Memandang Langit dari 8 Rumah Pohon di Jawa Tengah

Pernah menonton film Twilight? Ingat adegan si vampire ganteng Edward Cullen mengajak kekasih manusianya memandang indahnya alam dari puncak pohon pinus? Nah, sekarang Anda pun bisa menikmati pemandangan serupa itu. Pastinya Anda juga tidak harus memanjat pohon seperti yang Cullen lakukan. Belakangan ini, wisata rumah pohon sedang nge-hits. Rumah pohon yang berbentuk panggung mini di atas pohon tinggi, di mana Anda dapat naik ke atasnya dan menikmati pemandangan dari ketinggian. Rumah pohon ini juga menjadi spot foto favorit bagi para instagrammer. Buat Anda yang juga tertarik, berikut 8 rumah pohon di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi:

1.    Rumah Pohon Kalibiru

Rumah Pohon Kalibiru
Rumah Pohon Kalibiru

Salah satu rumah pohon di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi adalah rumah pohon di Hutan Wisata Kalibiru. Hutan Wisata Kalibiru ini berada di Desa Wisata Kalibiru, Kokap, Kulonprogo. Kalibiru ini memiliki hawa yang sejuk dan alamnya masih asri. Dari atas rumah pohon di Hutan Wisata Kalibiru ini, kita dapat menikmati pemandangan Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo. Sebenarnya, rumah pohon ini adalah tempat start dan finish wahana outbond yang ada di Kalibiru. Namun kini, rumah pohon ini lebih sering digunakan sebagai tempat berfoto. Bahkan, bisa dibilang rumah pohon Kalibiru ini adalah “pelopor” rumah-rumah pohon lainnya di kawasan Jogja. Saat pagi, Anda dapat menikmati pemandangan Waduk Sermo yang berselimut kabut. Sedangkan di kala senja, langit jingga akan membuat Anda menghela nafas kagum. 

2.    Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung
Kampung Edukasi Watu Lumbung

Rumah pohon di Jawa Tengah yang berikutnya ada di Kampung Edukasi Watu Lumbung. Kampung Edukasi Watu Lumbung ini adalah suatu tempat wisata edukatif di area hutan jati di Parangtritis, Kretek, Bantul. Di sini, Anda bukan hanya sekedar bisa menikmati keindahan alam Parangtritis. Di sini, Anda juga bisa menemukan perpustakaan sederhana, menanam pohon, memasak di dapur, membaca buku, dan menyumbangkan buku. Anda juga dapat menikmati aneka kuliner yang tersedia di sana. Di kala senja, Anda dapat naik ke gardu pandang dan menikmati pemandangan. Dari atas gardu pandang itu, Anda dapat memandang Kali Opak dengan Jembatan Kretek yang menghubungkan Jogja dengan kawasan Parangtritis. Sementara di sisi selatan, samar-samar Anda akan melihat garis pantai.

3.    Puncak Becici

Rumah Pohon Puncak Becici
Rumah Pohon Puncak Becici

Kawasan wisata Puncak Becici sudah dikenal akan keindahan hutan pinusnya. Hutan pinus Puncak Becici ini merupakan bagian dari kawasan Hutan Lindung di bawah pengelolaan RPH Mangunan. Namun, selain bisa menikmati keindahan dan kesejukan hutan pinus, Anda juga dapat menemukan beberapa rumah pohon dalam ketinggian yang berbeda-beda. Cobalah datang saat menjelang senja. Puncak Becici ini menghadap ke barat sehingga pemandangan matahari terbenam di sini sangatlah indah. Rumah pohon di Jawa Tengah yang satu ini memang agak bikin getar karena pengamanannya sangatlah seadanya. Hmmm, semoga ke depannya pihak pengelola melengkapi  rumah-rumah pohon ini dengan tali pengaman, ya! Jika memiliki cukup waktu dan tak banyak yang antri, tak usah buru-buru turun dari rumah pohon. Saat malam datang, Anda bisa menikmati langit gelap berbintang nan memukau.

