9 Wisata Alam di Malang yang Lagi Hits di Instagram

Klikers, kita harus mengakui bahwa media sosial telah menjadi faktor penting dalam dunia pariwisata. Ada begitu banyak tempat wisata yang menjadi tenar berkat beberapa traveler yang memposting foto tempat wisata tersebut di akun media sosial, khususnya instagram. Kecenderungan manusia yang tak mau ketinggalan pun membuat mereka berlomba-lomba mengunjungi tempat wisata tersebut dan mengabadikan foto. Lalu, upload di instagram. Eksis deh! Sisi positifnya, hal itu bisa menjadi promosi baik bagi pariwisata Indonesia. Demikian pula dengan pariwisata Malang. Ada beberapa wisata alam di Malang yang saat ini begitu nge-hits di Instagram. Padahal, bahkan sebelumnya kita bahkan tidak tahu bahwa tempat tersebut ada. Berikut 9 tempat wisata alam di Malang yang lagi hits di Instagram:

1.    Kawah Pantai  Mbehi

Kawah Pantai Mbehi
Kawah Pantai Mbehi

Salah satu wisata alam di Malang yang lagi hits di instagram adalah Pantai Mbehi. Pantai Mbehi ini berlokasi di Desa Sumberbening Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, kira-kira 66 km dari pusat kota Malang. Letaknya cukup tersembunyi di balik hutan lindung dan diapit dua tebing sehingga belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini.  Pasir pantainya putih bersih dan air lautnya biru jernih. Daya tarik lainnya yang dimiliki Pantai Mbehi ini adalah sebuah “kawah”. “Kawah” ini sebenarnya adalah sebuah lubang di tepi karang besar yang menembus langsung permukaan air laut. Saat ombak besar datang, air laut akan menyembur dari lubang kawah dengan suara deru keras. Tidak ada kawah pembatas di sekitar “kawah” Pantai Mbehi ini, maka Anda wajib berhati-hati. 

2.    Teluk Bidadari

Teluk Bidadari
Teluk Bidadari

Masih satu wilayah dengan Pantai Mbehi, ada satu lagi wisata alam di Malang yang lagi hits. Namanya: Teluk Bidadari. Dari Pantai Mbehi, Anda tinggal trekking ke bukit bagian timur sejauh 30-40 menit perjalanan untuk mencapai Teluk Bidadari ini. Perjalanannya  cukup menantang, maka persiapkan kondisi fisik Anda. Untuk trekking, Anda wajib ditemani guide karena Anda akan melewati kawasan hutan yang menjadi tempat tinggal hewan dilindungi. Sesampainya di Teluk Bidadari, Anda akan dibuat terpukau dengan pemandangan sebuah ceruk yang membentuk kolam alami dengan air yang berwarna biru jernih. Kolamnya  cukup dangkal sehingga Anda bisa berendam sembari menikmati pemandangan tebing yang menjulang dan laut lepas Samudra Hindia. Cool…

3.    Mata Air Kalireco

Mata Air Kali Reco
Mata Air Kali Reco

Mata air Kalireco berada di Sumber Waras, Lawang, Malang. Aslinya, Mata Air Kalireco ini bukannya tempat wisata, melainkan sebuah pemandian dan irigasi yang dimanfaatkan warga setempat. Namun, karena suasananya yang asri dan eksotis, wisatawan pun mulai berdatangan. Air dari Mata Air Kalireco ini sangat jernih dan dikelilingi pepohonan rimbun yang asri. Hawanya yang sejuk juga akan membuat Anda betah untuk berlama-lama berendam di sini. Untuk mencapai Mata Air Kalireco, Anda harus melintasi jalan yang berbatu dan licin sehabis hujan. Fasilitas di sini masih minim, maka jangan lupa untuk membawa bekal, air minum, dan juga baju ganti. Siapkan juga aplikasi Google Maps supaya Anda tidak kesasar. Anda tidak dipungut tiket masuk untuk menikmati segarnya Mata Air Kalireco ini, namun Anda bisa memberikan sumbangan sukarela.

4.    Laguna Segara Anakan, Pulau Sempu

Laguna Segara Anakan
Laguna Segara Anakan

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil di sebelah selatan Pulau Jawa, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di sebelah selatan Pulau Sempu, tersembunyilah Laguna Segara Anakan yang menjadi daya tarik utama tempat ini. Laguna yang memiliki luas sekitar 4 hektar itu tersembunyi di balik lindungan hutan tropis. Pantainya berpasir putih dengan air yang sangat jernih dan tenang karena terpisah dari laut lepas. Airnya yang tenang membuat Laguna Segara Anakan ini aman untuk direnangi. Namun, butuh sedikit usaha lebih jika Anda ingin berlibur ke sini. Pulau Sempu adalah kawasan konservasi dan bukannya tempat wisata. Anda harus mengurus perijinan terlebih dulu. Dan karena ini adalah kawasan konservasi, Anda pun harus ingat untuk menjaga kebersihan dan jangan sampai merusak alam. 

