9 Kuliner Halal di Bali yang Wajib Anda Coba

Kemarin, saya sudah membahas tentang aneka kuliner non halal di Bali. Mulai dari babi guling hingga lawar bali. Sedaap! Namun, kuliner bali tentunya tak melulu hanya seputar kuliner non halal. Banyak juga lho kuliner halal di Bali yang rasanya sangat lezat. Apalagi bagi para pecinta pedas, Bali itu surganya makanan pedas. Hohoho. Berikut rekomendasi dari kami mengenai kuliner halal di Bali yang wajib Anda coba:

1.    Bebek Tepi Sawah

Suasana resto bebek tepi sawah
Suasana resto bebek tepi sawah

Bebek Tepi Sawah
Bebek Tepi Sawah

Kuliner halal di Bali yang wajib Anda coba salah satunya adalah Bebek Tepi Sawah. Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa menikmati santapan bebek yang lezat sembari menikmati pemandangan indah persawahan Ubud. Menu favorit dari Bebek Tepi Sawah ini adalah Crispy Duck yang teksturnya benar-benar renyah dengan rasa yang lezat. Anda bisa memesan paket Crispy Duck di mana Bebek Crispy ini akan disajikan bersama sup bening, garlic bread, sate, sayur tumis kacang panjang khas bali, kerupuk, 3 iris buah potong, juice, dan es puter sebagai dessert-nya. Mantap komplitnya! Sambal yang terkenal dari Bebek Tepi Sawah ini adalah sambal matahnya. Jika tidak terlalu terlalu tertarik dengan bebek crispy, Anda bisa juga mencoba Bebek Panggang alias Grilled Duck yang tak kalah lezatnya.

2.    Sup Ikan Mak Beng

Sup Ikan Mak Beng
Sup Ikan Mak Beng

Warung Mak Beng adalah salah satu kuliner halal di Bali yang wajib Anda coba. Warung Mak Beng didirikan pada tahun 1941 oleh Ni Ketut Tjuki yang dikenal sebagai Mak Beng. Menu yang terkenal dari warung yang terletak tak jauh dari Pantai Sanur ini adalah sup ikan laut. Ikan laut yang biasa digunakan adalah ikan kakap merah, cakalang, atau janki. Ikan yang digunakan sangat fresh. Sup ikan ini dimasak dengan bumbu khas bali yang kaya rempah. Sup ikan ini disantap bersama ikan goreng, ketimun, dan sambal yang rasanya khas. Nikmatnya sup ikan Mak Beng ini dijamin akan membuat Anda ketagihan! Lebih sedap lagi bila disantap bersama perasan jeruk limau. Harganya pun sangat terjangkau. Seporsi sup ikan dan ikan goreng laut hanya dibanderol seharga Rp 30.000,00 saja. Sup Ikan Mak Beng ini berlokasi di Jl. Hang Tuah No.45, Sanur – Bali.

3.    Nasi Pedas Bu Andika

Nasi Pedas Bu Andika
Nasi Pedas Bu Andika

Hingga hari ini, rasanya saya masih bisa mengenang pedasnya Nasi Pedas Bu Andika ini. Sesuai dengan namanya, pedes banget! Nasi Pedas Bu Andika ini lebih cocok disebut sebagai kuliner kaki lima. Lokasinya sederhana saja di sebuah emperan toko, namun Anda harus rela mengantri untuk dapat menikmati seporsi nasi pedas Bu Andika ini. Nasi pedas Bu Andika adalah nasi putih yang disajikan dengan aneka lauk-pauk yang rasanya super pedas. Pilihan lauknya antara lain adalah ayam goreng, sambal goreng teri, ikan tongkol, sayur ampela, sayur lodeh, cah kangkung, dan masih banyak lainnya. Buat yang merasa masih kurang pedas, disediakan juga sambal. Waw, pedas! Nasi Pedas Bu Andika ini berjualan di Jl. Raya Kuta, Gg. Kubu No. 120 C, Benoa, Badung, Kuta Selatan, Bali dan buka 24 jam non-stop. 

4.    Warung Rujak Kuah Pindang Bo Hwa

Rujak Kuah Pindang Bo Hwa
Rujak Kuah Pindang Bo Hwa

Mendengar kata rujak, pasti kita memikirkan penganan yang asam segar. Namun, rujak kuah pindang justru diolah dengan menggunakan air kuah untuk memindang ikan. Hmm, apa rasanya ya? Rujak kuah pindang ini adalah salah satu kuliner khas Bali. Salah satu rujak kuah pindang yang terkenal di Bali adalah Rujak Kuah Pindang Bo Hwa yang sudah dijual sejak tahun 1966. Sama seperti rujak umumnya, rujak kuah pindang juga menggunakan buah-buahan segar. Namun bumbu rujaknya adalah kuah pindang yang terbuat dari kaldu ikan, garam, terasi, dan cabai. Bila tidak terlalu doyan makanan bercitarasa asin, Anda bisa meminta agar kuah pindang manis (ditambahkan gula merah). Selain rujak kuah pindang, Ibu Bo Hwa juga menjual rujak kacang, rujak gula, dan kolak. Warung Rujak Kuah Pindang Bo Hwa berlokasi di JL. Abimanyu, No. 2, Banjar Tampak Gangsul, Kota Denpasar, Bali.

