Selalu Mantap: 8 Restoran Seafood di Jakarta!

Di manakah tempat terbaik untuk makan seafood? Hmm, menurut saya, tempat terbaik untuk makan seafood adalah di tempat-tempat yang tidak terlalu jauh dari laut. Seafood itu paling enak kalau kondisinya masih fresh. Selain itu, buat saya pribadi, saya merasa lebih aman karena seafood yang sudah tidak fresh lebih berisiko membuat kita alergi hingga keracunan. So, salah satu tempat yang membuat saya bisa makan seafood tanpa rasa khawatir adalah Jekardah alias Jakarta! Kenapa? Karena Jakarta dekat banget sama laut. Hihi. Ada banyak restoran seafood di Jakarta. Tapi, kalau ditanya mana saja yang recommended, berikut 8 restoran seafood di Jakarta yang pastinya mantap: 

1.    Bandar Djakarta

Restoran Bandar Djakarta
Restoran Bandar Djakarta

Pasar Ikan Bandar Djakarta
Pasar Ikan Bandar Djakarta

kepiting-bandar-jakarta

Restoran seafood di Jakarta yang paling terkenal boleh jadi adalah Restoran Bandar Djakarta. Nama Bandar Djakarta ini terinspirasi dari situasi restoran yang berada di pesisir pantai di mana saat itu masih ramai dengan perahu-perahu nelayan. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 2001. Sebelum bersantap, Anda bisa memilih sendiri aneka daging hewan laut seperti ikan, cumi, udang, kepiting, bahkan lobster di Pasar Ikan Bandar Djakarta. Setelah memilih dan ditimbang, Anda bisa memilih bumbu dan masakan apa yang Anda inginkan, baru seafood pilihan Anda akan dimasak. Dengan demikian, kualitas kesegaran dari seafood Bandar Djakarta ini tak perlu diragukan lagi. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Restorannya dibuat dengan konsep indoor dan outdoor. Setiap malam, pengunjung akan dihibur dengan alunan musik live. Paling asyik jika Anda bersantap di Bandar Djakarta cabang Ancol. Sambil bersantap, Anda bisa menikmati pemandangan laut dengan iringan ritmis debur ombak yang syahdu. Buka setiap hari pukul 11.00 – 23.30.

Restoran Bandar Djakarta ini berlokasi di:
•    Bandar Djakarta Ancol, Pintu Timur Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara
•    Bandar Djakarta Alam Sutera, Flavor Bliss – Alam Sutera, Serpong Tangerang
•    Bandar Djakarta Bekasi, La Terrazza, Jl. Bulevar Ahmad Yani Blok M Summarecon Bekasi – Kota Bekasi

2.    Saung Grenvil (Saung Greenville)

Saung Greenville
Saung Greenville

Kepiting Asap Saung Greenville
Kepiting Asap Saung Greenville

Buat Anda penggemar seafood yang sedang berada di daerah Jakarta Barat, jangan lupa untuk mengunjungi Saung Greenville. Restoran seafood yang buka sejak tahun 1999 ini memiliki spesialiasi pada menu kepiting. Salah satu menu andalannya adalah Kepiting Asap (Smoked Crab). Kepiting Asap ini diolah dengan bumbu kelapa parut, gula jawa, cabai, dan rempah-rempah, lalu dibungkus daun pisang dan diasap. Perpaduan nikmatnya rasa pedas, manis, dan sedikit masam benar-benar menggoyang lidah. Menu kepiting favorit lainnya di sini adalah kepiting telur lada hitam dan kepiting saus padang. Selain menu kepiting, Saung Greenville juga menyajikan menu spesial kerang, kakap, bawal, gurame, dan nila. Saung Greenville  ini berlokasi di: Jalan Ratu Kemuning Bulevar Greenville Blok AS No.39, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 23.00.

Cabang lainnya ada di:
•    Kompleks Ruko Element, Jalan Jalur Sutera 25BC, Alam Sutera – Serpong 
•    Jalan Suryo No. 7, Senopati, Jakarta Selatan

