Kebun Bunga Begonia Lembang yang menawarkan keindahan tidak kalah dengan Keukenhof. Anda pun akan diajak untuk menyaksikan sekaligus berfoto dengan hamparan bunga begonia Bali yang memiliki warna merah mencolok.

Menariknya lagi, bunga memiliki waktu mekar sepanjang tahun. Jadi, Anda tidak perlu repot memilih waktu tertentu untuk bisa menyaksikan keindahan tempat ini.

Tidak hanya bisa berfoto dengan latar belakang hamparan bunga begonia Bali, Anda juga bisa secara langsung membawa pulang bunga tersebut dan menanamnya di rumah. Pihak Pengelola Kebun Bunga Begonia Lembang memang menyediakan fasilitas seperti ini. Cara pemeliharaan bunga ini di rumah pun tidak terlalu sulit. Anda bisa menanam bunga ini di dalam pot. Hanya saja, pastikan tanah selalu dalam kondisi lembap.

3. Taman Bunga Sakura Cibodas

Sakura di Taman Bunga Cibodas
Sakura di Taman Bunga Cibodas. Sumber foto: http://www.idparadise.com

Kesejukan di Taman Bunga Cibodas
Kesejukan di Taman Bunga Cibodas. Sumber foto: http://wisatacibodas.com

Memiliki suasana sedikit berbeda dengan taman bunga di tempat lain, Taman Bunga Cibodas menawarkan keindahan ala negara Jepang. Di sini, Anda akan diajak untuk menikmati keindahan bunga sakura yang mekar selama dua kali dalam satu tahun. Kalau ingin menyaksikan sakura mekar secara langsung, Anda bisa datang pada rentang antara bulan Januari-Februari atau Juli-Agustus.

Selain itu Taman Bunga Cibodas merupakan Botanical Garden, sehingga memiliki banyak sekali koleksi pepohonan baik yang tua maupun pepohonan muda. Tercatat ada 5.831 tanaman dari 1.206 jenis tanaman hidup disini.

4. Taman Bunga Nusantara

Burung Merak dari Bunga
Burung Merak dari Bunga. Sumber foto: www.thetripcorner.com

Taman tematik di Taman Bunga Nusantara
Taman tematik di Taman Bunga Nusantara. Sumber foto: https://club.iyaa.com

Berikutnya, Anda juga bisa memilih untuk berkunjung ke Taman Bunga Nusantara yang terletak di Kabupaten Cianjur. Di sini, Anda akan disuguhi berbagai taman yang memiliki tema berbeda. Mulai dari Taman Air, Taman Mawar, Taman Prancis, Taman Rahasia, Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Jepang, hingga Rumah Kaca.

Masing-masing taman memiliki keunikannya. Misalnya, Anda bisa mengajak teman perjalanan untuk bermain-main di area Taman Labirin. Atau, bisa pula memilih untuk berfoto cantik dengan latar belakang Taman Prancis, taman yang didesain dengan bentuk simetris. Terdapat menara pandang yang menjadi lokasi terbaik untuk bisa menyaksikan keindahan Taman Prancis ini.

5. Wisata Petik Bunga Mawar Gumur

Selayang Pandang Wisata Petik Bunga Mawar Gumur
Selayang Pandang Wisata Petik Bunga Mawar Gumur. Sumber foto: http://www.liburananak.com

Petik-petik bunga mawar
Petik-petik bunga mawar. Sumber foto: http://www.liburananak.com

Area kebun bunga mawar seluas 60 hektare
Area kebun bunga mawar seluas 60 hektare. Sumber foto: http://www.liburananak.com

Kembali ke Jawa Timur, tepatnya di Kota Batu, Anda juga bisa menyaksikan keindahan hamparan bunga cantik di Wisata Petik Bunga Mawar Gumur. Anda akan diajak untuk menyusuri area kebun bunga mawar seluas 60 hektare yang dikembangkan oleh warga setempat. Pemandangan di tempat ini pun akan semakin memesona dengan pemandangan Gunung Panderman di selatan dan Gunung Arjuna di utara.

Anda tidak hanya bisa berfoto dengan latar belakang hamparan bunga mawar cantik. Di sini, para wisatawan juga berkesempatan untuk memetik bunga secara langsung dari kebun. Anda juga tidak perlu khawatir tertusuk duri. Bunga mawar yang ditanam di sini merupakan mawar tanpa duri. Bunga mawar yang bisa dijumpai di sini pun beragam warna. Ada mawar putih, merah, merah muda, oranye, dan lain-lain.

6. Oro-Oro Ombo

Hamparan bunga ungu yang Instagenic di Oro-oro Ombo
Hamparan bunga ungu yang Instagenic di Oro-oro Ombo. Sumber foto: http://www.pecintaalam.org

Bunga Verbena Brasiliensis, yang sempat diduga sebagai Lavender
Bunga Verbena Brasiliensis, yang sempat diduga sebagai Lavender. Sumber foto: Twitter @desriezzulfaz

Taman bunga cantik berikutnya berlokasi di jalur pendakian menuju puncak Gunung Semeru, yakni Oro-Oro Ombo. Di sini, Anda akan bisa menyaksikan hamparan bunga cantik berwarna ungu, yaitu Verbena brasiliensis. Para pendaki pun kerap mengira kalau bunga ini merupakan bunga lavender.

Ada satu hal yang menarik terkait dengan bunga ini. Kalau di tempat lain para pengunjung diharapkan untuk menjaga kelestariannya, berbeda dengan di Oro-Oro Ombo. Saat berada di sini dan menyaksikan bunga Verbena brasiliensis, para pendaki diharapkan untuk segera mencabutnya. Alasannya, karena bunga ini menyerap kadar air dari tanaman yang ada di sekitarnya. Hal ini pun kerap menjadi penyebab matinya bunga edelweiss.

7. Taman Bunga Dataran Tinggi Dieng

Taman Bunga Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.
Taman Bunga Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Sumber foto: http://www.abouturban.com

Sabana di puncak Gunung Prau
Sabana di puncak Gunung Prau. Sumber foto: http://www.subpacker.com
 

Taman bunga terakhir yang menyuguhkan pemandangan indah tidak kalah dengan Keukenhof adalah Taman Bunga Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Namun, untuk menyaksikan keindahan taman bunga ini, Anda harus berjuang karena lokasinya terletak di puncak Gunung Prau di Dataran Tinggi Dieng di ketinggian mencapai 2.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski begitu, perjuangan bakal terbayar oleh pemandangan yang alami dan udara sejuk.

Keindahan taman-taman bunga tersebut pun menjadi bukti kalau Indonesia itu memiliki kekayaan alam terindah. Rugi deh kalau tidak bisa menyaksikannya secara langsung!

Facebook Comment

Related Post

Read previous post:
Diskon mulai dari 20% untuk hotel pilihan di Malang dan Surabaya

Halo Klikers, Penawaran Hotel di Malang dan Surabaya menanti Anda.  Rekomendasi tempat liburan di Malang

Close