Batu Caves, Wisata Terkenal di Selangor – Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara tetangga yang secara geografis paling dekat dengan Indonesia. Negara ini pula menjadi salah satu negara yang banyak dituju wisatawan Indonesia untuk liburan. Saat ini memang banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promo tiket murah ke negeri jiran. Kemiripan budaya serta bahasa juga membuat Malaysia memang jadi destinasi wisata yang ramah bagi orang Indonesia, dan didukung pula dengan banyaknya pilihan destinasi wisata. Anda yang datang ke Malaysia juga dapat menikmati berbagai wisata gratis. Salah satu wisata gratis di Malaysia yang sayang untuk dilewatkan adalah Batu Caves.

batu caves malaysia
Batu Caves Malaysia

Terletak sekitar 13 km dari Kuala Lumpur, tepatnya di Selangor, Batu Caves merupakan gua bukit kapur yang menjadi lokasi kuil Hindu populer di luar India yang didedikasikan untuk Dewa Murugan. Selain menjadi tempat ibadah umat Hindu di Malaysia, kuil ini juga berkembang sebagai objek wisata. Keindahan alamnya sendiri menjadi daya darik tempat ini. Pelatarannya menjadi tempat hinggap banyak burung dara. Di sini pun terdapat patung emas Dewa Murugan (Lord Murugan), yang dinobatkan sebagai patung Dewa Hindu terbesar di dunia.

batu caves
Pelataran Batu Caves

Patung tersebut menjulang hingga 43 meter tingginya. Wajar saja bila banyak orang dari berbagai negara datang ke Batu Caves. Mungkin salah satu alasannya karena ingin melihat megahnya patung emas raksasa tersebut. Kala cuaca cerah, cahaya matahari yang menimpa lapisan emasnya membuat patung tersebut menjadi lebih berkilau sehingga makin cantik tampilannya. Di pelataran sekitar patung, banyak orang yang mengabadikan potret bersama sang dewa. Tempatnya sungguh photoable, apalagi kalau beruntung bisa berfoto dikerumuni burung dara.

batu caves malaysia
Anak tangga menuju Batu Caves

Kawasan utama Batu Caves berada di ketinggian kurang lebih 100 meter dari permukaan laut. Lokasinya tepat di belakang patung Dewa Murugan. Di sana terdapat tiga gua utama dan beberapa gua kecil di sekitarnya. Gua utama di Batu Caves dikenal dengan nama Temple Cave Cathedral Cave. Untuk bisa masuk ke sana, kita harus menaiki 272 anak tangga. Capek memang, tapi semua itu tidak akan sia-sia. Ketika berhasil mencapai anak tangga paling atas, akan tampak pemandangan Kuala Lumpur dari kejauhan.

Batu Caves Malaysia
Pintu masuk gua di Batu Caves

batu caves malaysia
City view dari Batu Caves

Suasana di dalam gua memiliki daya tarik tersendiri, terlebih bagi penyuka wisata alam. Pemandangan aneka bentuk batuan kapur yang menggantung begitu cantik di dalam Batu Caves pastinya akan membuat takjub. Di berbagai sudut gua juga terdapat patung dewa-dewi yang menjadi ciri khas Hindu. Jika menatap ke atas, Anda akan melihat lubang terbuka yang menjadi sumber cahaya. Akan terlihat pula rerimbunan pohon yang semakin melengkapi keindahan Batu Caves. Bagi yang suka wisata sejarah, tentunya bisa lebih tahu tentang kehidupan warga India-Malaysia, yang menjadi minoritas di negeri jiran.

batu caves malaysia
Suasana dalam gua di Batu Caves

Kegiatan ibadah umat Hindu Malaysia di Batu Caves juga menjadi daya darik tersendiri bagi turis yang berkunjung. Tempat ini pun menjadi pusat diadakannya festival Thaipusam, yaitu perayaan Hindu yang didedikasikan untuk Dewa Murugan, yang biasanya diadakan bulan Februari. Perayaan ini konon kerap diisi oleh atraksi-atraksi seram. Saat perayaan ini digelar, Batu Caves menjadi lautan manusia karena banyak turis berdatangan untuk melihat semaraknya perayaan.

Lokasi Batu Caves memang cukup jauh dari pusat Kuala Lumpur. Tapi, aksesnya gampak kok! Tinggal naik KTM Komuter dari KL Sentral tujuan Batu Caves. Anda nantinya turun di Stesen Komuter Batu Caves. Dari stesen, tinggal jalan kaki beberapa ratus meter saja. Kalau ke Malaysia, catat Batu Caves dalam daftar perjalanan Anda ya!