Nikmat Legit 8 Kuliner Duren di Bandung Ini

Siapa yang tak kenal dengan legitnya buah duren (durian)? Rasa nikmat, legit, dengan aroma wangi yang khas dari buah dengan kulit penuh duri ini sukses membuat banyak orang tergila-gila. Layaklah bila buah ini menyandang gelar sebagai King of Fruits dan dinobatkan juga sebagai salah satu buah terenak di dunia. Buah duren memang sangat enak untuk disantap langsung ataupun dalam bentuk olahan, seperti es duren dan pancake duren. Nah, bagi Anda para penggemar duren, berikut 8 tempat kuliner duren di Bandung yang tak boleh Anda lewatkan:


1.    Es Duren Pak Aip

Es Durian Pak Aip
Es Durian Pak Aip

Inilah salah satu tempat kuliner duren di Bandung yang sudah melegenda. Es Duren Pak Aip. Es durian Pak Aip ini sudah buka sejak tahun 1987. Bahkan bisa dikatakan bahwa Es Duren Pak Aip ini adalah pelopor es duren di Bandung. Menu Es Duren Pak Aip yang paling banyak diincar adalah Es Duren Original. Es Duren Original ini adalah beberapa butir durian utuh dengan biji disajikan dengan es serut dan susu kental manis. Ada juga olahan lainnya seperti Browny Sugar yang disajikan dengan gula merah, atau Double Chocolate di mana durian disajikan dengan es krim chocolate dan susu kental manis cokelat. Kepopuleran Es Duren Pak Aip ini tak lepas dari kepiawaian mereka dalam memilih duren yang berkualitas. Es Duren Pak Aip terletak di Jl Tubagus Ismail No 5, Bandung. Ada juga beberapa cabang lainnya di Jl Kebon Jati dan di Jl Ahmad Yani. 

2.    Sop Duren Lodaya

Sop Duren Lodaya porsi pas
Sop Duren Lodaya porsi pas

Sop Duren Lodaya pertama kali buka di Bogor pada tahun 2013. Saat ini, Sop Duren Lodaya sudah memiliki banyak cabang di Jabodetabek dan juga di Bandung. Di Bandung sendiri mereka memiliki beberapa cabang. Menu duren yang dijual di Sop Duren Lodaya ini antara lain adalah sop duren, pancake duren, dan jus duren. Untuk sop durennya sendiri, mereka menyediakan tiga ukuran porsi, yaitu: porsi pas, porsi mabok, dan porsi teler. Keistimewaan sop duren dari Sop Duren Lodaya ini adalah kita dapat menikmatinya dengan berbagai pilihan topping, mulai dari keju, oreo, brownies, mochi, dan lainnya. Daging durian utuh tanpa biji dinikmati bersama duren dan aneka topping pilihan kita. Mantap! Sop Duren Lodaya Bandung dapat kita temukan di:
•    Jl. Burangrang No.24
•    Jl. Dipatiukur No.100
•    Jl Taman Kopo Indah I No. 99, Sayati, Margahayu, Sayati. 

Baca juga: Gurih, Legit, Nikmatnya Sop Duren Lodaya


3.    Belah Doeren

Durian Saus Matcha dari Belah Doeren
Durian Saus Matcha dari Belah Doeren

Tempat kuliner duren di Bandung yang satu ini buka sejak tahun 2013. Belah Doeren ini menyajikan aneka menu dessert berbahan dasar duren. Ada Durio Ice Cream, Durian Saus Vanilla, Durian Saus Matcha. Ada pula menu pancake durian, durian bakar, durian goreng, dan durian crumbles. Di tahun 2015, Belah Doeren ini kembali berinovasi dengan menghadirkan aneka menu pattiserie berbahan dasar durian. Ada soes duren, mille crepes duren, brownies durian (bakar), dan nastar duren. Salah satu menu favorit saya di Belah Doeren ini adalah Durian Saus Matcha. Daging durian yang legit disajikan bersama ketan hitam dan saus matcha. Lezatnya benar-benar bikin ketagihan! Belah Doeren dapat kita jumpai di Jl Trunojoyo No 23, Bandung.