3.    Rasane Seafood

Rasane Seafood
Rasane Seafood

Kepiting Asap Rasane
Kepiting Asap Rasane

Sudah pernah bersantap di Rasane Seafood? Restoran seafood di Jakarta yang terkenal dan sudah memiliki banyak cabang ini pertama kali buka di tahun 2002. Restoran ini juga terkenal dengan menu kepiting asap jumbo yang dimasak dengan 17 macam rempah. Kepiting jumbo yang menjadi andalan Rasane Seafood ini berasal dari perairan dalam laut Maluku dan Irian Jaya, lho! Namun jangan khawatir bahwa jarak yang jauh membuat kepiting jadi tidak fresh. Rasane Seafood menjamin bahwa mereka selalu menyajikan seafood yang masih fresh dan tanpa bahan pengawet. Bahkan, kalau Anda merasa kepiting Anda kurang segar, Anda bisa minta tukar dengan yang baru. Menu favorit lainnya dari Rasane Seafood adalah Kangkung Lombok. Kangkungnya benar-benar didatangkan dari Pulau Lombok dengan pesawat terbang, lho! Salah satu hal yang sangat menginspirasi dari Rasane Seafood ini adalah  bahwa pemiliknya bukan hanya selalu berusaha untuk menyajikan yang paling berkualitas untuk pelanggannya, namun pemiliknya juga sangat peduli pada karyawannya. Rasane Seafood ini mengembangkan sistem partnership yang membantu pegawainya berbisnis melalui Rasane Seafood Express. Keren! Rasane Seafood berlokasi di: 

•    Pluit Village Mall, Ground Floor No.75 Jl. Pluit Indah Raya, Pluit, Jakarta Utara
•    Jl. Binong Raya No. 1, Lippo Karawaci, Tangerang
•    Puri Indah, Jl. Pesanggrahan No. 168 N, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat
•    Jl. Raya Greenville Blok AS/35, Jakarta Barat
•    Citra Garden City 6 Blok H1A No.16-19, Jakarta Barat
•    Boulevard Raya Kelapa Gading Blok PA1 No.29-30, Kelapa Gading, Jakarta Utara
•    ANCOL BEACH CITY MALL LG-12, Taman Impian Jaya Ancol (Pantai Karnaval)
•    Jl. Tebet Timur Dalam no. 29, Jakarta Selatan

4.    Jemahdi  Seafood

Jemahdi Seafood
Jemahdi Seafood

Seafood Mix Platter
Seafood Mix Platter

Di daerah Pluit dan Pantai Indah Kapuk, ada rumah makan seafood yang terkenal. Namanya adalah Jemahdi  Seafood. Jemahdi Seafood ini mengusung tagline “Hot N Juicy Seafood”. Mereka memiliki pilihan menu yang cukup lengkap, mulai dari  kepiting, cumi, ikan, gurita, dan kerang. Masakan seafood di sini terkenal lezat. Kita bisa memesan seafood pilihan kita secara kiloan. Bangunan restorannya (cabang PIK) luas dan nyaman. Cocok banget untuk santap bersama keluarga dan teman-teman. Namun, harga di Jemahdi Seafood ini agak lebih tinggi. So, siapkan kocek lebih jika ingin bersantap di Jemahdi (terutama jika Anda ingin menyantap kepiting). Salah satu menu unik di Jemahdi Seafood adalah Seafood Mix Platter. Seafood Mix Platter ini isinya terdiri dari udang kepala gepeng, kerang ijo, kerang dara, kepiting ukuran sedang, udang rebus dan beberapa potong cumi-cumi. Ukuran porsinya besar sehingga cocok untuk disantap bareng-bareng. Menu lainnya yang juga menjadi favorit di Jemahdi Seafood ini adalah cumi telur asin, cumi telur bakar, gurita garing, gulai ikan kaci-kaci, gurame saus mangga, dan tumis kapri seafood. Jemahdi Seafood buka setiap hari pukul 10.00 – 22.00. Lokasinya di:
•    Jl. Pluit Timur Raya Blok H No. 36.
•    Ruko Crown Golf Blok D No 58 – 61, Pantai Indah Kapuk.

5.    Pondok Pangandaran

Pondok Pangandaran
Pondok Pangandaran

beberapa menu yang bisa kita nikmati di Pondok Pangandaran
beberapa menu yang bisa kita nikmati di Pondok Pangandaran

Selain Saung Grenvil, restoran seafood di Jakarta yang juga terletak di daerah Greenville adalah Pondok Pangandaran. Di Pondok Pangandaran, kita juga bisa memilih sendiri bahan seafood yang kita inginkan. Pilihan menu olahan seafood-nya banyak dengan harga yang terjangkau. Beberap menu favorit di Pondok Pangandaran ini adalah cumi goreng tepung, kepiting asap, ikan kuwe bakar rica, dan masih banyak lagi. Anda juga akan diberi tiga macam sambal sebagai teman untuk melengkapi kenikmatan sajian seafood Anda. Pondok Pangandaran ini menempati tempat yang luas, cocok untuk bersantap ramai-ramai bersama keluarga. Walaupun tempatnya luas, tapi hampir selalu penuh. Namun, jangan khawatir karena pelayanan di sini tergolong cepat. Pondok Pangandaran berlokasi di:
•    Jalan Komplek Green Ville Blok BL-6, Jakarta Barat
•    Jl. Boulevard Utara Blok QA-1/22, Kelapa Gading, Jakarta Utara

6.    Seafood Wiro Sableng 212

Seafood Wiro Sableng 212
Seafood Wiro Sableng 212

Salah satu menu ikan di Seafood Wiro Sableng 212
Salah satu menu ikan di Seafood Wiro Sableng 212

