Berkenalan dengan Nikmatnya 9 Kuliner di Kebumen

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Kebumen menyimpan kuliner yang enak-enak. Bahkan, mungkin banyak juga yang tidak hafal Kebumen itu persisnya di mana. Kebumen ini adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Kebumen. Biasanya, jika kita melakukan road trip dari Jakarta atau Bandung menuju Jogjakarta, maka kita akan melewati Kebumen. Tapi, biasanya kita nggak sadar dan Kebumen terlewatkan begitu saja. Padahal, Kebumen punya kuliner yang enak-enak, lho! Berikut 9 kuliner di Kebumen yang wajib Anda coba:

 
1.    Sate Ambal

sate ambal kebumen
sate ambal kebumen

Salah satu kuliner di Kebumen yang wajib Anda coba adalah sate ambal. Kuliner khas Kebumen yang berasal dari Desa Ambalresmi  ini juga dapat Anda temukan di kota-kota lain. Sate ambal ini menggunakan bahan dasar daging ayam. Daging satenya memiliki tekstur lembut dan gurih karena dimasak dahulu sebelum dibakar. Sepintas tampilannya mirip dengan sate madura, namun bumbunya sangat berbeda. Sate Ambal ini menggunakan bumbu dari sambal tempe. Citarasa bumbunya yang pedas terasa unik dan berempah. Sate ambal ini disajikan terpisah dengan bumbunya, dan disajikan bersama lontong atau ketupat. 

2.    Nasi Penggel

Nasi Penggel
Nasi Penggel

Kuliner di Kebumen yang satu ini juga unik. Nasi penggel ini adalah nasi berbentuk bulatan seperti bola pingpong yang disajikan dalam pincuk daun pisang. Bulatan nasi ini lalu dinikmati bersama jangan gori (sayur nangka) dan lauk kikil jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu kuning. Kikilnya dipotong-potong dalam ukuran besar seperti di rumah makan padang. Seporsi nasi penggel ini biasanya berisi sekitar 7-8 bulatan nasi. Nasi penggel yang rasanya gurih ini asyik banget untuk sarapan pagi. Dan, memang sukar untuk menemukan penjual nasi penggel ini setelah siang. 

3.    Yutuk Goreng

Yutuk adalah hewan bercangkang mirip undur-undur yang banyak ditemukan di pesisir pantai Kebumen, terutama di Pantai Petanahan. Warga setempat lalu mengolah yutuk ini menjadi bakwan atau rempeyek. Rasanya gurih mirip udang. Anda bisa menemukan yutuk goreng ini di Pantai Petanahan. Bakwan atau rempeyek yutuk ini biasanya juga menjadi menjadi tempat bersantap pecel 

4.    Soto Ayam Petanahan

Soto Ayam Petanahan
Soto Ayam Petanahan

Petanahan tak hanya terkenal dengan yutuk gorengnya. Anda juga harus mencoba soto ayamnya. Soto ayam petahanan adalah jenis soto berkuah bening. Soto ayam petanahan ini berisi suwiran daging ayam, lengkap dengan toge dan potongan ketupat. Kuahnya kental dan gurih karena dimasak dengan menggunakan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe. Soto ayam petanahan ini juga tidak disajikan dengan kubis atau kol seperti umumnya soto ayam. Soto ayam petanahan yang terkenal di Kebumen adalah Soto Sukarman yang juga dikenal dengan nama Soto Pak Kored. 

5.    Gado-gado Kebumen

gado-gado kebumen
gado-gado kebumen

Kuliner di Kebumen yang juga sudah dikenal akan kelezatannya adalah gado-gado kebumen. Gado-gado khas Kebumen yang sudah terkenal enak adalah Gado-gado Sundari yang berjualan di depan SMA Negeri I Kebumen di Jl Sutoyo. Gado-gado Sundari ini disajikan dengan kupat, berbagai sayuran, tahu, tempe, dan telor. Hal yang membuat gado-gado Sundari ini terasa istimewa adalah bumbu kacangnya yang kental. Sundari hanya menggunakan bahan-bahan tradisional dan tidak menggunakan MSG. Selain gado-gado, Sundari juga menjual lotek, kupat tahu, rujak, dan lotek yang semuanya menggunakan bumbu kacang. 

6.    Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun
Soto Tamanwinangun

Selain soto ayam petahanan, soto yang juga terkenal lezat di Kebumen adalah soto tamanwinangun. Soto ini dinamakan demikian karena mayoritas penjualnya berasal atau berdomisili di Kelurahan Tamanwinangun. Jika biasanya soto menggunakan daging ayam atau daging sapi, maka soto tamanwinangun ini menggunakan daging entok atau itik serati. Entok yang digunakan biasanya entok muda agar dagingnya tidak alot. Kuahnya menggunakan kuah santan yang dimasak dengan kaldu entok. Soto tamanwinangun ini biasanya dihidangkan dengan aneka pelengkap kol, tauge, bihun, dan perkedel singkong.  Soto tamanwinangun ini juga biasanya dihidangkan bersama ketupat. 

7.    Sale Pisang

Sale Pisang Kebumen
Sale Pisang Kebumen

Kuliner di Kebumen yang satu ini juga cocok banget untuk menjadi oleh-oleh. Sale pisang ini berasal dari Desa Mangli, Kecamatan Kuwarasan, Kebumen. Sale pisang ini dibuat dengan cara buah pisang diiris tipis lalu dijemur. Setelah kering, pisang lalu digoreng dengan tepung terigu. Sale pisang ini memiliki aroma dan rasa yang khas. 

8.    Jipang Kacang

Jipang Kacang
Jipang Kacang

Kita semua pasti sudah tidak asing dengan jipang kacang. Namun, mungkin tidak banyak dari kita yang menyadari bahwa jipang kacang ini adalah salah satu penganan khas Kebumen. Jipang kacang ini terbuat dari kacang, gula merah, dan minyak sayur. Harganya murah, tahan lama, dan rasa manisnya juga khas. Sensasi lengket di gigi saat menggigit jipang ini menjadi kenikmatan tersendiri saat menikmati cemilan yang satu ini. 

9.    Lanting

Lanting
Lanting

Makanan khas Kebumen lainnya yang juga cocok sebagai cemilan adalah lanting (atau klanthing). Begitu terkenalnya lanting di Kebumen hingga tak jarang Kebumen dijuluki sebagai Kota Lanting. Lanting ini terbuat dari singkong yang dibentuk seperti angka delapan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat kita sukar berhenti saat sedang mengudap lanting. Dulunya, lanting ini hanya memiliki dua rasa, yaitu rasa original dan bawang goreng. Namun, dengan perkembangan jaman, lanting kini hadir dengan berbagai rasa seperti rasa keju, jagung bakar,balado, dan lainnya.

Nah Klikers, sekarang sudah tahu kan kalau kuliner di Kebumen itu enak-enak? Next time sedang  melakukan road trip ke Jogja, jangan lupa untuk singgah dulu di Kebumen, ya!