4.    Es Durian Medan

Es Teler Durian
Es Teler Durian

Buat Anda yang doyan Es Durian, cobalah Es Durian Medan yang berlokasi di Taman Kopo Indah I Blok C-7. Menu utama yang dijual di tempat kuliner duren di Bandung yang satu ini adalah es durian. Menu favoritnya adalah Es Durian Original. Ada juga menu Es Teler Durian, Es Campur Durian, Es Krim + Durian, Es Kacang Merah Durian, Es Alpukat Durian, dan Jus Durian. Buat Anda pencinta daging buah durian, di Es Durian Medan ini Anda juga bisa membeli daging durian biji yang dijual per kilogram. 


5.    Pohon Durian

Kopi Durian dari Pohon Durian
Kopi Durian dari Pohon Durian

Tempat kuliner serba durian lainnya adalah di Cafe Pohon Durian. Cafe Pohon Durian ini berlokasi di Jl Sawunggaling No 2, Bandung. Durian yang mereka gunakan biasanya adalah durian medan yang dapat ditemukan sepanjang tahun. Bahkan katanya, buah durian yang digunakan oleh Pohon Durian ini didatangkan langsung dari Medan.  Berbagai menu durian yang dapat kita nikmati di cafe yang berdiri sejak tahun 2014 ini antara lain adalah pancake durian, Durian Sticky Rice, sop pohon durian, cane durian, es durian brownies, dan kopi durian. Kopi Durian di Cafe Pohon Durian ini bukan hanya sekedar kopi dengan rasa durian. Namun, kopi durian ini adalah kopi yang disajikan bersama buah durian utuh. Rasanya unik, dengan citarasa manis legit durian berpadu dengan nikmatnya kopi. Harga yang ditawarkan oleh Cafe Pohon Durian ini juga cukup terjangkau. 


6.    Es Durian Kelenteng

Es Durian Kelenteng
Es Durian Kelenteng

Kuliner duren di Bandung yang berikutnya adalah Es Durian Kelenteng. Es Durian Kelenteng ini adalah es durian klasik khas Bandung yang dijual di gerobak-gerobak. Sebenarnya, ada cukup banyak penjual es durian klasik semacam ini di Bandung. Biasanya, Anda dapat menemukannya di area-area wisata atau pusat perbelanjaan. Namun, tak semua es durian gerobak ini enak rasanya. Jika Anda ingin mencicipi yang pasti nikmat, maka datanglah ke Kelenteng. Di depan kelenteng, Anda akan menemukan penjual es durian gerobak. Nah, es durian Kelenteng ini enak rasanya. Disajikan dalam cup plastik polkadot merah, tekstur esnya duriannya lembut, citarasa duriannya kerasa banget, dengan rasa manis yang tidak giung. Anda juga bisa menikmatinya dengan topping ketan hitam.


7.    Duren Bakar Floating Market

Durian Bakar di Floating Market
Durian Bakar di Floating Market

Floating Market adalah salah satu tempat wisata populer di Lembang, Bandung. Di tempat wisata dengan konsep pasar terapung ini, Anda dapat menemukan salah satu kios yang menjual Durian Bakar. Durian bakar ini adalah trend baru pengolahan durian di mana durian bersama durinya utuh dibakar di atas tungku. Setelah dibakar, aroma menyengat khas durian biasanya akan berkurang. Durian bakar di Floating Market ini disajikan tanpa biji bersama ketan, serutan kelapa muda, taburan kacang, dan susu kental manis. Yummy! Rasanya pasti akan bikin Anda ketagihan. Floating Market berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

8.    Surabi Durian Geboy

Surabi Durian Geboy
Surabi Durian Geboy

Kuliner duren di Bandung yang juga tak boleh Anda lewatkan adalah Surabi Durian Geboy. Surabi yang merupakan jajanan khas Bandung dinikmati bersama saus durian yang kental dan legit. Menu favorit dari Surabi Durian Geboy ini sendiri adalah surabi durian keju. Kue surabi yang empuk dan ukurannya besar disajikan bersama parutan keju yang melimpah dan saus durian. Astaga! Saya bisa habis seporsi sendirian saking enaknya! Surabi Durian Geboy ini dapat Anda jumpai di area Two M Cafe di Jl Lembong No 6-7, Bandung. Ada juga di Jl Abdurrahman Saleh No 66, Bandung.

 

Klikers, itulah 9 kuliner duren di Bandung yang pastinya mantap banget bagi Anda para pencinta duren. Hanya, ingat-ingatlah untuk tidak menyantap duren secara berlebihan demi menjaga kesehatan kita. Siap untuk mabok duren? :p

 

(marchaela)