8 Oleh-Oleh Khas Daerah dari Para Artis

bisnis oleh-oleh khas daerah oleh artis
Sumber foto: brilio.net

Selebritas tanah air tidak hanya pintar dalam mengasah kemampuannya di atas panggung dan layar televisi. Mereka juga mempunyai mental bisnis yang layak untuk ditiru. Salah satu sektor bisnis yang banyak dipilih oleh para artis Indonesia adalah bisnis kuliner.

Setidaknya, terdapat delapan artis Indonesia yang kini dikenal dengan bisnis kuliner oleh-oleh khas daerah. Bisnis yang mereka jalankan pun terbukti cukup sukses, apalagi mereka turut terjun langsung dalam proses pemasarannya. Berikut ini adalah delapan bisnis kuliner oleh-oleh yang dikelola oleh para artis:

1. Bandung Makuta Cake

Bandung Makuta Cake
Bandung Makuta Cake – Sumber foto: IG @bandungmakuta

Laudya Cynthia Bella menjadi selebritas terbaru yang terjun dalam bisnis kuliner oleh-oleh khas daerah. Berkolaborasi dengan Zaskia Sungkar, Bella pun mendirikan Bandung Makuta Cake yang beralamat di Jalan van Deventer nomor 2, Bandung. Meski baru diresmikan pada awal Maret 2017, Bandung Makuta Cake ramai oleh pengunjung.

Bandung Makuta Cake ini menawarkan snow cake dengan lima rasa, mulai dari lemon, karamel, cokelat, keju, serta blueberry. Harganya pun tidak terlalu mahal, mulai dari Rp55 ribu hingga Rp60 ribu. Menariknya, para pengunjung tidak hanya bisa mencicipi kue enak di sini, tapi juga berkesempatan untuk berjumpa langsung dengan Bella.

2. Surabaya Snow Cake

Surabaya Snow Cake
Surabaya Snow Cake – Sumber foto: IG @surabayasnowcake

Zaskia Sungkar tidak hanya berkolaborasi dengan Bella untuk mendirikan Bandung Makuta Cake. Artis yang juga berprofesi sebagai desainer ini memiliki bisnis serupa di Surabaya, bernama Surabaya Snow Cake, beralamat di Jalan Flores nomor 15. Bahkan, tempat ini telah ada sejak bulan Desember 2016. Bisnis kuliner oleh-oleh khas Surabaya ini pun didirikan oleh Zaskia bersama dengan suaminya, Irwansyah.

Surabaya Snow Cake menawarkan kue dengan cita rasa yang unik, terdiri dari tiga lapis roti. Penampilannya pun mirip dengan kue lapis Surabaya. Hanya saja, lapisan teratas dari kue milik Zaskia ini ditaburi dengan gula halus. Surabaya Snow Cake menawarkan lima varian rasa, yakni keju, green tea, cokelat pisang, karamel, serta vanila. Harganya pun tidak terlalu mahal, berkisar antara Rp55 ribu hingga Rp60 ribu.

3. Medan Napoleon

Medan napoleon
Medan napoleon – Sumber foto: IG @medannapoleon

Irwansyah pun tidak mau ketinggalan dengan pasangannya, Zaskia. Sosok ganteng yang dikenal sebagai pemeran karakter Farel dalam film Heart tersebut memiliki bisnis oleh-oleh khas daerah berupa Medan Napoleon. Sejak dibuka pada bulan September 2016, Medan Napoleon pun kerap menjadi pilihan oleh-oleh para wisatawan di Kota Medan.

Kue yang ditawarkan oleh Medan Napoleon ini memiliki kemiripan dengan kue bolu. Bagian terluar dari kue ini memang berupa roti bolu, sementara di dalamnya terdapat isian berupa kue kering dengan berbagai varian rasa. Anda bisa menemukan rasa durian, keju, green tea, pisang, red velvet, serta karamel. Harganya beragam, mulai dari Rp65 ribu hingga Rp75 ribu. 

4. Strudel Malang

Strudel Malang
Strudel Malang – Sumber foto: IG @strudelmalang

Artis yang menjalankan bisnis kuliner oleh-oleh khas daerah berikutnya adalah Teuku Wisnu dengan Strudel Malangnya. Strudel Malang milik Teuku Wisnu ini menyediakan kue strudel yang berasal dari Austria. Teuku Wisnu pun sudah cukup lama menjalankan bisnis ini. Gerai Malang Strudel yang berlokasi di Jalan Raya Ardimulyo nomor 15, Singosari ini telah berdiri sejak tahun2014.

Kue strudel yang ditawarkan oleh Malang Strudel merupakan kue kering dengan berbagai varian isi. Anda bisa mencoba strudel dengan isian berupa apel, keju, stroberi, cokelat pisang, jeruk, nanas, mangga, ubi ungu, kurma, hingga rasa campuran dari berbagai jenis buah.

5. Lamington Pontianak

Lamington Pontianak
Lamington Pontianak – Sumber foto: IG @lamingtonpontianak

Beralih ke tanah Borneo, Anda bisa berburu oleh-oleh khas daerah milik Glenn Alinskie di Lamington Pontianak. Di tempat ini, Anda akan menjumpai kue asal Australia yang bernama kue lamington. Oleh Glenn, kue ini pun dibawa ke Pontianak dan menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh khas Pontianak.

Kue lamington yang disediakan oleh Glenn pun memiliki beragam varian rasa. Anda bisa mencicipi kue lamington dengan rasa orisinal, keju, karamel, cokelat pisang, durian, cokelat, nanas, green tea, ataupun red velvet. Kue ini pun bisa didapatkan di gerai Lamington Pontianak yang beralamat di Jalan Ahmad Yani nomor 116, Pontianak.

6. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy
Jogja Scrummy – Sumber foto: IG @jogjascrummy

Berkunjung ke Jogja, Anda tidak hanya bisa menemukan oleh-oleh berupa bakpia. Ada pula alternatif oleh-oleh di Jogja Scrummy. Di sini, tersedia kue oleh-oleh khas daerah yang disediakan oleh Dude Herlino. Kue yang dijual oleh Jogja Scrummy merupakan perpaduan antara kue kering dengan roti kukus. Kue ini pun diklaim sebagai yang pertama dan disebut dengan nama Jogja scrummy.

Gerai Jogja Scrummy ini bisa dijumpai di Jalan Kaliuran KM 5,5, Yogyakarta. Tersedia enam pilihan rasa, yakni cokelat, keju, srikaya, karamel, mangga, serta talas. Anda pun bisa membawa pulang oleh-oleh kue khas Jogja ini dengan banderol yang murah, di angka Rp45 ribu.

7. Makassar Baklave

Makassar Baklave
Makassar Baklave – Sumber foto: IG @makassarbaklave

Artis sekaligus presenter Irfan Hakim tidak mau ketinggalan. Pria kelahiran 15 Oktober 1975 ini mendirikan Makassar Baklave yang menyediakan oleh-oleh khas Makassar berupa kue baklava. Sejatinya, kue ini bukan camilan yang berasal dari Makassar ataupun Sulawesi Selatan, melainkan dari Turki.

Kue baklave ini terdiri dari dua lapis, di bagian atas terdapat kue kering sementara di bagian bawah berupa cotton cake yang memiliki struktur lembut. Tersedia lima varian kue baklava yang bisa dijumpai di Makassar Baklave, yakni rasa banana fluffy, rich cheese, nutty fruity, royal chocolate, serta oreo blast.

8. Bosang Cake Makassar

Bosang Cake Makassar
Bosang Cake Makassar – Sumber foto: IG @bosangmakassar

Masih di Kota Makassar, Anda juga bisa berkunjung ke Bosang Cake Makassar milik Ricky Harun. Bosang Cake Makassar ini menjual kue keju dengan berbagai varian rasa, mulai dari cokelat, keju, green tea, durian, lemon, pisang, hingga red velvet. Harganya berkisar dari Rp49 ribu hingga Rp55 ribu.

Pilihan oleh-oleh khas daerah dari para artis tersebut pun bisa menjadi alternatif buah tangan saat liburan. Siapa tahu  Anda berkesempatan untuk bertemu secara langsung dengan para pemiliknya. Seru!