4.    Canting Mas Puncak Dipowono

Puncak Dipowono
Puncak Dipowono

Rumah pohon di Jawa Tengah yang berikutnya ada di Canting Mas Puncak Dipowono. Canting Mas Puncak Dipowono ini baru dibuka pada Januari 2015 lalu. Canting Mas Puncak Dipowono ini berada di Dusun Clapar II Hargowilis, Kokap. Terletak pada ketinggian 600 mdpl, Canting Mas Puncak Dipowono ini menjadi puncak tertinggi di perbukitan Menoreh. Dari sini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam seputar Kota Wates dan Waduk Sermo. Jika Anda memandang ke selatan, Anda dapat melihat Pantai Glagah, Bantul, dan lampu-lampu Kota Wates jika Anda datang di malam hari. Jika memandang ke timur, Anda dapat memandang Gunung Merapi dan indahnya matahari terbit. Canting Mas Puncak Dipowono ini masih dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi. 

5.    Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan

Sama seperti Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan pun merupakan bagian dari pengelolaan RPH Mangunan.  Banyak orang yang keliru menyebut hutan pinus ini sebagai Hutan Pinus Imogiri karena letaknya yang searah dengan Makam Raja-raja Imogiri. Hutan Pinus Mangunan ini dikelola dengan baik oleh Pokdarwis setempat. Ada tempat-tempat duduk dari kayu, ayunan hammock, dan rumah pohon untuk Anda bersantai menikmati keindahan hutan pinus. Begitu indahnya Hutan Pinus Mangunan ini sehingga sering dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding. Buat Anda yang menyenangi petualangan, Anda juga bisa trekking mengikuti jalur outbond Wartu Abang menuju sumber mata air Bengkung.

6.    Bukit Punthuk Sukmojoyo, Magelang

Punthuk Sukmojoyo
Punthuk Sukmojoyo

Rumah pohon di Jawa Tengah tak melulu hanya ada di Jogja. Magelang pun punya.Bukit Punthuk Sukmojoyo terletak di Dusun Krinjing, Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur. Bukit Punthuk Sukmojoyo ini menyuguhkan pemandangan alam bukit menorah, kawasan Borobudur, dan Kota Magelang. Dari atas rumah pohon, Anda bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise dari gunung-gunung yang ada di sekitar Magelang. Anda juga bisa melihat pemandangan yang sangat istimewa, yaitu pemandangan Candi Borobudur yang seolah berada di atas awan (nirwana sunrise). Pemandangan nirwana sunrise ini dapat kita dapatkan saat matahari mulai naik kira-kira setengah jam setelah terbit. 

7.    Watu Tekek, Kulonprogo

Watu Tekek
Watu Tekek

Watu Tekek ini disebut-sebut sebagai kembarannya Kalibiru. Tempat wisata yang berlokasi di Kabupaten Kulonprogo ini masih tergolong baru. Lokasi tepatnya adalah di Desa Madigondo, Kecamatan Samigaluh. Dari rumah pohon yang ada, Anda bisa menikmati pemandangan Bukit Menoreh. Rumah pohon di Watu Tekek ini dapat menampung maksimal empat orang. Untuk menuju ke rumah pohon ini sudah dibuatkan semacam jembatan kayu. 

8.    Bukit Pentulu Indah, Kebumen

Bukit Pentulu Indah
Bukit Pentulu Indah

Salah satu rumah pohon di Jawa Tengah juga dapat kita jumpai di Kebumen, tepatnya di Bukit Pentulu Indah. Bukit Pentulu Indah ini persisnya terletak di Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kira-kira 40 menit perjalanan dari kota Kebumen. Bukit Pentulu Indah ini juga menyajikan pemandangan hutan pinus. Jumlah rumah pohon yang ada di Bukit Pentulu Indah ini lebih banyak dibanding yang di Kalibiru. Pemandangan sunset dan sunrise jadi pemandangan yang dinanti-nanti dari rumah pohon. 
Klikers, itulah 8 rumah pohon di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi. Satu hal yang perlu diingat: utamakan keselamatan Anda. Jangan karena ingin membuat foto yang keren, Anda mempertaruhkan keselamatan diri. Jaga juga kebersihan lingkungan agar alam kita tetap lestari… have fun, Klikers!