Mencicipi Sehatnya Minuman di 3 Cafe Jamu Ini Yuk!

Cafe Jamu di Jakarta
Cafe Jamu di Jakarta. Sumber foto: tribunnews.com

Banyaknya cafe-cafe yang menghidangkan kopi dan susu merupakan hal biasa. Namun bagaimana kalau ada cafe jamu, yang menyediakan jamu sebagai minuman utamanya? Jamu yang di kalangan anak muda dianggap kuno dan tradisional.

Kini, anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena jamu tradisional saat ini sudah banyak berkembang baik secara pengemasan maupun pemasaran. Jika selama ini kita mengenal jamu dengan cara dijajakan oleh Ibu-ibu memakai kain gendongan di bakul, kini para pengusaha kreatif mengangkat nama jamu tradisional dengan cara membuka cafe jamu. Cafe jamu seperti namanya menyediakan berbagai jenis jamu tradisional yang dapat membuat tubuh fit kembali setelah beragam aktifitas.

Adanya cafe ini, membuat daya jual jamu semakin berkelas. Kini, jamu tidak hanya menarik para orangtua sebagai konsumennya, namun juga para anak muda kini menyukai jamu. Ini disebabkan bermunculannya cafe yang menawarkan jamu yang kelihatan moderen di luar, namun menyuguhkan jamu tradisional yang menyehatkan badan. Sehingga dengan tampilan moderen dalam penyajian jamu, anak muda juga kini semakin menyukai jamu.

Berikut daftar cafe jamu di Jakarta yang patut Anda coba sebagai referensi untuk menikmati jamu yang menyegarkan badan.

1. Kedai Bukti Mentjos

Kedai Jamu Anak Muda: Bukti Mentjos, Salemba
Kedai Jamu Anak Muda: Bukti Mentjos, Salemba. Sumber foto: http://manual.co.id

Jamu di kedai Bukti Mentjos yang akan disajikan dengan jahe untuk mengurangi pahit
Jamu di kedai Bukti Mentjos yang akan disajikan dengan jahe untuk mengurangi pahit. Sumber foto: http://www.bbc.com

Kedai ini sudah berdiri sejak tahun seribu sembilan ratus lima puluhan dan menawarkan  kurang lebih 60  jenis jamu. Kedai yang terdapat di Jalan Salemba Tengah, Jakarta Pusat ini selalu ramai pengunjung. Orang datang dan pergi begitu saja dan digantikan lagi dengan pengunjung lain yang datang. Konsumennya pun dari beragam kalangan, bukan hanya para orangtua namun juga para remaja menikmati jamu di kedai bukti mentjos ini.

Horatius Romuli adalah generasi ketiga pendiri Kedai Bukti Mentjos akan selalu siap sedia melayani konsumen yang datang. Kebanyakan konsumen selalu mengeluh tentang penyakit yang mereka alami dan Horatius akan memberikan jamu yang sesuai dengan penyakit pasien tersebut. Karena keramahan dan kesediaan mendengarkan, Kedai Bukti Mentjos ini memiliki banyak pelanggan. Daya tampung restoran kira-kira lima puluh kursi dan orang berlalu-lalang dengan cepat.

Kedai Bukti Mentjos juga menyediakan bubur kacang hijau, wedang ronde dan jenis makanan dan minuman lainnya yang cocok dipadukan dengan jamu. Harga jamu di cafe ini juga bervariasi. Ada yang Rp. 20.000 untuk jamu biasa, ada Rp.26.000 untuk jamu ditambah dengan telur, jika jamu ditambahkan dengan ginseng Rp. 32.000. Pengunjung juga bisa mendapatkan jamu dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp.15.000 untuk jamu yang dikemas (dalam bungkusan).

Silakan berkunjung ke kedai Bukti Mentjos dan rasakan tubuh yang semakin sehat dengan mencicipi jamu tradisional.

Alamat Kedai Bukti Mentjos
Jl. Salemba Tengah No.54, RT.1/RW.7, Paseban, Senen, Jakarta Pusat, 10440

2. Suwe Ora Jamu

Kedai Suwe Ora Jamu, Jakarta Selatan
Kedai Suwe Ora Jamu, Jakarta Selatan. Sumber foto:http://www.jenzcorner.net

Macam-macam Jamu di Kedai Suwe Ora Jamu
Macam-macam Jamu di Kedai Suwe Ora Jamu. Sumber foto: http://urbanouteaters.com

Jamu Beras Kencur
Jamu Beras Kencur. Sumber foto: http://urbanouteaters.com

Kedai Suwe Ora Jamu lahir dengan cara yang unik. Saat itu Uwi dan istrinya ingin menikmati jamu. Namun dalam perjalanan dari Salemba ke Jakarta Selatan, mereka tidak menemukan jamu. Sehingga mereka meraciknya sendiri untuk menyegarkan badan setelah perjalanan jauh.

