Deretan 7 Wisata Kuliner Malang Paling Hits. Nomor 5 Bikin Merinding!

Malang yang dijuluki kota bunga ternyata memiliki kekayaan kuliner yang patut untuk dinikmati. Selain dijuluki dengan kota bunga Malang juga terkenal dengan keindahannya sehingga sempat dijuluki Parijs van Oost-Java ini disebabkan keindahan kota Malang bagaikan kota Paris yang berada di daerah Timur Pulau Jawa. Tidak mengherankan kota kedua terbesar setelah Bandung ini, memiliki wisata kuliner Malang yang khas. Jika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Malang, ada baiknya singgah di tempat wisata kuliner Malang sebagai berikut.

1. Soto Geprak Mbah Djo

Gerai MBAH DJO, Pasuruan
Gerai MBAH DJO, Pasuruan. Sumber foto: http://wartasalam.blogspot.co.id

Soto Geprak Mbah Jo
Soto Geprak Mbah Jo. Sumber foto: http://blog.ub.ac.id

Soto Geprak Mbah Djo memiliki cita rasa yang khas dan tentu saja lezat. Dinamai Soto Geprak, karena dahulunya pemiliknya, Mbah Djo suka melumatkan daging hingga lunak dengan cara dipukul-pukul, oleh sebab itu, karena keunikannya, soto geprak banyak dinikmati orang lokal maupun wisatawan. Soal rasa, boleh diadu dengan restoran lain. Soto geprak Mbah Djo memiliki keunikan rasa yang tidak tertandingi, sehingga tidak salah kalau makanan ini banyak diserbu masyarakat, wisatawan asing, maupun wisatawan mancanegara.

2. Bakso President

Gerai Bakso President
Gerai Bakso President. Sumber foto: http://www.satyawinnie.com

Bakso kuah Bakso President Malang
Bakso kuah Bakso President Malang. Sumber foto: malangcity.com

Bakso juga adalah salah satu makanan khas kota Malang. Meskipun bakso bisa kita jumpai di berbagai wilayah, namun bakso President kota Malang memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan bakso wilayah lain. Dinamai bakso President karena bakso ini dibuka di belakang bioskop President yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan.

Uniknya lagi, Anda dapat menikmati bakso saat kereta api lewat. Karena lokasi bakso president ini di tepi rel kereta api, jadi saat kereta api lewat, maka akan Anda temui piring bakso Anda akan bergetar dengan sendirinya. Sensasi getaran di badan yang memicu adrenalin ditambah dengan kelezatan semangkuk bakso Malang membuat makanan ini menjadi salah satu wisata kuliner Malang

3. Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan Legenda 1967 Malang
Pos Ketan Legenda 1967 Malang. Sumber foto: https://ksmtour.com

Ketan berbagai variasi topping.
Ketan berbagai variasi topping. Sumber foto: http://ccprys.tumblr.com

Di kawasan alun-alun batu tepatnya di jalan KH Agus Salin, terdapat tempat wisata kuliner yang tidak akan pernah bosan jika Anda mencicipinya. Kedai ini selalu ramai pengunjung. Kedai ini menyediakan ketan dengan beraneka ragam rasa. Toping ketan disajikan dengan berbagai rasa yang dapat dipilih oleh pengunjung. Ada rasa coklat, coklat susu, susu keju, bubuk kedelai hingga ayam suwir. Jenis ketan yang paling dicari pemburu kuliner adalah ketan durian. Cita rasa ketan dan perpaduan durian yang lezat menjadikan ketan durian primadona dibandingkan ketan dengan topping lainnya.

Jika ingin berwisata kuliner ke sana, pos ketan legenda 1967 buka mulai pukul 3 sore hingga 3 pagi. Jadi, jangan sampai datang di pagi hari yah! Karena pos ketan legenda 1967 ini, tentu saja akan tutup di jam itu.

4. Mie Setan

Restoran Mie Setan di Jalan Bromo, Malang
Restoran Mie Setan di Jalan Bromo, Malang. Sumber foto: http://ulinulin.com

Mie Setan
Mie Setan. Sumber foto: http://halomalang.com

Mie setan adalah mie dengan berbagai rasa pedas yang menantang lidah. Buka dari pukul lima sore hingga pukul dua belas malam, mie setan menghadirkan cita rasa pedas yang menggugah selera. Bagi kamu pecinta makanan pedas, wajib sekali mencoba makanan yang satu ini. Berikut, tingkat kepedasan yang bisa dipesan.

  • Level 1 : 12 cabe
  • Level 2 : 25 cabe
  • Level 3 : 35 cabe
  • Level 4 : 45 cabe
  • Level 5 : 60 cabe

Nah sekarang Anda telah terbayang pedasnya bukan? Lokasi mie setan ini terletak di Jalan Bromo. Jika Anda penikmat makanan pedas, pasti sangat menyukai mie setan ini.

5. Sate Landak dan Biawak Bu Ria

Gerai Sate Landak & Biawak Bu Ria di Malang
Gerai Sate Landak & Biawak Bu Ria di Malang. Sumber foto: culturenesia.com

Sate Landak Bu Ria
Sate Landak Bu Ria. Sumber foto: http://ulinulin.com

Sate Biawak Bu Ria
Sate Biawak Bu Ria. Sumber foto: http://wisatasenibudaya.com

Landak dan Biawak merupakan binatang yang menjijikkan bagi sebagian orang. Dengan membayangkan duri yang dia miliki saja membuat kita tidak punya nafsu makan sama sekali terhadap landak dan biawak. Namun di tangan Bu Ria, landak dan biawak ini menjadi salah satu wisata kuliner Malang yang patut dicoba.

Di balik penampilan landak yang membuat ngilu mata, ternyata landak memiliki daging yang empuk, manis dan lunak. Jika Anda ingin mencicipi sate landak dan biawak Bu Ria, restoran ini terdapat di Jalan Raya Bugis 47 Saptorenggo Pakis- Malang. Restoran atau kedai ini mulai buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam

6. Pecel Kawi

Kedai Pecel Kawi yang legendaris di Malang
Kedai Pecel Kawi yang legendaris di Malang. Sumber foto:http://ngalam.co

Pecel Kawi Malang
Pecel Kawi Malang. Sumber foto: http://bisniswisata.co.id

Pecel Kawi berlokasi di Jalan Kawi, Malang. Pecel Kawi ini terkenal dengan cita rasanya yang gurih, manis dan asin. Cita rasa kuahnya yang kental dan gurih tidak akan terlupakan oleh lidah. Pecel Kawi ini sudah berada di Malang sejak tahun 1979, pantas saja pecel kawi menjadi salah satu wisata kuliner Malang yang wajib dicoba.

Jika ingin mencicipi nikmatnya rasa pecel Kawi, Anda dapat berkunjung ke Jalan Kawi atas no.43 B Malang.

7. Toko Oen

Toko Oen
Toko Oen. Sumber foto: kompastravelfair.com

Es krim di Toko Oen
Es krim di Toko Oen. Sumber foto: PerutGendut.com

Siapa yang tidak suka es krim? Dari muda hingga tua menyukai makanan yang satu ini. Jika Anda sedang berwisata ke Malang, jangan lupa melewatkan es krim di toko Oen yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Konon katanya Toko Oen yang terletak di jalan Basuki Rahmad ini adalah tempat tongkrongan orang-orang Belanda dahulu. Kita bisa melihat arsitektur bangunan yang klasik ditambah dengan pianio tua di tengah ruangan cukup bisa membawa Anda ke suasana masa lalu yang kental.

Bahkan ada jargon yang mengatakan “Jangan pernah katakan sudah pergi ke Malang, kalau belum mencicipi Es Krim Toko Oen.” Yah! Toko Oen memang terkenal dengan cita rasa es krimnya. Jadi, jika singgah di Malang, jangan sampai lupa dengan es krim yang satu ini.

Jika Anda berkunjung ke Malang, beberapa restoran yang bisa Anda kunjungi selain yang disebutkan di atas adalah Dapur 33, soto Lombok, rumah Makan Inggil, ayam bakar wong Solo, sate ayam ponorogo, dan masih banyak lagi wisata kuliner Malang lainnya. Silakan saja berkunjung ke Malang dan nikmati sensasinya ya.

Facebook Comment

Related Post

Read previous post:
wae rebo
Wae Rebo, Desa di Atas Awan yang Wajib Dikunjungi Kalau Ngetrip ke NTT

Sukses meraih gelar juara umum pada Anugerah Pesona Indonesia 2016, tentunya pesona wisata Nusa Tenggara Timur (NTT) tak perlu diragukan...

Close