Kuliner

Nikmatnya Gudeg Pawon di Tengah Malam

Nikmatnya Gudeg Pawon di Tengah Malam

Kuliner, Kuliner Jogjakarta, Tempat Wisata
“Nanti malam makan gudeg, yuk!” “Yuk! Jam berapa?” “Jam sebelas aja nanti…” “…. -_-“ Eits, tunggu dulu, Klikers! Di Gudeg Pawon, Yogyakarta, kita dapat menikmati lezatnya nasi gudeg di tengah malam. Kedengarannya mungkin sedikit ganjil memang menyantap makanan berat di tengah malam. Namun, bagi Anda yang terbiasa makan malam sekitar pukul 6 sore – 7 malam, pasti sekitar jam 10 malam perut ini mulai keroncongan lagi (Yah, setidaknya saya seperti itu sih… LOL). Bagi para wisatawan, menyantap gudeg di tengah malam pun dapat menjadi pengalaman unik tersendiri. Sepiring nasi putih panas dan gudeg dengan sedikit kuah dan daging ayam atau telur disantap langsung di dapur penjualnya. What? Di dapur? Apa asyiknya menyantap nasi gudeg di dapur? Untuk yang penasaran, mari langkahkan kaki ke Ja
10 Minuman Dingin yang Ngetop di Bandung

10 Minuman Dingin yang Ngetop di Bandung

Kuliner, Kuliner Bandung
Klikers, kayaknya Bandung ini kalau siang hari makin panas aja ya rasanya? Kalau cuaca panas enaknya ngapain, ya? Berenang? Bobo ciang? Hmm… paling enak itu minum minuman dingin, Klikers! Bagi Klikers yang sedang jalan-jalan di Bandung dan kepanasan, nih saya share sepuluh minuman dingin yang ngetop di Bandung. Wah… bikin haus aja, nih nulisnya! Hihihhi…. :D 1. Es Oyen Siapakah yang belum pernah mendengar tentang Es Oyen? Bisa dikatakan es campur yang paling terkenal di Bandung adalah es oyen. Es Oyen yang sudah dijual sejak tahun 1954 awalnya dijajakan berkeliling sebelum kemudian membuka kedai di Jalan Sukajadi. Hingga kini, Es Oyen masih berlokasi di Jalan Sukajadi. Es oyen ini isinya terdiri dari berbagai macam buah-buahan yaitu alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, na
Belanja Asyik: Oleh-oleh Khas Medan

Belanja Asyik: Oleh-oleh Khas Medan

Kuliner, Kuliner Lain, Tempat Wisata, Wisata Belanja
Klikers, apa sih yang tak boleh terlewatkan setiap kali kita berlibur? Beli oleh-oleh dong pastinya. Nah, kalau Anda berkunjung ke Medan, berikut rekomendasi oleh-oleh khas Medan yang wajib Anda beli. Kalaupun enggak dibawa pulang, minimal Anda cicipi selama berada di Medan. Sayang sekali jika sampai terlewatkan. Belum tentu setiap bulan kita berkunjung ke Medan, kan? (Catat: kalimat terakhir ini hanya berlaku bagi mereka yang tidak berdomisili di Sumatra Utara. Lol). 1. Bolu Meranti Ini dia bolu gulung khas kota Medan! Rasanya sangat enak dengan berbagai pilihan rasa. Ada keju, cokelat, strawberry, moka, blueberry, nanas, dan abon. Teksturnya yang lembut dan creamnya yang tebal selalu berhasil membuat saya tak cukup hanya menyantap sepotong. Favorit saya sih ya...
Top 20 Kuliner Kaki Lima Bandung -Part 2

Top 20 Kuliner Kaki Lima Bandung -Part 2

Kuliner, Kuliner Bandung
Hai, Klikers! Setelah bulan lalu saya menulis bagian pertama dari Top 20 Kuliner Kaki Lima di Bandung dan setelah saya berpikir keras top  kuliner kaki lima Bandung apa saja yang layak untuk masuk ke daftar ini… maka kini… *jreng jreng jreng* ijinkan saya mempersembahkan kepada Klikers tercinta: Top 20 Kuliner Kaki Lima Bandung (Part 2) yang pastinya lezat dan kebersihannya terjamin. Yuk, mari kita makan-makan…. ^^ 1. Sate Anggrek Bagi para penggemar sate, Anda dapat mencoba Sate Anggrek. Dinamakan Sate Anggrek karena lokasinya yang terletak di Jalan Anggrek, bersimpangan dengan Jl Riau. Anda pasti akan mudah menemukannya karena asap dari pembakaran sate biasanya tampak mengepul hingga ke jalan. Beberapa menu yang tersedia adalah sate ayam, sate sapi, sate kambing, dan ada juga s
Lezatnya Babi Panggang Lapo Siagian

Lezatnya Babi Panggang Lapo Siagian

Kuliner, Kuliner Bandung
Di akhir pekan ini saya mendapatkan pengalaman kuliner baru. Kebetulan seorang teman mengajak saya makan babi panggang di Lapo Siagian yang beralamat terletak di dekat Telkom Surapati, tepatnya di Jalan H. Hasan No 19A, Bagus Rangin, Bandung. Tempat makan yang terkenal di Bandung ini sudah buka sejak berbelas tahun yang lalu, namun baru kemarin saya mencicipinya (Ya elah, gue ke mana aja, ya? LOL). Bagi yang belum tahu, lapo berasal dari bahasa batak yang berarti kedai. Maka sudah pasti yang dijual adalah makanan khas Batak dan menu di Lapo Siagian ini yang paling terkenal adalah babi panggangnya. Non halal nih. Hehehe. Lapo Siagian ini terletak “tersembunyi” di dalam sebuah gang kecil. Namun, pengunjung tak akan bingung karena di atas mulut gang tersebut terdapat plang merah bertulis
Bakpia Pathok yang Asli Nomer Berapa?