5.    Coban Mbok Karimah

Coban Mbok Karimah
Coban Mbok Karimah

Coban Mbok Karimah atau dikenal juga dengan nama Coban Nirwana terletak di kawasan Gedangan. Lokasinya ada di perbatasan Gedangan dengan Sumber Manjing Wetan, Malang. Sesungguhnya, Coban Mbok Karimah atau Coban Nirwana bukanlah nama resmi tempat wisata alam di Malang yang lagi hits ini. Coban atau air terjun Mbok Karimah ini memiliki panorama alam yang indah sehingga menjadi salah satu spot selfie para wisatawan. Bahkan, Anda bisa berselfie di dalam air jika membawa kamera underwater. Karena Coban Mbok Karimah ini belum dikelola resmi oleh Dinas Pariwisata setempat, maka fasilitasnya masih minim. Siapkan bekal makanan dan air minum, juga baju ganti jika Anda ingin main air. 

6.    Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung
Pantai Batu Bengkung

Malang memiliki banyak pantai yang cantik. Salah satunya yang nge-hits adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai Batu Bengkung ini terletak di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini dinamakan Batu Bengkung karena di sini  terdapat batu karang yang membentang panjang di antara dua bukit yang membengkung. Pasir pantainya bersih dan air lautnya pun jernih. Banyaknya batu karang membuat Anda tidak bisa berenang di pantai ini. Tapi, Anda akan dipuaskan dengan menikmati panoramanya yang sangat indah, terlebih pada saat sunset. Anda juga bisa camping di Pantai Batu Bengkung ini. Saat ini sudah terdapat fasilitas parkir, toilet, dan warung. 

Baca juga: Mari Jelajahi 8 Pantai Tersembunyi di Malang!

7.    Sumber Sirah Gondanglegi

Sumber Sirah Gondanglegi
Sumber Sirah Gondanglegi

Wisata alam di Malang yang lagi hits banget boleh jadi adalah Sumber Sirah Gondanglegi. Sumber Sirah ini adalah sumber air tawar yang airnya sangat jernih. Begitu jernih sehingga kita dapat menikmati pemandangan bawah air berupa tanaman air sejenis ganggang, lengkap dengan ikan-ikan kecil yang berseliweran. Keberadaan tanaman ganggang inilah yang membuat air Sumber Sirah menjadi sangat jernih. Di sini, Anda bisa berenang ataupun snorkeling. Namun, hati-hati jangan sampai merusak / menginjak tanaman ganggang. Kedalaman airnya ada yang mencapai hingga 1,5 meter. Anda bisa menyewa ban renang untuk menambah keceriaan Anda saat bermain air. Sumber Sirah Gondanglegi ini berlokasi di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Jangan lupa untuk membawa pakaian renang, baju ganti, dan kamera tahan air ya!

8.    Watu Talang

Watu Talang
Watu Talang

Tempat wisata alam di Malang yang lagi hits ini lebih cocok bagi mereka yang memiliki kadar adrenaline cukup tinggi dalam aliran darahnya. Watu Talang terletak di Dusun Persil, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon. Watu Talang adalah sebuah bongkahan batu raksasa yang dialiri air di atasnya. Dari atas Watu Talang, Anda bisa menikmati pemandangan indah alam Malang. Namun, untuk bisa mencapai Watu Talang, Anda harus mendaki lereng yang terjal dengan kemiringan hampir vertikal dari Coban Supit Urang. Sedangkan untuk mencapai Coban Supit Urang, Anda harus memanjat tangga bambu yang terjal. Buat Anda yang tidak terbiasa dengan aktivitas alam yang menantang seperti ini, sebaiknya Anda pikir-pikir dulu ya! Hehe…  
 

9.    Labirin Coban Rondo

Labirin Coban Rondo
Labirin Coban Rondo

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang tempat wisata air terjun Coban Rondo. Coban Rondo adalah salah satu tempat wisata Malang yang sudah terkenal sejak dulu kala. Namun saat ini, Coban Rondo menjadi nge-hits di instagram berkat keberadaan sebuah labirin. Anda akan menemukan labirin ini dalam perjalanan menuju air terjun. Tepat di tengah labirin ada sebuah air mancur yang cantik. Labirin Coban Rondo ini menjadi salah satu spot selfie favorit di kawasan wisata Coban Rondo. Jangan puas hanya dengan selfie. Ayo, coba masuki labirin ini dan temukan jalan keluarnya! Pilih mana? Tersesat di Labirin Coban Rondo atau tersesat di hati mantan? #EH?? 
 

Baca juga: Yuk, kunjungi 9 obyek wisata alam di Malang! 

Klikers, itulah 9 tempat wisata alam di Malang yang lagi hits. Buat Anda yang traveling ke sana, ingatlah bahwa tempat-tempat tersebut sangat indah karena sebelumnya jarang terjamah manusia. Biarkanlah tempat-tempat ini tetap cantik walau sudah terjamah manusia. Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak alam.