Seafood Wiro Sableng 212 ini adalah restoran seafood di Jakarta yang sudah buka belasan tahun lalu. Berawal dari tenda kaki lima, kini Seafood Wiro Sableng 212 menempa sebuah bangunan ruko di daerah Kelapa Gading. Seafood Wiro Sableng 212 ini sangat terkenal karena katanya Bapak Jokowi pun pernah bersantap di sini. Beberapa menu favorit dari Seafood Wiro Sableng 212 ini adalah kepiting asap, kerang macan, cumi goreng, ikan kuwe, dan tumis daun dewa. Porsinya disajikan dalam ukuran cukup besar dan bumbunya melimpah. Seafood dan bumbunya pun fresh. Dibandingkan restoran seafood di Jakarta lainnya yang kita bahas di artikel ini, mungkin Seafood Wiro Sableng 212 menempati tempat yang sederhana. Bangunannya yang berlantai dua sama sekali tidak instagramable. Namun, restoran ini nyaris selalu penuh.  Anda juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bersantap di sini. Seafood Wiro Sableng 212 ini berlokasi di: Jl. Boulevard Raya Blok QA3 No. 2 – 3, Kelapa Gading, Jakarta Utara

7.    Cranky Crab

Cranky Crab
Cranky Crab

Kepiting ala Louisiana Style
Kepiting ala Louisiana Style

Salah satu restoran seafood di Jakarta yang tak boleh terlewatkan oleh para penggemar kepiting adalah Cranky Crab. Cranky Crab ini adalah salah satu restoran seafood di Jakarta yang menyajikan kepiting ala Louisiana style. Louisiana Style ini adalah di mana kepiting disajikan di atas meja tanpa menggunakan piring, sendok, garpu atau alat makan lainnya. Lalu Anda bisa bersantap dengan seheboh-hebohnya. Mulai dari memukul kepiting dengan crab mallet atau menjepit kepiting dengan crab cracker. Silakan makan tanpa jaim. Menu kepiting di Cranky Crab ini menggunakan kepiting asal papua yang dagingnya lebih tebal. Anda bisa menyantap kepiting dengan aneka macam saus, baik saus nusantara seperti saus padang dan saus tiram, dan juga saus internasional seperti  Asian Addict, Lemon Pepper Junkie dan Garlic Madness. Anda juga memilih level kepedasan sesuai dengan selera Anda. Selain menu kepiting, Cranky Crab juga menyediakan menu Mix Bag yang berisi clams, ctayfish, mussels, shrimps, corn dan sausage. Ada juga menu cemilan seperti fish and chips, mantao, onion rings, dan juga aneka minuman. Cranky Crab ini berlokasi di: Jl Boulevard raya QF 1 NO 1. Kelapa gading. 14240. Jakarta Utara.

8.    Loobie Lobster

Loobie Lobster
Loobie Lobster

Lobster disantap bersama nasi dan sambal matah
Lobster disantap bersama nasi dan sambal matah

Selain kepiting, varian seafood lainnya yang membuat orang “addicted” adalah lobster. Lobster biasanya identik dengan harganya yang selangit. Namun di Loobie Lobster, kita dapat menikmati lobster dengan harga terjangkau. Uniknya lagi, hidangan lobster yang biasanya disajikan ala Eropa, di Loobie Lobster disajikan dengan khas nusantara. Lobster dihidangkan dengan nasi dan sambal matah khas bali. Selain menu lobster, di sini juga tersedia menu fried calamari dan shrimp platter. Loobie Lobster ini menempati sebuah restoran yang tak terlalu luas, hanya bisa menampung sekitar 20 tempat duduk. Jika penasaran dengan kelezatan Loobie Lobster ini pun Anda harus datang agak “pagian”. Saya pakai tanda kutip karena Loobie Lobster ini buka pada pukul 11.00 – 14.00, lalu lanjut pukul 17.00 – 22.00 (weekday). Tapi pada weekend mereka buka pukul 11.00 – 22.00. Seringkali, lobster sudah habis hanya dalam waktu dua jam saja. Loobie Lobster ini berlokasi di:

•    Jalan Gunawarman No. 32, Jakarta Selatan
•    Jalan Bakti No. 15, Jakarta Selatan

Klikers, itulah 8 restoran seafood di Jakarta (beserta cabang-cabangnya) yang bisa Anda sambangi jika lagi kepengen makan seafood. Buat Anda yang lagi kepingin bersantap seafood dengan harga yang lebih terjangkau, suasana lebih merakyat, namun rasa dan kualitas tetap terjamin, Anda bisa menikmati seafood kaki lima. 

Yuk lanjut baca di sini: 7 Rekomendasi Seafood Kaki Lima di Jakarta. Jangan lewatkan, Klikers! 🙂 

 

 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *