GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

Berwisata di 5 Kebun Bunga di Indonesia

Kebun bunga memberikan pemandangan indah yang tak kita temui di tempat lain. Wanita dan pecinta foto biasanya akan senang datang ke perkebunan bunga. Tak perlu repot pergi ke luar negeri, di Indonesia ternyata banyak terdapat kebun dan taman bunga yang layak dikunjungi. Berikut ini 5 pertanian bunga di Indonesia.

1. Setiya Aji Flower Farm, Semarang

Tempat selfie yang sedang hits di Semarang
Tempat selfie yang sedang hits di Semarang. Sumber foto: Instagram @setiya_aji_flower_farm

Akan lebih menyenangkan jika pergi bersama pasangan atau teman di pagi hari.
Akan lebih menyenangkan jika pergi bersama pasangan atau teman. Sumber foto: Instagram @setiya_aji_flower_farm

Road maps kebun bunga Setiya Aji Flower Farm
Road maps kebun bunga Setiya Aji Flower Farm. Sumber foto: Istagram

Setiya Aji Flower Farm merupakan taman bunga yang wajib didatangi bagi yang sedang berwisata di kota Semarang. Taman bunga ini sudah berdiri sejak 20 tahun lalu berawal dari kelompok tani Sri Rejeki. Pemerintah kemudian memberikan dana kepada kelompok tani ini sampai akhirnya bisa membangun Setiya Aji Flower Farm di Desa Jetis, Bandungan, Semarang. Tiket masuk ke tempat ini cukup murah yaitu Rp. 7.500 per orang.

Tempat ini buka dari pagi sampai sore. Akan lebih menyenangkan jika pergi bersama pasangan atau teman. Bunga-bunga di taman ini sudah tertata rapi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Selain taman bunga yang indah terdapat fasilitas umum yang dapat digunakan seperti tempat parkir, tempat ibadah, warung, toilet, serta jasa foto.

Bagi wisatawan dari luar kota yang ingin menjelajah kota Semarang maka bisa menginap di hotel dekat Setiya Aji Flower Farm. Terdapat banyak hotel dengan harga bersaing yang terletak di kawasan ini.

2. Wisata 1.000 Bunga di Desa Sidomulyo Kota Batu Malang

Wisata petik bunga Gumur
Wisata petik bunga Gumur

Wisata Petik Bunga Mawar GUMUR
Kota Batu. Sumber foto: liburananak.com

Kota Batu di Jawa Timur memang dikenal sebagai tujuan wisata. Di sini dibangun beragam obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan luar kota. Jika selama ini kita mengenal Jatim Park sebagai obyek wisata andalan Kota Batu, maka tak ada salahnya untuk melirik tempat wisata lain yaitu Desa Bunga di Desa Sidomulyo. Desa yang terletak di lereng Gunung Arjuna ini memiliki berbagai jenis bunga yang tumbuh di sepanjang desa.

Baca Juga:  Mau Ikutan Trend Melayang di Langit? Ini Wisata Adrenalin di Bandung

Saat berkunjung ke Desa Sidomulyo ini kita akan menemukan kebun-kebun bunga beraneka ragam yang dimiliki oleh warga sekitar. Meskipun milik warga namun keindahannya juga tak kalah dari taman bunga yang ditata khusus. Selain menyaksikan pemandangan di kebun bunga, pengunjung bisa mampir di Pasar Bunga Sekar Mulyo. Di sana kita dapat membeli beragam bunga mulai dari bunga mawar, anggrek, krisan, lavender, sakura, cemara, beringin putih, dan bibit tanaman buah seperti jambu, sirsak, jeruk, dan lain-lain.

Selain wisata bunga, ternyata ada juga wisata petik apel yang bernama Wisata Petik Apel Agro Rakyat. Kita dapat membayar tiket Rp. 25.000 per orang untuk bisa masuk dan memetik apel. Tak berhenti sampai di apel saja, ada juga lokasi tubing di aliran Sungai Brantas yang juga masih ada di kawasan Desa Sidomulyo.

