Wisata di Yogyakarta

ide-ide tempat wisata di Yogyakarta

Menyusuri Cantiknya Istana Air Taman Sari Jogja

Menyusuri Cantiknya Istana Air Taman Sari Jogja

Kebudayaan, Wisata di Yogyakarta
Matahari sore yang masih menyisakan hawa gerah menemani saya tatkala sore itu saya mengunjungi pemandian Taman Sari. Sejak melihat foto-fotonya yang cantik di media sosial teman saya, saya sudah kepingin mengunjunginya. Tapi, baru di pertengahan tahun ini saya akhirnya bisa mengunjungi Taman Sari. Beberapa pengunjung tampak sibuk dengan kamera SLR dan tripodnya. Taman Sari ini memang terkenal dengan keindahannya. Tak heran istana air ini pun menjadi salah satu tempat favorit para fotografer. Sebelum masuk, kami tentunya membeli tiket terlebih dulu. Saya kurang ingat pastinya harga tiket masuk. Pastinya, kami berlima (tiga dewasa dan dua anak kecil) hanya membayar Rp 22.000,00 (Juni 2016). Setelah membeli tiket masuk, seorang pemandu segera menghampiri saya dan keluarga....
Inilah Tas Dowa, Produk Jogja yang Mendunia

Inilah Tas Dowa, Produk Jogja yang Mendunia

Wisata di Yogyakarta
Dalam suatu perjalanan ziarek (ziarah-rekreasi) saya bersama serombongan ibu-ibu dari gereja, saya sempat dibuat heran. Beberapa ibu keukeuh banget pengen berkunjung ke toko Tas Dowa (Dowa Bag). Ini adalah pertama kalinya saya mendengar merk tersebut. Karena tidak tahu-menahu, saya tidak terlalu excited saat kami akhirnya menuju toko Tas Dowa di Jl Mangkubumi No 125, Yogyakarta. Posisinya kira-kira di sebelah selatan Tugu Jogja. Waktu itu, saya lebih tertarik dengan kedai yang menjual tahu gimbal di dekat toko TokoTas Dowa. Hoho. Adapun toko Tas Dowa ini menempati sebuah bangunan bertingkat bercat putih yang nampak megah. Begitu membuka pintu masuknya, hawa dingin AC segera menyambut saya yang sedikit kegerahan gegara hawa Jogja hari itu. Seketika, naluri perem...
Bertualang dengan 10 Kuliner Tengah Malam di Jogja

Bertualang dengan 10 Kuliner Tengah Malam di Jogja

Kuliner Jogjakarta, Wisata di Yogyakarta
Entah mengapa tiba-tiba saya teringat film AADC2 di mana Rangga mengajak Cinta jalan-jalan sampai subuh. Kalau saya yang diajak jalan-jalan sampai subuh seperti itu, pasti saya bakalan pengen kulineran. Maklum lah saya ini doyan kuliner. Jogja memang kota yang tak pernah terlelap. Buat Anda yang ingin merasakan pengalaman makan tengah malam, ada cukup banyak tempat kulineran di Jogja yang buka mulai sore hingga menjelang subuh – bahkan ada juga yang buka selama 24 jam. Mungkin beberapa dari Anda berpikir, “Duh, nggak sehat nih! Waktunya tidur kok malah masih makan!” Tapi, buat saya, hidup ini adalah petualangan. Mengapa tidak sekali-sekali bertualang tengah malam dengan menikmati aneka kuliner tengah malam di Jogja? Berikut rekomendasi 10 (dari sekian banyak) tempat ku...
Mari Berlibur ke 10 Desa Wisata di Jogja

Mari Berlibur ke 10 Desa Wisata di Jogja

Kebudayaan, Wisata di Yogyakarta
Menurut saya pribadi, salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia adalah Jogjakarta. Jogja selalu asyik untuk dikunjungi, baik bersama keluarga, teman-teman, ataupun berdua saja dengan pasangan. Saya rasa Klikers juga sependapat :-). Nah, buat Anda yang berlibur bersama keluarga ke Jogja, mengapa tidak mengunjungi desa-desa wisata di Jogja? Jogja memiliki cukup banyak desa wisata yang menarik. Di sana, Anda dan anak-anak bisa berlibur sembari mempelajari banyak hal baru, mulai dari belajar membajak sawah ataupun belajar membatik. Tertarik? Berikut 10 desa wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi: 1.    Desa Wisata Tanjung Desa wisata di Jogja yang akan pertama kita bahas adalah Desa Wisata Tanjung. Desa wisata Tanjung berada di Jala...
Sejuta Berkat Saat Berziarah di Sendangsono

Sejuta Berkat Saat Berziarah di Sendangsono

Wisata di Yogyakarta, Wisata Religius
Salah satu tempat ziarah umat Katolik yang paling terkenal di Indonesia boleh jadi adalah Sendangsono. Tempat ini bahkan digadang-gadang sebagai Lourdes-nya Indonesia. Tempat ziarah Sendangsono ini usianya sudah mencapai 100 tahun lebih. Namun, baru tahun ini saya berkesempatan untuk mengunjunginya. Adapun Sendangsono terletak di  Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Dari pusat kota Yogyakarta, kami membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke lokasi peziarahan. Jalan pegunungan yang berliku dan menanjak membuat saya membatin dalam hati, “Untunglah ada bapak supir. Aku KO kalau harus nyetir di medan kayak begini!”. Saya dan kakak saya pun sempat saling mencetus, mengapa tak ada satu pun cermin cembung pengaman jalan. A...
Yuk Belanja di 6 Tempat Belanja Batik di Jogja!

