Aneka Oleh-oleh Sambal yang Bakal Bikin Bibir Kamu Dower

Penganan memang masih menjadi pilihan buah tangan yang utama ketika kita piknik ke suatu tempat. Selain kerupuk, oleh-oleh sambal kini menjadi buah tangan kekinian di Indonesia. Apalagi sekarang banyak bermunculan nama-nama sambal unik yang meskipun sebenarnya sudah ada sebelumnya, namun dikemas dan di-branding sedemikian rupa hingga nampak seperti hal baru.

Sambal bagi orang Indonesia adalah teman makan paling yahud. Makan nasi tanpa sambal bagaikan makan sayur kurang garam. Sambal dipercaya sebagai penambah nafsu makan yang jos dikarenakan efek pedasnya mampu membuat orang terus makan tanpa berhenti untuk menghilangkan rasa pedas yang dirasakan.

Di antara berbagai macam olahan sambal, lima jenis oleh-oleh sambal ini sedang populer sebagai buah tangan

1. Sambal Bawang ala Bu Rudi

Sambal Bawang ala Bu Rudy
Sambal Bawang ala Bu Rudy. Sumber foto: tokopedia.com

Kemasan Sambal Bawang ala Bu Rudy
Kemasan Sambal Bawang ala Bu Rudy. Sumber foto: bukalapak.com

Sambal Bawang bu Rudi ini merupakan oleh-oleh sambal khas dari Surabaya. Bu Rudi sendiri memiliki nama asli IE Lani Siswadi, merupakan perempuan asli Madiun yang lahir pada tahun 1953. Sambal bawang bu Rudi ini terkenal akan pedasnya yang sangat nampol dan bakal bikin nangis berkali-kali. Meskipun begitu orang akan merasa ketagihan rasa pedasnya ini.

Dikarenakan banyak yang jatuh cinta pada sambal bawang ini, dikemaslah sambal bikinan bu Rudi ini di dalam botol dan dijual secara luas. Konon rahasia dari sambal inilah rasio antara bawang dan sambalnya adalah 1:1. Sambal Bu Rudi juga semakin moncer karena meski dikemas dalam botol, namun bu Rudi selalu memastikan bahwa sambalnya selalu bikinan baru dan fresh. Sambal ini hanya bertahan selama 10 hari di suhu ruangan.

2. Sambal Roa

Sambal Roa Judes, pedesnya juara
Sambal Roa Judes, pedesnya juara. Sumber foto: http://www.sambelroajudes.com/

Kemasan Sambal Roa Judes
Kemasan Sambal Roa Judes. Sumber foto: http://www.sambelroajudes.com/

Dari Surabaya kita terbang ke Manado, di sini kita akan berkenalan dengan sambal Roa, sambal khas Manado yang kini telah berubah menjadi sambal kekinian. Terlihat dari namanya, sudah sangat jelas jika sambal berbahan dasar dari ikan roa. Ikan inilah yang membuat cita rasa sambal ini berbeda dan khas, apalagi ikan roa ini tidak banyak ditemukan di daerah lain, hanya bisa ditemukan di Manado.

Bagi orang Manado, kalau makan tanpa sambal Roa, belum benar-benar makan namanya. Di manapun orang Manado berada, sambal Roa pasti ditemukan. Kalau kamu ingin mencicipi lezatnya sambal roa namun belum sempat ke Manado, jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak dijual sambal roa dalam kemasan. Salah satunya Sambal Roa Judes. Judes sendiri merupakan singkatan dari juara pedesnya. Sambal Roa kemasan ini sudah melanglang buana hingga ke manca negara lho.

3. Sambal Empal Gentong ala Cirebon

Sambel Bubuk Empal Gentong
Sambel Bubuk Empal Gentong. Sumber foto: http://www.pintuwisata.com

Kemasan Sambal Empal Gentong
Kemasan Sambal Empal Gentong. Sumber foto: http://www.oleholehkhascirebon.com

Berbeda dari kebanyakan oleh-oleh sambal yang lain, sambal empal gentong bentuknya berupa bubuk cabe kering. Sesuai dengan namanya, sambal ini biasanya menemani empal gentong, masakan khas kotanya Sunan Gunung Jati. Rasa empal gentong hampir mirip dengan gulai. Bahan dasar empal gentong merupakan empal itu sendiri alias daging sapi. Sedangkan kata gentong mengacu pada cara pembuatannya yang biasanya dimasak di dalam gentong atau kuali yang berasal dari tanah liat. Untuk mendapatkan cita rasa yang asli, empal gentong sendiri biasanya dimasak di atas tungku. 

Saat ini bubuk cabai sambal empal gentong sudah banyak dijual di dalam kemasan sehingga bisa digunakan sebagai oleh-oleh. Selain nikmat dimakan sebagai pelengkap empal gentong, bubuk cabai ini enak dimakan sebagai taburan nasi hangat atau makanan berkuah lainnya.

4. Sambal Pecel

Sambal Pecel khas Jawa Timur
Sambal Pecel khas Jawa Timur. Sumber foto: www.lestariweb.com

Salah Satu Kemasan Sambal Pecel Kemasan
Salah Satu Kemasan Sambal Pecel Kemasan. Sumber foto: http://sambalpecelkhasnganjuk.blogspot.co.id

Sambal berikutnya yang sering menjadi oleh-oleh adalah sambal pecel. Sambal yang biasanya digunakan sebagai kuah pecel ini merupakan sambal yang banyak dan hanya ditemukan di Pulau Jawa, baik itu di Jawa Tengah, Jawa Timur maupun Jawa Barat. Sambal ini dibuat dari campuran kacang tanah, gula jawa, cabe merah, kencur, bawang putih, dan garam ini biasanya dijual dalam kemasan plastik berbentuk segi empat.

Selain diseduh dengan air hangat lalu disiramkan di atas sayur mayur, sambal pecel juga enak dinikmati tanpa harus dicairkan terlebih dahulu. Sambal pecel dengan nasih putih hangat dan kerupuk saja sudah bisa bikin makan nambah berkali-kali.

5. Sambal Lingkung 

Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung
Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung. Sumber foto: www.omiyago.com

Kemasan Sambal Lingkung
Kemasan Sambal Lingkung. Sumber foto: http://bellygenic.blogspot.co.id

Selanjutnya kita terbang ke Palembang dan Bangka Belitung, di sini kita akan temui sambal khas yang disebut dengan sambal lingkung. Walau dari namanya disebut sambal lingkung, namun sambal yang satu ini tidak pedas sama sekali. Malah dominan dengan rasa gurih karena bahas dasarnya ikan. Memang sambal lingkung ini adalah sejenis abon ikan.

Sambal lingkung dibuat dari ikan tengiri yang direbus lalu diolah bersama bumbu-bumbu rempah lainnya, seperti cabai merah, merica, lengkuas, jahe, ketumbar, serai, kencur, jintan, bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi dan garam secukupnya. Selain itu bahan-bahan tersebut direbus bersama santan, daun salam dan daun jeruk hingga airnya menyusut. Karena proses pembuatan sambal ini dimasak hingga kering, sambal lingkung bisa awet dan disimpan untuk waktu cukup lama

Pengin merasakan sambal lingkung tapi belum sempat ke Bangka Belitung atau Palembang? Nggak masalah, sekarang banyak kok yang menjualnya secara online. Coba saja cari di beberapa marketplace, harganya pun cukup terjangkau. Untuk kemasan 100 gram biasa dijual sekitar tiga puluh tujuh ribu rupiah hingga empat puluh ribu rupiah.

Dari lima oleh-oleh sambal di atas, manakah yang pernah kamu coba dan menurutmu paling nampol lidah? Adakah yang pernah membelikan lima jenis sambal di atas sebagai buah tangan untuk keluarga dan tetangga sepulangnnya kalian berkunjung ke daerah asal sambal-sambal tersebut? Pastinya apapun lauknya, sambal harus selalu ada di piring kalian!