7 Tempat Wisata Petik Buah untuk Pilihan Liburan Keluarga yang Asyik

Banyak pilihan tempat wisata yang menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk liburan bersama keluarga. Salah satunya adalah aktivitas wisata petik buah. Aktivitas wisata ini pun menawarkan kegiatan yang menarik. Apalagi, Anda bersama keluarga juga bisa sekaligus mencicipi secara langsung buah segar yang dipetik sendiri. Ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang menawarkan kegiatan ini. 

1. Wisata petik buah apel di Kota Batu

Wisata petik apel oleh Kelompok Tani Makmur Abadi
Wisata petik apel oleh Kelompok Tani Makmur Abadi. Sumber foto IG @indonesianapple

Kebun apel dengan suasana pegunungan.
Kebun apel dengan suasana pegunungan. Sumber foto: www.jadagram.com

Wisata petik buah yang pertama bisa Anda jumpai ketika berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur. Di sini, terdapat area perkebunan milik Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) yang menyediakan aktivitas wisata petik buah apel. Aktivitas tersebut pun bisa dilakukan sepanjang tahun. Dan, Anda pun bisa memperoleh buah apel dengan kualitas terbaik.

Aktivitas wisata petik buah apel tidak hanya bisa dijumpai di lahan milik KTMA. Kegiatan wisata keluarga seperti ini juga bisa dijumpai di Kusuma Agrowisata. Ditambah lagi, Anda tidak hanya bisa mencoba pengalaman memetik buah apel, tetapi juga petik buah jeruk, sayur-sayuran, serta jambu air.

2. Wisata petik buah stroberi di Ciwidey 

Agrowisata petik strawberry di Ciwidey
Agrowisata petik strawberry di Ciwidey. Sumber foto: http://www.infobdg.com

Suasana kebun strawberry
Suasana kebun strawberry. Sumber foto: http://www.yukpiknik.com

Berkunjung ke Kawah Putih di Ciwidey, Bandung, Anda juga bisa mencoba pengalaman memetik buah stroberi. Anda akan menemukan beberapa kebun buah stroberi yang menawarkan aktivitas wisata ini. Untuk menemukannya juga tidak sulit. Berkunjung saja ke sepanjang jalan menuju Situ Patenggang, Rancabali atau di sekitar Pasir Jambu.

3. Wisata petik buah naga di Banyuwangi

Wisata petik buah naga di Desa Sambirejo
Wisata petik buah naga di Desa Sambirejo.

Wisata memetik buah naga
Wisata memetik buah naga. Sumber foto : http://adventurewisata.blogspot.co.id

Pohon buah naga dari dekat
Pohon buah naga dari dekat. Sumber foto:http://travelingyuk.com

Dikenal sebagai penghasil buah naga paling besar di Indonesia, Banyuwangi menyediakan aktivitas wisata yang tidak kalah asyik dibandingkan wisata petik buah apel atau stroberi. Di sini, para wisatawan bisa turut serta dalam kegiatan memetik buah naga. Karena dipetik secara langsung dari pohonnya, buah naga yang diperoleh pun masih segar dan berkualitas tinggi.

Wisata petik buah naga ini bisa dijumpai di Desa Sambirejo. Untuk menuju ke desa ini, Anda butuh menempuh perjalanan sejauh 30 km dari pusat Kota Banyuwangi. Di sini, terdapat lahan buah naga yang terhampar luas. Bahkan, Desa Sambirejo memperoleh julukan sebagai Desa Buah Naga.

4. Wisata petik buah kurma di Pasuruan

Wisata petik buah kurma di Pasuruan
Wisata petik buah kurma di Pasuruan. Sumber foto: https://ksmtour.com

Pesawat Boeing 737 di wisata petik buah kurma di Pasuruan
Kebun Kurma Pasuruan baru remi dibuka pada tanggal 1 Januari 2017. Sumber foto: IG @tifanoer

Suasana tempat wisata petik kurma
Suasana tempat wisata petik kurma . Sumber foto: IG@tifanoer

Di Pasuruan, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas wisata petik buah. Hanya saja, buah yang dipetik di sini cukup unik, yakni buah kurma yang biasanya tumbuh di kawasan padang pasir. Di sini, para wisatawan akan disuguhi dengan deretan pohon kurma dan zaitun yang ditanam di area seluas 3,7 hektare. Tentu saja, wisatawan juga bisa sekaligus membawa oleh-oleh berupa buah kurma serta olahannya dari tempat ini.