5.    Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Kuliner halal di Bali yang wajib Anda coba berikutnya adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini bertempat di sebuah restoran yang cukup luas dengan gaya desain arsitektur khas Bali. Menunya sendiri hanya ada dua macam, yaitu nasi ayam campur dan nasi ayam pisah. Seporsi nasi ayam campur disajikan bersama lawar (sayur-sayuran khas bali), sate lilit, telur, dan tentu saja sambal matah yang terasa sangat pedas. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku berlokasi di Jalan Raya Kedewatan, Kedewatan, Kabupaten Gianyar, Bali. Buka setiap hari pukul 07.30 – 18.00.

6.    Nasi Tempong Indra

 
Nasi Tempong Indra
Nasi Tempong Indra

Nasi Tempong Indra, selain terkenal sering dikunjungi artis, terkenal juga karena rasa super pedasnya. Nasi tempong ini sebenarnya merupakan kuliner khas Banyuwangi, namun Nasi Tempong Indra ini sangat terkenal sehingga lama-lama dinobatkan sebagai kuliner halal di Bali yang wajib Anda coba. Nasi tempong sendiri adalah nasi yang disajikan dengan berbagai lauk, lalapan, dan sambal. Beberapa jenis lauk yang tersedia di rumah makan Nasi Tempong Indra adalah ayam, bebek, ati-ampela, babat, dan empal yang bisa disajikan bakar ataupun goreng.  Nasi Tempong Indra ini dikenal dengan rasa sambalnya yang sangat pedas. Berlokasi di Jalan Dewi Sri No 788 Kuta, Bali, Nasi Tempong Indra ini buka setiap hari pukul 10.00 – 23.00.


 
7.    Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu Men Tempeh
Ayam Betutu Men Tempeh

Salah satu kuliner khas di Bali yang terkenal adalah ayam betutu. Salah satu ayam betutu yang sangat terkenal di Bali adalah Ayam Betutu Men Tempeh. Bahkan konon, Men Tempeh adalah pelopor ayam betutu di Bali. Betutu adalah ayam (atau bebek) utuh berisi bumbu yang dipanggang di dalam api sekam. Nah, keunggulan dari ayam betutu Men Tempeh adalah ayamnya menggunakan ayam kampung. Dalam hal rasa, ayam betutu Men Tempeh ini menggunakan campuran bumbu matah khas bali dan cabai. Rasanya sangat nikmat dan ngangenin. Ayam betutu Men Tempeh ini disajikan bersama sayur dan kacang. Ayam Betutu Men Tempeh berlokasi di Banjar Jineng Agung, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana Bali (tidak membuka cabang lain). Buka setiap hari pukul 07.00- 21.00.

8.    Menega Café Jimbaran

Menega Cafe Jimbaran
Menega Cafe Jimbaran

Kurang lengkap rasanya jika travelling ke Bali tanpa menikmati seafood di Pantai Jimbaran. Menikmati seafood di tepian pantai dengan ditemani suara deburan ombak di malam hari rasanya menjadi pengalaman wajib. Nah, saat Anda berada di Jimbaran, Anda akan melihat begitu banyak restoran. Buat Anda yang bingung atau belum punya resto langganan, Anda bisa memilih Menega Café Jimbaran. Menega Cafe ini disebut-sebut sebagai restoran terbaik di Jimbaran. Katanya, seafood bakar Menega Cafe ini memiliki kenikmatan di atas rata-rata cafe lainnya di Jimbaran. Mereka menggunakan seafood yang masih segar. Bahkan lobster, tiram, kerang, udang masih tampak hidup. Karena itulah seafood Menega Café sama sekali tidak berbau amis. Anda juga otomatis akan mendapat cah kangkung, irisan buah segar, dan kacang. Asyik! Menega Cafe berlokasi di Jl. Four Seasons Muaya Beach, Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali. Buka pukul 11.00 – 22.00.

9.    Gusto Gelato

Gusto Gelato
Gusto Gelato

Gusto Gelato ini nge-hits banget, Klikers! Rasanya belum lengkap jika Anda berlibur ke Bali tanpa mencicipi Gusto Gelato. Apalagi buat para pecinta es krim. Gusto Gelato ini terkenal karena rasanya yang nikmat. Pilihan rasanya pun sangat bervariasi, mulai dari mainstream seperti rasa cokelat, vanilla, matcha, hingga yang anti mainstream alias unik seperti rasa kemangi, rasa lemongrass (sereh). Pokoknya, pilihannya banyak banget. Untuk menikmati Gusto Gelato, Anda juga harus siap-siap mengantri. Gusto Gelato ini dimiliki oleh pasangan suami istri asal Italia dan Prancis. Tak heran Gusto Gelato ini memiliki rasa yang autentik. Gusto Gelato ini juga diolah dengan menggunakan bahan organik dan tanpa bahan pengawet. Gusto Gelato berlokasi di  Jalan Mertanadi No. 46B, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. 

Nah Klikers, itulah 9 kuliner halal di Bali yang wajib Anda coba! Seru, yah! Kuliner Bali memang nggak ada habisnya. Next, saya akan membahas tentang instragrammable cafe di Bali. Pokoknya, bulan ini kita akan banyak-banyak bahas tentang wisata Bali. Tunggu minggu depan, ya! 🙂