Candi Prambanan Dibangun Dalam Semalam?

IMG_1283Sore itu, matahari perlahan telah condong ke Barat. Hari itu cuacanya cerah dan setelah kepanasan dan berpeluh sepanjang hari, hembusan angin sore sungguh terasa menyejukkan. Saya pun duduk untuk melepas lelah. Saat saya menengadah, Candi Prambanan tampak megah menjulang seolah ingin menggapai langit. Perasaan kagum pun menyerang. Saya tidak habis pikir. Berabad-abad yang lalu, bagaimana caranya membangun candi ini? Dengan tinggi bangunan 47 meter (lebih tinggi dari Candi Borobudur), arsitektur yang indah, dan reliefnya yang begitu natural, saya setuju bila Candi Prambanan disebut sebagai candi Hindu tercantik di dunia.

loro jonggrang
Loro Jonggrang

Menarik bahwa hingga kini masih menjadi misteri bagaimana Candi Prambanan ini dibangun. Tidak ada catatan resmi tentang pembangunan Candi Prambanan. Kita lebih hafal cerita legenda bahwa Candi Prambanan ini dibangun dalam waktu satu malam oleh Bandung Bondowoso dengan bantuan para jin. Usaha Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 candi sebagai syarat dari Loro Jonggrang untuk menikahinya ini gagal karena Loro Jonggrang meminta para gadis untuk menumbuk alu sehingga ayam jantan berkokok dan para jin kabur ketakutan mengira hari telah pagi. Bandung Bondowoso yang marah lalu mengutuk Loro Jonggrang untuk menjadi candi yang keseribu. Sementara 999 candi lainnya kini dikenal sebagai Candi Sewu (sewu = seribu).

Dari sisi sejarah, Candi Prambanan dibangun antara abad ke-8 dan 10 sebagai tanda kembalinya kejayaan Dinasti Sanjaya setelah selama seabad Dinasti Syailendra yang berkuasa. Maka ada yang menafsirkan bahwa legenda Loro Jonggrang ini mewakilkan peristiwa sejarah perebutan kekuasaan antara Dinasti Syailendra dan Dinasti Sanjaya. Ratu Boko ditafsirkan sebagai Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra, Rakai Pikatan sebagai Bandung Bondowoso dan Pramodhawardhani putri Samaratungga sekaligus istri Rakai Pikatan sebagai Loro Jonggrang.  Saat itu terjadi pertempuran antara Balaputradewa melawan Pramodhawardhani yang dibantu Rakai Pikatan. Akhirnya Rakai Pikatan memenangkan pertempuran itu dan berakhirlah kekuasaan Dinasti Syailendra. Pada masa kejayaannya, Candi Prambanan digunakan sebagai tempat para raja berdoa.

nandi-di-candi-prambanan
nandini

Candi Prambanan ditemukan kembali oleh C.A. Lons pada tahun 1733. Saat itu keadaannya sungguh mengenaskan, bangunannya telah banyak yang runtuh dan tertutup semak belukar. Lalu pada tahun 1885 Jr. JW Yzerman, Dr Groneman dan Th Van Erp mencoba mengumpulkan bagian-bagian candi. Usaha pemugaran candi terus berlanjut hingga akhirnya selesai pada tahun 1982. Candi Prambanan memiliki tiga buah candi utama, yaitu Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu sebagai lambang Trimurti dalam agama Hindu.

shiva temple prambanan indonesia
Candi Siwa

Candi Siwa

Adalah candi terbesar di kompleks Candi Prambanan ini. Bilik utamanya diisi oleh Arca Dewa Siwa atau Mahadewa. Bagian tepi Candi Siwa dibatasi dengan pagar langkan yang dihiasi dengan relief kisah Ramayana yang dapat kita nikmati bila kita ber-pradaksina, yaitu berjalan mengelilingi candi dengan pusat candi berada di sebelah kanan kita. Bilik candi induk yang menghadap ke utara berisi arca Durga, istri Dewa Siwa. Namun, masyarakat juga mengenal arca ini sebagai arca Loro Jonggrang.

Candi Wisnu

Vishnu Statue in Prambanan
Arca Wisnu

Pada candi ini terdapat arca Dewa Wisnu. Pada dindingnya terdapat relief yang berkisah tentang Kresnadipayana yang menggambarkan kisah masa kecil Batara Kresna sebagai penjelmaan Dewa Wisnu dalam membasmi angkara murka yang hendak melanda dunia.

Candi Brahma

Pada candi ini terdapat arca Dewa Brahma dan pada dindingnya terdapat relief lanjutan kisah Ramayana.

Ketiga candi itu menghadap ke timur dan masing-masing memiliki candi pendamping yang menghadap ke barat. Candi pendamping untuk Candi Siwa adalah Nandini (lembu betina), Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Adapun ketiga hewan ini dikenal sebagai kendaraan Dewa Trimurti (ingat patung Garuda Wisnu Kencana?). Selain itu juga terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Bagi Klikers yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Candi Prambanan, kita dapat memasuki museum yang terdapat di dekat kompleks candi. Di museum ini, kita dapat menyaksikan tampilan audio visual yang menyajikan sejarah penemuan candi dan juga tersimpan berbagai batu-batu candi dan berbagai arca yang ditemukan di sekitar lokasi Prambanan.

garuda-prambanan
Garuda

Nah, Apakah Klikers percaya bahwa Candi Prambanan dibangun dalam waktu semalam oleh para jin? Well, saya pribadi lebih percaya bahwa bangsa Indonesia ternyata sudah memiliki kemampuan arsitektur yang tinggi sejak berabad lalu. UNESCO pun telah menetapkan Candi Prambanan sebagai cagar budaya dunia sejak tahun 1991. Sebagai bangsa Indonesia, sudah sepatutnya kita bangga dan turut menjaga kelestarian Candi Prambanan ini. 

By the way, bagi Klikers yang berasal dari luar kota, kini sudah terdapat cukup banyak hotel di daerah Prambanan ini yang dapat menjadi pilihan Klikers untuk menginap. Check this out: http://www.klikhotel.com/indonesia/yogyakarta/lokasi/hotel-dekat-candi-prambanan-yogyakarta.html

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *