7 Tempat untuk Menikmati Jakarta Bersama Anak-anak

Siapa bilang anak-anak di Jakarta tidak punya tempat bermain selain pusat-pusat perbelanjaan? Nyatanya, ibu kota menyimpan cukup banyak tempat yang bisa dinikmati si kecil untuk menghabiskan waktunya sekaligus menambah wawasan. Bila kehabisan ide, berikut ini adalah tujuh tempat dan aktivitas terbaik yang bisa Anda kunjungi dan lakukan bersama si kecil.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Danau Ancol
Danau Ancol. Sumber foto: http://liburanjalanjalan.blogspot.co.id/

Salah satu pusat keramaian di Pantai Ancol
Salah satu pusat keramaian di Pantai Ancol. Sumber foto: http://liburanjalanjalan.blogspot.co.id/

Putri Duyung, resort favorit keluarga
Putri Duyung, resort favorit keluarga. Sumber foto: http://liburanjalanjalan.blogspot.co.id/

Gondola/kereta gantung di Ancol
Gondola/kereta gantung di Ancol. Sumber foto: https://www.ancol.com

Taman Impian Jaya Ancol tentu bukan kawasan yang asing bagi Anda. Sedari awal pembangunan tahun 1996 telah ditujukan menjadi kawasan wisata terpadu, kini Ancol memiliki beragam fasilitas untuk memeriahkan wisata bersama keluarga. Anda bisa mengajak anak menikmati underwater aquarium seluas 2 hektare di Sea World, menaiki kereta gantung, bermain boling, dan lain-lain.

Maksimalkan pengalaman Anda dengan menginap di Pondok Putri Duyung. Penginapan ini mengusung konsep cottage berdesain unik. Arstiketurnya menerapkan kobinasi gaya posmo dan keeksotisan Indonesia Timur. Tentu saja, fasilitas di penginapan dengan kamar sejumlah 133 kamar ini sangat berkelas atas, termasuk dengan fasilitas olahraga seperti voli pantai, tenis meja, kolam renang, dan lain-lain.

2. Dunia Fantasi

Wahana Bianglala dengan ketinggian sekitar 30 meter
Wahana Bianglala dengan ketinggian sekitar 30 meter. Sumber foto: http://www.kompasiana.com

Wahana Halilintar, salah satu permainan yang digemari di Dufan
Wahana Halilintar, salah satu permainan yang digemari di Dufan. Sumber foto: http://liburanjalanjalan.blogspot.co.id/

Wahana kora-kora
Wahana kora-kora. Sumber foto: https://tawvic.wordpress.com

Bahkan realitanya, tidak hanya anak kecil yang gemar mengunjungi tempat ini. Remaja hingga orang dewasa pun banyak yang mengunjungi Dunia Fantasi di sela-sela kesibukan, seperti pada akhir pekan atau hari libur. Pasalnya, tempat wisata keluarga di ruang terbuka alias outdoor ini menyediakan berbagai wahana yang seru dan mengasyikkan.

Dunia Fantasi terbagi ke dalam beberapa zona atau wilayah. Masing-masing zona (Jakarta, Indonesia, Asia, Yunani, Eropa, dan lain-lain) memiliki wahana permainan tersendiri. Beberapa wahana paling populer—bahkan membuat wisatawan dari luar kota sengaja mendatangi Dufan—antara lain Kora-kora, Hysteria, Tornado, dan Kicir-Kicir. Jika ingin yang lebih santai, anak bisa menikmati Rumah Miring, Alap-Alap, Istana Boneka, dan masih banyak lainnya.

3. Kidzania

Kota mini Kidzania
Kota mini Kidzania. Sumber foto: Youtube @Nadia and Diva

Bermain menjadi pemadam kebakaran
Bermain menjadi pemadam kebakaran. Sumber foto: http://gingybite.blogspot.co.id

Parents Lounge
Parents Lounge. Sumber foto: http://www.anythingjakarta.com

Seperti namanya, Kidzania memang tempat wisata yang dikhususkan untuk anak-anak, terutama untuk usia 2-16 tahun. Di sini, anak-anak bisa menikmati berbagai hiburan sekaligus mendapat pengetahuan dengan cara yang menyenangkan.

Berdasarkan desainnya, Kidzania boleh dibilang sebagai replika sebuah kota. Tempat ini memang dibuat sedemikian mirip dengan kota yang sebenarnya, tetapi tentu saja dalam skala yang lebih kecil dan sesuai dengan skala anak-anak. Ada tempat publik seperti pusat perbelanjaan, teater, rumah sakit, jalan raya, pabrik, dan lain-lain. Di sini, anak-anak mencoba berperan sesuai dengan profesi yang diinginkan. Si kecil bisa belajar menjadi ahli seperti di baking center, archeological site, bank, building climbing, dan lain-lain.

4. Kebun Binatang Ragunan

Area depan Kebun Binatang Ragunan
Area depan Kebun Binatang Ragunan. Sumber foto: http://www.ragamtempatwisata.com

Salah satu spot di dalam Kebun Binatang Ragunan
Salah satu spot di dalam Kebun Binatang Ragunan. Sumber foto: http://www.ragamtempatwisata.com

Kereta yang membawa pengunjung berkeliling Kebun Binatang Ragunan
Kereta yang membawa pengunjung berkeliling Kebun Binatang Ragunan. Sumber foto: https://www.indonesiakaya.com

Terletak di bagian selatan ibu kota, Kebun Binatang Ragunan adalah tempat wisata di ruang terbuka yang teduh sekaligus sangat natural. Di lahan seluas 140 hektare ini, Anda bisa menunjukkan beragam satwa kepada si kecil dengan nyata, tak hanya melalui gambar di televisi atau internet. Ada koleksi lebih dari 250 spesies dan 4000 spesimen yang terjaga di tempat ini.

