Brew n Chew, Menikmati Kuliner Nusantara dan Secangkir Kopi Armor

Brew n Chew

Bicara soal kuliner Bandung, beberapa waktu yang lalu – yah, katakanlah beberapa tahun yang lalu – rasanya cafe-cafe hanya terpusat di daerah seputaran Bandung Utara dan sekitarnya. Tetapi, usaha kuliner Bandung terus tumbuh. Cafe/resto bermunculan di mana-mana dan mulai merambahi area-area Bandung yang dulunya bukan daerah wisata – katakanlah seperti daerah Bandung Timur dan Bandung Selatan. Nah, warga Bandung Timur kini boleh bergembira karena ada satu lagi cafe baru yang buka di daerah ini. Cafe tersebut adalah Brew n Chew.

Brew n Chew yang buka pada awal Januari 2017 ini terletak di Jl Sukabumi No 53, Bandung. Buat Anda yang agak-agak “gelap” di manakah itu Jl Sukabumi, Jl Sukabumi ini berlokasi tak jauh dari Jl Laswi (menuju Gatot Subroto). Brew n Chew ini posisinya persis di pinggir jalan besar dengan lahan parkir yang cukup memadai. Brew n Chew ini memiliki desain arsitektur yang artistik. Bangunannya yang terdiri dari tiga lantai ini memiliki desain serupa rumah kaca dengan dominasi warna putih. Cantik dan instagrammable. Area Brew n Chew ini memang cukup luas. Mereka juga memiliki private room/VIP room. Bagi para penggemar foto OOTD, cafe ini juga memiliki cukup banyak spot untuk foto OOTD.

Ada Armor Kopi di Brew n Chew

Dari namanya, kita pasti bisa langsung menebak bahwa salah satu menu yang diandalkan Brew n Chew ini adalah kopi. Bagi Anda para pencinta kopi, pasti sudah hafal dengan Armor Kopi. Armor Kopi ini menjadi terkenal saat mereka buka di Tahura. Nah, walaupun sekarang Armor Kopi di Tahura sudah tidak ada, kita tak perlu bersedih hati karena sudah ada beberapa cabang lainnya di Kota Bandung ini. Salah satunya dapat kita jumpai di Brew n Chew. Memang Brew n Chew ini masih satu group dengan Armor Kopi. Saya pribadi sangat doyan dengan kopinya Armor. Mantap!

(Baca juga: Makan, Minum, Nongkrong di Two M Cafe)

Sementara untuk pilihan menu, Brew n Chew ini memiliki banyak pilihan menu. Menu utamanya sendiri kebanyakan adalah menu indonesia dan hanya beberapa menu western. Saya rasa ini jadi nilai lebih untuk cafe ini. Di antara sekian banyaknya cafe di Bandung yang menawarkan menu utama western, Brew n Chew hadir dengan banyak pilihan menu indonesia. Untuk Anda yang doyan ngemil cantik, mereka juga menyediakan menu lite bites seperti tahu cabe garam, money bag, tjireng bumbu rujak, dan lainnya. Lalu ada juga beberapa menu dessert dan minuman non kafein.

Nasi Iga Garang Asam

Untuk pilihan menu makanan beratnya, saya memilih untuk mencicipi Nasi Iga Garang Asam. Nasi iga garang asam di Brew n Chew ini disajikan bersama nasi putih, setengah butir telur asin, dan emping. Saya doyan dengan citarasa garang asamnya yang manis spicy. Citarasanya mengingatkan saya pada semur pedas. (Walaupun menurut teman saya, garang asam yang sesungguhnya aslinya memiliki rasa yang lebih masam). Potongan-potongan daging iganya disajikan cukup banyak, tekstur dagingnya pun empuk. Sesuap nasi putih yang pulen dengan daging iga dan kuah garang asam ini terasa makin sedap saat ditambahkan dengan telur asin. Yummy!

Tahu Cabe Garam

Untuk lite bitesnya, saya juga sempat mencomot tahu cabe garam. Tahu cabe garam ini disajikan juga bersama cocolan kecap pedas. Citarasanya pedasnya cukup untuk membuat saya kepedesan. Tapi, rasa gurih nikmatnya juga membuat saya ketagihan. Nggak bisa berhenti nyomot, apalagi menyantapnya sembari ngobrol seru dengan teman-teman.

Creme Brulee

Sementara untuk dessertnya, saya memilih untuk mencicipi Crème Brulee. Hihihi, ini dessert favorit saya. Crème Brulee-nya disajikan dengan sepotong buah strawberry dan kayu manis. Teksturnya sendiri menurut saya kurang padat-lembut, mungkin hanya masalah teknis saat pengolahannya saja. Untuk rasanya sendiri sih saya doyan.

membuat kopi dengan teknik manual

Nah, apalah artinya berada di cafe yang memiliki Armor Bar di dalamnya jika saya lalu tidak mencicipi kopi? Memesan secangkir kopi dari Armor Bar selalu terasa unik karena pengolahannya dilakukan secara manual (tanpa espresso machine). Jika Anda berpikir bahwa membuat secangkir cappuccino membutuhkan espresso machine, maka Anda wajib nongkrong di depan bar mereka untuk melihat bagaimana secangkir cappuccino bisa diracik manual. Di Armor Bar ini juga dipajang aneka biji kopi dari berbagai daerah. Biji-biji kopi ini adalah sample dan kita boleh untuk mencium harumnya (dan bahkan boleh juga jika mau mencoba bijinya).

Creme Brulee by Armor Kopi

Walaupun siang itu cuaca terasa agak gerah, tapi saya sedang ingin crème brulee (padahal sudah makan dessert crème brulee). Bagian paling menarik dari menonton proses peracikan crème brulee ini adalah saat sang barista membakar lapisan brown sugar dengan obor. Wuih, apinya sampai menyala! Sayang tak sempat tertangkap kamera saya. Crème brulee-nya sudah pasti terasa nikmat.

Overall, saya suka dengan Brew n Chew ini. Pelayanannya memuaskan, makanannya sedap dan kopinya nikmat. Tempatnya juga cantik dan nyaman untuk duduk berlama-lama. Brew n Chew ini rasa-rasanya akan menjadi spot favorit daerah Bandung Timur. Cafe ini juga bisa menjadi alternatif wisata kuliner untuk Anda yang mungkin bosan ngafe di daerah Bandung Utara. Dari Cafe Brew n Chew ini, Anda juga hanya perlu berkendara sejauh 2 km (sekitar 10 menit) untuk mencapai Trans Studio Mall