Bakpia Pathok yang Asli Nomer Berapa?

Kuliner, Kuliner Jogjakarta, Tempat Wisata
Berlibur ke Yogyakarta, belum komplit rasanya kalau kita belum membeli bakpia patuk (bakpia pathok). Penganan manis berisi kacang hijau ini telah menjadi oleh-oleh wajib bagi setiap orang yang berkunjung ke Yogyakarta. Saya teringat pengalaman saya ketika pertama kali membeli bakpia pathok di Yogyakarta sewaktu saya masih duduk di bangku sekolah. Kami pun bilang ke Mang Becak atau kusir andong, “Pak, antar ke toko bakpia pathok yang asli, ya!” Lucunya, kami lalu mendapati bahwa kami diajak ke toko yang berbeda dan semua mengklaim bahwa bakpia nomer xx adalah bakpia pathok yang asli! Lol =)) Ada Bakpia 25, 75, 35, 38, 55, 67, 75, 99, dan nomor-nomor lainnya. Nah, lho! Jadi bakpia pathok nomer berapa yang asli? Sebenarnya tidak ada bakpia pathok yang palsu. Semuanya asli kok, Klikers.
Top 20 Kuliner Kaki Lima Bandung -Part 1

Top 20 Kuliner Kaki Lima Bandung -Part 1

Kuliner, Kuliner Bandung, Tempat Wisata
Klikers, kali ini saya ingin mengajak anda untuk mencicipi kelezatan kuliner kaki lima di Bandung. Bagi sebagian orang, mungkin agak khawatir dengan higienitas kuliner kaki lima. Namun saya akan mencoba menyajikan Top 20 kuliner kaki lima di Bandung yang selain rasanya lezat, kebersihannya pun cukup terjaga. Dan pastinya, bebas dari tax and service charge. Hihihihi. Yuk, kita simak! (more…)
Makan Enak di Rumah Makan SEDAP

Makan Enak di Rumah Makan SEDAP

Kuliner, Kuliner Bandung
Salah satu hal yang menjadi favorit untuk jalan-jalan di Bandung sudah pasti adalah wisata kuliner. Nah, kali ini saya mau merekomendasikan salah satu tempat makan favorit saya di Bandung. Kalau kebetulan sedang ada acara ultah keluarga, lagi ada tamu dari luar kota, atau cuma karena saya lagi males masak tapi pengen makan enak, nah… restoran yang satu ini jadi favorit banget buat saya. Restoran yang saya maksud adalah Rumah Makan SEDAP di Bandung. Restoran Chinese food ini sudah dikenal sejak tahun 1970 lho! Rumah Makan Sedap didirikan oleh Bapak Budi Gumai (Ko Orok) pada tahun 1960 di Purwakarta dan dalam perkembangannya menjadi tempat persinggahan dalam perjalanan Bandung-Jakarta. Cabang-cabang yang ada di Bandung sekarang dipegang oleh generasi kedua alias oleh kedua putra
Koloni Eatery & Art Venture, Tempat Nongkrong Baru di Ciumbuleuit – Bandung

Koloni Eatery & Art Venture, Tempat Nongkrong Baru di Ciumbuleuit – Bandung

Kuliner, Kuliner Bandung
Gaya "vivintage-an" sekarang lagi nge-trend banget. Dari hotel, guest house, packaging product, rumah bahkan sampai tempat makan pun di dipercantik dengan gaya yang satu ini. Nuansa putih yang serba kayu dengan ornamen-ornamen yang jadul / ketinggalan jaman tetapi dipermak sedemikian rupa menjadi indah di pandang mata. Nah ada satu tempat makan dan nongkrong baru di Bandung, tepatnya di Jalan Ciumbuleuit dimana kampus UNPAR (Universitas Katholik Parahyangan) berada. Tempat ini dikenal dengan nama Koloni Eatery & Art Venture yang terletak di Jalan Ciumbuleuit no. 108. Kalau dari bawah, Koloni ini berada setelah kampus UNPAR kurang lebih 200 meter ada di sebelah kanan jalan. Anda akan dengan mudah menemukan tempat ini karena eksteriornya yang cukup menarik perhatian apalagi...
7 Sajian Kuliner Khas Indonesia

7 Sajian Kuliner Khas Indonesia

Kuliner, Kuliner Bali, Kuliner Bandung, Kuliner Jakarta, Kuliner Jogjakarta, Kuliner Lain
Man is what he eats -  Ludwig Andreas Feuerbach Anda adalah apa yang Anda makan. Itu  kutipan dari artikel dengan judul Concerning Spiritualism and Materialism yang ditulis oleh Ludwig Andreas Feuerbach tahun 1863-1864. Kalau coba diartikan mungkin sepeti ini maknanya : makanan yang dimakan oleh seseorang berpengaruh pada kondisi jiwa dan kesehatan seseorang. Apa yang ditulis oleh penulis dari abad 18 tersebut semakin diyakini di jaman sekarang. Masyarakat semakin sadar dengan makanan sehat. Contohnya salah satu teman saya saat menyantap daging, selalu dibuang kulit dan lemaknya, padahal menurut saya itu adalah bagian yang ternikmat, hehehe. Kepuasan dalam hal makanan merupakan salah satu kepuasan utama yang harus dipenuhi selain kepuasan-kepuasan lainnya, betul nggak? Siapa sih yang ngg