Travelling Story

Mengejar Sinar Matahari

Mengejar Sinar Matahari

Tips, Travelling Story
Hawa liburan sudah menguar. Tapi hujan masih malas beranjak pergi dari langit Paris van Java. Sebentar-sebentar air langit menitik berdurasi tak pasti. Angin-angin dingin bertiup menyapa kulit tipis. Cuaca masih tak menentu. Sinar matahari, menjadi sesuatu yang sangat saya rindukan.Karena tulang ini butuh nutrisi.  Liburan sudah mengintip, tapi kalau cuaca belum bersahabat rasanya mau pergi ke mana-mana jadi agak mikir. Biasanya semangat bangun pagi dan langsung keluyuran di jalan, eh ini jam 9 masih ngulet di balik selimut. Tahu 'nggak sih sinar matahari pagi itu luar biasa faedahnya buat tubuh kita?! Tulang kuat, kulit sehat, dan otot-otot juga lebih lentur. Saraf lebih waras.  Saat masih pulang pergi naik commuter line di Jakarta, setiap pagi saya s...
Liburan Tenang, di Mana Sih?

Liburan Tenang, di Mana Sih?

Tips, Travelling Story
Liburan tenang adalah liburan yang diperlukan untuk menenangkan pikiran. Masuk ke bulan Juni tentu sudah banyak tempat wisata yang kita incar. Intinya kita mau menyegarkan otak setelah sekian bulan bekerja keras. Kadang bepergian ke suatu tempat saat musim liburan, bukanlah hal yang menyenangkan, karena begitu banyak orang yang datang ke tempat itu. Ramai. Sesak. Ribut. Riuh. Riweuh. Rempong. Ujung-ujungnya bikin bete, dan malah liburan jadi 'nggak asyik sama sekali. Maka dari itu kita perlu yang namanya liburan tenang. Ada banyak pilihan akan ke mana Klikers nantinya jika menghendaki liburan yang tenang. Saya kasih tips ya. Cari tempat yang jarang fotonya muncul di Facebook, Twitter dan Instagram. Kalau ada foto tempat wisata yang muncul di tiga...
Automysophobia – Takut Kotor

Automysophobia – Takut Kotor

Tips, Travelling Story
Klikers, kamu orangnya pembersih? Kemana-mana bawa sabun cuci tangan? Pakai versi semprotan? Gel? Atau versi cair? Itu belum ditambah tisu basah dan tisu kering. Lengkap sudah peralatan sanitasi kamu. Saya jadi ingat  tokoh Jules Ostin dalam film "The Intern" yang dibintangi Anna Hathaway, yang hampir setiap kali dia putar lehernya, dia selalu memakai sabun antiseptik. Sampai-sampai temannya bilang, "Kamu mau operasi bedah ya? Kok cuci tangan melulu?" Nah, semenjak menjadi tukang jalan-jalan, saya memang tak seekstrim Jules Ostin yang sebentar-sebentar pake antiseptik. Tapi kebiasaan mengantongi sabun antiseptik, tisu basah dan tisu kering dalam tas sudah menjadi kebiasaan saya bertahun-tahun. Kebiasaan bersih yang saya bilang adalah kebiasaan baik itu...
Traveller Miskin, Traveller Kaya

Traveller Miskin, Traveller Kaya

Tips, Travelling Story
Saya baru saja menertawakan seorang teman yang merasa sedih karena ia bilang duitnya tinggal sedikit di bank, dan dia punya kekhawatiran dalam waktu dekat ia bakal ditagih utangnya, yang jumlahnya lebih besar dari jumlah tabungannya. Yang saya lakukan ke teman saya itu jahat ya? .. Kayaknya itu kata-kata Cinta yang bakal ditirukan teman saya, setelah saya menertawakannya. Anyway, saya punya alasan mengapa saya menertawakannya. Sebelum saya tertawa, dia bercerita kalau dia sadar betul bahwa hutangnya tidak ada apa-apanya dibandingkan para konglomerat yang punya hutang trilyunan di bank dan tetap bisa tertawa atau tidur nyenyak. Pikir saya, siapa bilang semua konglomerat itu bisa tidur nyenyak? Banyak yang insomnia kok gara-gara mikir utang. Lalu saya bilang ke teman saya, diban...
Spontan Travelling ala Rangga

Spontan Travelling ala Rangga

Tips, Travelling Story
"Ini baru travelling!", kata Rangga. Beda sama liburan. Terencana. Sudah tahu mau ke mana dan ngapain. Kalimat ini begitu menyenangkan buat saya. Terasa sangat hidup buat seorang traveler seperti saya. Karena itulah yang saya hidupi, spontanitas. Spontanitas itu jujur. Tidak dibuat-buat. Tidak ada rencana. Sering tidak rapi, tapi banyak pengalaman baru. Itulah yang saya sukai dari dunia travelling. (Catet, saya tipe orang yang suka tantangan jadi wajar kalau saya suka spontanitas. Akan berbeda kalau Klikers tipe orang yang tidak suka tantangan.) Kalau Klikers merasa bosan dengan aktivitas hidup yang begitu-begitu saja, percaya saya, Anda kurang piknik! 😊 Beneran deh. Kurang piknik dan kurang bisa spontan, makanya kurang bisa lega memandang segala sesuatu dan b
24 Jam Sewa Motor Berpetualang di Bandung-Bag.2

24 Jam Sewa Motor Berpetualang di Bandung-Bag.2

Tempat Wisata, Tips, Travelling Story
Bandung kalau ada liburan long weekend seperti ini biasanya penuh. Jalanan macet dan bepergian dengan mobil terasa lebih lama lagi. Gimana kalau Klikers sewa motor 24 jam dan berkeliling Bandung? Musim liburan panjang seperti ini tentu sangat disayangkan kalau kita hanya punya waktu sebentar dan hanya pergi ke satu tempat wisata. Mumpung liburnya lumayan lama, bagaimana kalau ke beberapa tempat sekaligus? Itulah yang saya lakukan. Seperti yang pernah saya bilang di akhir tulisan saya di 24 Jam Sewa Motor dan Petualang Keliling Bandung, sekarang saya mau memenuhi janji untuk menempuh rute yang berbeda. Dan liburan kali ini tuh saya gunakan untuk menyewa motor 24 jam dan keliling Bandung, lagi!... Waktu itu, saya memakai penyewaan motor di dekat Ged...
Travelling Solo? Perlu Ituuu…

Travelling Solo? Perlu Ituuu…

Tips, Travelling Story
Mungkin dari sekian tulisan yang Klikers baca dari semua tulisan saya di sini, ada salah satu benang merah yang bisa Anda amati. Dari sekian foto yang saya posting, Anda mungkin mencermati, atau tidak? Terserah lah. Haha..begini, saya mau cerita soal benang merah itu. Soal kebiasaan saya yang suka travelling solo. Ini bukan jalan-jalan ke kota Solo, juga bukan lagu tentang jalan-jalan yang dinyanyikan sendirian. Ini adalah tentang melakukan perjalanan sendirian.  Yap, travelling solo. Mengapa harus pergi sendirian kalau bisa pergi bareng teman atau keluarga? Emang perlu? Saya bilang, sekali waktu sangat perlu. Apalagi kalau otak lagi sumpek menghadapi masalah dan rutinitas sehari-hari. Inilah alasan mengapa solo travelli...
Percakapan Batin Seorang Traveller

Percakapan Batin Seorang Traveller

Tips, Travelling Story
Saya yakin, ketika Klikers merencanakan sebuah perjalanan, baik itu sementara atau dalam waktu yang lama, ada sekelebat film dalam benak Anda membayangkan apa saja aktivitas kita selama perjalanan atau hal-hal yang akan kita temui nantinya dalam perjalanan. Bayangkan percakapan batin umumnya seorang traveller muda. Usianya kira-kira 15-25 tahun. Wah ga sabaran nih liburan ya. Bentar lagi mau ke Kebun Buah Mangunan Jogja bareng temen-temen. Asikk! Kita ‘ntar berkemah dekat situ. Mau belajar menyatu dengan alam. Eh sebenarnya asik di villa sih. Kan Mangunan dingin, kalo kita kedinginan biasanya di vila pasti ada air panas. Atau barbequean di vila kan asyik ya, pas dingin-dingin. Ntar kalo ada kabut terus dari mulut kita keluar uap kalo kita bernafas atau bicara gituu...