Yuk Belanja di 6 Tempat Belanja Batik di Jogja!

Wisata Belanja, Wisata di Yogyakarta
Ketika teman saya tahu bahwa saya akan berlibur ke Jogja, maka ia pun langsung berkata begini, “Gue nitip baju batik, dong!” Jogja memang identik dengan batik. Walaupun sebenarnya di Pasar Baru Bandung juga ada banyak penjual batik (yang mungkin harganya bisa lebih murah), entah mengapa batik dari Jogja terasa lebih mengesankan. Mungkin karena terasa lebih original. Terus terang, saya tak terlalu paham soal batik. Saya hanya bisa memperkirakan kualitasnya dari bahan kainnya. Maka, rekomendasi tempat belanja batik di Jogja yang saya berikan ini, menurut saya semuanya baik, tapi silakan Anda memutuskan sendiri mau belanja di mana :D 1.    Mirota Batik Inilah salah satu tempat belanja batik di Jogja yang cukup tersohor. Mirota Batik adala...
Queen of the South, Resort Jogja Ala Pulau Dewata

Queen of the South, Resort Jogja Ala Pulau Dewata

Review Hotel, Wisata di Yogyakarta
Yogyakarta memang kota yang istimewa. Hampir setiap sudut Jogja memiliki keistimewaan yang tidak mudah dilupakan begitu saja. Tak hanya sebagai kota wisata budaya, Jogja juga memiliki pesona pantai yang eksotis. Yang paling populer adalah Pantai Parangtritis. Nah, kalau Klikers bertandang ke pantai Parangtritis, tak jauh dari sana ada resort yang bernama Queen of the South. Dari tempat ini, Klikers bisa menikmati indahnya pantai Parangtritis dari ketinggian. Nuansanya tak jauh beda dengan resort-resort yang ada di Bali lho! Tak seperti hotel lain yang dibangun ditengah keramaian kota, Queen of the South lebih memilih hadir di salah satu tebing Pantai Parangtritis. Karena posisinya lebih tinggi, Anda pun dapat melihat hamparan Samudera Hindia yang memukau mata serta mene...
Yogyakarta, Selalu Ada yang Membuat Saya Ingin Kembali

Yogyakarta, Selalu Ada yang Membuat Saya Ingin Kembali

Travelling Story, Wisata di Yogyakarta
Kalau bicara tentang Yogyakarta atau Jogja, banyak hal yang membuat saya ingin kembali menginjakkan kaki di sana. Apalagi kalau dengerin lagu Kla Project yang judulnya Yogyakarta, baper deh jadinya. Kalau Anda pernah tinggal di sana atau hanya sekedar liburan, Anda juga pasti rindu sama kota gudeg ini. Jogja memberi banyak kesan manis. Jogja itu bikin candu. Apalagi kalau ngomongin hal-hal ngangenin ini, rindunya semakin menggebu! Ragam kuliner khas Belum lengkap rasanya kalau ke Jogja 'nggak wisata kuliner. Kuliner di Jogja itu murah meriah. Tak hanya gudeg atau bakpia, banyak juga makanan khas Jogja lainnya. Mulai dari jajanan pasar hingga makanan berat yang bikin perut kekenyangan. Bagi para mahasiswa, Jogja merupakan kota yang bersahabat. ...
Museum Kopi Banaran

Museum Kopi Banaran

Wisata di Yogyakarta
Sebagai pecinta kopi, saya setuju banget bahwa kopi Indonesia itu enak. Salah satu kebiasaan saya saat ke coffee shop adalah bertanya kepada barista-nya, “Ini kopinya dari mana?” Jujur, saya lebih terkesan bila mereka menjawab kopinya berasal dari salah satu perkebunan di Indonesia. Produk dalam negeri sudah enak, untuk apa pakai produk luar? Nah, salah satu kopi enak yang bisa kita cicipi adalah produk kopi Banaran. Saya baru tahu tentang kopi banaran ini saat liburan kemarin. Dalam perjalanan dari Jogja menuju Museum Kereta Api Ambarawa, bapak sopir kami yang baik hati memberitahu bahwa kami melewati Museum Kopi Banaran. Kata beliau, kopi banaran rasanya enak. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, sepulangnya dari Museum Kereta Api, kami pun menuju Museum Kopi Banara...
Menelusur Jejak Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa

Menelusur Jejak Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata di Yogyakarta
Keponakan saya yang masih kecil sangat suka dengan “jejes” alias kereta api. Maka, saat bulan Juni lalu kami pelesir ke Jogja, kami sekalian menyempatkan diri untuk berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa. Museum ini dulunya adalah sebuah stasiun kereta api yang kini dialihfungsikan menjadi museum. Lokasinya di Jalan Stasiun 1, Ambarawa, Jawa Tengah. Perjalanan dari Jogja menuju Ambarawa memakan waktu sekitar dua jam. Hari mulai merambat siang saat kami tiba di Museum Kereta Api Ambarawa yang hari itu tampak begitu lengang. Hanya tampak beberapa mobil yang diparkir. Maklum lah… hari itu adalah hari biasa dan belum memasuki masa liburan. Saat membeli tiket masuk, kami harus menelan kekecewaan karena ternyata kereta wisata tidak beroperasi di...