GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

7 Camping Ground di Jawa Barat yang Ramah Keluarga

Kulineran, wisata ke theme park modern, atau belanja ke mall, adalah beberapa kebiasaan liburan di zaman sekarang. Bicara soal liburan, pernahkah Anda sesekali mengagendakan camping keluarga? Banyak keindahan alam yang bisa Anda nikmati selama liburan. Salah satu cara menikmatinya adalah dengan berkemah. Setelah beberapa waktu lalu Klikhotel membahas tentang lokasi glamping di Bandung, sekarang mari lanjutkan petualangan kembali ke alam dengan atmosfir yang lebih menantang tanpa fasilitas ekslusif tapi tetap aman dan nyaman untuk keluarga, yaitu di camping ground. Camping juga bisa menjadi salah satu cara mendekatkan si kecil dengan alam dan biayanya juga pasti lebih murah. Tak hanya Bandung, kota lainnya di Jawa Barat juga memiliki camping ground yang ideal sebagai tempat camping keluarga. Berikut 7 camping ground di Jawa Barat yang ramah keluarga:

1. Ranca Upas, Bandung

Ranca Upas terletak di pusat wisata Ciwidey dekat Kawah Putih, air panas Cimanggu, dan Glamping Lakeside Rancabali. Area perkemahannya cukup luas dan dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun dan cukup tinggi dan terdapat danau buatan. Selain toilet dan mushala, terdapat banyak warung yang menjual makanan dan kayu bakar untuk membuat api unggun karena memang udara di Ranca Upas kalau malam sangat dingin. Tapi, kalau cuaca malam sedang cerah, kita dapat melihat pemandangan milky way yang indah. Ranca Upas ini cukup ramah keluarga karena selain area berkemah dengan fasilitas pendukungnya, ada pula penyewaan alat camping, kolam renang air panas, penangkaran rusa, dan berbagai sarana untuk kegiatan outbound. Anda pun bisa menyusuri kawasan Ranca Upas dengan menyewa sepeda.

camping ground di jawa barat
Ranca Upas (Instagram @rikafauzy)

2. Gunung Puntang, Bandung

Terletak di Banjaran (sekitar 20 km dari pusat kota Bandung), area perkemahan Gunung Puntang cukup populer karena sering dijadikan tempat berbagai kegiatan oleh para pelajar maupun mahasiswa Bandung. Dikeliling pohon pinus, salah satu camping ground di Jawa Barat ini telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung yang lengkap. Mulai dari toilet, mushala, warung, hingga penyewaan tenda. Oleh karenanya, cukup banyak keluarga yang datang dari luar kota yang sengaja datang untuk camping di Gunung Puntang. Di sekitar area perkemahan juga terdapat bekas stasiun radio milik Belanda.

camping ground di jawa barat
Gunung Puntang. Foto: nurulfitri.com

3. Ciwangun Indah Camp (CIC), Bandung

Ciwangun Indah Camp atau CIC menawarkan suasana bumi perkemahan ditengah nuansa sejuk khas pegunungan. Dengan lahan seluas 22 hektar berketinggian 1000 mdpl, kawasan CIC meliputi area hutan pinus, sungai, kebun teh, danau buatan, perbukitan, dan air terjun. Selain itu, CIC juga menyediakan beragam fasilitas outbound, seperti air soft gun, flying fox, dan wall climbing. Cukup aman kalau Anda bawa anak kecil untuk belajar camping. Anda pun bisa berkemah tanpa perlu repot membawa tenda dan peralatan lainnya karena di sini tersedia penyewaan alat camping yang lengkap. Di sini pun terdapat fasilitas seperti toilet dan masjid. CIC beralamat di Jl. Kolonel Masturi Kampung Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung barat. Lokasinya ini cukup dekat dengan objek wisata Curug Tilu Leuwi Opat dan Dusun Bambu.