3. Rumah Bunga Rizal, Lembang

Rumah Bunga Rizal, Maribaya Lembang
Rumah Bunga Rizal, Maribaya Lembang. Sumber foto: rumahbunga-rizal.com

Kaktus, komoditas pertama yang Rumah Bunga Rizal budidayakan
Kaktus, komoditas pertama yang Rumah Bunga Rizal budidayakan. Sumber foto: agribisniswannabe.blogspot.co.id

Rumah Bunga Rizal tampak berbeda dari kebun atau pasar bunga lainnya karena di sini bunga yang ditampilkan berupa kaktus. Hamparan kaktus kecil dalam wadah pot mini tampak tak kalah menawan dari hamparan bunga warna-warni. Terdapat kebun kaktus dan succulent yang cukup luas. Harga tanaman kecil tersebut pun juga cukup murah berkisar antara Rp. 5.000 sampai Rp. 15.000. Pembeli bisa memilih untuk dikemas dalam dus atau tabung plastik. Jika ingin menggunakan tabung plastik maka bisa membayar lagi sebesar Rp. 10.000.

Kaktus yang dibudidayakan di tempat ini sangat beragam. Ada kaktus yang memiliki harga yang cukup mahal. Pengunjung juga bisa ke Taman Begonia yang terletak di sebelah Rumah Bunga Rizal. Taman bunga tersebut bisa menjadi tempat yang cocok untuk fotografi.

Baca Juga:  Lima Restoran Bergaya Container Asyik Buat Makan dan Nongkrong

4. Chrysanthemum Village Travel Clapar, Semarang

Wisata Kampung Krisan Gemah Ripah
Wisata Kampung Krisan Gemah Ripah

Chrysanthemum Village Travel Clapar atau Wisata Kampung Krisan Gemah Ripah merupakan kebun bunga krisan yang berada di daerah Bandungan, Semarang. Pengunjung bisa masuk ke dalam dengan membayar Rp. 10.000. Bunga krisan berwarna-warni memberikan pemandangan yang indah dan cocok untuk spot foto. Letaknya sendiri tak jauh dari kompleks Candi Gedong Songo dan baru dibuka untuk umum pada 6 November 2016.

Di Kampung Krisan ini terdapat setidaknya tiga perkebunan bunga kirsan yang dapat dinikmati oleh umum. Pengelolanya adalah beberapa kelompok tani yang ada di daerah tersebut. Para pengunjung dapat berfoto dengan bebas namun jangan sampai merusaknya. Tak diizinkan untuk memetik bunga di tempat ini. Pengunjung bisa datang mulai pagi sampai sore hari. Jika membawa rombongan ada baiknya menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu untuk mengatur akses kendaraan.

5. Inkarla Nursery

 Wisata Argo Inkarla
Wisata Argo Inkarla. Sumber foto: liburananak.com

Inkarla Nursery atau Wisata Argo Inkarla terletak di kawasan Cibodas. Memiliki konsep penginapan serta nuansa taman bunga, tempat ini bisa menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan dari luar kota. Pengunjung bisa memilih paket wisata sehari jika tidak ingin berlama di sana. Ada berbagai fasilitas penunjang yang akan membuat wisatawan betah berada di sini. Fasilitas yang didapat antara lain wisata perkebunan, bilyard, kolam renang indoor, pingpong, dan rumah pohon. Tersedia juga fasilitas ruang pertemuan dan ruang makan.

Menikmati indahnya bunga di tempat ini bisa dengan bersantai-santai melihat indahnya pemandangan alam dari Gunung Gede dan Pangrango. Bunga yang terdapat di kebun sangat beragam mulai dari greanium, krisan, anggrek, mawar, ataupun bunga potong. Pengelola Wisata Agro Inkarla juga menerima pesanan bunga hias serta bunga untuk dekorasi.

Baca Juga:  5 Spot Foto Keren di Floating Market Lembang

Bagi yang ingin menginap terdapat beberapa pilihan mulai dari kamar, villa, serta apartemen. Fasilitas yang ditawarkan untuk tipe villa sudah sangat lengkap sehingga cocok untuk tempat menginap keluarga.

Facebook Comment

Related Post