Menariknya, Anda tidak hanya diajak berkunjung ke kebun pohon kurma. Anda juga bisa menyaksikan pesawat Boeing 737 dan berfoto di dalam pesawat. Semua fasilitas yang ada di tempat ini pun bisa dinikmati dengan tiket masuk yang murah meriah, hanya Rp5.000,00 per orang.

5. Wisata petik buah jeruk di Banyuwangi

Wisata petik jeruk di Banyuwangi
Wisata petik jeruk di Banyuwangi. Sumber foto: https://finance.detik.com

Selain wisata petik buah naga, Anda juga bisa menemukan tempat wisata petik buah jeruk di Kota Banyuwangi, tepatnya di Desa Temurejo. Desa yang satu ini sejak dulu memang dikenal sebagai sentra buah jeruk. Untuk meningkatkan potensi wisatanya, pemerintah setempat menyediakan aktivitas petik buah yang bisa menarik perhatian wisatawan.

Buah jeruk yang dipetik dari sini pun akan terasa lebih segar. Ditambah lagi, kebun-kebun yang ada di Banyuwangi dikenal memiliki kesuburan tinggi. Total terdapat kebun jeruk seluas 940 hektare di Desa Temurejo, dengan jumlah produksi mencapai angka 28.200 ton.

Para pengunjung yang datang ke area kebun juga bisa memperoleh dengan disediakannya pondok untuk tempat berteduh dari terik matahari.

6. Wisata kebun buah jeruk di Kintamani

Kebun jeruk di Kintamani, Bali
Kebun jeruk di Kintamani, Bali. Sumber foto: http://selulungkintamani.blogspot.co.id

Suasana petik jeruk di Kintamani
Suasana petik jeruk di Kintamani. Sumber foto: https://distributorjerukkintamani.wordpress.com

Buah Jeruk yang menggoda untuk dipetik
Buah Jeruk yang menggoda untuk dipetik. Sumber foto: https://distributorjerukkintamani.wordpress.com

Saat berkunjung ke Pulau Bali, Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk datang ke wilayah Kintamani. Daerah ini tidak hanya dikenal karena keindahan Danau Batur. Anda juga bisa menyaksikan hamparan kebun buah jeruk yang luas. Bahkan, Kintamani merupakan salah satu penghasil buah jeruk terbesar di Bali.

Jeruk yang berasal dari Kintamani juga dikenal kualitas tinggi. Buah jeruk dari tempat ini mampu bertahan tanpa bahan pengawet apa pun selama satu minggu. Tidak heran kalau jeruk yang berasal dari Kintamani dijual di berbagai tempat di Pulau Jawa. Tentunya, selain digunakan sebagai persembahan untuk upacara keagamaan umat Hindu di Bali.

7. Wisata petik buah stroberi di Bedugul

Bali Outbound and Farmstay di Bukit Melingkuh
Fasilitas di Bali Outbound and Farmstay. Sumber foto: http://nyobadab.blogspot.co.id

Memandang dari dekat Kebun Strawberry
Memandang dari dekat Kebun Strawberry. Sumber foto: http://dwiokasulaksana.blogspot.co.id

Kalau Kintamani terkenal sebagai sentra buah jeruk, Bedugul terkenal dengan aktivitas wisata petik buah stroberi. Aktivitas wisata ini bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Bali Outbound and Farmstay yang terletak di Bukit Melingkuh, Desa Baturiti, Bedugul, Tabanan.

Tersedia kebun seluas 2 hektare yang bisa menjadi lokasi memetik buah stroberi. Aktivitas ini pun kian menyenangkan karena dikeliling dengan pemandangan yang indah khas dataran tinggi. Tidak ketinggalan, Anda juga berkesempatan untuk mencoba berbagai kuliner olahan stroberi. Mulai dari selai stroberi hingga rujak stroberi.

Kalaupun bosan dengan aktivitas memetik buah stroberi, Bali Outbound and Farmstay juga menawarkan pilihan kegiatan wisata lain, mulai dari aktivitas menunggang kuda, outbond, berkemah bersama keluarga, memancing, hingga jelajah alam.

Kegiatan wisata memetik buah menjadi sarana yang menyenangkan sekaligus bisa memberikan edukasi untuk si kecil. Liburan sekaligus belajar, tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi si kecil.