Nah, dari sinilah ide bisnis itu datang. Karena ketiadaan jamu yang mereka inginkan, akhirnya Uwi dan istri membukai kedai Suwe Ora Jamu yang menyajikan jamu sebagai minuman utamanya.  Kedai yang beralamat di Jalan Petotogan Jakarta Selatan ini memiliki interior yang vintage dan tentu saja menarik hati para pelanggan. Selain itu, cafe suwe ora jamu menyediakan beragam jenis jamu seperti, jamu linu, jamu khusus pria dan wanita, jamu kesehatan dan lain sebagainya. Jamu yang menjadi brand utama di suwe ora jamu adalah jamu Iboe yang telah menjadi brand di Surabaya semenjak tahun 1910.  Jamu Iboe ini juga amat digemari oleh pelanggan. Harga jamu di cafe ini berkisar antara Rp.12.000-Rp.35.000.

Sekali datang ke Cafe Suwe Ora Jamu, akan merasakan nyaman, lebih sehat, dan ketagihan untuk berkunjung kembali. Suwe Ora Jamu menunggu Anda datang dan menikmati segelas jamu yang dapat menyegarkan badan dan pikiran.

Alamat Suwe Ora Jamu
Jl. Petogogan I No.28 B, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

3. Kafe Miss B. Djajanan Djamoe Djoes

Miss B Djadjanan-Djamoe-Djoes di Lebak Bulus, Jakarta
Miss B Djadjanan-Djamoe-Djoes di Lebak Bulus, Jakarta. Sumber foto: https://id.openrice.com

Jamu di Miss B Djadjanan-Djamoe-Djoes
Jamu di Miss B Djadjanan-Djamoe-Djoes. Sumber foto: https://id.openrice.com

Kafe ini berlokasi di Lebak Bulus Jakarta Selatan, memiliki visi untuk mengajak anak muda memiliki tubuh yang sehat dengan rutin minum jamu. Diharapkan dengan rutin minum jamu, generasi muda akan lebih menghargai kesehatannya dan juga lebih peduli terhadap jamu tradisional untuk menjaga kesehatan mereka.

Kafe Miss B. Djajanan Djamoe Djoes berdiri sejak tahun 2012, memiliki interior yang nyaman, motif batik klasik menghiasi ruangan. Benar-benar khas Indonesia. Selain mengajak anak muda lebih sehat dengan minum jamu, Kafe ini juga menumbuhkan rasa nasionalisme pada jiwa anak muda, untuk menghargai rempah-rempah khas Indonesia serta batik yang memang warisan turun-temurun nenek moyang Indonesia.

Kafe Miss B. Djajanan Djamoe Djoes ini menyediakan variasi olahan jamu yang disajikan modren, seperti wedang jahe, jamu kunyit asam, jamu beras kencur dan sebagainya. Tentu saja, jamu-jamu ini tidak menggunakan bahan pengawet tambahan. Jamu-jamu ini dibuat dari tumbuhan alami, sehingga baik untuk tubuh.

Bagi kamu anak muda yang masih sulit untuk minum jamu, kafe ini menyediakan berbagai pilihan minuman seperti Love Drama Smoothie, yang cocok sebagai pelega tenggorokan, karena diolah dari potongan buah mangga dan stroberi. Selain itu terdapat juga jus jeruk, kopi, dan aneka es campur.

Untuk makanan, kafe Miss B. Djajanan Djamoe Djoes menyediakan singkong goreng, pisang goreng, spaghetti, empek-empek dari ikan tenggiri yang lezat serta bakso sehat. Semua dapat dinikmati  di kafe ini.

Keistimewaan kafe Miss B. Djajanan Jamoe Djoes ini selain menyajikan jamu tradisional juga menyajikan makanan camilan. Itulah alasan mengapa selama ini kafe ini menjadi tempat favorit anak muda untuk nongkrong.

Alamat Kafe Miss B. Djajanan Djamoe Djoes
Jl. Karang Tengah Raya No.9W, RT.7/RW.6, Lb. Bulus, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 16515

Tiga cafe jamu di atas kiranya bisa jadi referensi untuk Anda yang ingin menghilangkan penat sejenak dengan menikmati secangkir jamu di Jakarta. Silahkan berkunjung di salah satu cafe yang Anda sukai.