Jangan Lupa Beli 9 Oleh-oleh Khas Lembang Ini

Salah satu tempat wisata favorit di Bandung adalah Lembang. Setiap akhir pekan, saya memutuskan untuk menghindari kawasan tersebut karena hampir selalu dapat dipastikan macet parah. Mobil-mobil yang memenuhi jalanan Lembang kebanyakan berplat “B”. Makasih Jakarta sudah membuat wisata Bandung semakin tersohor! Hihihi. Lembang memang selalu asyik untuk dikunjungi. Soal macet sih bisa teratasi asal Anda tahu jalan tikus menuju Lembang. Kalau obyek wisata Lembang, rasa-rasanya Anda pasti sudah lumayan hafal. Tapi, sudah tahu belum oleh-oleh khas Lembang yang bisa Anda dapatkan sepulang dari Lembang? Yuk, simak 9 oleh-oleh khas Lembang berikut ini:

1.    Tahu Tauhid

Tahu Tauhid
Tahu Tauhid

Tahu itu mungkin penganan sederhana, tapi makan nasi hangat pake tahu dan sambel kecap juga terasa mewah banget lho di lidah! Jika kalian berlibur ke Lembang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Lembang yang satu ini. Tahu tauhid sudah dikenal dengan teksturnya yang lembut, kenyal, dan rasanya yang sedap. Saat ini Tahu Tauhid sudah memiliki dua cabang, yaitu Tahu Tauhid I di Jl. Cijeruk belakang PLN Lembang, dan Tahu Tauhid II di Jl Maribaya dekat De’Ranch. Di Tahu Tauhid Lembang, Anda juga bisa langsung menyantap tahu yang  digoreng langsung. Di sana juga terdapat beberapa gerai penjual makanan seperti bandrek, bajigur, jagung bakar, sate, dan sebagainya. 

2.    Tahu Susu Lembang

POM Tahu Susu Lembang
POM Tahu Susu Lembang

Selain Tahu Tauhid, Anda juga harus mencoba oleh-oleh khas Lembang yang satu ini. Tahu Susu Lembang ini berlokasi di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri. Perbedaannya dengan tahu lain, tahu susu ini diolah dengan mencampurkan susu murni pada kedelai. Karena itulah, tahu susu ini memiliki citarasa yang lebih gurih dan isian yang lebih padat. Ada juga Tahu Mentega, yaitu tahu yang diolah dengan menggunakan margarine dan sedikit garam. Keunikan lainnya dari Tahu Susu Lembang ini adalah adanya POM Tahu. POM Tahu ini dibuat dengan konsep menyerupai Pom Bensin atau drive thru. Jadi, Anda bisa berbelanja tahu tanpa perlu turun dari mobil. Adapun POM ini sebenarnya merupakan singkatan dari Pusat Orang Makan. Karena dibuat tanpa bahan pengawet, tahu susu ini hanya tahan selama 2 hari. 

3.    Susu Murni KPSBU

KPSBU
KPSBU

Masih ingat tentang “4 sehat 5 sempurna”? Nasi, sayur, lauk, dan buah lalu jangan lupa minum susu. Hohoho. Oleh-oleh khas Lembang yang berikutnya adalah susu murni KPSBU. KPSBU ini berlokasi di kompleks Pasar Panorama Lembang. Harga seliter susu murni di KPSBU ini adalah Rp 6.000,00 (Juli 2016). Selain susu murni, Anda juga bisa membeli yoghurt, permen susu, nogat susu, kerupuk susu, dan juga tahu susu. Buat Anda yang berasal dari luar kota Bandung, ada baiknya Anda menyiapkan cooler box jika memang berniat untuk membeli susu murni di KPSBU.  

4.    Es Mambo & Yoghurt Lembang

Yoghurt Beku Lembang
Yoghurt Beku Lembang

Es Mambo & Yoghurt Lembang terletak di Jl Cijeruk No 19, Lembang. Lokasinya tak jauh dari Tahu Tauhid I. Di toko ini, Anda dapat membeli es mambo (es lilin) dan juga es yoghurt. Es mambo batangannya tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari strawberry, ketan hitam, durian, alpukat, dan lainnya. Es yoghurtnya dapat bertahan hingga beberapa jam sebelum mencair. Aman untuk dibawa pulang ke Jakarta. *Asal jalanan nggak macet…:D

5.    Keripik Singkong Karmel

Keripik Singkong Padasuka
Keripik Singkong Padasuka

Di Lembang, ada satu tempat ibadah dan ziarah yang bernama Pertapaan Karmel OCD. Ini salah satu tempat favorit orang Kristiani untuk berdoa karena cukup banyak doa yang terkabul bila Anda berdoa di sini. Di halaman depan Karmel, ada cukup banyak pedagang makanan. Salah satunya adalah penjual keripik singkong. Keripik singkong karmel ini terkenal enak. Ada dua macam keripik singkong yang dijual, yaitu yang bulat tipis dan yang panjang dengan tekstur agak tebal. Keripik Singkong Karmel ini biasanya hanya dijual pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Katanya nih, yang paling enak adalah yang bermerk “PADASUKA”. 

6.    Ketan Bakar

Ketan Bakar Lembang
Ketan Bakar Lembang

Oleh-oleh khas Lembang ini wajib banget buat dicoba! Ketan bakar yang dipotong-potong bentuk persegi, lalu dibakar dan disantap dengan sambal oncom dan serundeng itu rasa nikmatnya selangit! Ada cukup banyak penjual ketan bakar yang dapat kita jumpai di Lembang. Saya pribadi biasanya beli ketan bakar yang dijual di dekat Pasar Lembang, dekat Rumah Makan Mandarin.

7.    Sophia Lembang

sophia lembang
sophia lembang

Jika Jogja punya bakpia, maka Lembang punya Sophia. Sophia adalah kue pia dengan lapisan kulit yang sangat halus, rapuh, sekaligus renyah. Kulit sophia ini terdiri dari lapisan-lapisan halus, mirip dengan kulit pisang molen. Varian isi sophia ini bermacam-macam. Ada isi  kacang hijau, nanas, coklat, keju, dan durian. Sophia Lembang ini bisa didapatkan di Jl Dharma No 10.

8.    Serba Susu

Aneka Produk Serba Susu
Aneka Produk Serba Susu

Selain di KPSBU, oleh-oleh khas Lembang berupa produk susu juga dapat Anda dapatkan di Serba Susu. Serba Susu Lembang yang berdiri sejak tahun 2009 ini berlokasi di Jl Sesko AU No 7, Lembang. Lokasinya tidak sulit dicari karena berada di ujung jalan Sesko AU. Produk-produk yang dijual di Serba Susu ini cukup banyak. Ada dodol susu, nogat susu, yoghurt, dodol susu, pie susu, kerupuk susu, rempeyek susu, donat susu, es mambo, dan sebagainya. 

9.    Bratwurst Rumah Sosis

Rumah Sosis
Rumah Sosis

Suka berwisata ke Rumah Sosis? Kalau suka, berarti Anda tahu banget dong, kalau tempat ini juga menjual sosis dan bratwurst (sosis jerman).  Ada banyak jenis sosis yang dijual di Rumah Sosis, mulai dari Beef Garlic, Black Pepper, Chicken Chipolata, Beef Bockwurst, Mini Bockwurst, Cheesy Super, Mini Cheesy, atau Big Bockwurst. Rumah Sosis pun mengklaim bahwa produk sosisnya dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, pewarna buatan, dan MSG. Sosisnya pun rendah lemak dan dibungkus dengan bahan rumput laut sehingga tidak perlu dikupas. Oh ya, saat ini Rumah Sosis sudah pindah dari lokasinya yang dulu. Saat ini Rumah Sosis dapat Anda temukan di TAHU SUSU LEMBANG Jalan Raya Lembang No. 177, Lembang.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *