Angkringan Enak di Yogya Itu Ada di Mana Saja Ya?

Yogyakarta tersohor sebagai tempat wisata dengan kulinernya yang merakyat. Tenda-tenda kecil dengan gerobak beratapkan terpal dan dinding spanduk, banyak dijumpai hampir di setiap jalanan Yogya. Ada juga yang memanfaatkan teras atau koridor pertokoan yang tutup. Inilah yang dinamakan angkringan. Tempat makan pinggir jalan yang menyediakan menu wajib nasi kucing dan aneka makanan tradisional lainnya.

Angkringan ramai dikunjungi pada malam hari dan menjadi salah satu andalan pariwisata Yogya. Di sini, kita bisa menikmati makanan tradisional yang enak-enak tanpa khawatir membuat kantong bolong. Selain enak, aneka makanan angkringan juga murah-murah. Tempat makannya ada yang menggunakan kursi plastik, bangku panjang, dan ada juga yang dibuat lesehan. Makan lesehan beralaskan tikar lebih disukai karena membawa suasana santai, nyaman untuk mengobrol, hingga berkenalan dengan pengunjung lainnya.

Angkringan Yogya menawarkan kesederhanaan. Menu sederhana, penyajian sederhana, tempat sederhana, dan harga sederhana. Ya, kesederhanaan inilah yang menjadi nilai jual khas angkringan. Untuk Anda yang sedang berkunjung, berikut ini deratan angkringan enak di Yogya yang wajib dicoba:

1. Angkringan Lek Man

Angkringan Lek Man Stasiun Tugu
Angkringan Lek Man Stasiun Tugu. Sumber foto: http://www.noyvesto.net

Macam-macam jajajan di Angkringan Lek Man
Macam-macam jajajan di Angkringan Lek Man. Sumber foto: www.yogyes.com

Kopi Jos Angkringan Lek Man Jogja
Kopi Jos Angkringan Lek Man Jogja. Sumber foto: http://wisata-yogyakarta.com

Angkringan Lek Man termasuk angkringan enak di Yogyayang terkenal karena kopi uniknya yang dinamai Kopi Joss. Kopi ini unik dan bisa dikatakan nyeleneh karena memasukan arang yang menyala ke dalam minuman kopi panasnya. Tambahan arang yang menyala ini tidak sekedar sensasi jualan, tapi diyakini sebagai kunci kenikmatan kopi hitam di tempat ini.

Hidangan tradisional yang tersedia di angkringan Lek Man antara lain adalah nasi kucing, aneka sate seperti sate telur puyuh, sate usus ayam, dan sate kulit, serta aneka gorengan. Menunya sangat sederhana, tapi rasanya enak dan akan terus diingat khususnya bagi wisatawan dari luar Yogya. Harganya yang murah membuatnya manjadi tempat favorit palajar dan mahasiswa.

Angkringan Lek Man tak pernah sepi pengunjung setiap malamnya. Lokasinya sangat strategis di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Angkringan ini diyakini sebagai angkringan pertama di Yogya karena sudah ada sejak tahun 1950-an. Dulu, angkringan ini dijalankan oleh Mbah Pairo, ayahanda dari Lek Man.

2. Angkringan Pak Jabrik

Warung angkringan pak Jabrik di depan kantor harian Kedaulatan Rakyat
Warung angkringan pak Jabrik di depan kantor harian Kedaulatan Rakyat. Sumber foto: ista69.blogspot.co.id

Angkringan Pak Jabrik dengan aneka cemilannya
Angkringan Pak Jabrik dengan aneka cemilannya. Sumber foto: https://sitasentris.wordpress.com/

Menu Angkringan KR
Menu Angkringan KR. Sumber foto: http://info-travel-jogja.blogspot.co.id

Angkringan Pak Jabrik tidak bisa dilewatkan saat berbicara tentang angkringan enak di Yogya. Angkringan enak ini berada di Jalan Mangkubumi, Yogyakarta, tepatnya di depan kantor surat kabar Kedaulatan Rakyat atau KR. Angkringan ini memanfaatkan teras kantor KR yang tutup di malam hari sebagai tempat makannya. Karena inilah tempat ini sering disebut angkringan KR. Dengan beralaskan tikar, para pengunjung makan lesehan di teras ini. Tersedia juga kursi untuk pengunjung yang kurang suka duduk lesehan. Tempat ini disukai pengunjung yang datang rombongan karena tempatnya luas, bisa menampung lebih banyak orang.

Angkringan KR jadi favorit karena variasi rasa nasi kucingnya lebih banyak. Ada nasi kucing rasa sambal teri, nasi kucing mercon jamur, nasi kucing oseng ati, sambal tomat, oseng tempe, dan oseng jamur. Menu khas angkringan tetap tersedia, seperti sate telur puyuh, sate keong, sate usus ayam, dan sate kulit, serta aneka gorengan.

3. Angkringan Prasmanan Kang Harjo

Angkringan Kang Harjo - Wijilan
Angkringan Kang Harjo – Wijilan. Sumber foto: https://www.foody.id/photo/detail/155354

Variasi menu di angkringan Kang Harjo
Variasi menu di angkringan Kang Harjo. Sumber foto: http://www.fooddiscoverer.com

Lauk pauk di Angkringan Kang Harjo
Lauk pauk di Angkringan Kang Harjo. Sumber foto: http://www.fooddiscoverer.com

Angkringan enak di Yogya berikutnya adalah angkringan Kang Harjo yang berada di Jalan Wijilan. Banyak juga yang menyebutnya angkringan wijilan. Tempat ini banyak didatangi pengunjung karena menyediakan variasi makanan lebih banyak. Aneka makanan berat dan makanan ringan disajikan di atas meja besar. Para pengunjung bisa dengan leluasa mengambil sendiri makanan yang diinginkannya. Rasanya enak-enak dan harganya murah-murah.

Saat memasuki angkringan ini, kita bisa langsung melihat aneka makanan berjejer rapi di meja panjang prasmanan. Untuk makanan berat, tersedia 50 lauk pauk dan 24 macam sayur. Utnuk minuman, tersedia minuman spesial teh poci gula batu, wedang jahe gula batu, wedang uwuh, serta susu tape ketan.

Datang ke sini bisa dengan rombongan karena kapasitasnya lumayan besar. Ada saung lesehan di lantai dua yang siap menampung pengunjung di kala ramai.

4. Angkringan Pendopo Ndalem

Pendopo Ndalem: Angkringan Versi Classy
Pendopo Ndalem: Angkringan Versi Classy. Sumber foto: https://gudeg.net/direktori/4769/angkringan-pendopo-ndalem.html#prettyPhoto

Suasana di Angkringan Pendopo Ndalem
Suasana di Angkringan Pendopo Ndalem. Sumber foto: http://tulisanaris.blogspot.co.id

Aneka makanan di Pendopo Ndalem
Aneka makanan di Pendopo Ndalem. Sumber foto: http://andikaawan.blogspot.co.id/2011/10/

Ingin menikmati makanan khas angkringan di tempat yang lebih nyaman ala bangsawan? Angkringan Pendopo Ndalem tempatnya. Pendopo Ndalem sebenarnya lebih mirip restoran dari pada angkringan. Dulu, tempat ini sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya berbagai komunitas Yogya. Karena diprakarsai oleh Jogja Automotive Community (JAC), angkringan ini sering juga disebut angkringan JAC.

Angkringan ini bertempat di pendopo khas bangsawan Yogya. Desain interiornya dibuat dengan ornamen Jawa yang kental. Mulai dari bentuk bangunan, lampu, furnitur, dan hiasan lainnya merupakan khas Yogyakarta. Warna coklat kayu jati dan motif batik, mendominasi di sini. Membuat pengunjung serasa berada di keraton.

Pilihan makanan khas Yogya di angkringan pun lebih lengkap. Selain nasi kucing dan aneka sate khas angkringan, di sini tersedia juga wedang unik dan aneka jajanan pasar khas Yogya yang sudah jarang ditemui. Untuk makanan berat ada nasi pecel, sayur brongkos, bakmi jawa, garang asem, dan aneka sate khas angkringan. Untuk jajanan ada kipo, semar mendem, moto kebo, puding tape ketan, clorot, dan masih banyak lagi.

Untuk minuman ada wedang jahe, wedang uwuh, wedang temulawak, wedang junir asem, teh rempah, serta wedang unik yaitu wedang leser dan wedang gasu. Dikatakan unik karena terbuat dari rempah-rempah yang mugkin kurang lazim digunakan sebagai minuman bagi masyarakat di luar Yogya. Wedang leser dibuat dari campuran jeruk nipis dan serai. Sedangkan wedang gasu diracik dari aneka rempah alami, yaitu susu, jahe, kayu manis, serai, bunga cengkeh, dan gula merah.

Jadi Klikers mau berkunjung ke angringan enak di Yogya yang mana nih?