8 Pilihan Nikmat dari Kuliner Bali

Klikers, jika beberapa waktu lalu kita sempat membahas tentang makanan tradisional Bali, kali ini Klikhotel ingin mengulas  kuliner Bali. Bali memiliki kuliner yang istimewa, selain aneka rempah yang wangi juga memiliki rasa pedas. Hal ini dapat membuat porsi makanan jadi lebih banyak dari biasanya. Oh ya, perlu diingat kalau orang Bali biasa hanya membuka warung hingga jam tiga atau empat sore, jadi sebaiknya gunakan waktu lunch ketika Anda berkuliner ria di Bali. Berikut adalah kuliner khas Bali yang bisa memuaskan perut dan lidah Anda:

1.Nasi Ayam Ibu Oki

Kuliner Bali
Nasi ayam ibu Oki

Bagi para pencinta masakan kuliner Bali, mari coba nasi ayam Ibu Oki. Warung ibu Oki ini terletak di daerah Jimbaran di jalan Uluwatu, jadi Anda bisa mampir dulu ke sini sebelum berpetualang pantai indah di daerah bukit Uluwatu. Nasa Ayam Ibu Oki ini lengkap dengan sambel matah dan sayuran urap segar sebagai pelengkap. Ayamnya memiliki khas bali, yaitu dimasak dengan bumbu kental yang berisi bumbu rahasia basa gede khas Bali yaitu campuran jahe, kemiri, sereh, terasi, lada, kunyit sehingga memberikan rasa gurih dan manis. Nasinya diberi sedikit kuah sehingga menjadi sedikit basah dan wangi. Begitu digigit aroma dan rasanya begitu menggelegar, empuk dan garing.

Alamat: Jl. Uluwatu II, Jl. Celagi Basur No. 3y, Jimbaran, Bali

2.Warung Mak Beng

Kuliner Bali
Ikan goreng Mak Beng

Warung Mak Beng menyediakan sup ikan dan ikan goreng yang legendaris. Telah berdiri sejak tahun 1941, dan para selebritas ibu kota juga selalu datang ke warung ini. Warung yang terletak di pinggir pantai Sanur ini buka dari jam delapan pagi hingga sekitar jam dua siang. Ikan di sini pastinya sangat segar, karena langsung dari tangkapan nelayan Sanur. Sup dengan rempah ini benar-benar segar dan gurih, dengan irisan timun dan daging ikan. Kalau saya sendiri ketagihan dengan ikan gorengnya yang dilengkapi dengan sambal dan jeruk limau. Ikan goreng Mak Beng ini memiliki tekstur kulit yang renyah dan daging yang lembut. Setelah pulang dari Bali, dijamin kangen buat makan di sini lagi.

Alamat: Jl. Hang Tuah no. 45, Sanur, Denpasar, Bali

3.Sate Plecing Arjuna

Kuliner bali
Sate plecing Arjuna

Sate Plecing di jalan Arjuna, Denpasar adalah kuliner Bali yang wajib buat saya. Setiap kali saya ke Bali saya selalu menyempatkan pergi ke warung yang kecil ini. Proses pembuatan dan penyajiannya masih ditangani langsung oleh pemiliknya, sehingga standar makanannya terjamin. Tusukan daging babinya dibakar dengan matang, memiliki daging yang empuk dan sedikit kenyal. Terdapat dua pilihan bumbu yaitu bumbu kental manis dan bumbu plecing dengan cabe merah segar diberi sedikit jus jeruk yang segar. Selain daging, terdapat pula sumsum yang rasanya mirip dengan susu. Teksturnya yang lembut dan berisi lemak, lezat sekali! Karena semuanya itu enak-enak jadi biasa saya selalu memesan ketiga-tiganya. Jadi jangan lupa ajak teman-teman atau biar bisa icip-icip semuanya

Alamat : Jl Arjuna. Denpasar

4.Nasi Campur Wardani

Kuliner Bali
Nasi Campur Wardani

Jika Anda belum pernah mencoba nasi campur ala Bali, warung nasi Wardani adalah pilihannya. Nasi campur Wardani ini memiliki rasa rempah yang lebih ringan dan manis. Rasa ini tidak hanya disukai oleh wisatawan namun juga diterima oleh masyarakat lokal di Bali. Mari kita bedah isi dari nasi campur Wardani: mulai dari ayam suwir, udang goreng, dendeng sapi, sate daging, telur, kacang panjang hingga sambelnya memiliki rasa yang mantab. Udang gorengnya begitu renyah dipadu dengan manisnya dendeng sapi, semuanya dipadu dengan apik. Terletak di jalan Yudisthira, Denpasar di sebuah warung yang bersih dan luas.