Namun Anda tidak hanya dapat membiarkan anak puas secara visual mengamati aneka satwa. Kebun Binatang Ragunan juga menyediakan beragam fasilitas seru untuk memperkaya pengalaman, seperti menunggangi kuda, unta, dan gajah, bersepeda, menaiki perahu angsa, serta banyak lainnya.

5. Menonton Bioskop 3D di The Blitz, Pacific Place

CGV blitz
CGV blitz. Sumber foto: http://www.pacificplace.co.id/

Blitz Megaplex Pacific Place Auditorium 1
Blitz Megaplex Pacific Place Auditorium 1. Sumber foto: Flickr @Edi Chandra

Blitz Megaplex Pacific Place Auditorium 6
Blitz Megaplex Pacific Place Auditorium 6. Sumber foto: Flickr @Edi Chandra

Wisata dan aktivitas yang satu ini memang boleh dibilang cukup modern dan kekinian, tetapi bukan berarti tidak dapat dicoba. Jika memang enggan untuk pergi dan beraktivitas seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa mengajak si kecil untuk menonton bioskop. Namun tentu saja, bukan sembarang bioskop yang biasa.

Berikan si kecil sesuatu yang berbeda dengan menonton bioskop 3D di The Blitz Pacific Place. Dengan studio yang dilengkapi proyeksi stereoskopik, biarkan anak mengekspresikan kekagumannya melalui teriakan, tawa, atau emosi spontan lainnya. Gambar-gambar bergerak yang terasa menjadi begitu nyata tentu akan membuat si kecil menjadi lebih gembira.

6. Ekowisata di Pantai Indah Kapuk

Bird view Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Bird view Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Sumber foto: http://lialt.blogspot.co.id/

Bird view Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Bird view Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Sumber foto: http://lialt.blogspot.co.id/

Taman Mangrove Pantai Indah Kapuk
Taman Mangrove Pantai Indah Kapuk. Sumber foto: http://ilalangbasah.wordpress.com

Jakarta boleh-boleh saja dikeluhkan atas macet dan polusinya yang membuat gerah, tetapi bukan berarti tidak ada tempat teduh dan menyegarkan yang tersisa. Bila selama ini si kecil lebih sering meghabiskan waktunya di dalam ruangan dan hanya mengamati gedung-gedung pencakar langit serta kepadatan kendaraan dan manusianya, kini saatnya Anda mengajaknya untuk berekowisata di Pantai Indah Kapuk.

Yang dimaksud dengan ekowisata di sini merupakan hutan mangrove yang telah ditetapkan sebagai hutan tetap oleh pemerintah. Selayaknya hutan mangrove yang lain, Anda dan si kecil dapat berjalan-jalan santai sembari bercerita dan menikmati pemandangan di atas jembatan sempit berpagar yang diapit oleh rimbunnya bakau. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti short course soal bagaimana menanam mangrove. Dengan membayar sekitar Rp150.000,00 per orang, Anda akan dipandu cara menanam mangrove serta bagaimana untuk melestarikannya.

7. Berkeliling dengan Bus Wisata Jakarta

Bus Tingkat Wisata Jakarta beroperasi mulai jam 9.00 -19.00 WIB
Bus Tingkat Wisata Jakarta beroperasi mulai jam 9.00 -19.00 WIB. Sumber foto: http://bisniswisata.co.id

Bus tingkat City Tour Wisata Kelilin Jakarta
Bus tingkat City Tour Wisata Kelilin Jakarta. Sumber foto: http://www.venelova.com

Tampilan bus tingkat untuk wisata malam Jakarta
Tampilan bus tingkat untuk wisata malam Jakarta. Sumber foto: http://news.liputan6.com

Bagaimana Anda bepergian dengan si kecil selama ini? Rela bersabar selama berjam-jam di dalam mobil pribadi yang terjebak kemacetan? Berpanas-panasan menggunakan motor? Jika ya, mungkin kini saatnya Anda dan anak mencoba hal berbeda bersama-sama.

Anda bisa menikmati Jakarta menggunakan bus wisata Jakarta yang disediakan oleh pemerintah daerah secara gratis. Nikmati suasana dan sudut-sudut kota bersama turis lainnya mengunjungi daerah-daerah yang mejadi ikon ibu kota. Untuk menikmati berkeliling bersama bus bertingkat ini, Anda hanya perlu menunggu di halte yang bergambar bus tingkat dan memiliki tulisn city tour seperti di Sarinah, Balai Kota, Masjid Istiqlal, Bundaran HI, Pasar Baru, dan Museum Nasional.

Kini, Anda tak lagi harus mengajak anak untuk pergi ke pusat perbelanjaan atau toko mainan ketika akhir pekan tiba. Ajaklah si kecil untuk menikmati suasana berbeda dan berikan pengalaman masa kecil yang terbaik.