camping groun di jawa barat
Ciwangun Indah Camp. Foto visitlembang.com

4. Capolaga, Subang

Kawasan wisata Capolaga terletak di perbatasan Lembang dan Subang, tak begitu jauh dari pemandian air panas Sari Ater. Secara administratif, lokasinya berada di Desa Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang. Sama dengan camping ground di Jawa Barat yang telah dibahas di atas, area perkemahan di Capolaga dilengkapi toilet dengan sumber air yang bersih, mushala, warung, dan fasilitas pendukung lainnya. Tapi, ada yang membuat tempat ini beda dengan yang lainnya, yaitu adanya sungai dan 3 air terjun. Air terjun tersebut adalah Curug Karembong, Curug Sawer dan Curug Goa Badag. Selain menikmati air terjun, Anda juga bisa melakukan tea walking.

camping ground di bandung
Capolaga. Foto: awibowo325.wordpress.com

5. Sukamantri, Bogor

Bumi Perkemahan Sukamantri termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, yang tepatnya berlokasi di Ciapus, Bogor. Berada di ketinggian 800 mdpl, camping ground di Jawa Barat ini berudara sejuk tapi dinginnya tak sampai menusuk tulang. Jadi, cukup nyaman kalau Anda camping bersama anak-anak. Meski camping ground di Jawa Barat ini tak begitu populer, di sini sudah tersedia toilet dengan aliran air dari gunung yang melimpah, mushala, dan warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Tak jauh dari camping ground juga terdapat air terjun. Anda bisa menyewa guide di warung-warung dekat camping ground jika ingin trekking ke sana. Penyewaan tenda dan peralatan camping lainnya juga tersedia.

camping ground di bandung
Buper Sukamantri. Foto: IG @rizkiapradnya

6. Gunung Pancar, Bogor

Berlokasi di kawasan Sentul, Bogor, banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan di Gunung Pancar, termasuk berkemah. Area perkemahannya ditata begitu apik dan dilengkapi fasilitas toilet yang bersih, warung, hingga penerangan dan colokan listrik. Tentunya fasiltas ini sangat sangat mendukung kalau Anda camping bersama anak-anak, apalagi lokasinya juga mudah dijangkau dari Jakarta. Area perkemahannya juga dikelilingi pohon pinus yang bisa dimanfaatkan untuk hammocking. Selain bumi perkemahan, di kawasan Gunung Pancar juga terdapat objek wisata pemandian air panas.

camping ground di jawa barat
Buper Gn. Pancar. Foto: IG @gunungpancar

7. Pondok Halimun, Sukabumi

Jika bosan dengan suasana Jakarta, Bandung, atau Bogor, coba arahkan kendaraan Anda ke arah Sukabumi. Untuk camping keluarga, salah satu tempat yang bisa dituju adalah Pondok Halimun yang terletak di kaki gunung Gede Pangrango, tepatnya di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sudajaya Girang, Kec. Sukabumi, Kab. Sukabumi. Bumi perkemahan ini dilewati aliran sungai Cipelang, yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan selama camping di sana. Selain toilet, terdapat area parkir kendaraan yang cukup luas lengkap dengan deretan warung-warung kecil yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Selain berkemah, para orangtua juga bisa mengajak si kecil untuk agrowisata, mulai dari menyusuri kebun teh hingga area perkebunan sayur yang dikelola penduduk setempat.

camping ground di jawa barat
Pondok Halimun. Foto: IG @kiekiesukabumi

Facebook Comment

Related Post

One Comment

  • […] Untuk yang liburan keluarga, camping di gunung mungkin dirasa merepotkan. Tapi tak usah khawatir, karena di sekitar Bandung juga ada beberapa camping ground yang ramah keluarga sehingga tetap aman untuk anak kecil. Misalnya, Ranca Upas di Ciwidey dan Ciwangun Indah Camp yang lokasinya cukup dekat dengan Lembang [Baca: 7 Camping Ground di Jawa Barat yang Ramah Keluarga]. […]

Comments are closed.

Read previous post:
Serunya Makan Seblak dan Nge-dessert di Greenteaholic

Entah apa korelasinya antara dessert dengan perempuan, tapi rata-rata perempuan umumnya menggemari dessert (es krim dan kawan-kawannya). Kami kaum hawa...

Close