Alamat: Jl. Yudhistira No. 2, Danginpuri Kauh, Bali 

5.Sate Penyu Lapangan Trisakti

Kuliner Bali
Suasana penjual sate di Lapangan Trisakti

Pencinta alam harap tenang. Walaupun namanya sate penyu, tetapi para pedagang sate sudah mengganti daging penyu dengan daging babi. Hal ini disebabkan semakin menurunnya populasi penyu dan daging penyu juga sudah dilindungi pemerintah. Jadi para pencinta kuliner tidak perlu khawatir atas kelestarian penyu. Penjual sate penyu ini adalah sekelompok ibu-ibu di lapangan terbuka yaitu di lapang Trisakti di jalan Patih Jelantik tidak jauh dari Kuta. Sate babi ini dibakar dengan menggunakan arang dan disajikan dengan lontong, garam laut dan cabe rawit. Satenya memiliki daging yang empuk dan kaya akan cita rasa.

Alamat: Jalan Patih Jelantik (Kuta), Badung, Bali

6.Siobak Khe Lok

Kuliner Bali
Siobak Singaraja Khe Lok

Masakan khas Singaraja ini sebenarnya merupakan kuliner Bali yang cukup dikenal bagi warga lokal, namun belum terlalu dikenal masyarakat luas. Siobak adalah perpaduan Tionghoa dan Bali, dan untuk Siobak Khe Lok ini sendiri sudah buka semenjak 1963. Siobak itu berisi dengan berbagai macam daging, ngohiong dan jeroan babi, dan diberi bumbu kental berwarna coklat. Nah bumbunya sendiri berisi kuah babi, kecap asin, taoco dan tepung dibuat menjadi kental. Tentunya klikers penasaran kan dengan rasa siobak? Untungnya siobak ini telah membuka cabang di Denpasar yaitu di Jalan Gatot Subroto dan Jalan Sutomo sehingga tidak perlu pergi jauh ke Singaraja.

Alamat:Jl. Gatot Subroto Timur 256, Denpasar, Bali

7.Babi Guling Pak Dobiel

Kuliner Bali
Babi guling Pak Dobiel

Simbol kuliner Bali tidak lain adalah babi guling. Ada berbagai macam babi guling dengan perbedaan rempah, ataupun renyahnya kulit babi. Setiap orang memiliki favorit masing-masing, dari babi guling Ibu Oka, Chandra, Pak Malen dan sebagainya. Nah kalau babi guling favorit saya ini babgul Pak Dobiel yang terletak di jalan Nusa Dua. Begitu Anda memesan satu porsi babi guling, satu mangkok sup segar akan disajikan untuk Anda, disusul dengan nasi, sayuran dan kulit babi yang crispy. Bumbunya begitu segar dengan campuran merica, ketumbar, dan serai, membuat satu porsi nasi tidak pernah cukup. Ini adalah pilihan kami bagaimana dengan Anda? Jangan lupa ya di-share di sini.

Alamat: Jalan Srikandi No. 9, Badung, Bali

8.Naughty Nuri’s

kuliner bali
Warung ribs Naughty Nuri’s

Naughty Nuri’s ini menyajikan pork rib, yang dibakar dengan ala Amerika. Eits walaupun terdengar seperti nyasar dari kuliner khas Bali, Naughty Nuri’s akan memberikan kejutan. Ibu Nuri ini telah menikah dengan seorang expatriat asal New York dan menghasilkan makanan Amerika bercita rasa Bali. Iga babinya dibakar langsung di pinggir jalan sehingga menggoda para turis lokal maupun mancanegara untuk mampir di sini. Ribs-nya diberi bumbu barbeque yang telah ditambah dengan kecap manis. Rasa nikmat dan lembutnya daging telah paling pas kalau dipadukan dengan nasi dan sambel terasi. Rib dipadukan dengan sambel terasi terdengar kombinasi yang aneh namun begitu dicicipi rasanya ternyata begitu enak!

Alamat: Jl. Raya Sangginan, Kedewatan, Ubud, Bali
 

Nah berkuliner di Bali memang bikin berat badan bisa terus naik. Memang masih banyak kuliner Bali yang layak dibahas, menurut klikers di mana tempat makan paling nikmat di Bali?

(Ksana Ksini)

3 Comments

  • Wajib dicoba
    Sate babi plecing 20K dan soto babi di kedai KITA KITA
    Kedai ini baru buka dan saya kebetulan lewat.. penasaran..
    Satenya lembut banget.. dagingnya seperti dibumbui dlu baru di bakar.. maknyus deh
    Selain itu yg gak boleh makan babi ada steak tuna,ayam dan sapi harga mulai 30K-38K
    Tempat ini sekarang jd tempat makan favorit saya..

  • Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di <a href="www.pariwisata.gunadarma.ac.id
    ">www.pariwisata.gunadarma.ac.id</a>

  • reliablerxpharmacy

    Hello! I just wish to offer you a big thumbs up for the excellent
    information you have got right here on this post.
    I will be returning to your blog for more soon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *